Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Strategi Promosi Akhir Tahun dengan Pemasaran Digital

Strategi Promosi Akhir Tahun dengan Pemasaran Digital

Menjelang akhir tahun apakah anda sudah menetukan, bagaimana strategi yang tepat agar menaikkan jumlah penjualan anda? Sebagai pelaku usaha, tentu anda harus mampu membuat strategi promosi yang menarik, apalagi akhir tahun adalah hal yang selalu ditunggu oleh para penggila belanja maupun orang yang sama sekali hanya belanja karena kebutuhan.

Mengapa orang lebih tertarik dan menantikan belanja di akhir tahun? Ya karena diakhir tahun, banyak sekali promo bertebaran. Bahkan sampai ada pebisnis yang membanting harga jual.

Anda tak perlu melakukan itu sebenarnya, anda hanya perlu memahami strategi promosi akhir tahun yang benar agar produk anda terjual dan tentunya mendapatkan keuntungan.

Nah untuk itu anda tak perlu bingung, karena anda menemukan artikel yang tepat untuk membantu membuat strategi promosi akhir tahun, simak hingga akhir dan jangan sampai melewatkannya.

Langkah langkah Pemasaran Digital

Sebelum anda mengetahui strategi promosi akhir tahun yang tepat, ada baiknya anda selaku pelaku usaha mengetahui 4 poin tentang bisnis yang sedang anda jalankan, biasanya poin ini disingkat AIDA. Berikut ini penjelasan mengenai formula AIDA yang harus anda tahu :

  A (Awareness)

Awareness adalah membangun kesadaran konsumen untuk produk yang sedang anda jual. Jadi lebih mengenalkan produk dengan berbagai cara, misalnya melalui iklan, atau menggunakan sosial media.

  I (Interest)

Jika anda telah mengenalkan produk anda, ada baiknya anda juga membangun ketertarikan produk yang anda jual kepada banyak orang. Dengan cara membuat informasi dan konten yang menarik di sosial media jualan anda.

  D (Desire)

Lanjutan dari interest, langkah ini adalah cara untuk memfasilitasi konsumen yang telah tertarik untuk melakukan pembelian maupun informasi tambahan yang dibutuhkan tentang produk yang anda jual.

  A (Action)

Dan langkah terakhir yang anda harus jalankan adalah Action. Dimana anda harus mampu menyakinkan calon konsumen anda untuk membeli produk anda. Nah bagaimana strategi yang tepat agar calon konsumen terpengaruh dan melakukan pembelian, anda bisa membaca informasi berikut ini.

Strategi Promosi Akhir Tahun dengan Pemasaran Digital

Strategi Pemasaran Digital

Jika menjalankan bisnis, anda tentu harus tahu bagaimana strategi pemasaran yang mampu membuat konsumen menghubungi anda. Tujuan utamanya tentu adalah mencari keuntungan terhadap barang yang sedang anda jual.

Banyak orang yang salah kaprah menentukan strategi yang tepat, sehingga terjadinya boncos ketika menentukan strategi penjualan. Jika hari ini anda masih mengandalkan cara konvesional tentu penghasilan anda tak sebesar anda bermain dalam dunia digital.

Oleh karena itu ada baiknya anda memaksimalkan strategi promosi akhir tahun dengan menggunakan promosi digital.

Mengawali penjualan

Sebelum anda melakukan promo akhir tahun, anda harus membuat informasi yang mampu dilihat banyak orang. Sehingga ketika anda menjalankan promo, tentu banyak orang yang mengikuti promo akhir tahun yang sedang anda jalankan.

Hal yang bisa anda lakukan adalah membuat konten informasi promo di sosial media penjualan anda. Jika anda telah mengantongi email calon konsumen, anda juga boleh langsung mengiriman email marketing. Hal ini juga bisa membuat calon konsumen merasa diperhatikan lantaran terkirim secara eklusif.

Memberikan promo

Memberikan promo adalah hal yang selalu ditunggu banyak orang apalagi diakhir tahun. Kunci dari promo yang harus anda lakukan adalah jangan sampai anda mengalami kerugian ketika melakukan harga promo, jadi pastikan harga promo tetap mendapatkan keuntungan. Nah berikut ini promo yang banyak digunakan oleh para pebisnis :

Waktu Diskon

Strategi promo yang pertama adalah memberikan waktu promo terhadap diskon yang anda lakukan. Misalnya anda memberikan diskon belanja di jam jam tertentu, atau di tanggal tanggal tertentu. Hal ini akan membuat calon konsumen anda lebih berminat belanja dan ingin buru buru belanja. Misalnya saja anda memberikan, diskon 50% untuk pembelian diatas jam 20.00 di tanggal 5 Desember.”

Diskon berupa potongan harga (Price Markdown)

Anda juga bisa memberikan diskon potongan harga, misalnya saja produk anda yang hari biasa dijual dengan harga Rp 100.000, anda memberikan potongan harga Rp 10.000 jika belanja minimal Rp 250.000  berlaku kelipatan. Hal ini tentu membuat calon konsumen antusias dan belanja diatas harga Rp 250.000.

Buy 1 Get 1 (FREE)

Anda pasti sering melihat diskon beli 1 gratis 1 di mall atau supermarket. Karena memang kebanyakan harga sudah dinaikkan terlebih dahulu sebelum memberikan diskon gratis. Bagi calon pembeli yang tidak tahu mungkin promo ini akan terasa sangat menarik. Misalnya saja beli sweater seharga Rp 400.000 gratis 1 sweater. Boleh memilih sesuai dengan keinginan.

Diskon dengan cara posting di sosial media mereka

Anda juga bisa menggunakan diskon post, dimana anda akan memberikan diskon 50% kepada calon konsumen yang melakukan posting dan tag 5 teman mereka di sosial media seperti instagram, facebook, twitter dan lain lain.

Cara ini sangat ampuh dilakukan karena mampu menarik konsumen lain untuk ikutan membeli produk yang sedang anda jual. Misalnya saja hari ini anda mampu menjual 30 produk di orang yang berbeda, tentu produk anda hari ini mampu dilihat oleh 150 orang, dan kemungkinan banyak orang yang akan tertarik juga.

Diskon ketika menggunakan kartu kredit

Diskon ini juga sudah banyak dilakukan, apalagi sekarang banyak sekali pengguna kartu kredit di Indonesia yang sudah dimanjakan dengan berbagai promo menarik ketika bertransaksi menggunakan kartu kredit. Misalnya saja diskon 30% bagi pengguna kartu kredit mandiri dengan minimal pembelian Rp 300.000.

Diskon cashback

Cashback adalah potongan harga dalam bentuk kembalian. Hal ini tentu tidak kalah menarik dengan memberikan diskon potongan harga secara langsung. Apalagi cashback dalam bentuk uang tunai, calon konsumen pasti akan berburu dikson cashback. Contohnya saja adalah mendapatkan cashback Rp 50.000 dengan minimal pembelian Rp 500.000. Siapa sih yang tidak mau mendapatkan kembalian?

Diskon datang bergrup

Diskon yang satu ini juga bisa menjadi pilihan anda selaku pelaku bisnis. Sebab memberikan diskon penjualan 20% dengan mengajak 5 orang teman anda mampu menarik perhatian. Strategi ini tentu mampu membuat omzet bisnis anda meningkat.

Diskon ulang tahun

Banyak juga yang menerapkan diskon untuk calon konsumen yang sedang berulang tahun di bulan Desember. Hal ini tentu membuat antusias kepada mereka yang lahir dibulan desember untuk melakukan pembelian.

Merangkul pelanggan setia

Jika bisnis anda bukan bisnis yang baru saja dimulai, tentu anda mempunyai pelanggan setia yang selalu melakukan pembelian. Manfaatkan hal ini untuk merangkul pelanggan setia dengan berbagai cara misalnya saja, memberikan diskon member kepada pelanggan setia, atau pelanggan yang mendaftarkan diri sebagai member. Sehingga mereka kemungkinan akan tertarik dan melakukan pembelian.


Strategi Promosi Akhir Tahun dengan Pemasaran Digital


Trik sukses dalam strategi pemasaran digital

Momen akhir tahun adalah hal yang sering ditunggu tunggu, untuk itu anda tak boleh melewatkan hal ini untuk meningkatkan penjualan anda. Strategi yang tepat adalah memaksimalkan strategi promosi akhir tahun dengan menggunakan promosi digital dan memperhatikan formula AIDA sehingga penerapannya akan sesuai.

Kuncinya adalah anda tahu added value produk yang sedang anda jual dan melihat bagaimana pesaing anda melakukan strategi penjualan. Sehingga anda mampu bersaing secara fair dalam memainkan strategi penjualan.

Evaluasi strategi apakah sudah efektif ataupun tidak. Jika dirasa strategi tidak dapat mencapai target, anda harus mampu membuat strategi baru. Anda bisa menggunakan strategi pemasaran digital yang telah di paparkan dalam artikel ini.

Post a Comment for "Strategi Promosi Akhir Tahun dengan Pemasaran Digital"