Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Ampuh Optimasi SEO untuk Toko Online Agar Makin Laris


Saat ini semakin banyak bermunculan pelaku bisnis online. Dan beberapa dari mereka juga telah memiliki toko online sebagai sarana promosi. Oleh karena itulah persaingan dalam bisnis online ini semakin ketat. 

Anda sebagai salah satu pelaku bisnis perlu melakukan optimasi SEO toko online agar makin laris. Karena dengan melakukan optimasi pada SEO akan membantu toko Anda muncul di halaman pertama dari mesin pencarian Google. 

Dengan begitu otomatis akan semakin meningkatkan leads, traffic serta pendapatan dari toko online. Semakin tinggi posisi toko Anda berada dalam hasil pencarian Google, otomatis hasil yang di raup pun akan semakin besar. Dalam artikel kali ini akan diulas mengenai optimasi SEO pada toko online.


Bagaimana cara ampuh optimasi SEO untuk toko online agar makin laris?


1. Mengatur URL

URL merupakan alamat digital dari website serta halaman-halaman yang termuat di dalamnya. Seperti halnya alamat suatu rumah, maka di sini URL juga perlu untuk ditulis secara jelas dan gamblang. Dengan cara begitu tentunya Googlebot serta user akan tahu dengan mudah cara untuk menuju web Anda. 

Memiliki URL yang tidak terlalu rumit tentunya akan sangat memudahkan. Sedangkan URL yang terlalu bertingkat akan membuat kesulitan bagi para pengguna untuk mengakses halaman dari website Anda. Oleh karena itu pastikan untuk memiliki URL yang pendek. 

Setidaknya panjang dari alamat toko online Anda hanya berkisar antara 50 sampai 60 karakter saja. Dari hasil riset yang telah dilakukan menyebutkan bahwasannya URL yang pendek memiliki kemungkinan lebih besar untuk dapat berada di peringkat atas mesin pencarian Google. 


Cara Ampuh Optimasi SEO untuk Toko Online Agar Makin Laris


Usahakan pula untuk alamat URL sama dengan judul dari halaman. Dengan begitu akan lebih memudahkan bagi para pengguna untuk memahami konten dari halaman hanya dengan melihat URL. Hilangkan kata-kata yang menurut Anda tidak perlu, karena hal itu hanya akan semakin menambah panjang URL. 

Tidak perlu menyertakan kategori maupun sub kategori, karena hal itu juga akan semakin menambah panjang alamat. Oleh karena itu tulislah alamat web dengan sesingkat mungkin. 


2. Lakukan riset kata kunci

Salah satu fondasi lain agar sebuah website mudah untuk ditemukan yaitu dengan menggunakan keyword yang tepat. Menggunakan keyword yang tepat tentunya akan membuat para pengguna mudah menemukan toko online Anda. 

Dalam proses untuk mencari keyword yang sesuai ini sebenarnya merupakan hal yang cukup mudah. Anda perlu memahami tiga hal penting seperti yang akan diulas di bawah ini : 

Kompetisi. 

Ini menunjukkan tingkat kesusahan suatu web dalam mendapatkan trafict di suatu hasil pencarian. Makin tinggi angkanya maka makin sulit untuk dapat menggeser web lain dari halaman teratas.

Volume. 

Volume menunjukkan seberapa besar potensi traffic dari suatu kata kunci. Makin besar volume maka semakin banyak pula potensi traffic yang didapat, begitu juga sebaliknya.

Intensi. 

Pencarian intensi terhadap kata kunci tentunya akan mempermudah untuk Anda bertemu dengan target audience yang pas. 

Agar semakin mendukung website, cobalah Anda sisipkan kata-kata dengan intensi komersial seperti misalnya diskon, beli, bekas, murah, promo, jual, harga dan lain-lain.

Agar bisa memperoleh kata kunci yang sesuai, maka sebaiknya Anda mengkombinasikan ketiga hal di atas. Yaitu dengan mencari kata kunci utama dari volume pencarian yang cukup tinggi kemudian Anda sisipkan kata kunci berisi intens dalam kata kunci utama tersebut.


3. Sebar kata kunci secara merata

Cara selanjutnya yang perlu Anda lakukan yaitu menyebar kata kunci tersebut di halaman website toko online Anda secara merata. Karena dengan melakukan hal tersebut lebih memudahkan Google dalam melakukan pencarian.

Dimanakah sebaiknya keyword diletakkan?

Ketika melakukan proses crawling nantinya Google dapat mengetahui website Anda sebenarnya berisi tentang apa. Terdapat beberapa spot-spot penting di mana Anda perlu meletakkan kata kunci tersebut, meliputi :

Letakkan pada judul

Tujuan dibuat judul dan tema untuk menginformasikan apa yang dimuat. Jika tujuan Anda adalah untuk berjualan, maka Anda perlu menulis produk yang dijual melalui judul. 

Oleh karena itu jadikanlah kata kunci sebagai bagian dari judul yang harus Anda masukan. Usahakan untuk mencantumkannya di bagian awal judul. 

Karena dengan begitu nantinya calon konsumen dapat langsung memahami apa yang ingin Anda tawarkan. Jika Anda memiliki toko online yang menawarkan produk dari suatu brand, maka disini nama varian atau seri sudah dirasa cukup untuk Anda jadikan judul. 

Namun berbeda lagi ketika Anda menawarkan produk dari ragam merek. Maka Anda perlu untuk mencantumkan merek sekaligus varian dari produk.


Cara Ampuh Optimasi SEO untuk Toko Online Agar Makin Laris


Letakkan pada nama file

Selanjutnya Anda juga perlu mencantumkan kata kunci pada nama file. File tersebut bisa berupa video, dokumen, gambar, PDF maupun audio. Dengan memasang kata kunci tersebut pada file akan membantu Anda untuk memudahkan dalam menggunakannya. 

Bahkan ini merupakan hal yang disarankan oleh pihak Google sendiri. Jika nomor seri terdiri dari lebih 1 kata, maka Anda perlu memisahkan setiap kata tersebut dengan menggunakan lambang setrip (-) karena dengan begitu Google akan lebih mudah dalam membaca dokumen yang terlampir tersebut.

Letakkan pada URL

Selanjutnya kata kunci utama juga perlu Anda masukkan ke alamat dari website atau URL. Menggunakan cara ini telah terbukti membantu Google dalam mengindeks sebuah situs dengan lebih baik. Ditambah lagi cara ini juga memiliki pengaruh langsung terhadap ranking pencarian di google.

Cantumkan pada deskripsi produk

Kata kunci juga tidak boleh luput untuk dicantumkan pada bagian deskripsi dari produk. Anda perlu memeriksakan kata kunci ketika Anda membuat deskripsi produk secara jelas. 

Dengan melakukan hal tersebut, maka proses crawling yang dilakukan oleh Google akan lebih dimudahkan. Setidaknya ketika Anda membuat deskripsi sepanjang 200 kata, maka Anda perlu mencantumkan kata kunci utama sebanyak 2 kali dan disebar.

Katakan pada title dan meta description

Meletakkan kata kunci utama di bagian metadata juga penting untuk Anda lakukan. Dengan melakukan hal tersebut Anda akan mendapatkan klik yang lebih banyak lagi. Nantinya Google akan meng-highlights kata kunci yang Anda letakkan di sana. 

Karena dengan begitu akan menjelaskan pada para pengguna tentang seberapa relevan isi dari website Anda bagi mereka. Agar dapat memasukkan kata kunci tersebut ke dalam title dan meta description, Anda bisa gunakan SEO woocommerce.

Letakkan pada Alt text

Crawling yang dilakukan oleh Google tidak bisa melihat sebuah gambar. Di sini akan mengandalkan alt text untuk tahu mengenai tampilan gambar. Itulah mengapa Anda perlu untuk mengisi alt text di toko online Anda tersebut. 

Cantumkan alt text dengan kata kunci yang sesuai. Namun meski begitu jangan penuhi bagian ini dengan banyak kata kunci. Anda bisa menyamakan isi dari alt text dengan nama dokumen atau file. 


4. Mencari latent semantic indexing

Selain kata kunci, yang perlu Anda lakukan untuk semakin meningkatkan penjualan di toko online Anda yaitu dengan latent semantic indexing. Karena dengan menentukan LSI akan memudahkan bagi Google untuk melihat apakah konten dari website cukup relevan dengan kebutuhan para pengguna. 

Apa itu latent semantic indexing?


LSI itu sendiri adalah kumpulan kata yang memiliki hubungan dengan topik tertentu. Kata-kata tersebut tidak selalu dalam bentuk sinonim. Namun bisa juga kata-kata yang muncul pada suatu kategori sebuah konten. 

Dengan mencari LSI akan membantumu terhindar dari kata kunci stuffing. Kata kunci dalam jumlah yang banyak dapat membahayakan bisnis online Anda. Karena hal tersebut bisa dianggap sebagai spam oleh Google. 

Sehingga dengan begitu nantinya toko online Anda tidak akan ditampilkan di halaman pertama dalam mesin pencarian. Untuk mendapatkan LSI, maka Anda bisa menggunakan tool pencarian LSI.


Cara Ampuh Optimasi SEO untuk Toko Online Agar Makin Laris


5. Lakukan update halaman

Optimasi terhadap toko online juga perlu dilakukan dengan hal-hal teknis lain. Salah satunya yaitu berkaitan dengan halaman produk. Di sini sistem penjualan melalui website berbeda jika dibandingkan dengan media sosial. 

Karena memang Anda tidak perlu menghapus halaman website ketika produk telah terjual. Anda hanya cukup memberikan keterangan sold out pada halaman website tersebut. 

Kegiatan menghapus halaman dari suatu produk yang dilakukan secara sembarangan nantinya akan berakibat pada ranking pencarian. Karena bisa saja halaman yang ingin Anda hapus tersebut telah terlanjur terindex oleh Google. 

Ketika para pengguna mengklik hasil pencarian namun nyatanya halaman tidak dapat lagi diakses karena telah dihapus oleh Anda, hal itu bisa menyebabkan para pengunjung yang kapok untuk mengunjungi website toko online Anda. Selain itu juga ranking pencarian otomatis jatuh. 


6. Melakukan optimasi pada halaman kategori

Sebuah toko online etalasenya terletak pada halaman kategori. Ketika Anda menampilkan produk secara asal-asalan di halaman kategori ini, maka hal itu hanya akan memberikan efek buruk. 

Oleh karena itu halaman kategori ini haruslah Anda optimasi serta desain dengan sebaik mungkin. Berikut adalah cara untuk mendesain halaman kategori yang baik, meliputi :

Menyertakan judul

Dengan Anda menyertakan judul maka bot akan lebih mudah dalam memahami isi halaman. Bagian ini juga akan mempermudah pengunjung dalam membedakan satu produk dengan produk yang lain.

Tulis deskripsi

Tulislah deskripsi secara singkat tentang halaman kategori. Dengan begitu akan semakin menambah konten berguna dalam crawling. Selain itu Anda dapat meletakkan internal link yang terhubung pada kategori produk lainnya.

Buat list produk

Anda juga perlu menampilkan daftar dari produk-produk Anda yang masuk dalam kategori laris. Dengan melakukan hal tersebut tentunya akan menghindari kebingungan dari pihak pengunjung akibat terlalu banyaknya pilihan dari produk.

Sertakan foto ilustrasi

Menyertakan foto ilustrasi yang masih memiliki kaitan dengan foto produk. Dengan melakukan hal ini akan semakin membantu para pengunjung untuk membayangkan tampilan dari produk ketika dikombinasikan bersama dengan produk lain.

Sertakan deskripsi pada ilustrasi

Ketika Anda telah menyertakan foto ilustrasi, maka hal selanjutnya yang perlu dilakukan yaitu menambahkan deskripsi. Tujuan hal tersebut dilakukan adalah untuk meyakinkan calon konsumen. Dapat juga digunakan untuk mencantumkan link ke halaman produk yang spesifik.


Cara Ampuh Optimasi SEO untuk Toko Online Agar Makin Laris


Sertakan konten pendukung

Konten pendukung di sini bisa berupa video. Anda bisa menceritakan proses dari pembuatan produk ataupun bisa juga memberikan cerita-cerita unik lainnya. Hal ini bertujuan untuk menurunkan bounce rate pada halaman.

Tulis deskripsi singkat di bawah produk.

Hal berikutnya yang juga perlu dicantumkan yaitu menuliskan deskripsi secara singkat di bawah produk ataupun foto. Penulisan deskripsi ini akan semakin menjadi penting ketika nama produk yang Anda gunakan berasal dari bahasa asing. Di sini Anda bisa menyamakan deskripsi dari produk dengan alt text.

Tambahkan fitur lihat sekilas

Untuk semakin memudahkan para calon konsumen ketika melihat detail dari produk Anda, maka perlu untuk menambahkan fitur lihat sekilas. Sehingga dengan adanya fitur tersebut para calon konsumen tidak perlu harus menuju ke halaman produk.

Apa pentingnya mencantumkan review konsumen?


7. Mencantumkan review

Untuk meningkatkan kunjungan pada toko online Anda dan memperbesar peluang terjadinya transaksi pembelian, maka Anda perlu menambahkan review pelanggan. 

Menggunakan cara ini tak hanya berpengaruh pada SEO dari website toko online Anda. Namun juga aspek sales serta marketing pun nantinya juga ikut terpengaruh. 

Sehingga dengan begitu teknik ini merupakan teknik yang paling baik dan perlu dilakukan. Dengan adanya review pelanggan dan tentunya akan lebih meringankan pekerjaan Anda dalam pembuatan konten. Anda bisa dengan mudah menambahkan konten. 

Terlebih jika Anda mampu untuk memberi poin untuk setiap review yang ditulis oleh para pelanggan tersebut. Nantinya pasti Anda akan bisa memperoleh konten sepanjang apapun yang Anda inginkan. Review terhadap toko online ini memiliki pengaruh terhadap SEO melalui dua cara. 

Cara pertama yaitu seperti yang telah dijelaskan bahwa Googlebot memiliki bahan lebih dalam melakukan crawling ketika terdapat banyak review. 

Impresi para pelanggan seperti misalnya cepat, berkualitas, aman, murah dan sebagainya bisa dijadikan sebagai kata kunci untuk optimasi SEO. 

Yang kedua yaitu konten yang cukup panjang memancing pengguna untuk menghabiskan waktunya lebih lama lagi di website Anda. 

Semakin lama para pengguna tersebut menghabiskan waktu di halaman website, maka akan semakin bagus penilaian yang diberikan oleh google pada website disebut. 

Karena memang di sini para pengguna tidak akan betah untuk berlama-lama jika nyatanya tidak memberikan apa yang mereka butuhkan. 

Namun sebaliknya jika para pengguna rela menghabiskan waktu lebih lama hal itu menunjukkan bahwa website memberikan manfaat serta relevan terhadap apa yang ia cari.

Dengan adanya review sebenarnya juga merupakan cara lain untuk memanjakan para calon pembeli. Karena dengan begitu mereka akan lebih mudah untuk melakukan riset pada produk. 

Para calon konsumen ini tak perlu lagi bersusah payah menuju ke halaman blog ataupun YouTube orang lain. 

Oleh karena itu review disebut memiliki andil besar dalam transaksi yang dilakukan di website. Tidak hanya itu saja bagi calon konsumen kolom review yang terdapat di website akan semakin membuat mereka yakin untuk melakukan transaksi pembelian di web tersebut. 

Sedangkan untuk mereka yang telah menjadi pelanggan, review dapat menciptakan impresi yang positif. Namun tentunya hal ini hanya bisa terjadi ketika review yang diberikan oleh para pelanggan direspon secara positif.

Itulah penjelasan mengenai 7 cara yang bisa Anda lakukan dalam optimasi SEO agar website Anda semakin banyak dikunjungi serta penjualan yang Anda lakukan makin meningkat. 

Tanpa melakukan hal tersebut tentunya toko online Anda akan kalah saing dengan banyaknya toko online di luar sana. 

Oleh karena itulah penerapan cara-cara di atas bisa Anda lakukan agar website Anda muncul di halaman pertama pada mesin pencarian Google. 

Dengan begitu otomatis juga akan meningkatkan peluang terjadinya transaksi pembelian oleh para calon konsumen terhadap produk yang Anda tawarkan.



Post a Comment for " Cara Ampuh Optimasi SEO untuk Toko Online Agar Makin Laris"