Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Instagram Marketing dan Tips Sukses untuk Meningkatkan Penjualan Produk


Instagram diluncurkan pada tahun 2010, platform online ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan posting foto dan video. 

Sejak diluncurkan, instagram menggemparkan dunia dengan memudahkan seluruh penggunanya untuk mempercantik foto mereka dengan berbagai jenis macam filter serta editing tools. 

Instagram juga digandrungi oleh banyak orang. Saat ini, instagram telah dilengkapi dengan akun bisnis. 

Tidak hanya terbatas lagi pada membagikan foto, video dan membuat instastory di akun pribadi.

 Sebagai marketing platform, instagram dapat dijadikan serta dimanfaatkan sebagai pemasaran yang efektif dan efisien. 

Mempromosikan produk, menampilkan berbagai macam produk, bahkan membagikan sejuta inspirasi bagi seluruh pengguna Instagram. 

Aplikasi instagram marketing ini digadang-gadang dapat mencapai 500 juta pengguna aktif per hari. Seiring bertambah tahun, jumlah akun bisnis di instagram semakin kompetitif saja. 

Berdasar pada data yang dicetuskan oleh pihak instagram, lebih dari 200 juta pengguna instagram membuka setidaknya satu profil bisnis setiap harinya. 

Khusus untuk Anda yang ingin memulai memasarkan produk Anda di instagram, kami memiliki tutorial untuk memulainya. 

Bagaimana Cara Memulai instagram Marketing untuk Pemula?


1. Buatlah Akun Bisnis

Langkah paling utama yang Anda harus lakukan dalam memulai bisnis di instagram adalah membuat akun bisnis. 

Business Account sangat penting untuk Anda, karena di dalam bussiness account terdapat beberapa fitur yang amat menguntungkan pada akun bisnis Anda, pun tidak terdapat di instagram akun pribadi. 

Jika di langkah awal, Anda telah memilih personal akun, yang memiliki follower tumpah ruah dan brand. 

Anda juga dapat mengalihkannya ke akun bisnis. Lain halnya jika personal account Anda tidak merepresentasikan produk yang Anda pasarkan, sebaiknya Anda membuat akun bisnis yang baru. 

2. Mengoptimalkan Profil

Sebagai first impression, foto profil ini amat penting untuk para pengunjung baru. Pastikan foto profil di akun instagram bisnis Anda menarik, unik dan amat mudah diingat pengguna. 

Langkah kedua ini Anda lakukan setelah akun instagram bisnis Anda berhasil dibuat. 

Penambahan bio pada profil Anda bertujuan untuk menampilkan tujuan dari bisnis yang Anda jalankan secara ringkas, singkat dan mudah dimengerti.  

Isi dari bio dapat Anda tambahkan mulai dari siapa Anda, jasa atau produk apa yang Anda pasarkan serta mengapa mereka harus memilih dan membeli produk dan jasa yang Anda jalankan. 

Selain itu, Anda juga dapat menampilkan info kontak pada bagian profil seperti nomer telepon whatsapp, alamat email dan lain sebagainya. 

Tujuannya agar pengunjung dapat dengan mudah untuk menghubungi Anda secara langsung. Saat pengunjung menghubungi Anda secara langsung, serta respon yang Anda tunjukkan cepat. Akan menjadi kepuasan sendiri bagi pengunjung tersebut. 

3. Tentukan Tujuan Pemasaran Produk Anda

Tujuan ini dapat membantu Anda menyusun strategi yang tepat dan memproduksi konten sesuai agar tercapai target yang sesuai ekspektasi Anda. 

Amat sangat penting untuk Anda yang baru memulai usaha Instagram marketing dengan objektif yang jelas. Objektif umum yang dapat Anda adopsi untuk brand Anda diantaranya sebagai berikut:

a. Bangunlah komunitas brand

b. Bagikan update dari bisnis Anda

c. Tingkatkan brand loyalty

d. Tingkatkan brand awareness

e. Pamerkan nilai dan kultur bisnis Anda

f. Iklankan produk atau jasa Anda kepada calon konsumen.

Bagaimana Menentukan Audience?


Instagram Marketing dan Tips Sukses untuk Meningkatkan Penjualan Produk


4. Menentukan Audience

Langkah selanjutnya adalah Anda harus menentukan tipe audience seperti apa yang ingin Anda capai sebelum memulai pemasaran di Instagram. 

Tentukan target audience berdasar pada demografis, seperti halnya usia, jenis kelamin, minat serta tempat tinggal. Hal ini dapat mempermudah Anda untuk memproduksi konten seperti apa yang harus Anda pamerkan.

5. Buatlah Konten yang Sangat Unik dan Menarik

Berbagai macam konten dapat Anda bagikan di akun Instagram Anda. Terdapat macam-macam tipe yang dapat meningkatkan awareness dan engagement produk yang Anda jalankan, di antaranya sebagai berikut:

a. Gambar

Gambar merupakan konten yang paling umum di Instagram, jika Anda ingin menjalankan bisnis. Maka, akan sangat penting untuk memiliki identitas visual yang dapat dikenali siapa saja termasuk pengunjung pertama Anda. 

Pasanglah gambar yang bervariasi, ini akan membantu brand Anda untuk berinteraksi dengan pengikut Anda. 

b. Video 

Unggahlah video di Instagram bisnis Anda guna promosi produk dan jasa, berkomunikasi dengan customer dan menuangkan ide-ide kreatif.

c. Behind the Scenes

Behind the Scenes memberikan informasi berupa gambaran sekilas tentang bisnis yang Anda jalankan, biasanya tidak terlihat oleh orang. 

Misalnya Anda memiliki momen menarik dalam proses menjalankan sebuah bisnis, Anda dapat menunjukkannya kepada customer.

d. Instastory

Instastory dapat menghilang dalam kurun waktu 24 jam sejak di-posting. Pada bagian instastory Anda dapat menggunakannya dengan memposting promo terkini atau informasi singkat lainnya. 

e. Instagram Story Highlight

Story yang sebelumnya telah Anda posting dapat Anda jadikan highlight. Highlight merupakan fitur berupa lingkaran kecil di bawah bio Instagram. 

Daftar produk, promos terkini, info lokasi dan sebagainya dapat Anda taruh di highlight. Saat menempatkan instastory di highlight, customer dapat melihatnya saat mereka mengunjungi profil Instagram bisnis Anda. 

f. User Generated Content

Berupa konten yang bersumber atau ebrasal dari customer, pengikut sosial media atya komunitas yang menggunakan brand Anda. 

Anda dapat mengadakan challenge atau hashtag tertentu. Agar makin seru, Anda juga perlu mencoba menawarkan give away untuk memperingati hari tertentu. Give away ini dapat meningkatkan skala promosi Anda. 

6. Membagikan Konten Secara Reguler

Apabila customer atau pengunjung tetap yang berlangganan di bisnis Anda mengingat brand Anda serta tetap engagement dengan mereka kuncinya hanya satu. 

Yaitu, dengan membagikan konten secara konsisten. Ada beberapa waktu terbaik untuk mempostings sebuah konten berbeda, ini bergantung pada industri dan tipe audien.

7. Tracking dengan Analytics Tools

Memantau secara rutin guna melihat bagaimana kemajuan bisnis tentu sangat amat perlu Anda lakukan. Dalam akun bisnis Instagram, terdapat fitur insight. 

Yang dapat memantau likes, komentar, serta jumlah follower. Anda dapat mengetahui jumlah customer yang berkunjung ke profil Anda. 

Instagram marketing tentu sangat penting untuk kemajuan usaha Anda, yang ingin merintis bisnis dari nol. Dengan memanfaatkan media sosial sebagai salah satu wadah promosi. 

Instagram dapat menjadi pilihan untuk Anda, karena platform sosial media ini lebih menekankan pada konten visual. Di mana seluruh feed berisikan foto, video, serta berbagai jenis konten yang menarik.

Selain itu, Instagram merupakan platform yang tersedia di playstore. Digandrungi oleh berbagai kalangan, dimulai dari remaja hingga orang dewasa. 

Membuat bisnis Anda akan  menjadi lebih maju dengan melihat konsumen serta pengguna instagram per harinya. 

Jadi, mengapa Anda harus memilih Instagram untuk platform marketing? Jawabannya adalah platform ini sangat penting untuk usaha Anda. 

Memasarkan produk atau jasa dengan memanfaatkan platform sosial media yaitu instagram, marak dilakukan oleh banyak orang yang menjalankan bisnis. 

Melihat jejak mereka, tentu Anda tertarik untuk mencobanya. Maka, artikel kali ini cocok untuk Anda yang ingin menjalankan bisnis tersebut. 

Setelah memiliki akun bisnis instagram, Anda juga butuh tips agar sukses memasarkan produk di Instagram. 

Cukup dengan visual menarik dan penggunaan sederhana, Instagram menjadi platform sosial media yang digandrungi untuk kunci sukses menjalankan bisnis online dan memasarkan produk. 

Prosentase 62% dari ratusan pengguna aktif instagram mengikuti akun online shop dan brand. Oleh sebab itu, platform sosial media instagram menjadi lahan yang amat menggiurkan bagi para pengusaha.

 

Instagram Marketing dan Tips Sukses untuk Meningkatkan Penjualan Produk


Apa Saja Tips Sukses untuk Meningkatkan Pemasaran Produk atau Jasa?


Jika sebelumnya kami telah memberikan tutorial tentang pembuatan instagram bisnis untuk pemula.

 Maka, di sini kami akan membahas tuntas bagaimana agar sukses memasarkan produk atau jasa yang Anda kembangkan di platform sosial media instagram ini. 

Tentunya, Anda harus paham betul bahwa interaksi dengan customer dan kemudahan akses mencapai produk Anda sebagai dasar peningkatan penjualan produk Anda. 

Berikut beberapa tips yang dapat Anda contoh untuk meningkatkan pemasaran produk atau jasa. 

1. Mengembangkan Tampilan Instagram Anda

Anda harus memikirkan bagaimana cara menampilkan produk menarik di Instagram bisnis Anda. Menempatkan produk yang tepat merupakan kunci untuk membantu meningkatkan penjualan DNA engagement. 

Memperjelas dan mempertajam foto-foto yang akan Anda unggah di Instagram merupakan langkah penting. 

Anda dapat memperjelas foto yang akan Anda unggah tersebut dengan filter instagram atau dengan aplikasi lainnya. 

Ingat, Anda tidak boleh menipu pelanggan Anda, sosial selling akan jauh lebih sukses dengan foto tanpa filter (foto asli). 

Anda juga wajib mencoba aplikasi instagram layout, apabila ingin menampilkan satu produk dari berbagai sudut yang menurut Anda memiliki view bagus. 

Instagram layout memudahkan Anda untuk menggabungkan beberapa gambar menjadi satu gambar. 

Ini berguna jika produk yang Anda jual berupa perhiasan atau pakaian, karena aplikasi ini dapat menampilkan produk dengan sudut berbeda. 

Beberapa toko perhiasan sukses, akan berusaha menampilkan produk mereka secara efektif dan konsisten di Instagram bisnis mereka. 

Toko perhiasan sukses ini menampilkan seluruh produknya secara close-up dengan berbagai jenis model serta testimoni untuk memakai produk yang mereka pasarkan. 

Marketing jenis ini selain memberikan inspirasi bagi para konsumen, juga customer melihat secara jelas produk yang mereka tawarkan. 

2. Caption Menarik, Menarik Customer

Menjelaskan produk Anda tentu penting untuk menarik perhatian para customer, dalam hal ini caption yang Anda ketik haruslah menarik. 

Menarik dalam skala dua hal, yaitu menarik customer dan caption menarik. Cara sederhana untuk melakukan hal tersebut adalah dengan menambahkan emojibyang relevan. 

Penambahan emoji akan mempercantik tampilan dan caption instagram Anda. Selain itu, Anda juga dapat membuat visual produk dengan emoji. 

Menggunakan emoji untuk menggambarkan produk yang Anda tawarkan juga dilakukan oleh beberapa online shop terkenal. Merupakan cara yang efektif dan efisien. 

Kami ambil contoh sebuah online shop parfum, yang menggunakan emoji untuk menjelaskan produk yang mereka jual. 

Untuk menjelaskan bahwa parfum itu memiliki wangi bebungaan, maka mereka dapat menambahkan emoji bunga di sampingnya. 

Apabila dijalankan, calon konsumen yang ingin membeli produk mereka akan paham aroma parfum yang ditawarkan oleh online shop parfum tersebut. 

Mengapa Harus Menggunakan Hashtag Sebagai Media Promosi Produk?


3. Menggunakan Hashtag Sebagai Media Promosi Produk

Menggunakan hashtag sebagai media promosi produk Anda akan sangat berpengaruh, tentang bagaimana produk yang Anda tawarkan, jual dan ditemukan di akun Instagram bisnis Anda. 

Anda juga dapat menggunakan fitur search atau pencarian dan explore atau jelajah untuk melihat tagar terpopuler. 

Guna mendemografi dan memperkenalkan produk yang Anda tawarkan. Minimal Anda menggunakan tiga hingga lima tagar saat melakukan promosi.  

Buatlah tagar untuk brand Anda sendiri, lakukan pencarian tagar Anda setiap hari agar Anda mengetahui siapa saja yang menggunakan tagar tersebut. 

Setelah itu, Anda perlu mempertimbangkan untuk menampilkan foto atau video terbaik dari pengguna tagar tersebut. 

Aplikasi regram cocok untuk Anda yang ingin menampilkan foto pelanggan di feed instagram bisnis Anda. 

Menambahkan caption menarik dari setiap tagar yang Anda buat merupakan cara tepat yang efektif, untuk memulai penjualan produk di Instagram Anda. 

Pemasaran Anda menjadi tepat sasaran karena hanya konsumen yang membutuhkan produk Anda, akan mencari tagar tersebut. Otomatis akan tertuju kepada Anda. 


Instagram Marketing dan Tips Sukses untuk Meningkatkan Penjualan Produk


4. Pembelian yang Mudah

Tips keempat akan sangat berguna untuk Anda yang ingin mengubah follower menjadi pelanggan. 

Anda dapat memanfaatkan tautan web e-commerce seperti shopee atau Tokopedia di bio instagram bisnis Anda. 

Saat customer menekan klik tautan di bio instagram Anda, maka followers akan terarah pada jalan online shop dan dapat segera membeli produk yang Anda tawarkan. 

Tentunya Anda harus senantiasa menganalisa dan mengamati produk apa saja yang paling laris, sehingga Anda dapat memfokuskan untuk promosi produk tersebut. 

Hal ini tentu akan meningkatkan penjualan dan pemasaran Anda. Dengan mengetahui yang customer butuhkan, Anda dapat mempromosikan produk tersebut dengan baik. 

5. Bekerjasamalah dengan Para  Influencer

Menyebarluaskan brand awareness dan meningkatkan penjualan dapat dilakukan dengan bekerjasama dengan influencer instagram. 

Produk yang Anda pasarkan akan menjangkau audien yang merupakan target produk dan layanan yang Anda jual, ini akan terjadi jika Anda bekerjasama dengan influencer instagram. 

Hal ini tentu akan sangat menguntungkan bagi Anda. 

Menggunakan aplikasi captiv8 dapat membantu Anda untuk berhubungan dengan influencer instagram. Di fitur pencarian, jelajah dan management alur kerja yang disediakan. 

Anda dapat memantapkan hubungan bisnis Anda dengan influencer instagram. 

6. Amati dan Ketahui Waktu Tepat untuk Memposting 

Terdapat beberapa waktu tepat untuk memposting konten di Instagram, salah satu tujuannya adalah untuk mendapatkan engagement yang optimal. 

Anda perlu mengunggah konten di jam tertentu. Apakah ada waktu yang tepat untuk membagikan konten di Instagram bisnis? Jawabannya tentu ada. Kapan waktu yang tepat? 

Letergram, pernah melakukan penelitian bahwa waktu yang tepat untuk mengunggah konten di antaranya pukul 19.00-21.00. 

Karena di waktu tersebut, orang pada umumnya telah selesai bekerja, sedang melakukan perjalanan ke rumah atau tengah bersantai. 

Pembelian menarik ini dapat membantu Anda menentukan waktu yang pas untuk membagikan produk yang Anda jual. 

Di siang hari, waktu paling tepat untuk memasarkan produk Anda adalah pada pukul 11.00 – 13.00. Pada waktu tersebut, biasanya orang tengah istirahat dari aktivitas sehari-hari. 

Biasanya mereka tengah makan siang, bersantai dengan teman kantor serta lain sebagainya. Waktu tersebut cocok untuk Anda membuat konten menarik, agar customer melirik. 

Memperhatikan audiens di Instagram bisnis Anda, atau mengamati dan meneliti sendiri juga cara yang efektif untuk meningkatkan nilai pasar brand Anda. 

Karena tidak semua orang memiliki pola hidup yang sama dengan yang lainnya. Anda harus mengetahui kapan waktu audiens membuka instagram. 

Dengan banyaknya produk baru dan merk favorit, tentu akan memperkaya konsep social selling Anda. 


Post a Comment for " Instagram Marketing dan Tips Sukses untuk Meningkatkan Penjualan Produk"