10+ Contoh Segmentasi Pasar Berbagai Produk - cariduit.id
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

10+ Contoh Segmentasi Pasar Berbagai Produk

Sebagai langkah awal dalam memulai sebuah bisnis yaitu menentukan segmentasi pasar. Namun sayangnya banyak dari para pemula yang cenderung mengabaikan langkah penting ini dan mereka cenderung hanya melakukan analisis secara asal-asalan.

Tanpa adanya segmen pasar yang jelas dan akurat, para pemula cenderung menganggap bahwa produk sama, sehingga hal tersebut akan mengakibatkan bisnis jadi kurang terfokus. Berikut ini akan kami ulas mengenai beberapa contoh segmen pasar berbagai produk, antara lain yaitu :

Apa Saja Contoh Segmentasi Pasar Berbagai Macam Produk ?


Produk Keripik Kentang Lays

Makanan merupakan salah satu contoh produk yang mempunyai pasar luas. Terdapat banyak sekali macam makanan yang bisa dipasarkan dan menyasar ke pasar-pasar yang spesifik. Salah satu contohnya yaitu produk makanan ringan keripik kentang merek lays. Berikut contoh segmen pasar kentang lays.

Segmentasi demografis dari produk keripik tersebut dipasarkan pada semua orang yang berada di rentang usia 7 hingga 30 tahun dari semua kalangan tanpa membedakan tingkat pendidikan ataupun ekonomi.

Sedangkan untuk segmentasi geografisnya lebih menyasar pada para pembeli yang berada di wilayah perkotaan dan juga pedesaan, karena bahan dasar dari keripik kentang tersebut memang sangat disukai oleh mayoritas masyarakat.

Sementara untuk yang terakhir yaitu segmentasi psikografis, yang mana segmen ini menargetkan pada orang yang suka sekali bersantai atau mereka yang cenderung melakukan pekerjaan ringan sambil menikmati camilan.


Produk Pakaian Bayi Lokal

Untuk jenis produk berikutnya yaitu produk pakaian bayi lokal yang memang makin berkembang saat ini. Berikut adalah contoh segmentasinya, antara lain :

Segmentasi demografis untuk produk tersebut yaitu orang tua ataupun kerabat dan para sahabat yang mempunyai anak di rentang usia 0 hingga 5 tahun.

Dan untuk yang kedua yaitu segmentasi geografis, dimaa segmentasi ini menyasar pada semua konsumen yang memerlukan karena memakai pemasaran online untuk dapat menjangkau konsumen di berbagai kalangan.

Segmentasi psikografis produk tersebut lebih menyasar pada kerabat ataupun orang tua yang aktif di sosial media dan juga internet. Mereka yang sering berbelanja online dan mengikuti trend fashion bayi dan juga anak.


Produk Sepatu Converse

Alas kaki dan sepatu menjadi sebuah produk yang sangat menjanjikan dan saat ini makin berkembang. Di Indonesia sendiri produk tersebut makin melekat sebagai penunjang gaya hidup dan penampilan Anda, meliputi :

1. Untuk yang pertama yaitu segmentasi demografis, yang mana untuk produk sepatu ini lebih menyasar pada remaja yang mempunyai kepedulian pada penampilan atau outfit mereka.

2. Segmentasi geografis ditujukan terhadap konsumen remaja yang berada di berbagai lokasi, baik itu di pedesaan ataupun kota.

3. Selanjutnya yaitu segmentasi psikografis, dimana segmen yang satu ini menempatkan produk sepatu yang satu ini sebagai bagian dari fashion, gaya hidup ataupun penampilan, agar makin terlihat modern dan kekinian.


10+ Contoh Segmentasi Pasar Berbagai Produk


Produk Kosmetik Wardah

Salah satu contoh produk lain yang saat ini makin menunjukkan persaingan ketat di tiap segmen pasarnya yaitu kosmetik. Berikut ini adalah contoh segmen pasar dari kosmetik merek Wardah, meliputi :

Segmentasi demografis kosmetik ini lebih menyasar pada konsumen wanita muslim, baik itu remaja ataupun dewasa dari ekonomi kelas bawah hingga kelas menengah.

Segmentasi geografis dari produk tersebut menyasar masyarakat yang tinggal di lingkungan desa dan kota dengan lini produk kecantikan yang diklaim terjangkau dan halal.

Segmentasi psikografis produk tersebut lebih ditargetkan pada wanita yang ingin agar tampil percaya diri dan juga cantik serta memakai kosmetik yang tidak melanggar akidah Islam. 


Produk Razer Phone

Produk elektronik smartphone gaming Razer phone cukup menarik perhatian belakangan ini. Berikut adalah segmentasi dari produk tersebut, meliputi :

Segmentasi demografis menyasar orang-orang yang memiliki pemasukan atau penghasilan tinggi.

Untuk segmentasi psikografis produk tersebut cenderung lebih diarahkan pada orang-orang di kelas sosial tinggi yang mempunyai gaya hidup mewah serta mempunyai antusias pada smartphone yang cukup luar biasa.

Sedangkan segmentasi perilaku menyasar orang yang hobi dan suka bermain game agar lebih memiliki pengalaman yang memuaskan.


Produk Kopi Kenangan

Kopi kenangan adalah salah satu produk lokal yang yang menawarkan aneka kopi serta minuman lain dengan harga yang cukup terjangkau. Berikut ini adalah segmentasinya, antara lain :

Segmentasi demografis kopi kenangan menyasar calon konsumen milenial dan juga generasi Z dari ekonomi menengah.

Segmentasi geografis kopi kekinian tersebut menyasar masyarakat yang tinggal di lingkungan kota, utamanya di daerah ibukota dan kota-kota besar lainnya.

Segmentasi psikografis produk tersebut lebih ditargetkan pada mereka yang aktif dalam mengikuti trend masa kini, serta memakai perangkatnya untuk melakukan transaksi.

Apakah Contoh dari Produk Kerajinan Aksesoris ?


Produk Kerajinan Aksesoris

Berikut ini adalah contoh segmen pasar produk kerajinan yang berupa aksesoris, meliputi :

Segmentasi demografis menyasar konsumen remaja yang berada di usia 18 tahun hingga konsumen dewasa 35 tahun dengan ekonomi menengah.

Segmentasi geografis menyasar masyarakat yang hidup di area perkotaan dan juga pedesaan yang mudah dijangkau oleh pemasaran secara online.

Segmentasi psikografis lebih ditargetkan pada konsumen yang menyukai barang kerajinan, utamanya fashion.



10+ Contoh Segmentasi Pasar Berbagai Produk


Produk Honda Beat

Berikut ini adalah contoh segmentasi pasar Honda Beat, meliputi :

Segmentasi demografis menyasar pada remaja dengan tingkat ekonomi menengah.

Segmentasi geografis Honda Beat yaitu masyarakat pedesaan ataupun perkotaan.

Sedangkan untuk segmentasi psikografis ditargetkan pada pengguna kendaraan roda dua yang mengutamakan kenyamanan dan juga kepraktisan.


Produk Pocari Sweat

Selain contoh produk keripik kentang di atas, produk minuman juga salah satu jenis produk dengan pasar yang cukup luas sebagai contoh di sini yaitu pocari sweat :

Contoh segmentasi demografis minuman tersebut menyasar para konsumen yang memiliki rentang usia 15 tahun hingga 35 tahun, baik itu perempuan ataupun laki-laki. 

Segmentasi geografis dari pocari sweat yaitu menyasar masyarakat yang tinggal di daerah pedesaan ataupun perkotaan, dengan produk yang di klaim bisa membantu dalam menjaga ketersediaan cairan serta ion di dalam tubuh.

Segmentasi psikografis ditargetkan pada mereka yang memiliki usia produktif atau pun mereka yang merupakan olahragawan dan memerlukan keseimbangan ion di dalam tubuh.


Produk Aqua

Contoh segmen pasar produk minuman Aqua sebagai berikut :

Segmentasi geografis menargetkan seluruh pasar yang ada di wilayah Indonesia.

Segmentasi demografis menargetkan orang di semua kalangan dan juga semua jenis kelamin.

Sedangkan untuk segmentasi psikografis ditujukan pada kelas sosial menengah, namun juga bisa dipakai untuk kelas bawah.


Produk coca-cola

Untuk produk minuman coca-cola yang sudah sangat terkenal, berikut adalah segmentasinya, yaitu :

Segmentasi geografis coca-cola menjual produk khusus hanya ada di Jepang yaitu Sokembicha.

Segmentasi psikografis coca-cola memiliki jenis varian yang berbeda dan ditujukan untuk konsumen dengan gaya hidup sehat.

Segmentasi demografis menargetkan para remaja baik itu wanita dan pria dalam rentang usia 15 hingga 20 tahun.

 


Post a Comment for " 10+ Contoh Segmentasi Pasar Berbagai Produk"