Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Google Adsense Youtube VS Blog, Lebih untung Youtuber atau Blogger?

Google Adsense Youtube VS Blog, Lebih untung Youtuber atau Blogger?


Banyak yang bilang menjadi youtuber lebih menguntungkan daripada blogger. Apakah memang benar pendapatan adsense youtube sangat besar?

Bagaimana dengan adsense sebuah blog, apakah tidak menguntungkan?

Tetapi mengapa banyak sekali bermunculan seorang milyader yang hanya bermodal adsense blog?

Daripada anda bingung cobalah simak artikel berikut ini yang akan menjawab pertanyaan anda.

Untuk konten kreator pemula pasti bingung memilih platform apa yang cocok digunakan untuk berkarya, terutama yang dapat di monetize dan menghasilan sumber penghasilan.

 Sehingga banyak konten kreator yang tertarik model monetize berupa adsense, sebuah iklan yang ditawarkan oleh google.

Yang jadi masalahnya anda pasti bingung memilih antara menjadi youtuber atau menjadi seorang blogger. Nah berikut ini kriteria menjadi seorang youtuber atau blogger agar bisa sukses.

Menjadi seorang youtuber

1. Memikirkan sebuah konten yang menarik

Bagi anda yang tertarik menjadi youtuber, anda dituntut untuk membuat konten yang mampu menarik orang agar mau melihat video anda.

Sehingga disini jika anda memilih menjadi youtuber anda harus memikirkan konten apa yang cocok dan target pasar mana yang akan kalian bidik, apakah konten anak anak, konten remaja atau dewasa.

2. Mengusai Ilmu Editing

Ilmu editing video wajib dikuasai jika anda memilih menjadi seorang youtuber. Mustahil jika anda membuat konten video yang bagus namun tak melakukan editing video.

Karena pada dasarnya konten video yang berkualitas pasti diedit secara menarik. Jika anda mempunyai keahlian editing video disarankan untuk memilih menjadi seorang youtuber.

3. Modal materi yang cukup besar

Seorang youtuber pasti membutuhkan barang barang yang menunjang pekerjaannya, mulai dari kamera, laptop dan lain lain yang mempunyai spek yang tinggi.

Belum lagi jika membuat konten yang unik tentunya membutuhkan modal yang besar untuk melakukan record. Apalagi jika anda berencana menjadi seorang youtuber professional, anda dituntut untuk membuat sesuatu yang berbeda dari youtuber lainnya.

Jadi pikirkan baik baik modal untuk membuat video mungkin sedikit lebih rumit daripada membuat konten berupa tulisan.

Menjadi seorang blogger

1. Menguasai ilmu jurnalistik dan wawasan luas

Nah jika anda memilih menjadi youtuber anda harus menguasai teknik video, namun jika anda memilih menjadi seorang blogger tentu anda harus menguasai ilmu jurnalistik.

Karena menunjang pembuatan ide konten apa yang cocok untuk blog anda. Bukan hanya ide konten yang cocok tetapi ide konten yang sedang dicari oleh banyak orang melalui penelusuran google, agar blog anda mempunyai kesempatan untuk dikunjungi.

Tentu disini seorang blogger harus mempunyai wawasan yang luas agar blog semakin berkembang, dan konten tulisan yang disajikan semakin berkualitas.

2. Memahami ilmu coding

Memilih menjadi seorang blogger anda harus mempunyai ilmu dasar berupa coding untuk merancang blog yang rensponsif, agar pengunjung blog anda tidak kesulitan dengan user interface yang anda sajikan.

Karena user interface menjadi faktor utama apakah pengunjung akan mengexplore website anda atau tidak. Jika pengunjung senang dengan tampilan website pasti mereka akan mengunjungi website anda kembali.

3. Memahami teknik SEO

Seorang blogger pemula pasti hanya sekedar menulis konten apa yang cocok tanpa memperhatikan teknik seo yang baik. Sehingga banyak blogger yang gagal karena konten mereka tidak dapat diindex oleh mesin penelusuran.

Jadi apabila anda menguasai teknik seo pasti anda akan mampu menghasilkan artikel yang berkualitas.

Maka kemungkinan besar blog anda berpeluang untuk berkembang menjadi lebih besar.

Kalau anda sudah tahu kriteria menjadi seorang youtuber dan blogger, saatnya anda tahu bagaimana mendapatkan penghasilan dari sebuah adsense google.

Karena platform youtube maupun blog pasti mempunyai kelebihan masing masing, berikut ini perbandingan adsense youtube dan blog yang harus anda ketahui :

Kelebihan Adsense Youtube

Proses penerimaan adsense lebih mudah ketimbang adsense blog.

Karena anda hanya memerlukan sebuah channel youtube yang tidak melanggar kebijakan google atau youtube.

Pada proses review saat mendaftar adsense juga singkat dan video youtube bisa langsung di monetize.

Untuk sebuah seo di youtube jauh lebih mudah ketimbang seo di blog.

Di youtube anda hanya perlu memasukkan judul video,deskripsi, kategori, tag, dan thumbnail dengan keyword yang tepat sesuai dengan keyword yang anda bidik.

Setelah itu anda hanya perlu memasarkan video anda dengan sosial media marketing dan cara cara lain.

Mendapatkan views di youtube juga lebih mudah, karena youtube telah mempunyai audience yang sangat besar.

Dan tentunya jika video yang anda buat masuk di trending maka anda akan mendapatkan banyak views tanpa anda duga karena bantuan dari mesin pencari youtube, berbeda jika anda menggunakan platform blog untuk sebuah artikel.

Kekurangan Adsense Youtube

Penghasilan share adsense youtube jauh lebih kecil daripada adsense di blog, dengan perbandingan 55% untuk anda dan 45% untuk pihak youtube.

Karena memang anda menumpang di platform google. Jadi google mengambil keuntungan yang cukup besar.

Dengan jumlah view yang sama antara video youtube dan artikel di blog, video youtube mempunyai pengasilan yang jauh lebih kecil, karena tidak semua views di youtube termonetize atau muncul iklan.

Sehingga mungkin hanya sebagian audience anda yang mau melihat iklan anda, berbeda halnya jika di blog karena 100% iklan akan muncul.

Bukan hanya itu saja banyak dari youtuber yang mempunyai top content mereka akan bergabung dengan management youtube atau Multi Channel Network (MCN) dan tentunya penghasilan mereka akan di potong berapa persen dari adsense yang mereka peroleh.

Membuat konten video tentu lebih susah dibandingkan sebuah artikel, karena harus melakukan take video, editing serta proses upload dan pasang thumbnail yang menarik. 

Belum lagi jika biaya yang harus anda keluarkan untuk membeli peralatan pendukung lainnya untuk membuat video youtube.

Kelebihan Adsense Blog

Penghasilan share adsense jauh lebih tinggi, yaitu 68% untuk anda dan 32% untuk google.

Karena memang anda menggunakan platform sendiri jadi google hanya mengambil keuntungan yang lebih sedikit.

Proses pembuatan konten artikel lebih mudah dibandingkan dengan proses membuat video.

Bisa jadi anda hanya bisa membuat sebuah artikel dalam kurun waktu yang singkat.

Biaya lebih rendah dibandingkan dengan youtuber. Anda hanya perlu membeli domain dan hosting untuk menjalankan aktivitas anda.

Tidak ada biaya lain yang anda keluarkan, mungkin hanya update hosting di setiap tahunnya.

Kekurangan Adsense Blog

Proses penerimaan adsense blog sangat susah dibandingan dengan youtube.

Semakin tahun proses approve semakin sulit dikarenakan google hanya menerima kurang dari 10% jumlah publisher yang mendaftarkan blognya untuk mendapatkan adsense.

Proses marketing dan teknik seo yang susah juga harus anda pertimbangkan jika anda memilih menjadi blogger.

Karena anda harus melakukan optimasi website agar mampu mendapatkan penelusuran google dan berada diperingkat atas.

Tentunya untuk membangun sebuah website yang banyak pengunjung harus memahami teknik seo yang benar agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Bahkan teknik SEO pun baru bisa mendapatkan hasil yang signifikan setelah 6 bulan.

Jadi tentunya effort anda harus lebih besar untuk bisa mendapatkan trafik diawal berupa rajin mempromosikan di sosial media, forum dan lain lain.

Itulah kelebihan dan kekurangan sebuah adsense youtube maupun blog. Jadi pikirkan baik baik apa yang ingin anda lakukan, menjadi konten kreator youtube atau blog.

Karena pada dasarnya semua menawarkan keuntungan yang menarik. Jika memang anda lebih suka berkarya dan bekreasi lewat video dan mempunyai kemampuan yang baik dalam bidang editing video, anda lebih baik memilih youtube sebagai platform adsense anda, dan sebaliknya jika anda mampu membuat artikel dan memahami teknik seo maka anda cocok menjadi seorang blogger.

Karena semua itu tergantung dari skill yang anda miliki dan konten seperti apa yang suka anda buat. Yang terpenting adalah anda menjalani aktivitas tersebut dengan sungguh sungguh, karena nantinya akan mampu menghasilkan penghasilan sesuai dengan keinginan anda.

Yang harus anda tahu banyak konten kreator yang tidak menjadikan adsense sebagai penghasilan utama, mereka malah hanya memanfaatkan youtube maupun blog untuk meningkatkan karir mereka dan mendongkrak popularitas.

Post a Comment for "Google Adsense Youtube VS Blog, Lebih untung Youtuber atau Blogger?"