Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Mendapatkan Uang dari Wattpad [TERBARU]

Cara dapat uang dari Wattpad


Jika saya perhatikan, platform menulis online yang potensial banget untuk mendulang banyak uang, salah satunya adalah Wattpad. Dan saya yakin bahwa, penulis-penulis Wattpad bakalan sepakat.

Tapi, bagi penulis pemula yang sedang berkarir di Wattpad, mereka tidak tahu tentang bagaimana cara mendapatkan uang dari Wattpad?

Istilahnya, mereka mencari informasi terkait postingan ini, salah satunya disebabkan karena ingin mengikuti langkah para penulis Wattpad yang sudah sukses. Katakan lah Almira Bestari maupun Erisca Febriani.

Cuma, sayang, hanya sedikit saja penulis blog yang benar memberikan arahan atau langkah-langkah mendapatkan penghasilan di Wattpad.

Sebagiannya lagi, informasi yang disampaikan melalui website lain, kebanyakan kontennya tidak logis. Itu sebabnya—saya—sebagai penulis yang berpengalaman di Wattpad ingin memberikan panduan terbaru kepada Anda.

Memahami apa itu Wattpad? Dan perbedaannya dengan platform menulis lainnya

Begini.

Kalau saya bandingkan Wattpad dengan platform menulis lain, itu perbedaannya sangat signifikan. Misalnya, kalau Adan berkiprah di NovelMe, Novelah, atau NovelToon, tiga platform ini membayar penulisnya dengan menggunakan sistem kontrak. Ada kontrak eksklusif, dan ada juga kontrak non-eksklusif.

Sedangkan di Wattpad tidak. Anda tidak akan mendapatkan uang melalui sistem kontrak. Dan Anda tidak akan memperoleh cuan dari bab berbayar. Hanya saja, Anda akan menerima duit dari lima cara yang akan saya bagikan setelah ini.

Jadi, ketika ada orang bertanya apa itu Wattpad? Bilang saja bahwa, ia adalah platform menulis online yang sedari dulu sampai sekarang masih sering diakses oleh para penulis dan pembaca novel.

Lantas, apakah Wattpad menghasilkan uang? Jelas! Tapi, untuk menggondol banyak pendapatan di sini butuh effort yang luar biasa. Maka dari itu, saya akan menjelaskan sedetail-detailnya kepada Anda.

Ingat bahwa, cara yang saya bagikan di blog ini jauh berbeda dengan informasi yang Anda dapatkan dari situs lain, yang kebanyakan isinya tidak logis, keliru, dan rumit.

Tapi, cara dan langkah yang akan saya bagikan di sini terbilang akurat, tepat, dan juga logis. Perhatikan baik-baik sampai tuntas.

5 cara mendapatkan uang dari Wattpad

1. Perbanyak pembaca sehingga nanti dilirik penerbit

Cara pertama untuk mendapatkan penghasilan di Wattpad, Anda tidak perlu menulis di Patreon, Ko-Fi, membuat ebook, dan semacamnya (ini panduan menurut blog-blog lain, padahal susah mengaplikasikannya. Asli!).

Akan tetapi, mudah saja sebenarnya, yakni Anda hanya perlu memperbanyak pembaca. Titik.

Logikanya, setelah cerita Anda banyak pembaca, maka di situlah cerita Anda akan dilirik penerbit besar atau penerbit mayor. Dan kemudian cerita akan diangkat menjadi sebuah buku. Ketika sudah dijadikan sebuah buku, maka uang pun akan Anda dapatkan.

PR Anda adalah menarik pembaca sebanyak mungkin. Dan keuntungan lain yang akan Anda dapatkan ketika cerita Wattpad Anda dijadikan sebuah buku, maka buku Anda jelas akan terpajang di toko buku. Dan ringkasnya, bukankah cara pertama ini masuk akal, kan?

2. Terbitkan cerita Wattpad melalui penerbit indie

Solusi lain apabila cerita Wattpad Anda sudah dibanjiri pembaca, tapi belum ada penerbit mayor yang menengok naskah Anda, maka terbitkan saja melalui penerbit indie gratis maupun berbayar.

Istilahnya, Anda bergerak sendiri mencari penerbit. Dengan catatan, Anda bilang kepada penerbit indie bahwa, akun Wattpad Anda pembacanya sudah sekian ratus ribu atau sekian juta. Dan itu bakal menarik perhatian penerbit indie.

Singkatnya, Anda kerjasama dengan penerbit indie. Dan boleh jadi nanti cerita Anda dibeli oleh mereka, dan Anda tentu akan mendapatkan uang. Lagi-lagi, cara kedua ini logis!

3. Membuka kelas penulisan Wattpad

Saat ini tidak sedikit penulis Wattpad yang saya kenal, mereka membuka kelas penulisan. Ini berhubung aplikasi Wattpad masih ramai digunakan penulis novel, sehingga menjadi semacam kesempatan bagi mereka untuk nambah-nambah penghasilan.

Kalau Anda penulis Wattpad yang sudah banyak pembaca setia dan banyak pengikut, bagi Anda ini mudah sekali. Ajak saja orang bergabung ke kelas penulisan Anda. Tentu dengan syarat, mereka membayar kepada Anda.

Dan saya yakin, ini peluang yang bagus. Sebab, penulis yang berkarir di Wattpad meski terjadi fluktuasi, tapi selama Wattpad masih eksis, platform ini akan tetap laku.

4. Membuat jasa penulisan cerita Wattpad ke penulis-penulis baru

Katakan lah Anda sudah expert menulis di Wattpad, Anda tinggal buka jasa penulisan saja agar penulis-penulis baru banyak pembaca setia.

Seperti yang saya lakukan di dunia blogging, meski memang beda platform, tapi teknisnya serupa. Yakni, saya membuka jasa penulisan artikel.

Di Wattpad pun sama, Anda akan dapat uang ketika membuka jasa penulisan cerita.

5. Buka donasi kepada pembaca setia

Sejauh ini, ada beberapa penulis Wattpad yang sudah tidak eksis lagi. Dan pembaca loyalnya bertanya, "Kak, mengapa tidak update cerita lagi di WP?".

Jawaban mereka apa? Capek. Dan saran dari pembaca setianya adalah, "Buka donasi aja, Kak, biar kakak semangat lagi menulisnya".

Maksud buka donasi di sini adalah, pembaca Anda menantikan kualitas tulisan Anda. Sehingga, bagi mereka, ngasih uang 10 ribu mah tidak sebanding dengan kehebatan gaya penulisan Anda.

Jadi, cara kelima ini masih dilakukan oleh sebagian penulis WP.

Tips menulis di Wattpad


Tips menulis di Wattpad agar mendapatkan eksposur dari pembaca

Ini adalah semacam upaya Anda agar mendapatkan uang dari Wattpad, dan salah satunya Anda harus memahami tips menulis di WP.

1. Buat cerita yang menarik

Cara mengetahui bagaimana membuat cerita yang menarik, salah tiganya adalah membuat konflik yang unik, sudut pandang yang beda dari penulis lain, dan mengambil genre Wattpad yang tidak umum. Dengan cara ini, penerbit dan pembaca terpesona melihat Wattpad Anda.

2. Bikin cover cerita yang ekesentik

Di Wattpad, cover menjadi salah satu elemen terpenting. Bahkan, ia mampu menarik perhatian pembaca. Maka dari itu, bikin lah cover yang visualnya elegan. Jika cover sudah elegan, judul cerita pun harus menarik.

3. Kualitas tulisan rapi

Solusi untuk mengurangi stigma penulis Wattpad kualitas tulisannya buruk, mari mulai oleh diri Anda sendiri bahwa, tidak semuanya seperti itu.

Rapi di sini, maksudnya sesuai PUEBI. Jangan banyak typo dan jangan banyak salah membuat di yang disambung dan di yang dipisahkan.

4. Buat grup Wattpad sendiri

Di cara yang pertama, saya bilang bahwa pembaca adalah faktor datangnya uang melalui akun Wattpad kita. Maka dari itu, membuat grup adalah langkah terbaik.

Di grup, Anda saling baca cerita dengan sesama penulis Wattpad. Dan saya yakin, ini akan efektif daripada ngesahre cerita melalui akun sosial media yang kita milikki.


5. Aktif di Youtube membagikan video tentang Wattpad

Terkadang, penerbit melihat eksistensi seorang penulis. Jadi, bagus rasanya kalau penulis Wattpad aktif juga di YouTube membagikan tips menulis di Wattpad, cara mendapatkan uang di Wattpad, dan masih banyak lagi.

Jadi, ini akan menarik pengunjung!

Alasan saya masih menggunakan Wattpad untuk dapat uang

Dapat uang dari WP


1. Banyak cerita menarik

Ketika saya aktif di Wattpad, beberapa cerita mampu membuat saya terbelalak. Sehingga itu membuat saya ingin menulis lebih bagus dan bagus lagi. Dan ketika tulisan saya bagus, terus diajak kerjasama oleh penerbit, maka uang pun mengalir ke rekening saya.

2. Mendesain cover sendiri

Katakan lah Wattpad itu platform gratisan. Tapi, penulisnya terasa dituntut harus kreatif. Sebab, bikin desain aja bisa oleh diri kita sendiri. Sehingga, dalam hal ini, penulis harus ngedit juga.

Dan maksud saya, saat desain cover Anda bagus, boleh jadi orang lain order cover Wattpad kepada Anda.


3. Wattpad jelas pembayarannya

Di Wattpad, semua transparan. Pembaca atau readers atau views, semua kelihatan. Info soal cerita mana aja yang diangkat menjadi sebuah buku, kami tahu. Dan setelah kami tahu ada cerita yang diangkat menjadi buku, wah itu sudah berarti mendapatkan penghasilan.

Kesimpulan

Sejauh ini, saya rasa, Wattpad masih oke lah buat nambah-nambah uang jajan. Silakan buat yang mau berkarir di WP, langsung saja daftarkan diri Anda.

Dan mohon dicatat, jadi ada 5 cara untuk mendapatkan uang di Wattpad:

  1. Memperbanyak pembaca agar dilirik penerbit besar
  2. Terbitkan cerita Anda lewat penerbit indie
  3. Membuka kelas penulisan
  4. Membuat jasa penulisan cerita
  5. Ajak pembaca berdonasi

Semoga bermanfaat!

Post a Comment for "Cara Mendapatkan Uang dari Wattpad [TERBARU]"