Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Bagaimana Review Positif Customer Bisa Meningkatkan Motivasi Bisnis Online?


Motivasi bisnis online menjadi hal yang krusial manakala Anda ingin memulai untuk menjalankan bisnis online. 

Semakin kuat motivasi, semakin semangat pula nantinya Anda menjalankan bisnis yang akan ditekuni. Karena semangat yang tinggi sedemikian rupa, bukan tidak mungkin bisnis Anda bisa mencapai puncak kejayaan sesuai dengan tujuan. 

Dengan kesuksesan tersebut, berarti kerja keras Anda tidak sia-sia. Dalam hal ini, untuk bisa mencapai kesuksesan bisnis online, review dari konsumen menjadi hal yang sangat krusial. 

Sebab, melalui review positif dari konsumen, bisnis online Anda bisa semakin berkembang. Apabila diambil contoh, saat Anda yang menjadi konsumen, sebelum membeli barang secara online, pasti Anda memastikan kredibilitas penjual terlebih dahulu, bukan? 

Yang mana hal tersebut Anda lihat dari review pelanggan. Semakin banyak yang mengatakan bahwa produk yang dijual oleh penjual yang bersangkutan itu baik, maka semakin valid pula penilaian tersebut. 

Begitu pula sebaliknya. Maka dari itu, untuk membangun sebuah bisnis online, sangat penting untuk memperhatikan aspek review dari pelanggan. 

Lalu, bagaimana caranya supaya bisa memperoleh review positif dari pelanggan atau konsumen? Pada bagian selanjutnya akan terdapat ulasannya secara lengkap. 


Kunci Motivasi Bisnis Online Untuk Dapatkan Review Positif Konsumen


Terdapat beberapa aspek yang harus Anda pertimbangkan untuk mendapatkan review positif dari konsumen sebagai motivasi bisnis online. Apa saja itu? Yuk, simak selengkapnya. 


1. Pendekatan yang Tepat

Sangat penting untuk menggunakan review konsumen sebagai motivasi bisnis online. Akan tetapi, seorang customer juga boleh jadi sibuk hingga tidak mempunyai cukup waktu untuk memberikan ulasan terhadap produk yang telah dibelinya melalui Anda. Lalu, bagaimana caranya? Ya, pendekatan yang tepat merupakan kuncinya. 

Sebaiknya, Anda harus mengemas website tempat Anda menjual produk secara  menonjol pada bagian reviewnya. Sebagai contoh, pada merchant tertentu, terdapat imbalan koin dalam jumlah yang cukup membuat konsumen tertarik untuk meninggalkan ulasan. 

Yang mana nantinya koin tersebut bisa digunakan untuk membuat konsumen semakin hemat saat berbelanja, karena bisa sebagai pengurang harga. Semakin banyak dan valid review, terbukti dengan penambahan gambar, video, dan ulasan kata-kata, maka semakin berpotensi pula konsumen yang bersangkutan untuk mendapatkan koin. 


Bagaimana Review Positif Customer Bisa Meningkatkan Motivasi Bisnis Online


Merujuk pada konsep pendekatan tersebut, alangkah baiknya untuk memberikan feedback bagi customer yang bersedia memberikan ulasan secara valid. 

Hal ini menjadikan mereka bersemangat untuk meninggalkan ulasan jujur yang bisa membangun bisnis Anda sekaligus menjadi motivasi bisnis online. 

Selain itu, juga bisa menjadi bahan Anda untuk evaluasi. Sebab, jika memang kualitas produk Anda baik, maka para konsumen tidak keberatan untuk memberikan ulasan yang positif pula. 

Dalam artian, manakala Anda masih mendapati ulasan yang kurang baik, sebaiknya Anda melakukan upgrading kualitas produk untuk menjadi lebih baik, sehingga bisnis yang Anda bangun pun bisa semakin berkembang. 


2. Waktu yang Pas


Kemudian, yang juga penting untuk mendapatkan review dari konsumen sebagai motivasi bisnis online adalah dengan waktu yang pas. 

Artinya, apabila Anda ingin meminta para konsumen untuk memberikan ulasan, sebaiknya perhatikan waktu yang tepat. 

Misalnya, jika Anda ingin meminta atau menanyakan ulasan dengan mengirimkan email kepada konsumen, maka sebaiknya pilih waktu luang saat Anda ingin mengirimkan email tersebut. 

Alangkah baiknya untuk tidak mengirimkan pesan pada jam-jam kerja yang sibuk. Sebab, hal tersebut bisa membuat konsumen tidak sempat untuk memberikan ulasan serta cenderung mengabaikan notifikasi pesan dari Anda. 

Tentunya berbeda manakala Anda mengirimkannya saat waktu senggang. Sebagai contoh, saat weekend, atau juga di luar jam kerja. Hal ini akan mendatangkan potensi besar untuk si konsumen memberikan feed back atau balasan dari pesan yang Anda kirim dengan meninggalkan review produk. 

Maka dari itu, jelas sekali bukan manakala waktu yang pas merupakan hal yang penting? Karenanya, sebaiknya Anda mempertimbangkan secara matang kapan kira-kira waktu yang paling tepat, supaya bisa memperoleh ulasan. 


3. Persiapan yang Matang

Persiapan menjadi hal yang sangat penting dalam motivasi bisnis guna memperoleh review positif dari customer. Persiapan dalam hal apa? 

Dengan cara pengemasan sistem review secara mudah, sehingga para pembeli tidak perlu untuk menggunakan prosedur berbelit-belit guna memberikan review. Sebaiknya, Anda membuat halaman review terlihat simple dan mudah dimengerti. 

Yang lebih baik, sebaiknya Anda mempermudah sistem review dengan berbasis mobile. Sebab, umumnya konsumen akan memberikan review melalui smartphone pribadi. Daripada ribet harus melalui web, sebaiknya Anda mengemas prosedur review secara praktis. 

Kemudian, Anda pun harus mempersiapkan mengenai respon untuk setiap ulasan yang diberikan konsumen. 

Hal ini akan menjadikan merasa merasa dihargai atas reviewnya. Baik itu ulasan yang sifatnya positif maupun negatif, Anda harus tetap meresponnya secara tepat. Justru dengan ulasan negatif tersebut bisa menjadi motivasi bisnis online Anda untuk terus melakukan perbaikan kualitas. 

Sekaligus juga menjadi bukti apabila ulasan konsumen untuk produk Anda adalah valid, tidak dibuat-buat. Anda bisa menanyakan lebih lanjut terhadap pihak yang memberikan review kurang baik tersebut.

Apabila ternyata yang bersangkutan hanya menyampaikan ulasan bohong untuk menjatuhkan bisnis Anda, sebaiknya Anda melakukan klarifikasi, supaya bisnis Anda tetap aman. 



4. Customer Sebagai Brand Ambassador

Setelah Anda memperoleh ulasan dari para customer, Anda bisa mengunggahnya melalui platform sosial media official account bisnis Anda. Hal ini bisa menjadi sarana yang tepat untuk motivasi bisnis online supaya para customer semakin percaya terhadap produk yang Anda tawarkan. 

Selain itu, Anda juga mengunggahnya melalui website resmi bisnis, supaya para calon konsumen bisa melihatnya secara gamblang dan percaya bahwa produk Anda memang recommended. 


Bagaimana Review Positif Customer Bisa Meningkatkan Motivasi Bisnis Online

5. Jangan Panik Terhadap Review Negatif


Jika ternyata Anda menemukan ulasan yang sifatnya negatif, sebaiknya jangan langsung panik. Sebaiknya Anda menindaklanjutinya secara langsung dan personal kepada customer yang bersangkutan. Jangan panik dengan langsung menyembunyikan ulasan negatif. Melainkan, Anda harus melihat validitas ulasan tersebut. 

Apabila tidak berdasar, maka hal ini bisa menjadi ancaman. Manakala demikian, Anda bisa untuk menyembunyikannya supaya tidak memprovokasi konsumen lainnya. 

Namun, manakala ulasan tersebut memang valid, justru Anda menjadi bisa diuntungkan. Sebab, dapat digunakan sebagai bukti manakala ulasan produk Anda itu valid.


Jangan Sungkan Untuk Bertanya Pada Customer


Poin penting untuk Anda agar bisa memperoleh ulasan dari para customer adalah dengan tidak sungkan untuk bertanya. Sebagai seller, akan lebih baik jika Anda bertindak aktif dalam menanyakan terkait produk kepada konsumen. 

Pertanyaan yang Anda ajukan tersebut, sebaiknya mengarah ke hal-hal spesifik yang tepat. Misalnya, bagaimana penilaian produk. Jika konsumen merasa puas, jangan lupa untuk memberikan respon positif atas ulasan yang diberikan. 

Kemudian, manakala konsumen merasa kurang puas, sebaiknya Anda bertanya mengenai apa yang kurang dan apa yang diharapkan konsumen atas produk Anda. Dengan demikian, bisnis bisa berjalan semakin berkembang, sehingga bisa menjadi motivasi bisnis online yang kuat. 

Anda pun bisa menggunakan review yang ada sebagai sarana untuk melakukan perbaikan produk menjadi lebih baik. Maka dari itu, diperlukan tekad yang bulat dalam merintis usaha. Jangan sampai berhenti untuk terus berproses sampai tujuan tercapai. 


Review Positif Sebagai Motivasi Bisnis Online yang Kuat

 

Berangkat dari penjelasan mengenai review konsumen sebagai kunci motivasi bisnis online seperti yang telah dipaparkan pada bagian sebelumnya, dapat disimpulkan manakala ulasan bersifat sangat krusial. 

Semakin banyak customer yang memberikan ulasan, maka semakin tinggi pula kepercayaan para calon customer terhadap produk Anda. 

Yang mana hal ini akan meningkatkan minat mereka terhadap produk yang Anda tawarkan. Melalui strategi yang tepat, hal tersebut bisa terwujud. 

Oleh karena itu, jangan lelah untuk terus berusaha agar bisa mendapatkan review positif dari konsumen. Meskipun terlihat sepele, tetapi hal tersebut bisa memberikan motivasi bisnis online yang kuat agar Anda terus bersemangat untuk mencapai tujuan. 

Ibarat kata, apabila sudah terjun, maka jangan setengah-setengah, tetapi harus sepenuhnya. Untuk mencapai tujuan, prosesnya mungkin tidak mudah. 

Akan tetapi, Anda pasti akan bangga dengan hasilnya saat telah meluncurkan effort yang tepat dengan motivasi bisnis online yang tepat.

Post a Comment for " Bagaimana Review Positif Customer Bisa Meningkatkan Motivasi Bisnis Online?"