Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Metode Kreatif Promosi untuk Menarik Pelanggan Olshop


Di era yang semakin canggih ini, dimana teknologi sudah semakin menjamur, hampir semua dari kita pasti memiliki akun media sosial. Entah itu tiktok, twitter, Instagram, FB atau pun yang lainnya. 

Dengan makin banyaknya para pengguna media sosil, hal itu menjadikannya sebagai media atau sarana yang memiliki peran besar dan dapat diandalkan dalam melakukan promosi bagi sebuah bisnis secara online. 

Seperti telah kita ketahui bersama bahwa hampir semua pelaku bisnis saat ini memanfaatkan media sosial sebagai media dan sarana bagi mereka melakukan promosi sekaligus berjualan. 

Karena memang, disetiap harinya banyak sekali orang yang berselancar di media sosial, sehingga hal itu membuat promosi akan produk Anda dirasa semakin efektif.

Oleh karena itulah wajar saja jika banyak bermunculan bisnis online saat ini. Bisnis-bisnis online yang kian menjamur tentunya akan semakin memperketat persaingan. 

Anda sebagai pelaku bisnis atau calon pelaku bisnis online, harus mampu memaksimalkan penggunaan ragam media sosial untuk mempromosikan dan memasarkan produk yang Anda jual. 

Dengan semakin maraknya pengguna akun media sosial, hal itu membuat Anda lebih mudah untuk memperkenalkan sebuah produk di pasaran, setidaknya dalam lingkaran pertemanan Anda sendiri. 

Bagi Anda para pelaku bisnis, baik itu kecil maupun menengah, simaklah beberapa metode kreatif promo untuk menarik pelanggan olshop :


Metode Kreatif Promosi untuk Menarik Pelanggan Olshop


Apa Saja Metode yang Bisa Dilakukan untuk Menarik Pelanggan Olshop?


1. Gunakan Media Sosil Semaksimal Mungkin

Kegiatan publikasi dan promosi produk jangan hanya dilakukan di satu media sosial saja. Anda harus memanfaatkan semua media sosial yang tersedia untuk memperkenalkan online shop yang kini tengah Anda kelola. Baik itu tiktok, fb, ig, twitter, YouTube, blog dan lain sebagainya. 

Media-media sosial tersebut tentunya disertai dengan kelebihannya masing-masing. Dengan semakin banyaknya pengguna sosmed yang melihat postingan produk yang Anda bagikan, maka akan semakin banyak pula calon konsumen yang memiliki potensi untuk membeli produk Anda. 

Cara ini dinilai sangat mudah dan paling praktis untuk menarik calon pembeli. Dalam melakukannya Anda pun tak membutuhkan modal banyak, hanya dengan modal koneksi internet produk Anda telah menjangkau banyak konsumen.


2. Rutinlah dalam Membuat Postingan Produk

Setelah Anda menggunakan semua sosial media yang tersedia, sekarang saatnya untuk posting secara kontinu dan konsisten. 

Jangan hanya foto produk, sesekali buatlah dalam bentuk video singkat. Jangan pedulikan jumlah like atau penonton yang menurut Anda masih sedikit. 

Tetaplah rutin untuk memposting, karena kita tidak akan tahu sewaktu-waktu postingan kita akan viral, seperti yang sedang hit saat ini, odading mang oleh. 

Kegiatan rutin memposting ini tidak membutuhkan banyak tenaga, Anda hanya perlu luangkan sebentar waktu Anda di setiap harinya, pertimbangkan dengan benar konten apa yang akan dipublikasikan pada hari itu.

3. Terapkan Prinsip “Semakin Langka Semakin Diburu”

Bentuk promosi yang satu ini memanfaatkan sifat “semakin langka semakin diburu”. Buatlah seolah-olah produk yang Anda tawarkan hanya tersedia dalam jumlah yang sedikit dan terbatas. 


Ada banyak cara yang bisa Anda terapkan, salah satunya dengan membuka PO, Anda bisa cantumkan syarat misalnya hanya untuk konsumen yang memberikan like dan komentar pertama di postingan Anda. 


Metode Kreatif Promosi untuk Menarik Pelanggan Olshop


Bagi Anda yang baru memulai olshop dan belum mengerti apa itu PO,  itu adalah singkatan dari Purchase Order. 

Cara kerja dari pemesanan model ini yaitu customer atau pelanggan akan memesan terlebih dahulu barang yang diinginkanya, setelah beberapa waktu kedepan, sesuai waktu yang disepakati, barulah produk yang dipesan dapat diterima oleh si customer.

Bagaimana Memanfaatkan Jasa Influencer  untuk Menarik Pelanggan Olshop?


4. Manfaatkan Jasa Influencer

Cara selanjutnya yang bisa diaplikasikan supaya bisnis online banyak diminati yaitu dengan memanfastkan influencer. 

Jumlah pengikut mereka yang tidak sedikit dan selalu mengikuti setiap postingan-postingannya, sangat cocok digunakan jasanya untuk mempromosikan produk yang Anda miliki. 

Anda tinggal mencari selebgram yang memiliki banyak follower. Biasanya mereka akan mencantumkan kontak yang bisa dihubungi untuk endorse online shop. 

Menggunakan jasa influencer terbukti ampuh untuk menarik datangnya konsumen, meski tidak semua tapi beberapa dari mereka pastilah memiliki potensi untuk membeli produk Anda. 

Tapi perlu diperhatikan sebelumnya, dalam memilih influencer yang akan Anda gunakan jasanya, pastikan ia memiliki image dan karakter yang cocok dengan online shop Anda. 

Jika memanfaatkan jasa influencer dirasa memerlukan banyak modal, maka ada cara lain yang bisa Anda lakukan tanpa sedikitpun modal. 

Pastinya Anda sering membaca kolom komentar pada posting-an selebgram atau pun artis, bukan? 

Dan dijamin disetiap postingan mereka, Anda pasti akan menemukan komentar yang berisi promo produk maupun jasa. Hal ini merupakan salah satu cara yang dirasa cukup efektif untuk menjaring konsumen.


5. Berlakukan Gratis Ongkir

Okngkos kirim atau biasa disingkat ongkir, sering menjadi penyebab konsumen tak jadi membeli produk Anda. 

Banyak alasan yang melatar belakangi hal itu. Dengan Menawarkan free ongkir hal itu dirasa cukup bagus untuk meningkatkan penjualan. 

Namun untuk mendapatkan penawaran free ongkir ini Anda harus terapkan persyaratan pembelian minimum, hal ini selain untuk meningkatkan jumlah pesanan, Anda juga tidak akan dirugikan dengan beban biaya pengiriman.


6. Berikan Diskon

Diskon selalu bisa menarik perhatian konsumen, terlebih mereka para wanita yang memang dikenal sebagai pemburu diskon. 

Pemberian diskon ini bisa Anda lakukan dengan memberikan syarat jumlah total pembelian minimum. Dengan hal itu nantinya akan memacu konsumen untuk berbelanja lebih banyak lagi produk Anda, tentunya untuk mendapat diskon.


7. Berikan Respon yang Cepat

Jangankan unuk hal bisnis, respon cepat memang selalu menjadi poin lebih dalam segala hal. Oleh karena itu, Anda sebagai pelaku bisnis online harus lebih responsif. 

Semisal seorang calon konsumen ada yang bertanya seputar produk Anda, usahakan untuk selalu memberikan balasan yang cepat. 

Karena memang tidak semua calon konsumen bisa sabar untuk menunggu balasan. Bisa-bisa mereka akan hengkang dan  memilih online shop lain. 

Oleh karena itulah respon cepat sangat diperlukan dalam menjalankan bisnis ini, agar Anda tidak kehilangan konsumen dikemudian hari 


Metode Kreatif Promosi untuk Menarik Pelanggan Olshop


8. Komunikasi yang Baik

Jika selama ini Anda terkesan cuek (mungkin karena memang karakter Anda seperti itu) sebaiknya cepat diubah. 

Karena membangun komunikasi yang baik dan keakraban dengan pelanggan memang terbukti membuat pelanggan Anda betah dan tidak akan berpindah ke tempat lain. 

Anda bisa memulainya dengan yang sederhana, seperti menanyakan apakah produk yang dikirim sudah sampai tujuan atau belum, menanyakan kepuasan mereka terhadap produk, dan lain-lain. 

Anda juga dapat membangun hubungan personal dengan pelanggan, caranya dengan mengucapkan selamat di momen-momen spesial mereka, seperti ulang tahun misalnya. 

Jika tidak dirasa terlalu berat, Anda juga bisa sekalian memberikan kado kecil,  menarik pelanggan olshop dengan cara ini dapat membuat para pelanggan semakin merasa dekat dengan Anda.


Post a Comment for " Metode Kreatif Promosi untuk Menarik Pelanggan Olshop"