Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Email Pemasaran anda Lebih Efektif

Cara Membuat Email Pemasaran anda Lebih Efektif


Berapa banyak email promosi yang anda baca setiap hari? Sebagian orang mungkin hanya menerima beberapa email dan sebagian orang bisa menerima puluhan email setiap hari. Diantara begitu banyaknya email, hanya sedikit email yang dibaca, apalagi email promosi.

Ini merupakan kenyataan yang harus diterima internet marketer yang memanfaatkan email sebagai alat promosi mereka. Mereka ingin menjadi paling menonjol diantara banyaknya email yang membanjiri calon konsumen mereka setiap hari.

Tantangannya adalah bagaimana membuat email menjadi menarik secara konsisten sehingga memiliki kinerja yang baik.

Untuk membuat email yang menarik, anda harus berpikir seperti seorang subscriber email atau orang yang berlangganan email anda (selanjutnya ditulis: pelanggan) email anda. Pertanyaannya, jika anda membuka email promosi, apa yang membuat anda tertarik untuk membukanya?

Ini pastinya merupakan kombinasi dari beberapa hal seperti: judul yang menarik, kopon, hadiah, konten pada email.

Saat membuat email pemasaran, sangat penting untuk terus menjaga perspektif pelanggan anda.

Untuk meningkatkan efektivitas email marketing, kami telah merangkum beberapa tips untuk menulis email yang efektif yang tidak hanya akan diaca oleh pelanggan email anda, namun juga mereka akan senang saat menerimanya.

Hindari mengirimi email secara berlebihan


Meskipun pelanggan anda menyukai merek anda, mereka tidak ingin mendengar kabar dari anda setiap jam setiap hari. Terlalu sering menggunakan email sebagai saluran komunikasi adalah kesalahan umum yang dilakukan banyak perusahaan ketika menggunakan email marketing.

Namun, ini dapat dihindari hanya dengan menentukan waktu terbaik hari dan hari dalam seminggu untuk mengirim email dengan memantau respons pelanggan anda, dan tetap dalam waktu itu.

Secara keseluruhan, pagi hari biasanya adalah waktu terbaik untuk mengirim email karena kebanyakan orang ada di layar mereka ketika mereka memulai hari mereka.

Tetapi tetaplah ingat bahwa seringkali beda pelanggan, beda waktu mereka membaca email.

Untuk mengetahuinya, sebaiknya uji, tes dan lihat mana yang paling bagus yaitu yang terlihat paling banyak dibaca oleh pelanggan.

Cara Membuat Email Pemasaran anda Lebih Efektif

Buat baris subjek yang menarik


Bayangkan ini: anda berada di meja sarapan, memulai rutinitas WFH harian anda, dan anda menerima email. Baris subjek mana yang akan menarik minat anda?

"Lihat produk unggulan kami bulan ini",

atau

"Penawaran eksklusif HANYA untuk anda: baca ini sebelum anda membayar harga penuh untuk jilbab baru".

Kemungkinan anda akan mengklik yang kedua, hanya karena itu lebih menarik perhatian daripada yang sebelumnya .

Apa yang anda masukkan dalam baris subjek email sangat penting karena bisa menjadi perbedaan antara kotak masuk dan tempat sampah.

Untuk menulis baris subjek yang menarik, pertimbangkan subjek email dan audiens anda.

Apakah pelanggan anda lebih muda? Gunakan istilah yang relevan atau referensi budaya pop yang mungkin lebih tepat untuk diperhatikan. Ketika anda menempatkan diri pada posisi pelanggan anda, email anda pasti akan menarik lebih banyak keterlibatan.

Fokus pada konten kreatif


Kita hidup di masa di mana setiap orang dapat dianggap sebagai "konten kerator." Baik itu tarian Tik Tok atau postingan Instagram, konten kreatif secara konsisten diposting di seluruh platform setiap hari.

Jadi mengapa tidak menambahkannya ke email anda? Kemungkinannya, banyak pelanggan anda juga pengguna media sosial yang melihat konten jenis ini setiap hari dan senang berinteraksi dengannya.

Untuk meningkatkan keterlibatan untuk email anda, cobalah menambahkan konten yang relevan dan kreatif dalam strategi email anda.

Konten tergantung pada bisnis apa yang anda jalankan, konten email kreatif bisa berupa tutorial tata rias, kiat tata busana dari pakar, atau DIY perabotan rumah. Berikan pelanggan informasi yang relevan dan anda akan melihat terjadinya peningkatan keterlibatan.

Tetap singkat


Mari kita kembali ke skenario saat berada di meja sarapan. Ketika anda menerima email promosi dan membukanya, anda sadar bahwa email promosi tersebut memiliki tulisan yang sangat panjang bak novel.

Alih-alih membacanya yang mengganggu waktu sarapan anda, anda menghapus pesan tersebut.

Jadi kesimpulannya jika ingin membuat email marketing adalah menulis langsung ke intinya!

Email marketing yang baik ditulis dengan pendek dan idealnya kurang dari 200 kata saja.

Meskipun kelihatan tidak banyak, itu harus cukup mudah dicerna oleh pelanggan anda.


Cara Membuat Email Pemasaran anda Lebih Efektif

Sertakan tombol CTA


CTA atau Call To Action adalah elemen kunci untuk setiap strategi email marketing.

Sangat penting untuk menambahkan CTA ke email anda karena hal itu lebih mudah diikuti oleh pelanggan, daripada hanya berisi tulisan saja.

Tombol CTA berada sangat jelas pada email, membuat pelanggan tergoda untuk mengkliknya. Hanya dengan satu klik, pelanggan anda telah tiba di halaman arahan yang diinginkan.

Tunjukkan penghargaan anda


Semua orang ingin merasa bahwa suatu merek benar-benar menghargai pelanggannya. Nyatakanlah penghargaan tersebut melalui email yang langsung menuju ke pelanggan anda.

Untuk membuat pelanggan anda kembali konsisten membaca email anda, tunjukkan bahwa anda menghargai dengan berterima kasih kepada mereka di email anda karena telah meluangkan waktu untuk membaca.

Tawarkan sesuatu hal yang menarik


Orang-orang menyukai hal-hal gratis atau potongan harga. Ini sudah menjadi rahasia umum, namun seringkali dilupakan oleh mereka yang menggeluti email marketing.

Pikirkan kembali apa yang membuat pelanggan anda mendaftar untuk email anda? Mungkin untuk mendapatkan beberapa hal seperti ebook, diskon, kupon atau penawaran lainnya.

Dengan memasukan penawaran semacam ini dalam email, pelanggan akan cenderung membacanya. Ini menjadikan pelanggan merasa seolah-olah mereka bergabung dengan group eksklusif.

Selain itu, dengan menawarkan sesuatu hal yang menarik akan membuat orang-orang mau memasukan emailnya sebagai database anda.

Sertakan aspek interaktif


Pelanggan selalu memiliki pendapat, jadi mengapa tidak melibatkan mereka dengan menambahkan aspek interaktif seperti survei, kuis, atau kotak saran virtual?

Seperti disebutkan sebelumnya, pelanggan senang merasa bahwa mereka, dan pendapat mereka, dihargai oleh suatu merek.

Biarkan pelanggan anda mengutarakan pendapat mereka melalui kegiatan interaktif dan bersuara dalam jenis konten yang dibuat oleh merek anda. Ini tidak hanya dapat meningkatkan tampilan email pemasaran anda lebih menarik tetapi juga memberikan umpan balik pelanggan yang tak ternilai bagi merek anda untuk memandu anda dalam menciptakan konten yang terus berkinerja baik kedepannya.


Cara Membuat Email Pemasaran anda Lebih Efektif

Pantau aktivitas


Saat mencoba pendekatan baru, perhatikan bagaimana kinerjanya untuk menentukan cara mana yang paling baik untuk diterapkan/

Terus menggunakan strategi terbaik selama terbukti meningkatkan efektivitas, dan jangan takut untuk mencoba hal-hal baru – hal tertentu yang dilakukan mungkin hanya hal yang ingin dilihat pelanggan anda.

Penutup


Mengatasi status "belum dibaca" di kotak masuk pelanggan lebih sulit dan menantang daripada yang dibayangkan oleh kebanyakan orang. Dengan beberapa tips diatas semoga dapat membuat email yang anda krimkan dibaca dan dinikmati oleh pelanggan.

Post a Comment for "Cara Membuat Email Pemasaran anda Lebih Efektif"