Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Sukses Berjualan Online di Facebook Untuk Pemula Tanpa Ngiklan 100% Gratis

Cara Sukses Berjualan Online di Facebook Untuk Pemula Tanpa Ngiklan 100% Gratis


Apakah anda salah satu pelaku bisnis online yang menggunakan facebook untuk berjualan?

Bagaimana hasil yang anda dapatkan dari penjualan di facebook? Sudahkah anda mampu menghasilkan omset puluhan juta bahkan ratusan juta?

Atau hanya menghasilkan omset puluhan ribu saja? Jika anda hanya menghasilkan puluhan ribu dari hasil jualan anda di facebook, tengok apa yang salah dengan model bisnis yang anda lakukan selama berjualan di facebook.

Namun tenang saja, kali ini CariDuid.id akan membagikan tips berjualan online sukses di facebook untuk pemula. Karena perlu diketahui bahwa facebook menjadi market terluas bisnis selain digunakan untuk berjejaring online.

Untuk itu anda tak boleh melewatkan artikel ini, karena setiap isinya akan memuat detail bagaimana berjualan online di facebook tanpa mengiklan sama sekali, dan 100% gratis.

Nah berikut ini poin – poin penting yang harus anda tahu, sebelum memulai berjualan online di facebook.

Tips Berjualan Di Facebook Yang Benar

Anda harus paham konsep berjualan di facebook, sebelum anda mulai berjualan. Sebab percuma anda berjualan produk yang anda tawarkan, namun anda tak tahu strategi yang tepat yang bisa membuat calon pembeli anda melirik produk jualan anda.

Banyak orang yang berjualan di facebook dengan mengspam sana sini, mentag atau menandai seluruh akun yang ada di list friend, dan berkomentar pada status yang tidak ada hubungannya dengan produk yang anda jual.

Tahukah anda bahwa hal – hal yang anda lakukan bukannya membuat customer anda tertarik dengan jualan anda, tapi anda akan dianggap spam oleh mereka.

Sehingga kadang mereka membatalkan pertemanan dengan anda, atau bahkan anda di blokir karena memang sifatnya menganggu.

Untuk itu anda harus menghindari hal hal yang memang sifatnya seperti itu. Sebab facebook bukan alat untuk jualan secara langsung, facebook digunakan untuk berkomunikasi dan menambah berbagai teman di seluruh dunia.

Karena sifatnya bukan untuk berjualan, maka jika anda ingin berjualan di facebook maka anda harus mampu membentuk “personal branding anda”.

Teknik yang bisa anda gunakan untuk berjualan di facebook adalah soft selling bukan hard selling.

3 Pinsip Facebook Yang Wajib Anda Tahu

Di facebook anda harus mampu membuat konten yang memiliki engagement yang tinggi. Konten di facebook bisa dalam bentuk apa saja, tulisan, gambar, video dan lain lain.

Nah pertanyaannya, mengapa sih harus mempunyai engagement yang tinggi? Ternyata engagement yang tinggi mampu membuat produk yang anda tawarkan semakin dikenal.

Percuma konten anda bagus, menarik, namun tak mempunyai engagement yang tinggi. Engagement di facebook bisa dalam bentuk like, komen dan share.

Sehingga anda harus memikirkan konten yang mampu membuat orang bisa menyukai, berkomentar dan membagikan kepada banyak orang.

Untuk itu anda harus paham 3 prinsip facebook yang bisa anda jadikan dasar untuk mulai berjualan di facebook.

Cara Sukses Berjualan Online di Facebook Untuk Pemula Tanpa Ngiklan 100% Gratis

1. No Interaction, No Transaction

Maksud dari kalimat ini adalah, tidak ada interaksi di facebook tentu tidak akan terjadi transaksi jualan anda. Sebab interaksi adalah jembatan menuju transaksi.

Anda harus mampu berinteraksi dengan calon pembeli anda, mulai di kolom komentar maupun di pesan pribadi. Semakin banyak interaksi, kemungkinan besar akan terjadi transaksi.

2. Semakin Dekat, Makin Efektif

Facebook adalah jejaring sosial online. Semakin dekat anda dengan seseorang. Mulai dari saling menyukai status, berbalas komentar dan bertukar pesan, tentu semakin terbukanya peluang postingan atau konten anda terlihat teman anda.

Untuk itu cobalah untuk mencoba akrab dengan beberapa teman facebook anda yang kemungkinan besar tertarik dengan produk yang anda jual.

3. Sharing sharing dulu, Selling selling kemudian

Nah ini hal yang penting dilakukan ketika mulai berjualan di facebook. Memang goals anda adalah selling, namun sebelum anda memulai selling cobalah untuk mengajak calon pembeli anda dengan sharing.

Dengan begitu anda bisa memulai pelan pelan sharing sharing yang berujung dengan selling selling. Teknik ini mempunyai tingkat keberhasilan tinggi, dibandingkan anda langsung mencoba selling selling. Tertarik mencoba? Pahami dulu logaritma facebook yang bisa anda gunakan untuk memaksimalkan jualan anda!

Pentingkah Logaritma Facebook Untuk Berjualan Online?

Logaritma facebook adalah cara kerja facebook terhadap kegiatan kegiatan anda berselancar di facebook dan dihubungkan dengan akun lain. Facebook akan tahu mana konten yang dianggap penting dan mana konten yang tidak berguna.

Sehingga tidak semua postingan teman ditampilkan di beranda anda, hanya postingan postingan akun yang memang terbiasa terhubung dengan anda melalui likes, komen, dan share.

Facebook sendiri mempunyai logaritma yang biasa di sebut edge rank. Edge Rank adalah bagaimana facebook memandang sebuah postingan tersebut, apakah postingan itu memang berguna, biasa saja, atau malah melanggar aturan facebook sehingga harus segera dibuang.

Bagaimana facebook tahu postingan tersebut masuk kategori berguna, nah unsur Edge Rank inilah yang membantu penilaian sebuah postingan, berikut ini 3 unsur edge rank facebook :

a. Affinity

Adalah seberapa sering anda berkomunikasi dengan teman facebook anda. Semakin sering anda berkomunikasi dengan likes, komen dan share postingan, maka facebook akan mendeteksi bahwa anda akrab dengan teman facebook anda, hal ini akan mengakibatkan postingan anda akan muncul di beranda mereka, demikian pula sebaliknya.

b. Weight

Adalah banyaknya likes, komen dan share dalam suatu postingan. Dengan begitu facebook akan menilai bahwa postingan anda bermanfaat atau tidak.

Jika facebook merasa postingan anda mempunyai banyak engagement maka facebook akan dengan sendirinya mem push postingan anda, dan membagikannya ke banyak teman anda di facebook.

c. Time Decay

Adalah umur postingan. Postingan anda di facebook hanya akan ditampilkan mungkin 6 hingga 7 jam.

Setelah itu postingan anda akan terkubur dengan banyaknya postingan postingan lain yang memiliki nilai engagement yang lebih tinggi.

Itulah algoritma facebook yang bisa anda pelajari. Disini CariDuid.id akan membagikan cara berjualan yang bisa anda terapkan di facebook untuk pemula.

Cara Berjualan Di Facebook Untuk Pemula

1. Jualan Di Facebook Dengan Update Status

Update status atau postingan ini cara yang biasa banyak orang lakukan untuk mulai berjualan di facebook. Satu akun facebook menampung maksimal 5000 orang.

Sehingga anda harus memilah mana yang sekiranya orang yang memiliki atau tertarik dengan produk yang anda jual. Jadi usahakan anda menggunakan akun terpisah dengan akun asli utama anda.

2. Jualan Online Di Grup Facebook

Di facebook mengizinkan orang orang yang memiliki minat dan hobi yang sama untuk bergabung dalam sebuah grup.

Nah hal ini bermanfaat bagi anda yang ingin menjual produk anda, dengan mencari grup yang memiliki keterkaitan dengan produk yang anda jual. Sehingga anda bisa ikut nimbrung dengan bahasan mereka.

Namun hal yang perlu diingat, tidak semua grup di facebook memperbolehkan grupnya untuk jual beli. Sehingga hal yang bisa anda lakukan adalah mencari grup yang memang memperbolehkan jual beli, atau anda bisa menawarkan dengan teknik soft selling.

3. Jualan Online Di Facebook Marketplace

Facebook sendiri telah menghadirkan tools untuk jualan, yaitu facebook marketplace.

Anda bisa mulai berjualan dengan facebook marketplace, namun fitur ini tidak menyediakan pembayaran dan pengiriman, sehingga anda harus membuat kesepakatan dengan calon pembeli anda.

Trik agar jualan anda di facebook marketplace bisa dilirik oleh pembeli adalah :

Masukan judul anda dengan keyword yang sering dicari orang. Sehingga ketika orang mencari produk anda, maka produk anda akan muncul di pencarian.

Beri deskripsi produk dengan jelas, dan taruhlah CTA (Call To Action) agar pembeli tak kebingungan.

Berilah gambar yang menarik, dan sebisa mungkin menampilkan foto produk original, agar calon pembeli semakin nyakin dan tidak merasa dibohongi.

Bagikan juga postingan facebook marketplace anda ke banyak grup, untuk menjangkau banyak orang.

Cara Sukses Berjualan Online di Facebook Untuk Pemula Tanpa Ngiklan 100% Gratis

Tips Sukses Berjualan Di Facebook Tanpa Menggunakan Facebook Ads

Anda bisa mencoba berjualan di facebook dengan tips tips berikut ini. Tips ini bisa mendatangkan engagement tinggi yang berguna agar jualan anda di facebook semakin laris. Untuk anda yang penasaran, jangan lewatkan tips ampuh ini :

1. Tambah teman tertarget (add friend)

Hal yang super penting yang jarang orang perhatikan adalah menambah teman tertarget.

Maksudnya adalah anda harus mampu melihat apakah orang yang anda tambahkan sebagai teman mempunyai ketertarikan atau membutuhkan produk yang sedang anda jual atau tidak. Hal ini karena facebook hanya bisa menambah maksimal 5000 pertemanan.

Jadi usahakan friendlist anda adalah orang orang yang memang tepat.

2. Update Status Kreatif

Anda bisa memanfaatkan untuk memposting hal hal yang memang disukai dan masih mempunyai ketertarikan denga produk yang anda jual.

Jangan langsung menjual, karena orang kadang enggan melihat atau membaca postingan yang sifatnya jualan. Cobalah untuk memikirkan status atau postingan kreatif.

3. Mencoba Interaksi Dengan Audience dan respon calon pembeli

Nah hal ini yang sering dilupakan. Yaitu membangun interaksi dengan teman facebook anda. Memang benar, profil facebook memang tidak bisa anda optimasi untuk hal berbisnis.

Namun anda bisa berinteraksi dengan teman facebook anda sekedar untuk berbasa basi. Mulai dari likes, komen dan share. Dengan hal ini tentu akan meningkatkan engagement anda.

4. Join Grup Yang Relevan

Seperti yang sudah dibahas di awal, anda bisa mencoba bergabung dengan grup yang mempunyai relevan dengan produk yang anda jual.

5. Mempunyai Etika Jualan

Anda harus paham etika berjualan. Jangan menandai sana sini ke teman facebook anda. Karena tidak semua teman facebook anda menyukai hal ini. Bisa jadi anda akan dianggap spam, dan kemungkinan besar di unfriend.

6. Tampilkan Foto, video, dan testimony

Agar lebih menyakinkan calon pembeli tentu anda harus memberikan foto atau video. Bahkan anda harus mengupload testimoni.

Hal ini menjadi bukti bahwa anda memang sedang menjual produk itu bukan hanya penipuan semata. Karena banyak sekali penipuan yang dilakukan di facebook.

7. Gunakan Copywriting Jualan 

Tahapan ini paling penting, karena anda harus mampu membuat orang tertarik membaca atau melihat konten anda. Sehingga buatlah copywriting jualan yang mampu membangkitkan calon pembeli untuk melakukan sesuatu.

Formula yang manjur digunakan adalah PAS (Problem, Agigate, dan Solve). Lalu bagaimana cara menerapkan, coba simak berikut ini.

Problem

Pancinglah perhatian dengan “problem” yang dihadapi mereka. Misalnya saja kalimat ini

“Apakah anda mempunyai masalah …?”
“Anda bingung produk anda tidak terjual? Bahkan tidak ada yang melirik sama sekali?”

Dengan begitu secara tidak sadar calon pembeli anda, akan mulai membaca postingan anda.

Agigate

Agigate istilahnya adalah membesar besarkan masalah yang dihadapi dan membahsanya terus menerus.

“Ternyata hal itu akan mengancam bisnis anda 2 tahun kedepan.”

Solve

Jika emosi pembaca sudah terlihat, mereka akan bertanya bagaimana solusi yang ditawarkan. Nah saatnya anda menawarkan solusi untuk mereka.

“Eitss .. tenang saja. Hal hal itu tidak akan terjadi jika anda mulai menggunakan Jasa Digital Marketing Kami.

Karena seluruh hal yang menyangkut marketing akan berada di orang  yang tepat sehingga hasilnya pun bisa tepat. Tunggu apalagi segera daftarkan bisnis anda ke CariDuit.id”

Itulah teknik PAS yang bisa anda praktekkan untuk menjual produk anda.

8. Posting di Jam Efektif

Jam yang paling tepat untuk memposting konten di facebook adalah di jam jam istirahat. Yaitu di jam 12 – 13 siang, atau 20 -21 malam.

Jam jam ini di rasa paling efektif karena orang orang sedang aktif aktifnya di sosial media.

Namun anda harus tetap memperhatikan kira kira jam berapa yang efektif untuk memposting konten jualan anda.

Nah itulah cara sukses dan tips yang tepat berjualan online di facebook yang bisa anda terapkan, tanpa harus mengeluarkan uang untuk mengiklan.

Cobalah untuk terus mengoptimalkan hal hal yang telah disediakan oleh facebook. Sampai sini anda paham tidak? Kalau belum paham, cobalah baca dari awal dan pahami.

1 comment for "Cara Sukses Berjualan Online di Facebook Untuk Pemula Tanpa Ngiklan 100% Gratis"

  1. I’m impressed with the special and informative contents that you just offer in such short timing.
    San Francisco website design

    ReplyDelete