Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Bisnis Takjil yang Laku Sepanjang Masa


Saat berbuka puasa lengkap rasanya jika tidak ditemani dengan takjil. Mayoritas muslim, utamanya di Indonesia akan selalu melengkapi menu buka puasanya dengan takjil. Di antara sekian banyak takjil yang tersedia, terdapat beberapa jenis takjil yang sangat diminati sepanjang masa. 

Anda bisa menjadikan takjil - takjil tersebut sebagai ide bisnis. Berikut akan diulas mengenai daftar takjil yang paling laku sepanjang masa, meliputi :

Apa Saja Bisnis Takjil Paling Laku Sepanjang Masa?


1. Es Belewah

Takjil yang paling populer pertama sepanjang masa yaitu es blewah. Meminum es ini akan membuat tubuh Anda segar dalam sekejap saat berbuka puasa. Selain segar dan manis, Anda juga bisa mendapatkan manfaat yang dikandung oleh es eblewah ini. Di dalam es blewah, terkandung vitamin C serta vitamin A yang akan membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat. 

Es blewah akan semakin lebih terasa nikmat ketika Anda menambahkannya dengan serutan daging kelapa. Proses pembuatan es ini juga sangatlah sederhana. Bagi Anda yang berminat untuk berjualan takjil maka bisa menjadikan es belewah sebagai menu Anda.


2. Kolak Pisang

Menu takjil yang berikutnya yaitu kolak pisang. Kolak pisang telah sejak dulu digunakan untuk menemani berbuka puasa. Secara umum kolak ini terdiri atas pisang. Tapi tidak sedikit juga orang yang mulai menambahkan bahan-bahan lain sesuai dengan seleranya. 

Bahan-bahan yang ditambah tersebut seperti misalnya nangka, ubi kolang-kaling ataupun sagu. Kolak pisang ini akan benar-benar membuat moment berbuka puasa makin terasa nikmat.


Bisnis Takjil yang Laku Sepanjang Masa


3. Kolak Biji Salak

Bisnis takjil berikutnya juga masih berbentuk kolak. Namun bedanya yang satu ini adalah kolak biji salak. Anda jangan tertipu dengan namanya, karena meskipun bernama kolak biji salak, namun nyatanya kolak tersebut tidak terbuat dari biji salak asli. Kolak ini dibuat dengan adonan tepung serta yang memiliki warna serta bentuk serupa biji salak. 

Rasanya yang kenyal akan terasa lumer di mulut Anda. Adonan tepung tersebut nantinya akan di sajikan dengan kuah dari santan kelapa yang dicampur gula merah. Anda bisa menyajikan takjil yang satu ini saat dingin maupun panas, karena kedua-duanya akan tetap terasa nikmat.


4. Kurma

Untuk takjil ini memang tidak boleh terlewat saat bulan Ramadan. Buah kurma bahkan disunnahkan oleh Rasulullah untuk dijadikan makanan ringan saat berbuka puasa. Buah kurma memiliki cita rasa yang manis sehingga sangat pas untuk dijadikan pilihan dalam menu berbuka puasa Anda. Khasiat yang dimiliki oleh bunga kurma ini sangatlah beragam sekalipun ukurannya kecil.


5. Cendol

Takjil yang satu ini pasti bukan hal yang asing lagi bagi Anda sekalian. Cendol merupakan salah satu minuman khas yang berasal dari Indonesia yang terbuat dari bahan berupa tepung beras dan disajikan dengan campuran es parut, santan serta gula merah cair. 

Minuman ini memiliki rasa yang manis dan nikmat. Cara pembuatan es ini terbilang mudah, oleh karena itu sangat disarankan untuk Anda yang ingin berjualan takjil yang satu ini.


Bisnis Takjil yang Laku Sepanjang Masa


6. Es Kelapa Muda

Es kelapa muda atau sering juga disebut dengan es degan merupakan minuman yang bahan bakunya berupa kelapa muda yang nantinya akan dicampur dengan gula merah ataupun gula pasir. Es kelapa muda ini menjadi favorit sepanjang masa. Banyak orang yang menggemari es kelapa muda karena memang saat meminumnya akan terasa segar dan manis, sehingga sangat cocok untuk dijadikan menu berbuka puasa.


7. Es The Manis

Minuman ini merupakan minuman sejuta umat. Mungkin es the manis tidak terlalu spesial, namun masih banyak orang yang menggunakan es ini untuk berbuka puasa mereka. Hal itu membuktikan bahwa takjil ini sangatlah populer. Dari dulu hingga sekarang banyak masyarakat yang tetap menggunakan es the manis sebagai pelengkap menu berbuka puasa.

Apakah Gorengan adalah Salah Satu Takjil Paling Digemari ?


8. Gorengan

Salah satu cemilan yang sangat digemari untuk menemani berbuka puasa yaitu gorengan. Jenis dari gorengan pun juga sangatlah bermacam-macam mulai dari ubi goreng, cireng, pisang goreng, tempe goreng atau pun tahu isi goreng. 

Kebanyakan masyarakat akan memakan gorengan ini ketika mereka sudah berbuka puasa dengan menu makanan berat. Sehingga dapat dikatakan di sini bahwa gorengan merupakan makanan penutup berbuka puasa.


9. Bubur Kampiun

Takjil populer sepanjang masa berikutnya yaitu bubur kampiun. Bubur yang satu ini makanan khas Minang dan berasal dari kata champion. Konon bubur satu ini tercipta dari salah satu kreasi perlombaan memasak yang dilakukan pada beberapa puluh tahun silam. 

Dalam semangkuk bubur ini Anda akan mendapati rasa sempurna yang merupakan kombinasi dari candil, kolak pisang, ketan hitam serta bubur sumsum. Menjadikan bubur kampiun ini sebagai menu berbuka puasa merupakan pilihan yang tepat.

Anda yang sangat gemar makanan dengan cita rasa yang ramai, maka bisa mencoba bubur satu ini. Harga bubur ini pun juga terbilang sangat terjangkau.


Bisnis Takjil yang Laku Sepanjang Masa


10. Es Pisang Ijo

Pisang ijo juga menjadi salah satu takjil paling populer. Es pisang ijo ini merupakan sejenis makanan khas yang berasal dari provinsi Sulawesi Selatan. Tepatnya pisang ijo berasal dari kota Makassar. Sesuai dengan namanya, es pisang ijo ini berbahan dasar berupa pisang yang masih berwarna hijau. 

Pisang hijau tersebut nantinya akan dibalut dengan adonan dari tepung yang memiliki warna hijau. Es pisang hijau menjadi favorit saat bulan Ramadan tiba. Banyak masyarakat yang memburu takjil ini ketika sudah mulai mendekati waktu berbuka puasa. Hal itu wajar saja karena selain akan terasa segar, cita rasa dari es pisang ijo ini juga manis serta gurih.


11. Es Teler

Takjil berikutnya yaitu es teler. Es ini terdiri dari banyak sekali bahan penyusun seperti misalnya kelapa muda, alpukat, nangka, cicau serta buah-buahan lainnya yang akan dicampur dengan susu kental manis, santan, daun pandan, garam dan gula.

Menu dari es teler sendiri ditemukan pada tahun 50-an. Hingga saat itu akhirnya es teler semakin eksis serta populer di banyak daerah karena memang cita rasanya yang nikmat.


12. The Manis Hangat

Jika di atas tadi Anda sudah disajikan takjil berupa es the manis, maka berikutnya ini adalah the manis hangat. Beberapa memang lebih suka meminum the manis dalam kondisi hangat dibanding dingin. Rasa manis serta hangat dengan aroma yang harum semakin membuat rasa dahaga cepat hilang. Oleh karena itulah the manis hangat juga termasuk dalam salah satu bisnis takjil paling laku sepanjang masa.


13. Lontong Isi

Bisnis takjil terakhir yang juga merupakan takjil paling laku sepanjang masa yaitu lontong isi. Lontong isi ini umumnya berisi bahan-bahan yang beraneka ragam. Masing-masing daerah memiliki ciri khasnya sendiri-sendiri. 

Namun yang paling populer biasanya yang berisi oncom. Porsi lontong umumnya tidak dibuat dengan ukuran terlalu besar serta bahan bakunya berupa nasi. Hal itulah yang membuat lontong isi sangat disukai oleh masyarakat untuk menu berbuka puasa. Memakan takjil yang satu ini juga membuat Anda merasa kenyang. Lontong isi bisa dijadikan sebagai menu untuk Anda berjualan takjil.

 


Post a Comment for " Bisnis Takjil yang Laku Sepanjang Masa"