Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Rahasia Menjawab Soal Psikotes dengan Lancar

Jika hendak melamar suatu pekerjaan atau masuk kampus biasanya akan ada satu tahapan seleksi kerja yang harus diikuti oleh semua peserta yaitu psikotes. 

Bagi sebagian orang, psikotes adalah momok yang menakutkan sebab tes ini cukup sulit untuk dikerjakan.

Tes ini selalu dapat menyaring para kandidat yang kurang cocok dan mendapatkan kandidat yang cocok sesuai dengan kualifikasi. 

Inilah sebab psikotes sangat diandalkan. Psikotes tak hanya mengandalkan kecerdasan dan hafalan, namun psikotes amat tergantung pada kondisi psikis seseorang.

Namun jangan berkecil hati sebab jika dipelajari secara tepat, psikotes bukan hanya dapat dihadapi namun juga menjadi tantangan yang seru untuk dilewati. 

Untuk dapat lolos psikotes, banyak orang yang telah gagal berkali-kali terlebih dahulu sampai benar-benar lolos psikotes.

Untungnya psikotes dapat dipelajari agar kemungkinan berhasilnya besar tanpa harus mengalami kegagalan sebab kegagalan telah diantisipasi diawal.


Pengertian

Psikotes adalah alat yang digunakan oleh psikolog untuk mengetahui bagaimana aspek psikologis seseorang. Dalam psikotes terdapat tiga hal yang nantinya akan diukur yaitu kecerdasan, cara kerja, sikap, dan kepribadian.


Aspek kecerdasan

Aspek kecerdasan diukur untuk mengetahui seberapa cerdas seseorang secara umum ataupun secara spesifik seperti berhitung dan menganalisa informasi. Asek ini juga sering dinamakan dengan IQ.


Aspek Kepribadian

Psikotes digunaka juga untuk mengetahui bagaimana kepribadian seseorang yang meliputi tingkat kepercayaan diri, 

kemampuan seseorang dalam beradaptasi dengan perubahan lingkungan yang terjadi di sekitar, untuk mengetahui kemampuan seseorang dalam melakukan tugas-tugas tertentu dan lain sebagainya.


Aspek sikap

Aspek sikap meliputi bagaimana semangat kerja seseorang, kepemimpinan, kerja sama dalam tim, dan juga motivasi seseorang. Ini adalah penilaian yang sangat penting untuk dapat memprediksi kinerja seseorang dimasa depan.


Tujuan psikotes

Psikotes dilakukann dengan tujuan untuk mengcari orang dengan karakterisitik tertentu yang spesifik dan tepat untuk mengisi posisi teretentu di perusahaan. 

Beberapa posisi di perusahaan akan lebih baik dipimpin dan dikelola oleh orang dengan kakakterisik tertentu.

Diharapkan nantinya orang yang tepat akan lolos psikotes dan sanggup menjalankan tugas-tugas yang diberikan dengan hasil yang baik. 

Perusahaan berharap orang yang kurang tepat untuk mengisi posisi yang diperlukan akan gugur di psikotes menyisakan orang dengan kualifikasi dan karakteristik seperti yang diminta.

Jadi apabila seseorang dinyatakan gagal dalam psikotes maka kemungkinan kuat bahwa orang tersebut tidak cocok untuk mengisi posisi yang dilamar.

Namun apabila nilai psikotes tinggi di semua aspek maka peluang diterima kerja di banyak bidang dan perusahaan akan sangat besar.

Oleh sebab itu anda harus mengetahui cara agar lolos psikotes. Di bawah ini kami membagikan rahasia menjawab soal psikotes dengan mudah yang dapat anda ikuti.


Tips sebelum psikotes

Keberhasilan melalui psikotes bukan ditentukan saat detik-detik psikotes berlangsung namun ditentukan dari serangkaian hal yang dilakukan sebelum psikotes berlangsung. 

Karena hasil ditentukan oleh proses, maka ini adalah proses yang harus anda perhatikan agar dapat mengisi soal psikotes dengan lancar.


1. Miliki buku psikotes

Buku psikotes sebaiknya anda miliki sebab didalamnya akan sangat banyak soal-soal psikotes yang bisa dipelajari, panduan yang dapat memandu mengisi soal, dan membuat anda semakin akrab dengan soal-soal psikotes.

Buku psikotes cukup banyak beredar di pasaran dengan harga yang bervariasi, beragam kebutuhan, dan dalam bobot soal latihan yang berbeda. Namun secara umum psikotes tidaklah berbeda dan soal-soalnya cenderung berulang.


2. Sesering mungkin latihan psikotes


Dengan mempelajari latihan psikotes berarti anda selangkah lebih maju jika dibandingkan dengan peserta lain.

 Anda tak akan terkejut saat melihat soal-soal psikotes, malahan mengerjakan soal psikotes akan membuat anda semakin akrab dengan soal yang ada.

Kerjakanlah soal-soal psikotes sesering mungkin dan berusahalah untuk lebih unggul dari orang lain dalam hal latihan psikotes. 

Jika anda telah mengerjakan soal psikotes sebanyak 20 kali, artinya soal psikotes yang diujikan kepada anda adalah soal psikotes yang ke 21 bagi anda.

Sebagian orang hanya melihat orang lain mengerjakan soal latihan psikotes di YouTube atau membaca cara menyelesaikan soal di internet. 

Ini bagus untuk dilakukan namun tidak akan maksimal jika tidak mengerjakan soal sendiri dalam bentuk latihan.


3. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup adalah hal yang cukup penting karena secara langsung berpengaruh pada kesehatan dan kesehatan sangat berpengaruh pada kosentrasi, kemampuan berpikir, fokus, dan kondisi psikologis seseorang.

Jadi dengan istirahat yang cukup dapat membantu anda mengerjakan soal psikotes dengan baik. Bukan karena deadline psikotes yang dekat menjadikan alasan untuk tidur larut, namun sebaiknya ubahlah prioritas di siang hari ketimbang harus mengurangi waktu tidur.


4. Jangan lupa sarapan

Otak membutuhkan energi yang cukup besar terutama ketika sedang mengerjakan aktivitas yang menguras kosentrasi dan fokus. 

Oleh sebab itu jangan lupa sarapan ketika hendak mengikuti psikotes. Jangan sampai latihan yang sudah dialakukan menjadi sia-sia sebab kurangnya kosentrasi dalam memahami soal.


5. Datang tepat waktu

Sebaiknya datanglah 15 menit sebelum tes berlangsung sebab terkadang untuk psikotes kerja, peserta akan langsung gugur ketika datang telat. 

Kalaupun diizinkan masuk pengerjaan akan semakin kurang kondusif dan waktu yang semakin pendek.


Ketika ujian beralangsung


1. Perhatikan dan dengarkanlah tim penguji

Sebelum tes dilaksanakan, akan ada instruksi dari tim penguji. Dengarkanlah secara seksama apa yang dikatakan dan apabila ada yang kurang dipahami, 

jangan ragu untuk bertanya sampai benar-benar paham. Jangan sampai karena kurangnya pemahaman menyebabka salah dalam mengisi atau melanggar aturan yang ditetapkan.


2. Jawab termudah terlebih dahulu

Ini adalah tips yang sangat umum namun sangatlah efektif untuk menghemat waktu dan menjawab banyak soal. 

Jangan hanya berfokus pada satu pertanyaan yang membingungkan, sisakan soal sulit di akhir dan awali soal yang mudah terlebih dahulu.


3. Lakukan koreksi

Apabila masih ada waktu sisa, manfaatkan waktu tersebut untuk mengoreksi jawaban yang ada. Pastikan bahwa tak ada soal yang tidak terjawab.


4. Berdoa dan siapkan mental

Ini adalah hal yang tak boleh dilupakan. Ada faktor x yang sangat menentukan dalam keberhasilan yaitu campur tangan yang maha kuasa. Berdoalah sebagai penyeimbang usaha untuk lolos psikotes.

Bersikaplah positif karena itu akan mengurangi ketegangan dalam mengerjakan psikotes. Dengan mental yang positif, maka tubuah akan lebih rileks, maka efeknya akan mudah untuk kosentrasi, fokus, dan memahami soal.


Penutup

Soal psikotes adalah salah satu cara yang dilakukan untuk menyaring kandidat terbaik. Apabila seseorang cocok dengan kriteria yang dibutuhkan maka psikotes akan dapat menyaring dan menyisakan kandidat yang terbaik.

Janganlah menyalahkan diri sendiri apabila kurang maksimal dalam mengerjakan soal psikotes. Barangkali memang anda bukanlah tipe yang dibutuhkan dalam pekerjaan tersebut.


Post a Comment for " Rahasia Menjawab Soal Psikotes dengan Lancar"