Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Mengenal Saham dan Cara Memulai Investasi Saham Yang Menguntungkan



Apakah anda adalah salah satu orang yang mempunyai banyak impian dan ingin mewujudkan goal hidup? Seperti mempunyai rumah, apartemen, dan properti lain. Rasanya hal itu sulit untuk diwujudkan jika anda hanya mengandalkan dana dari tabungan.

Salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah memulai berinvestasi saham. Karena dengan berinvestasi saham, anda bisa mendapatkan keuntungan yang jauh lebih besar.

Lalu sebagai investor pemula apa yang harus anda lakukan agar bisa mendapatkan keuntungan yang sebanyak banyaknya.

Untuk itu anda harus mengenal saham lebih jauh lagi, artikel ini akan membahas lengkap seputar saham dan bagaimana tips sukses berinvestasi saham yang menguntungkan.

Apa itu Saham?

Saham ialah surat berharga yang menyatakan bukti kepemilikan perusahaan atau badan usaha. Saham juga bisa jadi tanda penyertaan modal seseorang dalam suatu perusahaan tertentu. Pihak ini mendapatkan pendapatan dari perusahaan, mengklaim aset perusahaan dan berhak menghadiri Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Nah dari pengertian diatas, anda pasti telah mempunyai gambaran mengenai saham. Apakah anda tahu manfaat saham dan keuntungannya jika kita berinvestasi saham mulai sekarang.

Manfaat Saham

Secara sederhana, seseorang yang memiliki dan memegang saham, maka dia adalah pemilik perusahaan. Tentu tiap kali perusahaan mengalami keuntungan maupun kerugian akan berdampak kepada pemiliknya. Tapi tak perlu khawatir banyak sekali manfaat  yang bisa anda dapatkan dari penanaman saham, berikut ini contohnya :

1. Investasi dengan berbagai jumlah yang bisa dipilih

Anda bisa memilih berbagai jenis saham yang ingin anda investasikan. Begitu juga rentang harga saham bisa anda pilih sendiri, dan anda bisa mengetahui hasil yang akan anda terima dari pembelian saham tersebut.

2. Investasi yang fleksibel

Investasi menanam modal dengan saham terbilang cukup fleksibel, karena anda bisa memantau dari mana saja dan kapan saja. Sehingga anda tak perlu melakukan banyak hal agar bisa mendapatkan uang, cukup investasi saham.

3. Naiknya margin hasil keuntungan

Memilih investasi saham juga memiliki kecenderungan untuk naik dari waktu ke waktu. Semakin naik harga perlembar saham, otomatis keuntungan anda juga akan naik. Apalagi jika anda telah mencapai titik capital again, tentu pemilik perusahaan akan memberikan bonus.

4. Pajak saham memiliki persentase pajak yang kecil

Setiap sektor usaha pasti akan dikenakan pajak, begitu juga dengan saham. Namun untuk persentase pajak tipe saham lumayan kecil. Hanya berjumlah 1% dari keuntungan yang didapat investor.

5. Tranparansi saat investasi

Bursa efek yang digunakan tempat untuk trading dan jual beli saham telah menjamin keamanan dan tranparansi terhadap publik. Bahkan didalamnya juga ada jaminan untuk para investor agar tidak ditipu dan disabotase  modal yang telah ditanam.

Jika anda berminat untuk berinvestasi saham, perhatikan dulu jenis saham apa yang akan anda jadikan sebagai sumber keuntungan anda.


Jenis Jenis Saham

Berikut ini jenis jenis saham yang bisa anda pilih :

a. Saham biasa

Jika anda memilih jenis saham ini anda mempunyai hak suara untuk memilih dewak komisaris. Anda juga mendapatkan perlakuan khusus ketika perusahaan tersebut menerbitkan saham baru. Disini anda tak mempunyai tanggung jawab yang besar melainkan hanya pada jumlah yang diberikan saja.

b. Saham preferen

Memiliki berbagai tingkat dan diterbitkan dengan ciri ciri yang berbeda. Jenis saham ini mempunyai tambahan hak melebihi pemilik saham biasa. Keuntungan dari jenis saham ini dapat memberikan anda pendapatan tetap, seperti dari bunga obligasi. Saham preferen sendiri dibagi menjadi 2 jenis yaitu :

Saham prefren partisipasi

Untuk jenis saham ini membagikan dividen kepada para pemegangnya. Pemilik yang telah mendapatkan dividen harus membagi keuntungan  kepada pemegang saham biasa.

Saham preferen nonkumulatif

Jika anda pemilik saham ini anda tak mempunyai hak untuk mendapatkan dividen yang belum dibayarkan ditahun sebelumnya secara kumulatif.

Selain 2 jenis saham, ada juga jenis saham berdasarkan kinerja perdagangan yaitu :


a. Bluechip stocks, saham biasa dari perusahaan yang telah mempunyai reputasi tinggi dan memiliki pendapatan yang stabil. Secara konsisten membayar dividen pemegang saham.

b. Income stocks, saham dari penerbit yang menawarkan keuntungan lebih besar. Karena memiliki kemampuan untuk membayar dividen diatas pembayaran dividen rata rata sebelumnya.

c. Growth stock, saham yang terdiri dari emiten well known dan lesser known.

d. Speculative stock, saham yang belum memiliki pendapatan regular, namun mempunyai potensi untuk tinggi untuk pendapatan dimasa depan.

e. Counter cyclical stoks, saham yang tidak terpengaruh oleh kondisi ekonomi makro. Saham ini biasanya bernilai tinggi, karena emiten memperoleh penghasilan besar. Tentu akan memberikan dividen yang besar pula

Resiko Bermain Saham

Jika anda memilih berinvestasi saham tentu anda harus memperhatikan resiko yang terjadi, karena bermain saham sama halnya dengan memulai berbisnis :

1. Capital loss

Ketika harga lembar saham di bursa efek lebih rendah dibandingkan dengan harga yang nda beli sebelumnya, berarti anda mengalami capital loss. Tentu hal ini bisa menyebabkan kerugian yang bisa berdampak lebih besar, apalagi jika situasi tidak cepat kembali stabil seperti sebelumnya. Sama halnya dengan saat ini, ketika terjadi pandemic virus covid 19.

2. Suspend

Jika harga saham terus merosot dari sebelumnya, otomatis bursa efek akan menjatuhkan suspend dalam waktu tertentu sampai harga bisa kembali normal. Hal ini dilakukan agar investor tak mengalami kerugian yang lebih banyak lagi. Dan dampaknya tentu para investor tak bisa melakukan hal apapun ketika mendapatkan suspend.

3. Tempat perdagangan saham

Di Indonesia anda bisa membeli saham di tempat resmi yaitu IDX (Indonesia Stock Exchange). Namun bagi anda yang menginginkan bermain secara global anda juga bisa mencoba Nasdaq Stock Market (Amerika Serikat), SEAQ (London, Inggris), TSE (Jepang) dan tempat perdagangan resmi lain yang terbuka.

Tips investasi saham yang menguntungkan

Bagi ada yang ingin terjun didunia saham, anda juga harus mempunyai strategi khusus agar bisa sukses. Simak beberapa tips sukses investasi saham bagi pemula yang tentu akan menguntungkan :

1. Mulailah dengan modal kecil sebelum anda mengeluarkan modal yang besar. Hal ini bisa membuat anda terhindar dari risiko kerugian. Anda bisa mencoba di Yuk Nabung Saham, Sekolah Pasar Modal dan Bibit untuk memulai belajar menjadi investor.

2. Pilihlah sekuritas yang tepat. Dimana anda harus tahu rekening mana yang cocok digunakan sebagai alat untuk menyetorkan uang ke rekening bursa efek. Sehingga anda dapat menghitung penghasilan anda, pilihlah sekuritas yang mempunyai biaya transaksi kecil, agar anda sebagai nasahah selalu diuntungkan.

3. Didalam investasi anda harus mengerti indeks saham, indeks ini merupakan ukuran statistic perubahan harga saham. Bagi pemula cobalah untuk memilih indeks LQ45 dan IDX30. Saham tersebut cocok karena memiliki nilai likuiditas yang tinggi. Karena resiko yang ditimbulkan kecil.

4. Anda harus membeli saham yang mempunyai fundamental yang baik. Misalnya saham blue chip dari sektor perbankan. Hindari bemain saham sebagai seorang trader, karena anda belum paham betul mengenai arus pergerakan harga. Sebagai seorang pemula anda bisa berinvestasi pada saham blue chip. Dan belilah saham pada saat harga turun, agar bisa meraih keuntungan yang besar dikemudian hari.

5. Cobalah untuk membeli berbagai jenis saham. Karena ingat resiko saham sangat tinggi. Tentu jika anda hanya membeli satu jenis saham saja, anda akan menderita kerugian yang besar.

6. Jika tiba tiba harga jual saham turun anda tak perlu panik. Cobalah untuk menggunakan strategi average down. Dimana anda bisa membeli saham secara bertahap di pasar yang sedang mengalami penurunan. Hal ini tidak akan mengalami nilai investai anda akan ikut turun, namun sebaliknya apabila kondisi pasar sudah pulih, hasil yang anda miliki bakalan meningkat.

7. Fokuskan tujuan investasi untuk jangka panjang (minimal 5 tahun) Dengan begitu keuntungan yang akan anda dapatkan tentu akan lebih besar daripada berinvestasi dalam jangka pendek.

8. Lakukanlah analisis dan review portofolio secara berkala dan rutin. Anda bisa melakukan setiap 3 bulan, 6 bulan atau setahun sekali. Anda juga bisa mengganti saham anda dengan saham lain yang dirasa lebih baik.

Kira kira begitulah tips berinvestasi saham yang bisa mendatangkan keuntungan dan cocok digunakan bagi para pemula. Kira kira anda tertarik tidak memulai investasi saham dengan resiko yang lebih tinggi lagi?

Dan tentunya semakin tinggi resiko yang anda hadapi, kemungkinan besar keuntungan yang anda dapat juga semakin tinggi.

Post a Comment for "Mengenal Saham dan Cara Memulai Investasi Saham Yang Menguntungkan"