Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Membuat Postingan yang Meningkatkan Penjualan


Postingan yang menarik dapat meningkatkan antusiasme calon konsumen anda untuk percaya dan membeli kepada anda. 

Dan sebaliknya jika memposting dengan cara yang salah, maka yang terjadi justru orang-orang tidak akan tertarik untuk mengunjungi akun anda.

Kekuatan utama dalam postingan adaah kata-kata dan gambar. Produk yang bagus belum tentu menarik jika tidak disajikan dengan kata-kata dan foto yang menarik.

Jika anda berjualan di sosial media, penawaran anda berisi foto dan kata-kata, manfaatkan kedua ini dengan baik sebagai senjata utama anda untuk mendapatkan penjualan.

Banyak para pengusaha pemula lupa akan hal ini. Mereka tidak sadar pentingnya postingan yang menarik dalam promosi. Mereka menganggap orang melihat produk dan harganya saja. Padahal tidak hanya itu.

Anda bisa dengan mudah menemukan produk tidak menarik namun laku keras dibandingkan yang biasa saja atau lebih bagus hanya karena promosinya yang kurang menarik.

Oleh sebab itu, penting bagi segala jenis binis di internet untuk memposting dengan cara yang lebih baik dan menarik.

Dengan postingan yang lebih baik dan menarik, orang tidak akan sungkan melihat potingan anda dan tidak akan terganggu meskipun anda berjualan.


Cara Membuat Postingan yang Meningkatkan Penjualan


Berikut cara membuat postingan yang menigkatkan penjualan yang bisa anda ikuti :


1. Ketahui minat followers anda

Salah satu keharusan yang wajib dilakukan oleh seorang yang memasarkan produk baik secara online maupun secara offline adalah memahami target pasar. Jika anda memiliki akun Instagram menjual produk fashion untuk kalangan anak muda, maka postingan seputar produk fashion.

Kesalahan umum seorang yang menggunakan sosial media sebagai media pemasaran adalah menargetkan semua orang sebagai target mereka. Padahal hal itu keliru.

Semakin spesifik target pasar anda, maka akan jauh lebih baik dan efektif dalam penjuaan. Cobalah untuk ikuti akun-akun Instagram yang masih berhubungan dengan usaha anda untuk lebih memahami keinginan target pasar anda.

2. Gunakan kalimat yang singkat dan menarik

Caption di Instagram dapat diisi sampai maksimal 2.200 karakter namun jangan buat terlalu panjang kalau memang tidak perlu.

Jika memang perlu tidak masalah, misalnya saat membuat give away atau sayembara dengan menyertakan syarat, ketentuan dan aturan tentu tidak mengapa.

Biarkan gambar yang bicara sedangkan caption menjadi tambahan saja. 1 gambar dapat mewakili 1000 kata jadi gunakan gambar sebagai kekuatan utamanya, yang pertama dilihat dan yang paling menarik perhatian.


3. Manfaat hashtag dan emoji

Menggunakan emoji dapat membuat postingan lebih hidup dan lebih “manusiawi”. Orang lebih senang berinteraksi dengan manusia ketimbang perusahaan.

Konten yang dibagikan di Instagram luar biasa banyak dan postingan anda dapat dengan cepat tenggelam. Hashtag adalah satu-satunya cara agar postingan anda “berumur lebih lama” dan mudah ditemukan.

Gunakanlah hashtag setidaknya satu dalam setiap postingan. Jangan gunakan lebih dari 5 hashtag karena interaksi justru turun karenannya. Selain itu postingan yang punya banyak hashtag terlihat berantakan.

Jadi hashtag apa yang sebaiknya digunakan?

Cobalah gunakan hashtag yang populer dan tengah tranding. Gunakan aplikasi Iconosquare.com untuk mencari tahu hashtag yang populer dan sedang menjadi tren.

Tapi ingatlah bahwa penggunaan hashtag yang populer belum tentu lebih baik. Misalnya jika anda memposting dengan menggunakan hashtag #fashion maka postingan anda akan mudah tenggelam dalam lautan konten.

Lebih spesifik lebih baik. Daripada menggunakan hashtag #fashion, gunakanlah #busanawanita atau #bajuremaja misalnya.



Cara Membuat Postingan yang Meningkatkan Penjualan


4. Tingkatkan interaksi dengan pengguna lain

Sederhananya, kita lebih senang membeli kepada orang yang kita kenal ketimbang yang tidak. Kenal disini dalam arti sering berinteraksi dengannya. 

Sama halnya dengan pemasaran lewat sosial media. Mereka yang sering berinteraksilah yang cenderung membeli lebih banyak, lebih awal dan lebih loyal.

Oleh sebab itu tugas anda selanjutnya bangunlah interaksi dengan pengguna anda misalnya dengan meminta pendapat mengenai sesuatu hal, atau postingan yang memicu interaksi.

Jangan lupa untuk memberi umpan balik dari tanggapan mereka. Misalnya mereka memberi pendapat maka hargailah dengan segera membalasnya. 

Komentar-komentar yang tidak mungkin terjawab sebisa mungkin diberi like atau love.

Jika suatu postingan banyak interaksinya, algoritma sosial media akan merekomendasikan postingan anda kepada lebih banyak pengguna dan bisa bertahan lebih lama, tidak langsung tenggelam.

Mengenai komentar negatif, kalau bisa jangan hapus. Komentar negatif karena itu membuat seolah anda sedang menyembunyikan sesuatu yang akhirnya menurunkan reputasi atau kepercayaan kepada orang lain. 

Sebagai gantinya, cobalah ucapkan terimakasih atas kritiknya kemudian cobalah untuk memperbaiki. Komentar pedas yang menjatuhkan tidak perlu ditanggapi, abaikan saja.


5. Gunakan foto yang menarik

Foto adalah daya tarik utama dalam sebuah postingan di sosial media. Namun sayangnya masih banyak yang salah dalam memosting foto sehingga tampak tidak serius dalam menjual.

Tauhkah anda bahwa ada merek busana muslimah di Instagram yang menjadi dropship dari orang lain tetapi ia memajang foto hasil jepretannya sendiri yang terlihat bagus dan profesional dan hasilnya ia memperoleh penjualan lebih tinggi dari suppliernya!

Foto yang menarik tidak perlu menggunakan kamera mahal atau menyewa fotografer. Minimal diperlukan hanyalah kamera HP. Pastikan pencahayaan cukup baik. 

Pencahayaan adalah hal yang paling membedakan antara foto yang bagus dan yang tidak. Atur fokus dengan baik pada produknya.

Jika barang kecil, usahakan ada perbandingkan dengan benda lain misalnnya disebelah koin, memfoto barang di permukaan tangan, foto dengan produk sejenis dengan ukuran normal.


Sertakan juga foto fungsionalnya benda tersebut. Misalnya cinicn, fotolah cincin tersbut di jari sebagai gambaran mereka yang melihat memiliki bayangan bagaimana seandainya jika mereka mempunyai produk tersebut.


6. Berikan penawaran menarik

Postingan yang mampu meningkatkan penjualan tentu yang memiliki penawaran yang menarik. Penawaran yang menarik ini mencakup beberapa aspek diantaranya bisa dipercaya, memiliki keunggulan, dan memiliki keterbatasan.

Buatlah penawaran sensional yang memberikan keunggulan yang diinginkan oleh calon konsumen anda. Jelaskan keunggulan produk anda dibanding dengan produk sejenis yang umumnya orang lain gunakan.

Kurangi resiko yang mungkin dikhawatirkan pembeli dan tingkatkan kepercayaan mereka dengan beberapa cara misalnya; memberikan garansi, menampilkan testimoni, bayar belakangan, gambar before after mereka yang sudah menggunakan, dan bayar berdasar hasil.

Permudah transaksi dengan kontak yang bisa dihubungi, pembayaran yang mudah, dan peayanan yang ramah.

Berikan juga keterbatasan karena orang cenderung menghargai sesuatu yang terbatas. Kecenderungan orang yang tertarik kemudian menunda pembelian cenderung tidak pernah membeli. Dengan memberikan keterbatasan, seseorang “dipaksa” untuk membelinya jika memang ingin memiliki produknya.

Keterbatasan ini bisa keterbatsan waktu dan jumlah produk. Misalnya penawaran potongan harga hanya berlaku sampai tanggal sekian. Atau produk hanya tersedia sebanyak sekian buah.

Dengan menggabungkan semua hal ini dalam satu postingan yang berisi penawaran menjadikan penawaran anda sangat-sangat menarik dan tidak bisa ditolak.


Post a Comment for " Cara Membuat Postingan yang Meningkatkan Penjualan"