Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

10 Usaha yang Cocok di Daerah Pabrik berdasar Pengalaman


Postingan ini adalah hasil request dari kawan saya yang kebetulan dia tahu kalau rumah saya berada di sekitaran pabrik. Dia bertanya kepada saya tentang usaha yang cocok di daerah pabrik apa saja?

Dia bertanya seperti itu karena saat ini pertumbuhan industri sudah sangat berkembang. Hampir di setiap kota, kita akan menemukan pabrik-pabrik yang hendak dibangun.

Sisi positif dari banyaknya pabrik yang didirikan, adalah peluang usaha bagi masyarakat sekitar terbilang membantu dalam penumbuhan ekonomi. Tentu saja ini tidak terlepas dari sisi negativenya juga ada.

Namun, dalam artikel ini, saya tidak akan membahas keuntungan dan kerugian banyaknya pabrik. Justru yang akan saya jelaskan di sini ialah daftar peluang usaha yang menguntungkan bagi Anda.

Dan sekali lagi, postingan ini berdasar pada tinjauan pengalaman saya sendiri yang memang kota saya merupakan salah satu kota dengan jumlah kariawan pabrik terbanyak.

Daftar usaha yang cocok di daerah pabrik

1. Usaha kontrakan

Ini adalah jenis usaha yang paling dibutuhkan oleh banyak orang. Maksud saya, banyak kariawan pabrik yang kerap mencari kontrakan. Terutama kontrakan murah.

Mereka ingin ngontrak disebabkan karena rumah mereka ke tempat kerja jaraknya jauh. Jadi daripada capek bolak-balik, sebaiknya mengontrak saja. pikir mereka.

Untuk Anda yang kepikiran usaha kontrakan di sekitar pabrik, jangan pernah ragu. Bibi saya dan keluarga saya sudah lama usaha kontrakan. Dan sejauh ini terisi penuh. Apalagi Anda membuka usaha kontrakan di pinggir jalan, tentu ada nilai plus sendiri.

Modal yang dikeluarkan pun akan cepat tertutup. Anda akan mendapatkan uang bulanan tanpa perlu bersusah payah. Asal, kontrakan Anda kumplit dan mampu memberikan kenyamanan bagi mereka yang mau ngontrak.

2. Usaha gorengan, lengkap dengan kopi sachet

Enaknya buka usaha gorengan bukan hanya akan disinggahi oleh kariawan pabrik, tapi tukang ojeg, supir angkot, dan orang-orang yang kerjanya di jalanan, salah satu tujuan mereka untuk mengganjal perut yakni pergi ke warung gorengan.

Bukan hanya gorengan saja yang mereka beli, kopi sachet-nya pun sering dipesan oleh mereka. Apalagi Anda melengkapinya dengan rok*k, tentu ini membantu dagangan Anda semakin laris.

Sejauh ini, banyak ibu-ibu atau bapak-bapak yang berjualan gorengan di daerah pabrik, dan keuntungan yang mereka dapatkan terhitung banyak.

3. Usaha jualan bakso dan mie ayam

Saya rasa tidak sedikit kariawan pabrik yang sepulang mereka kerja, mereka langsung jajan bakso atau mie ayam.

Saat Anda membuka salah satu dari dua jenis jajanan ini, saya berani bertaruh bahwa usaha Anda akan menghasilkan banyak uang. Apalagi resep bakso atau mie ayam yang Anda suguhkan terbilang lezat di lidah pembeli, ditambah lagi harganya pas di kantong pembeli.

Beberapa teman saya sukses berjualan bakso dan mie ayam. Dan silakan mungkin Anda tertarik membuka usaha ini.

4. Usaha nasi kuning

Dari ratusan ribu kariawan pabrik atau mereka-mereka yang bekerja di jalanan, selera makan mereka berbeda-beda. Ada yang suka makan gorengan buat sarapan, dan ada juga yang suka sama bubur atau nasi kuning.

Akan tetapi, saya membandingkan antara nasi kuning dan bubur, hasilnya nasi kuning paling laris. Dan ia notabennya cocok untuk sarapan. Sebab, lauk nasi kuning lebih bergizi.

Ini juga peluang usaha yang bagus bagi Anda.

5. Usaha minuman semacam jelly potter

Ada makanan, ada juga minuman. Dua jenis usaha yang berbeda tentunya. Dan saya melihat, minuman paling laris ialah minuman dingin semacam jelly potter, kopi kemasan dingin, dan jus. Seperti jus buah.

Banyak kariawan pabrik yang sepulang kerja, meraka menyisihkan waktunya buat membeli minuman untuk kemudian mereka teguk di dalam kontrakannya.

Ini merupakan peluang usaha yang lumayan menguntungkan juga.

6. Usaha laundry rumahan

Usaha yang cocok di daerah pabrik berikutnya adalah usaha laundry rumahan. Entah mengapa tetangga saya sangat berhasil membuka jenis usaha ini.

Dan kebanyakan, kariawan cowok yang menggunakan jasa ini. Mungkin saja kariawan cowok agak pemalas untuk mencuci pakaian atau mungkin tidak punya waktu.

Jenis usaha ini paling bagus, dan saya melihat bahwa persaingannya cukup rendah. Asal, Anda benar-benar dan sungguh-sungguh dalam melayani pelanggan.

7. Usaha peralatan atau aksesoris wanita

Mari kita sepakati bahwa saat ini, jumlah kariawan pabrik bergender wanita lebih banyak daripada laki-laki.

Jika Anda pandai menengok peluang usaha dari peristiwa sekarang ini, pasti Anda akan memilih usaha peralatan atau aksesoris wanita. Biasanya, para kariawan wanita membeli perlatan rumah atau aksesoris usai mereka gajian.

Untuk gambarannya, Anda jualan tumbler, perabotan rumah, atau sepatu, tas, dan lain semacamnya.

8. Usaha galon isi

Semakin banyak parbik, maka semakin banyak orang yang membuat kontrakan. Saat kontrakan penuh, maka jumlah orang yang tinggal di sekitaran pabrik juga bertambah.

Cuaca di daerah pabrik, katakan lah panas. Dan itu membuat kita haus. Daripada membeli minuman dua ribu rupiah, lebih baik menyediakan dispenser. Dan dispenser tentu saja butuh air galon untuk kemudian diisi ulang setelah habis.

Oleh sebab itu, peran usaha galon isi di sini sangat dibutuhkan.

9. Usaha kuota dan pulsa

Mungkin jenis usaha ini kurang ideal, tapi kalau kita membuka usaha ini di pinggir jalan, biasanya kariawan pabrik menandai toko kita dulu.

Lalu, saat kuota dan pulsa mereka habis, mereka cenderung akan berkunjung ke konter milik kita.

10. Usaha bengkel motor

Meski jenis usaha ini persaingannya tinggi, tapi bukan berarti tidak mungkin berhasil. Sebab, bengkel motor sasaran utamanya bukan hanya kariawan pabrik, tapi semua orang-orang yang mengendarai motor di jalanan.

Saudara kandung saya seorang montir, dan dari pengalaman dam pengamatan dirinya, salah satu usaha yang cocok di daerah pabrik adalah usaha bengkel motor.

Kesimpulan

Saya yakin dari 10 daftar usaha di atas, ada yang cocok dengan ide Anda. Dan Anda tinggal langsung membuka sesegera mungkin, sebelum kompetitor Anda muncul lebih dulu.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "10 Usaha yang Cocok di Daerah Pabrik berdasar Pengalaman"