Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Siapa Sangka, 10+ Hal Ini Adalah Faktor Penting Keputusan Membeli Secara Online

Berbelanja secara online saat ini sudah menjadi tren di berbagai kalangan masyarakat karena keputusan membeli secara online sangat dipengaruhi oleh perkembangan teknologi yang semakin meningkat. 

Dengan pesatnya penggunaan internet, maka aktivitas belanja online seolah sudah menjadi sebuah budaya yang tak bisa dihindari. Bahkan sebagian orang menganggap orang  yang tidak pernah berbelanja secara online adalah orang yang ketinggalan zaman.

Melalui pemikiran-pemikiran tersebut, banyak orang yang merasa wajib mengikuti tren yang ada agar tidak disebut sebagai orang yang gaptek. 

Beberapa orang akan menganggap keputusan membeli secara online merupakan suatu keharusan agar memiliki citra yang sama dengan orang lainnya. Anda akan menemukan fakta seperti ini dengan mudah melalui interaksi sosial dalam kehidupan masyarakat.

Meski terlihat begitu mudah dalam berbelanja, namun nyatanya keputusan membeli sesuatu dipengaruhi oleh banyak hal. 

Tahukah Anda hal-hal yang berkaitan dengan pembelian tersebut? Agar bisa lebih memahaminya, Anda bisa menyimak penjelasan singkat di bawah ini.


Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Membeli Secara Online

Apa yang Anda pikirkan ketika Anda ingin membeli secara online? Meski terlihat seperti sebuah aktivitas belanja untuk pemenuhan kebutuhan biasa, namun pada kenyataannya pembelian secara online dipengaruhi oleh beberapa hal penting. Hal-hal penting ini menjadi faktor yang menyebabkan seseorang memutuskan untuk membeli secara online.

Ketika Anda membeli barang dan jasa, apa yang sebenarnya Anda beli? Ini bukan tentang produk atau layanan itu tetapi tentang hasil penting yang harus dipenuhi. Anda akan membeli hasil penting yang Anda inginkan pada saat itu. 

Sebagai contoh, apa yang dibeli seseorang saat potong rambut? Bukan hanya rambut pendek yang diinginkan, tetapi hasil akhir dari penampilan yang bagus. Hal ini sama dengan ketika Anda memilih untuk berbelanja secara online.

Keputusan membeli secara online yang Anda lakukan tentu saja juga dipengaruhi oleh hasil akhir yang ingin Anda dapatkan. 

Anda akan membeli untuk memenuhi hal yang positif atau untuk menghindari hasil yang negatif. Lalu, faktor penting apa saja yang mempengaruhi keputusan membeli secara online? Berikut ini faktor penting tersebut. 


1. Hasil

2. Dukungan

3. Menghindari kekhawatiran

4. Melarikan diri dari rasa sakit

5. Menghindari kehilangan uang

6. Jawaban

7. Perbaikan

8. Peningkatan

9. Penghematan waktu dan tenaga

10. Kegembiraan

11. Harga diri

12. Manfaat

13. Nilai

14. Keuntungan

15. Keandalan

16. Kebebasan

17. Pemenuhan kebutuhan

18. Kebahagiaan

19. Solusi

20. Hemat waktu

21. Kesenangan

22. Gengsi

23. Penghargaan

24. Perlindungan


Siapa Sangka, 10+ Hal Ini Adalah Faktor Penting Keputusan Membeli Secara Online


Semua hal-hal penting tersebut menjadi faktor yang menentukan seseorang akan berbelanja secara online atau tidak. Tanpa salah satu faktor di atas, Anda tidak akan memutuskan untuk melakukan belanja dengan cara online. 

Selain itu, keputusan dalam membeli secara online juga dimotivasi oleh apa yang penting bagi seseorang atau berkaitan dengan nilai-nilai pribadi. Nilai-nilai pribadi ini akan menciptakan filter mental yang mencari kepuasan saat memilih produk atau layanan yang ditawarkan melalui internet.


Hal-hal Penting yang Mempengaruhi Peningkatan Belanja Online


Sudah bukan rahasia lagi jika aktivitas belanja online kian hari kian meningkat. Peningkatan ini dipengaruhi oleh banyak hal sehingga keputusan membeli secara online banyak dipilih oleh konsumen. Lalu, apa saja yang membuat aktivitas belanja online selalu meningkat? Berikut diantaranya.


1. Peningkatan Jumlah Pengguna Internet

Pesatnya pertumbuhan pengguna internet turut memberikan andil besar pada budaya belanja masyarakat dimanapun tempatnya.


Tingginya akses internet melalui smartphone (mobile internet) membuat berbagai aktivitas beralih ke mobile internet, termasuk berbelanja. Sehingga belanja online dianggap sebagai sesuatu yang paling tepat dengan mudahnya informasi yang didapat.


2. Peningkatan Model Omnichannel 

Model omnichannel adalah aktivitas bisnis yang menggabungkan antara commerce tradisional dan e-commerce. 

Sehingga sebuah bisnis yang Anda bangun dapat berjalan efektif melalui penjualan dengan memanfaatkan media offline dan online secara bersamaan. Hal ini dapat menciptakan keseimbangan bisnis sehingga omset yang Anda inginkan bisa dengan mudah diraih. 


3. Pengiriman Barang Lebih Cepat

Tren belanja online selalu meningkat karena pengiriman dalam waktu cepat juga menjadi tren dalam dunia perbelanjaan online. 

Bisnis online yang melakukan kerja sama dengan penyedia layanan antar untuk melakukan pengiriman barang tentu membuat barang lebih cepat sampai ke tangan pembeli. Hal ini dapat menjadi pilih berbagai konsumen yang ingin berbelanja dengan lebih cepat.


4. Pergantian Uang Fisik Dengan E-Payment

Tradisi cashless semakin menjamur di tengah banyaknya masyarakat yang kian melek teknologi. 

Metode pembayaran dengan model e-money kian digemari karena lebih banyak keuntungan yang bisa diperoleh. Daripada berbelanja di toko biasa dan menghabiskan banyak uang, orang akan lebih memilih untuk belanja online dengan promo yang menarik.


5. Jual Beli Antar Negara


Keputusan membeli secara online menjadi meningkat karena beberapa barang tidak bisa dipenuhi oleh penjual dalam negeri. 

Dengan belanja online, seseorang bisa memenuhi kebutuhan yang diinginkannya tanpa perlu datang ke negeri tersebut. Selain itu, barang yang didatangkan dari luar negeri pun juga banyak yang lebih murah sehingga bisa dijual kembali dengan untung lebih besar.


6. Pengaruh Media Sosial

Media sosial memberikan peran besar dalam meningkatnya jual beli secara online. Keberhasilan pemasaran melalui media sosial sudah menjadi hal yang umum seiring dengan meningkatnya pengguna media sosial. 

Kehadiran media sosial yang didesain dengan estetik mampu menarik minat seseorang untuk melakukan pembelian.


Siapa Sangka, 10+ Hal Ini Adalah Faktor Penting Keputusan Membeli Secara Online


Pentingnya Memahami Keputusan Membeli yang Mempengaruhi Konsumen

 

Memahami hal-hal yang bisa mempengaruhi keputusan membeli konsumen menjadi hal yang sangat penting untuk Anda. 

Jika Anda ingin mengoptimalkan omset bulanan bisnis yang Anda miliki, Anda perlu membuat konsumen datang kepada Anda. Dengan memahami bagaimana seseorang bisa menentukan keputusan dalam membeli sesuatu, Anda bisa menyusun strategi untuk menarik minat konsumen.

Pemahaman ini menjadi sangat penting untuk Anda karena dengan melampirkan hasil yang dicari pelanggan ketika mereka mencari produk atau layanan yang Anda buat, maka Anda akan memiliki pengaruh yang jauh lebih besar. Hal ini bisa Anda lihat melalui perumpamaan berikut ini.


1. Seorang penata rambut berkata datang dan potong rambut Anda, yang lain berkata datang dan ubah penampilan Anda.

2. Seorang agen real estate mengatakan datang dan belilah rumah, yang lain mengatakan datang dan miliki tempat tinggal nyaman.

3. Seorang petugas bank mengatakan buka rekening tabungan, yang lain mengatakan rencanakan masa depan yang aman.


Dari perumpamaan tersebut, mana yang lebih mempengaruhi seseorang untuk bertransaksi? Anda tentu lebih termotivasi dengan pernyataan kedua bukan? 

Nah, dari hal ini Anda bisa mempelajari untuk memberikan motivasi kepada pelanggan agar melakukan pembelian. Dengan menunjukkan hasil penting yang dipuaskan, hal ini lebih menarik daripada hanya menyajikan produk atau layanan apa adanya.

Motivasi tersebut akan membuat seseorang memutuskan untuk membeli atau tidak. Jika Anda memahami hal tersebut dengan optimal, tentu Anda bisa membuat seseorang memutuskan untuk bertransaksi dengan Anda. Hal inilah yang membuat pemahaman tentang keputusan membeli para pelanggan sangat penting. 

Semua orang berbeda dan akan memiliki alasan sendiri untuk keputusan pembelian mereka. Namun, pada tingkat yang lebih tinggi, hasil dan nilai tertentu yang ditawarkan akan lebih diminati oleh para konsumen. 

Anda perlu memperkenalkan hasil yang bisa memuaskan sebagian besar kebutuhan pelanggan yang Anda miliki.


Kelebihan dan Kekurangan Keputusan Membeli Secara Online

 


Meski belanja secara online banyak diminati, namun memutuskan untuk belanja dengan sistem online memiliki kelebihan dan dan kekurangan yang harus dipertimbangkan. Apa sajakah itu? Berikut beberapa diantaranya.


Siapa Sangka, 10+ Hal Ini Adalah Faktor Penting Keputusan Membeli Secara Online


Belanja secara online menjadi sebuah tren yang tidak bisa dihindari dengan semakin meningkatnya perkembangan teknologi. 

Jika Anda ingin bisnis Anda tetap berjalan dengan optimal, mau tidak mau Anda harus menyesuaikan diri dengan perkembangan ini. Dengan memahami apa saja yang bisa mempengaruhi keputusan membeli seseorang, maka Anda bisa tetap mengoptimalkan bisnis Anda.


Post a Comment for " Siapa Sangka, 10+ Hal Ini Adalah Faktor Penting Keputusan Membeli Secara Online"