Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

5 Cara Mendapatkan Uang dari Unsplash

Cara Mendapatkan Uang dari Unsplash


Saya rasa pengguna Unsplash sah-sah saja bertanya mengenai bagaimana cara mendapatkan uang dari Unsplash? Berhubung, ia adalah salah satu platform terbaik bagi orang-orang yang suka memotret.

Seperti halnya pengguna Agora yang sama-sama berhubungan dengan fotografer juga, mereka pun kerap bertanya demikian. Itu sebabnya beberapa hari yang lalu saya membagikan artikel cara menghasilkan uang di Agora.

Berbicara soal Unsplash, ia sering saya gunakan untuk thumbnaill blog. Selain Unsplash, ada satu platform foto gratis lagi untuk thumbnaill blog, yakni Pixabay.

Namun, pada artikel ini, saya akan menjelaskan dulu tentang Unsplash. Atau lebih tepatnya menginformasikan seputar cara menghasilkan duit dari website ini.

Apa itu Unsplash?

Unsplash.com merupakan situs berbagi stok foto.

Website ini mengklaim bahwa, sudah lebih dari 196 ribu fotografer yang telah berkontribusi dan menghasilkan lebih dari 11 miliar tayangan foto per bulan di perpustakaan mereka. Dan kini, stok fotonya terus bertambah hingga lebih dari 1,8 juta foto.

Nah Anda akan melihat gambar Unsplash sebagai stok foto atau placeholder di artikel yang ditayangkan oleh Medium. Dan sudah banyak media-media penulisan yang memakai foto dari Unsplash sebagai thumbnaill gambarnya.

Bagaimana cara mendapatkan uang dari Unsplash?

Sebenarnya ada banyak cara untuk menghasilkan banyak uang dari situs web ini. Mulai dari melakukan donasi hingga menjual gambar kepada orang-orang yang menghubungi Anda.

Tentu saja Anda harus menjual gambar dengan resolusi yang tinggi dan Anda harus membawa nama situs web ini ke mana pun. Artinya, Anda harus mengenalkan kepada klien Anda bahwa Anda adalah satu satu kontributor di web ini.

Nah, setidaknya, saya sudah merangkum 5 cara untuk mendulang penghasilan dari web ini. Berikut di antaranya:

Melakukan donasi di Unsplash

Pada dasarnya, tidak ada tombol donasi di situs web ini. Tapi, Anda dapat membuatnya sendiri di profil Anda sendiri.

Orang-orang yang memberikan donasi kepada Anda biasanya dilihat dari, apakah foto-foto yang Anda unggah bagus atau tidak?

Dalam hal ini betapa penting Anda memiliki sifat perfeksionis dalam memposting foto. Dengan memposting foto yang kualitasnya bagus, maka perusahaan-perusahaan besar, boleh jadi melihat profil Anda. Dan mereka memberikan uang buat minum kopi kepada Anda.

Itulah yang dilakukan oleh pengguna Unsplash di luar negeri. Tak sedikit pemberi donasi memberikan uang kepada mereka.

Kaitkan akun Unsplash Anda dengan Patreon

Patreon dan Unsplash memang memiliki visi yang berbeda. Namun, dilihat dari pengalaman banyak orang, mereka menautkan keduanya, dan uang pun ngalir ke dompet mereka.

Di Patreon sendiri sebenarnya hampir sama dengan melakukan donasi tadi. Bedanya, Patreon memiliki komunitas besar yang kecenderungan untuk dapat pundi-pundi rupiahnya lebih besar daripada berdonasi di Unsplash.

Satu hal yang pasti di Patreon ini adalah, siapkan tombol dukungan di bagian bio.

Aktifkan fitur pesan di Unsplash

Berkaca dari pengalaman orang-orang luar negeri, hal yang membuat kontributor Unsplash kehilangan potensi dalam meraup penghasilan, adalah mereka tidak mengaktifkan fitur pesan. Sehingga, pesan spam berdatangan.

Maka dari itu, aktifkan fitur pesan yang bergambar amplop. Gambar amplop inilah yang memungkinkan akun Anda akan terhubung dengan perusahaan mana saja. Dan itu artinya, Anda memiliki kesempatan untuk menjual hasil jepretan Anda.

Jual gambar di Unsplash yang memiliki resolusi tinggi

Anda dapat memposting gambar dengan resolusi yang tinggi kepada agen foto stok Anda. Saya rasa, menyumbangkan foto secara cuma-cuma tidak akan berujung bagus.

Sebab, kalau Anda memang benar-benar ingin mendapatkan penghasilan dari Unsplash, ya jual gambar Anda ke agen foto di Unsplash.

Terkait resolusi tinggi dalam subjudul ini, adalah gambar yang penuh dengan warna. Biasanya di Unsplash itu kebanyakan hitam-putih, tapi Anda harus menjual full warna.

Dengan begitu, harga jual akan meningkat.

Libatkan foto Anda dalam kampanye iklan Unsplash

Saat ini situs web Unsplash sudah ada kemajuan. Yakni, ada kampanye iklannya di sana. Sehingga, kontributornya diajak untuk berkontribusi juga.

Nah kalau Anda ingin mendulang banyak uang dari situs web ini, Anda harus terlibat juga dalam kampanye iklan mereka.

Kalau tidak keliru, inilah cara yang dilakukan oleh fotografer yang bernama Mikael. Ia sudah ahli dalam melakukan kampanye iklan semacam ini.

Manfaat bergabung dengan Unsplash

Dengan bergabung dengan Unsplash, Anda akan bergabung dengan komunitas kreatif yang sangat dinamis. Anda hanya perlu menyiapkan akun yang memungkinkan Anda melakukan hal berikut:

  • Mengatur foto yang Anda sukai atau simpan foto untuk proyek selanjutnya
  • Ikuti orang lain agar diberi tahu saat mereka membagikan foto baru
  • Sukai foto orang lain untuk menunjukkan penghargaan Anda kepada fotografer lain
  • Sumbangkan foto Anda sendiri

Adakah cara lain untuk mendapatkan uang dari Unsplash?

Beberapa orang mengatakan bahwa, cukup banyak cara untuk menghasilkan uang di situs web ini. Namun, lima cara di atas adalah cara yang umum dilakukan oleh banyak fotografer.

Salah satu rekomendasi cara terbaik yang ingin saya sampaikan, adalah dengan cara menjual hasil jepretan Anda kepada agen-agen stok foto di Unsplash.

Biasanya bayarannya lumayan besar dibandingkan dengan melakukan donasi dan menautkan akun Unsplash Anda dengan Patreon.

Bayarannya menggunakan uang USD, bukan rupiah. Sebab, situs web ini berasal dari luar negeri.

-

Barangkali itu saja postingan terkait cara mendulang uang dari Unsplash. Semoga bermanfaat!
Ridwansyah penulis Garut
Ridwansyah penulis Garut Seorang penulis dan blogger Garut. Sudah pernah menerbitkan dua novel. Follow Twitter dan Instagram @aaridwan16.

Post a Comment for "5 Cara Mendapatkan Uang dari Unsplash"