Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Tips Belanja Online di Shopee, Pengguna Baru Wajib Tahu Ini !

Shopee merupakan salahsatu e – commerce yang paling banyak digunakan di Indonesia. Walaupun pendatang baru yang muncul di tahun 2015 an, Shopee kini sudah mampu mengambil hati masyarakat Indonesia melalui berbagai promo flash sale yang sering di promosikan. 

Kalau anda masih pengguna baru di Shopee, pasti membutuhkan tips belanja online di Shopee agar barang yang di beli sesuai keinginan.


Untuk produk yang dijual pun masih sama saja dengan market place lain nya. Baik berbagai barang dari perabotan, pakaian , elektronik, ponsel dan sampai produk digital pun juga sudah lengkap.


Tips Belanja Online di Shopee

Agar anda bisa belanja online di shopee dengan nyaman tanpa kendala, ada 2 cara belanja di shopee yang bisa dilakukan baik melalui smartphone maupun komputer.

Cara dan Tips Belanja Online di Shopee dengan Smartphone


Belanja sekarang ini sudah bisa lewat ponsel dalam genggaman, bahkan bisa dilakukan dimana saja.

Sudah banyak aplikasi yang bisa anda gunakan untuk belanja online, namun Shopee biasanya lebih menarik dengan banyaknya flash sale dengan diskon gede – gede an yang bahkan bisa lebih dari 50 %.

Ini bisa anda dapatkan ketika ada diskon spesial di hari – hari spesial juga, misalnya di hari kemerdekaan.

Untuk lebih mudah bagi pengguna baru yang ingin belanja di shopee, silahkan ikuti saja cara nya di bawah ini :

Download Aplikasi Shopee di App Store maupun Play Store

Langsung saja download aplikasi shopee yang ada di play store atau app store. Aplikasi shopee ini tidak terlalu besar, sekitar 80 MB dan saya rasa tidak terlalu memberatkan ponsel anda.

Daftar Menggunakan Nomor Telepon Maupun Akun Google

Untuk pendaftaran akun shopee ini, anda bisa menggunakan nomor HP. Nanti nya akan dikirimkan kode OTP dan akan masuk secara otomatis. Kalau mau yang instan login, anda bisa menggunakan Facebook maupun akun Google.

Lengkapi Profil dan Alamat Pengiriman

Profil sebaiknya gunakan nama asli, dan selanjutnya silahkan atur alamat pengiriman anda sesuai dengan identitas maupun data diri. 

Tempat pengiriman ini bisa anda atur lebih dari satu. Misalnya alamat detail rumah anda sekarang, alamat kantor, alamat saudara, alamat rumah kos dan masih bisa anda tambah lagi untuk customer jika anda ingin menjadi reseller.

Cari Barang

Untuk pencarian barang bisa anda ketikkan di kolom opencarian. Kalau dengan kategori langsung masuk saja ke kategori barang terkait..

Checkout Pesanan

Untuk checkout klik tombol checkout dan lakukan konfirmasi alamat pengiriman yang ada di kotak pesan.

Pilih Metode Pembayaran

Untuk metode pembayaran bisa anda atur dengan berbagai tipe. Misalnya lewat bank transfer, COD, atau virtual account.

Konfirmasi Alamat Pengiriman

Setelah barang terbeli, anda akan mendapatkan pesan dari toko terkait agar segera melakukan konfirmasi pesanan terkait detail alamat pengiriman. 

Disini anda periksa dulu detail pesanan anda. Kalau sudah yakin harap lakukan konfirmasi dan seller akan mengirimkan barang yang anda beli.

Tunggu Pesanan Datang

Pesanan akan datang dalam 6 – 7 hari tergantung dari wilayah jangkauan anda dengan seller. Anda akan dipermudah dengan adanya notifikasi tentang perjalanan paket anda. 

Jika sudah sampai di daerah anda, pagi hari anda akan mendapatkan notifikasi bahwa paket akan sampai hari ini. 

Jika pembayaran yang anda pilih COD, siapkan uang dan usahakan di rumah, kalau tidak bisa di titipkan ke tetangga terdekat.


Tips Belanja Online di Shopee, Pengguna Baru Wajib Tahu Ini !


Tips Belanja Online di Shopee Agar Aman


Cara belanja di shopee di atas bisa dilakukan dengan smartphone, dan ini tips belanja di shopee agar aman :

Gunakan Jaringan yang Aman

Jika anda menggunakan jaringan wifi umum, pastikan terkoneksi dengan jaringan internet yang sudah ada sertifikat SSL nya. 

Hal ini karena sekarang sudah marak aksi para peretas dengan berbagai teknik untuk membobol akun pengguna online shop. Kalau sampai di retas, akun anda bisa mengalami tagihan yang membengkak.

Perhatikan Alamat Pengiriman Anda

Alamat pengiriman yang anda masukkan sebaiknya sesuai dengan alamat anda yang sekarang. Atau bisa di kostum sesuai alamat barang akan di kirimkan. 

Misalnya untuk saudara atau untuk keluarga di kampung. Atau bisa juga untuk pelanggan anda, karena memang shopee ini mendukung reseller.

Rating Toko dan Kualitas Produk

Sebelum membeli produk, cek rating toko terkait. Anda bisa melihat kepuasan pelanggan toko tersebut dengan melihat rating ataupun terkait ulasan yang ada di kolom komentar. 

Jika ada banyak yang puas dengan barang terkait, bisa langsung anda beli. Namun jika ada kekecewaan di banyak ulasan, sebaiknya anda cari barang serupa di toko lain.

Chat Seller Tentang Detail Produk

Jangan sampai barang yang sudah datang mengecewakan anda atau tidak sesuai dengan pesanan. Sementara anda memang sudah salah tidak memberikan detail produk. 

Misalnya saja terkait hal yang sepele tentang warna dan tipe. Sebaiknya sebelum membeli barang anda sesuaikan dulu dengan keinginan dengan cara chat seller tentang detail produk yang di inginkan.

Metode Pembayaran

Gunakan metode pembayaran yang anda punya saja. Ada banyak pilihan terkait pembayaran. Misalnya melalui bank transfer, virtual account maupun kartu kredit. Ada juga Shopee pay later yang bisa memudahkan anda membeli barang dan bayar kemudian.


Tips Belanja Online di Shopee, Pengguna Baru Wajib Tahu Ini !


Tips Belanja Online di Shopee Melalui Website


Masih agak mirip dengan cara belanja online di shopee menggunakan smartphone. Namun kini dilakukan dengan browser komputer ataupun laptop. Anda bisa menggunakan browser chrome maupun Mozilla firefox. 

Untuk cara belanja online di shopee dengan website anda bisa lakukan dengan mudah lewat tutorial di bawah ini :

1. Buka browser di komputer anda.

2. Buka website resmi dari shopee di www.shopee.co.id.

3. Selanjutnya login menggunakan akun Google, nomor telepon atau akun Facebook.

4. Cari barang yang akan anda beli.

5. Checkout, pastikan sesuai dengan yang anda inginkan.

6. Masukkan detail alamat sesuai dengan alamat anda.

7. Lakukan konfirmasi detail alamat.

8. Tunggu pesanan datang.

Sebagai tips belanja online di shopee menggunakan website, anda bisa perhatikan beberapa poin penting di bawah ini :


1. Perhatikan Link yang Anda Akses

Salah satu metode dari para hacker untuk meretas akun korban nya adalah dengan sebuah link. Salah satu link yang sering digunakan adalah metode link phishing. 

Link tipuan ini akan membuat anda bisa tertipu karena memang akan mirip banget dengan website aslinya. 

Nanti si hacker akan mengalihkan halaman login dan akan melakukan redirect ke halaman login situs yang asli.

Sampai disini username dan sandi akun sudah ada di tangan hacker. Untuk itu anda harus hati – hati dengan link yang anda klik. 

Apalagi sedang marak dengan shopee afiliasi, dimana semua orang bisa memasarkan produk shopee di media sosial mereka. Anda bisa cek link apakah murni mengarah ke shopee atau tidak. 

Jika tidak ada koneksi SSL, langsung tutup dan pindah ke situs originalnya.


2. Log Out Ketika Sudah Selesai Pesan

Kalau sudah selesai memesan barang, anda bisa log out saja. Kalau tidak ingin logout dan tetap bisa memantau barang yang sedang dalam perjalanan, kunci saja komputer anda dengan kata sandi. Ini untuk mencegah orang lain bisa menggunakan akun anda.


1 comment for "Tips Belanja Online di Shopee, Pengguna Baru Wajib Tahu Ini !"

  1. haiii, Terima kasih, artikel yang menarik~ informasinya bermanfaat, please check this web
    Kunjungi IT Telkom Jakarta:
    Website Kami
    Website Kami
    thankyou...

    ReplyDelete