Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Usaha yang bisa dijalankan sambil kuliah



Pernah tidak kalian para mahasiswa berfikir bagaimana cara mendapatkan uang sendiri tanpa harus meminta kepada orang tua? 

Atau sekedar ingin menambah uang saku bulanan anda? Bagaimana cara yang tepat menghasilkan uang bagi mahasiswa? 

Nah di zaman sekarang ini, mahasiswa tidak ada salahnya mencoba untuk berbisnis dan menjadi entrepreneur. 

Hal ini bisa dijadikan bekal untuk  menuju dunia karir, karena tidak mungkin anda hanya mengandalkan bangku kuliah, belajar dan berorganisasi saja. 

Anda harus mencoba survive terhadap kehidupan, nah salah satunya adalah mencoba menjalankan suatu usaha, siapa tahu pekerjaan ini bisa anda geluti setelah anda lulus kuliah nanti. 

Yang jadi pertanyaannya, kira kira usaha apa yang bisa dijalankan sambil kuliah yang tentunya tidak menganggu waktu kuliah? Untuk itu anda perlu menyimak artikel ini hingga akhir.

Strategi Jitu Berbisnis Sambil Kuliah

Buat anda yang masih bingung, cobalah untuk mencoba strategi jitu dari tim CariDuid.id jika menginginkan kuliah sambil menjalankan bisnis. 

Anda wajib membaca tips ini agar anda tidak salah dalam mengambil langkah. Berikut ini 3 strategi jitu memulai berbisnis sambil kuliah :

Menentukan Target Dengan Jelas

Hal yang harus anda pikirkan pertama kali adalah menentukan target yang ingin anda capai. 

Tanyakan pada diri anda, apa yang sebenarnya membuat anda harus segera mencoba mulai untuk menjalankan bisnis? 

Jika menjalankan bisnis, anda hanya ingin coba coba saja, tentu anda harus menerima konsekuensi yang didapatkan.

Misalnya saja bisnis yang sedang anda jalankan mengalami kesuksesan, dan waktu anda untuk lulus terhambat, atau sebaliknya anda biasa saja dalam berbisnis namun cepat lulus dan mempunyai nilai yang baik. 

Jadi anda wajib memikirkan matang matang konsekuensinya. Apakah anda rela jika harus mengorbankan salah satunya?

Untuk itu anda harus mulai memikirkan target yang ingin anda capai. Bagilah target anda dalam 2 waktu, yaitu target jangka pendek dan target jagka panjang. 

Hal ini memudahkan anda untuk menyusun cara atau strategi yang tepat menggapai target yang anda inginkan.

Pertanyaan berikut ini bisa anda gunakan untuk membuat target anda dan menyakinkan anda untuk mulai menjalankan bisnis atau tidak.

a. Apakah saya yakin bisa menjalankan bisnis sambil berkuliah?

b. Saya bisa disebut sebagai seorang pebisnis yang berhasil jika saya bisa mencapai …. dalam jangka waktu ….

c. Jika saya belum bisa mencapai …. Maka hal yang harus saya lakukan adalah ….

Nah jika anda berhasil menjawab pertanyaan ini, maka kemungkinan besar anda sudah siap untuk memulai bisnis. Target ini bisa menjadikan anda lebih bertanggung jawab terhadap dua hal yang menjadi pilihan anda.


Aturlah waktu dengan baik

Ketika anda memilih untuk mulai berbisnis disaat anda masih kuliah, itu artinya anda akan mengorbankan waktu anda untuk hal hal lain, seperti kegiatan bekerja kelompok, nongkrong, main dengan teman teman, dan hal hal lain yang dilakukan oleh mahasiswa. 

Untuk itu perlu bagi anda untuk memanajemen waktu, agar anda tahu mana yang harus diprioritaskan dan mana yang harus dikesampingkan.

Cara manajemen waktu yang baik adalah membuat daftar kegiatan yang prioritas sampai hal yang biasa saja. Hal ini tentu sangat berguna agar waktu anda tidak terbuang sia – sia. 

Anda juga harus mampu meluangkan waktu untuk beristirahat, jangan hanya waktu untuk bekerja terus terusan.

Pilih Bisnis Yang fleksibel

Banyak sekali bisnis yang bisa anda pilih ketika anda menjadi mahasiswa. Namun ada baiknya anda mencoba untuk memilih bisnis yang fleksibel. Hal ini agar tidak menyita waktu hanya untuk mengurusi bisnis anda. 

Alangkah lebih baiknya anda tidak memilih bisnis konvensional seperti membuka toko klontong atau warung. Karena hal ini tentu membutuhkan waktu yang sangat banyak. 

Jadi anda lebih baik fokus kepada bisnis lain yang tentu lebih efisien jika dikerjakan.

Untuk itu tim CariDuid.id akan merekomendasikan usaha yang bisa dijalankan sambil kuliah yang tentunya tidak menyita waktu.


Usaha yang bisa dijalankan sambil kuliah

Ide Usaha Yang Bisa Dijalankan Sambil Kuliah

Banyak bisnis yang bisa mahasiwa lakukan tanpa menganggu waktu kuliah. Dan tentunya bisnis ini sesuai dengan minat, bakat serta keterampilan anda. 

Bahkan bisnis berikut bisa anda kerjakan, tanpa mengeluarkan modal apapun, nah simak beberapa ide usaha yang cocok dijalankan sambil kuliah :

Bisnis Online Shop

Ditahun ini bisnis online shop sedang booming boomingnya. Banyak orang dari kalangan pelajar hingga mahasiswa yang menjalankannya. 

Karena memang bisnis online shop mudah untuk dikerjakan, ditambah lagi efek dari Covid 19 yang mengharuskan semua orang untuk tetap dirumah saja.

Banyak macam bisnis online shop yang bisa dijadikan pilihan anda, seperti bisnis fashion, hijab, makanan, skincare, aksesoris dan lain lainnya. 

Anda juga bisa memanfaatkan banyak situs yang telah mempunyai banyak audien untuk mengenalkan produk anda. Misalnya saja situs media sosial, marketplace, forum, dan hal hal lain.

Jasa Les Privat

Bisnis yang bisa anda jadikan pilihan selanjutnya adalah membuka bisnis les privat bagi anak sd, smp hingga sma. 

Anda bisa memberikan mata pelajaran umum, atau khusus mata pelajaran yang anda kuasai. Misalnya saja anda adalah mahasiswa sastra inggris, maka anda bisa membuka les khusus bahasa inggris. 

Dalam membuka jasa les privat, anda bisa secara individual atau bisa mencoba bergabung dalam suatu lembaga les di tempat anda berkuliah. Biasanya lembaga tersebut mencari tentor seorang mahasiswa.

Jika anda mencoba menjalankan bisnis ini, anda akan mengalami 2 keuntungan, yang pertama anda bisa mendapatkan tambahan uang dan kedua anda bisa memperdalam penguasaan ilmu materi.

Menjadi Freelancer

Anda bisa mencoba menjadi seorang freelancer yaitu pekerja lepas. Banyak freelance yang bisa anda pilih sesuai dengan skill yang anda miliki. 

Nah berikut ini contoh pekerjaan freelance yang paling popular di tahun 2020 :

a. Content writer

b. Desain grafis

c. Social Media Officer

d. Content Creator

e. Fotographer

f. Konsultan bisnis

g. Voice Offer

h. Data Entry

i. Web Design dan masih banyak lagi.

Anda juga tak perlu khawatir, bagaimana cara mendapatkan klien ketika anda menjadi seorang freelancer. 

Karena sekarang, banyak sekali website freelance yang tersedia yang bisa anda pilih mulai dari website situs freelance Indonesia, maupun situs freelance internasional. Apakah anda berminat menjadi freelancer?

Usaha yang bisa dijalankan sambil kuliah


Ikut Program Afiliasi

Sebenarnya apa itu program afiliasi? Afiliasi adalah cara menghasilkan uang dengan menjual produk dari suatu perusahaan atau lembaga tertentu, dan anda hanya sebagai perantara (Biasanya menggunakan kode referral tertentu). 

Bisnis afiliasi cukup mudah untuk dilakukan oleh mahasiswa. Karena bisnis ini sangat rendah kerugian, dan anda tak perlu mengeluarkan biaya. Anda cukup mengorbankan waktu anda untuk mencari pembeli. 

Makeup Artist

Bagi anda seorang mahasiswa yang suka dalam hal merias diri atau menyukai dunia kecantikan, anda bisa mencoba menjadi seorang makeup artist. 

Peluang bisnis ini cukup dicari, karena banyaknya acara yang membutuhkannya. Mulai dari acara kampus, wisuda, lamaran, pemotretan dan lain-lainnya. 

Anda bisa terus mengasah diri anda dengan cara mengikuti berbagai khursus. Jika anda bisa mampu menjadi makeup artist professional maka anda bisa mendapatkan uang Rp 25 juta hingga Rp 50 juta sekali perkerjaan.

Influencer

Apakah anda menggunakan instagram, tiktok, maupun youtube? Apakah anda mempunyai banyak followers di sosial media yang anda gunakan? 

Kalau iya, anda bisa mulai mencoba menjadi seorang influencer. Bangunlah image brand anda, agar semakin banyak orang yang mengenal anda. 

begitu banyak brand yang tentunya akan melirik anda, dan mengajak bekerja sama. Misalnya endorsement atau bahkan anda dijadikan brand ambassador suatu merek tertentu. 

Anda juga tak perlu khawatir, karena banyak sekali situs yang mempermudah influencer untuk memperoleh perghasilan.

Memang tugas utama mahasiswa adalah belajar, namun tidak ada salahnya jika anda mencoba peluang dalam hal berbisnis. 

Rekomendasi ide usaha tersebut bisa anda pilih karena memang cukup mudah untuk dilakukan. Namun tentunya baik buruknya usaha anda tergantung dari cara anda menjalankannya. 

Jika memang anda mempunyai niat dan kerja keras dalam menjalankan bisnis mulai dari sekarang, mengapa anda masih menunda nunda hingga saat ini? 


Post a Comment for " Usaha yang bisa dijalankan sambil kuliah"