Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Sukses Sebagai Petani di Era Digital

Peluang untuk bekerja di dunia pertanian saat ini semakin terbuka lebar, selain itu prospek di bidang ini juga terbilang sangat bagus. 

Mungkin dulu bekerja di bidang pertanian dianggap sebagai pekerjaan yang tidak terlalu menghasilkan. Namun saat ini dengan kemajuan teknologi, bidang pertanian bisa memberikan omzet yang besar bagi Anda para pelakunya. 

Hal itu dikarenakan dengan pemberdayaan teknologi di era digital ini semakin memaksimalkan hasil yang didapat dari sektor pertanian. 

Berikut adalah cara untuk sukses bertani di era digital. Anda yang berniat untuk menggeluti bidang ini atau mungkin Anda yang saat ini sedang berprofesi sebagai petani sebaiknya membaca artikel sampai habis.

Bagaimana cara sukses jadi petani di era digital ?

1. Menyesuaikan dengan perkembangan zaman

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk menjadi seorang petani sukses di era digital, yaitu mampu menyesuaikan dengan perkembangan zaman saat ini. 

Dunia digital dan teknologi saat ini semakin berkembang dengan pesat. Hal itu tentunya membuat Anda harus mampu menyesuaikan diri. 

Karena dengan begitu Anda bisa berpeluang untuk menjadi seorang petani yang sukses. Jika dulunya kegiatan pertanian dilakukan menggunakan peralatan tradisional, maka saat ini sudah terdapat banyak alat yang semakin memudahkan pekerjaan tersebut. 

Anda tidak perlu harus meninggalkan sepenuhnya cara-cara lama. Karena mungkin terdapat beberapa cara dari metode lama tersebut yang lebih efektif. 

Sehingga dengan begitu yang perlu Anda lakukan di sini hanyalah memadukan cara baru dengan cara lama. Sehingga dengan begitu semakin memaksimalkan hasil pertanian.


Cara Sukses Sebagai Petani di Era Digital


2. Memberdayakan teknologi

Hal yang bisa Anda lakukan selanjutnya yaitu pemberdayaan terhadap teknologi. Saat ini telah banyak ditemukan peralatan teknologi yang dapat Anda gunakan untuk memudahkan segala proses pengerjaan di lapangan. 

Dengan memanfaatkan teknologi-teknologi tersebut, tentunya akan semakin membuat proses bertani lebih mudah. 

Akses informasi tentang segala seluk beluk pertanian bisa Anda dapat dengan mudah melalui teknologi. Karena seperti kita tahu bahwasanya saat ini pemerintah tengah mengadakan program untuk pertanian digital. 

Dalam program tersebut tentunya akan terdapat penyuluhan, sehingga nantinya Anda akan bisa mendapatkan beberapa pengetahuan baru terkait mengenai pertanian. Pengetahuan tersebut tidak hanya bersifat teknis saja, melainkan juga mengenai informasi mesin panen, perkiraan cuaca atau tentang distribusi untuk hasil pertanian.

Mengapa harus memanfaatkan yang ada?


3. Manfaatkan peluang yang ada

Hal ini sudah tidak diragukan lagi bahwasannya untuk menjadi seorang petani yang sukses, maka Anda perlu memanfaatkan semua peluang yang muncul di depan Anda. Di dunia yang sudah serba canggih ini telah banyak kemudahan yang ditawarkan kepada Anda para petani yang ingin sukses di bidang tersebut. 

Anda hanya perlu untuk berani mencoba dan berani berinovasi. Tak perlu takut untuk terlihat berbeda dari yang lain. Seperti misalnya Anda coba untuk menanam bibit tanaman yang berbeda dari tanaman para petani lainnya. Dengan menanam jenis tanaman yang seragam akan membuat penawaran terhadap hasil pertanian Anda tidak jauh berbeda seperti yang lain. 

Karena memang stok masih banyak dari petani yang lain. Namun jika memiliki hasil pertanian yang berbeda, tentunya hal itu akan menjadi poin unggul. Harga penawaran terhadap hasil pertanian Anda pun juga lebih tinggi karena memang stok yang terbatas.


4. Berani berinovasi

Anda tidak bisa menjadi sukses jika Anda terlalu takut untuk berinovasi. Bagi seorang pebisnis maka inovasi merupakan hal yang sangat penting. Begitu juga untuk seorang petani. Contoh inovasi yang Anda bisa lakukan seperti misalnya tidak menjual hasil pertanian langsung di pasaran. 

Melainkan di sini Anda olah hasil pertanian tersebut menjadi sebuah produk kuliner. Jika mampu buatlah produk yang masih terbilang unik dan baru. 

Dengan begitu tentunya akan semakin menambah nilai serta hasil dari pertanian Anda. Buatlah kemasan yang menarik sehingga memiliki nilai jual yang cukup tinggi. 

Perlu Anda tahu bahwa sebagian besar produk akan memiliki nilai tambah ketika dikemas dengan cara yang tepat dan elegan. Setelah itu Anda bisa mempromosikan produk Anda tersebut melalui jejaring media sosial. Hal itu bertujuan agar produk Anda diketahui oleh masyarakat luas. 

Perbaikan kualitas produk serta melakukan inovasi terhadap hasil pertanian tentunya akan membuat penjualan hasil tersebut semakin efektif dan meningkat. 

Dengan Anda membuat kemasan yang menarik tentunya akan mampu menjaring konsumen yang lebih banyak lagi di pasaran. 



Cara Sukses Sebagai Petani di Era Digital


Hal yang perlu diperhatikan lagi yaitu Anda tidak boleh hanya mengandalkan satu jenis komoditas hasil pertanian. 

Ketika Anda telah memiliki ragam jenis komoditas pertanian dan kesemuanya memiliki kualitas produk yang bermutu, hal itu akan semakin memperbesar untuk produk Anda tembus di pasar internasional. 

Ketika hal tersebut terjadi, tentunya permintaan terhadap hasil pertanian Anda juga akan semakin besar. Dengan begitu otomatis akan semakin meningkatkan pendapatan yang diperoleh para petani. 

Yang pada akhirnya Anda pun semakin berada di jalan untuk menjadi seorang petani yang sukses di era digital dengan memanfaatkan teknologi.


5. Membangun kemitraan

Hal lain yang bisa Anda lakukan untuk sukses bertani di era digital yaitu membangun sebuah kemitraan dengan para pelaku ekonomi. Terlebih di sini Anda bekerja sama dengan para pelaku ekonomi digital. 

Saat ini telah banyak koperasi pertanian yang telah memakai sistem digitalisasi. Anda bisa membangun kemitraan dengan koperasi tersebut. Sehingga di sini menghindari Anda untuk menjual hasil pertanian pada seorang tengkulak. 

Karena seperti kita tahu bahwa mayoritas tengkulak hanya akan memberikan imbal hasil yang kecil bagi para petani. Sedangkan jika Anda bermitra dengan koperasi tentunya akan terdapat sistem pembagian hasil dengan aturan yang jelas. Sehingga dengan begitu hasil yang didapat dari Anda bertani akan semakin lebih besar. 


6. Pemanfaatan aplikasi serta software berbasis cloud

Di zaman yang telah serba canggih ini masyarakat selalu ingin mengerjakan berbagai hal dengan cara yang cepat, praktis, aman dan mudah. Hal tersebut nyatanya juga dapat Anda aplikasikan terhadap hasil pertanian. 

Dengan memanfaatkan aplikasi maupun software yang berbasis cloud, akan memudahkan Anda untuk melakukan serta meningkatkan penjualan dari produk pertanian Anda. Ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh aplikasi maupun software berbasis cloud tersebut. 

Seperti misalnya mampu melakukan pemetaan terhadap hasil pertanian, mampu memperhitungkan jumlah pupuk yang perlu digunakan, mampu memprediksi cuaca, 


Cara Sukses Sebagai Petani di Era Digital


hingga pemasaran terhadap hasil pertanian tersebut. Dengan begitu tentunya Anda sebagai petani akan semakin dimudahkan dalam banyak hal. 

Sebagai proses pembelajaran terhadap penggunaan aplikasi berbasis cloud, Anda perlu mengikuti penyuluhan yang dilakukan oleh pihak-pihak terkait. 

Dengan begitu nantinya akan semakin menambah wawasan Anda dalam bidang teknologi pertanian. 

Mungkin awalnya Anda akan kesusahan ketika melalui proses penggunaan teknologi ini. Namun jika Anda telah terbiasa maka hal itu akan terlihat mudah. Selain itu juga hasil yang ditawarkan pun akan jauh lebih maksimal lagi. 

Penerapan teknologi dalam bidang pertanian saat ini telah diterapkan oleh negeri sakura. Sehingga wajar jika kita menemukan hasil panen dari negeri tersebut begitu sempurna. Hal tersebut pada akhirnya akan berdampak pada nilai jual dari hasil pertanian itu sendiri.

 


1 comment for " Cara Sukses Sebagai Petani di Era Digital"

  1. The integration of the development team with the client was cited as an area for improvement.
    corporate branding agency

    ReplyDelete