Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Usaha Jasa Kurir, Cara Memulai Sampai Menghasilkan


Saat ini banyak masyarakat Indonesia yang ingin merintis usaha sendiri. Keinginan tersebut muncul akibat menyempitnya lapangan pekerjaan yang ada. 

Namun, masalah terbesar yang dialami dalam membuka usaha yaitu masalah finansial, koneksi, dan rasa takut gagal.

Memang pada kenyataannya keinginan masyarakat untuk berbisnis sangat besar. Namun, banyak juga dari mereka yang bingung untuk memilih usaha apa yang akan dilakukan. 

Hal ini terjadi dikarenakan memikirkan ide untuk berbisnis adalah gampang - gampang susah. 

Apalagi persaingan dalam dunia bisnis saat ini begitu kuat. Sehingga dapat dikatakan bahwa siapa saja yang tidak mampu membawa inovasi baru, maka dia yang tergeser. 

Salah satu usaha yang memiliki prospek besar di Negara Indonesia adalah Usaha jasa kurir. 

Hal ini terjadi dikarenakan saat ini masyarakat lebih suka berbelanja secara online. Maka dari itu, bagi anda yang tertarik terjun ke usaha ini, yukk simak saja artikel dibawah ini mengenai cara yang dapat dilakukan untuk memulai usaha jasa kurir serta hal apa saja yang perlu dipersiapkan. 


Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Memulai Usaha Jasa Kurir ?


1. Modal

Hal yang perlu anda persiapkan terlebih dahulu dalam membuka usaha adalah modal. Modal yang perlu dikeluarkan untuk membuka usaha jasa kurir memang cukup besar. Anda perlu memperhitungkannya secara rinci untuk beberapa kebutuhan. 

Modal ini dapat anda anggap sebagai investasi jangka panjang. Misalnya anda gunakan untuk sewa lokasi usaha, pembelian alat – alat usaha, alat transportasi, pembuatan surat izin usaha, serta untuk biaya tak terduga lainnya. 


2. Jangkauan Pengiriman

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan yaitu anda perlu menentukan jangkauan pengiriman secara jelas. 

Namun sebelum itu, anda harus memiliki kantor untuk menampung paket dari pelanggan. Sehinga dalam hal ini Anda perlu mencari lokasi usaha yang strategis dan mudah untuk ditemui.

Jika sudah, anda bisa menentukan jangkauan pengiriman berdasarkan kapasitas transportasi yang digunakan. 

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan estimasi waktu serta biaya tambahan jika ingin memperluas jangkauan pengiriman. 


3. Alat Transportasi

Hal yang paling urgent dalam usaha ini adalah menyiapkan kendaraan untuk mengantar paket ke penerima. Jenis kendaraan ini bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan dan modal yang tersedia. Alat transportasi yang paling cocok digunakan untuk anda yang baru memulai usaha adalah sepeda motor. 

Dapat dikatakan bahwa alat transportasi yang satu ini sangat praktis, sebab dapat menembus kemacetan sehingga barang akan lebih cepat sampai di tangan penerima.  

Alasan lain sepeda motor sangat direkomendasikan adalah karena lebih irit bahan bakar, dan perawatannya mudah. Sehingga anda bisa meminimalkan input dan memaksimalkan output.


4. Sarana Komunikasi

Anda memerlukan sarana komunikasi dalam usaha ini. Sarana komunikasi ini dapat berupa handphone yang dilengkapi dengan GPS. Hal ini untuk memudahkan anda dalam berkomunikasi dengan pelanggan.

Selain itu, anda juga bisa membuat website yang memuat segala informasi tentang usaha anda. Pelanggan dapat mengakses usaha jasa kurir anda melalui website tersebut tersebut. 

Dengan begitu, usaha anda dapat dipercaya oleh masyarakat karena memberikan pelayanan dan kemudahan secara maksimal. 


Bagaimana Cara yang Dapat Dilakukan untuk Memulai Usaha Jasa Kurir ?


Usaha Jasa Kurir, Cara Memulai Sampai Menghasilkan


1. Membuat Perencanaan Keuangan

Langkah pertama yang harus anda lakukan untuk memulai usaha adalah membuat perencanaan keuangan. 

Hal ini dikarenakan anda membutuhkan investasi awal yang akan digunakan untuk menutupi pengeluaran sebelum menghasilkan keuntungan.

Anda harus dapat memperhitungkan pengeluaran apa saja yang mungkin selama satu tahun ke depan. Kemudian anda bisa berfikir bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan biaya untuk mengembangkan usaha. Misalnya melalui Kredit Usaha Rakyat, angel investor, dan lainnya.


2. Membuat Brand Bisnis

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan yaitu anda bisa menentukan nama atau brand untuk usaha anda. 

Nama usaha sangat penting sebab akan menjadi ciri khas usaha anda. Sebuah brand lebih dari sekedar nama, tetapi akan menjadi salah satu karakteristik dari usaha anda.

Sebisa mungkin buatlah brand yang susah ditiru oleh orang lain. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar brand anda tetap unik dan mudah diingat. 

Pembuatan brand ini akan mempengaruhi proses memulai bisnis yang lain, misalnya pembuatan logo, penentuan nama domain website, marketing, pendaftaran merk dagang, serta izin usaha.


3. Mendapatkan Izin Usaha

Selanjutnya anda bisa mempersiapkan dokumen untuk mendapatkan lisensi dan izin usaha, yang mana izin usaha ini merupakan salah satu hal yang penting selain modal. 

Ketika ingin memulai usaha, maka anda harus melegalkan dulu usaha anda dengan cara mendapatkan izin usaha. 

Legalitas ini bisa membuat usaha anda terpayungi oleh hukum sehingga dapat memberikan perlindungan terhadap usaha anda. 

Anda bisa menanyakan perihal izin usaha ini kepada pihak perdagangan setempat. Anda harus mempersiapkan persyaratannya agar proses mendapat izin usaha dapat berjalan dengan lancar.


4. Jenis dan Tarif Pengiriman

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan yaitu anda harus menentukan jenis dan tarif pengiriman. Berikan jenis pelayanan pengiriman yang beragam dengan tujuan agar usaha anda menarik banyak orang. 

Anda bisa menentukan jenis pengiriman ini berdasarkan durasi pengiriman. Sementara untuk tarif pengiriman, anda bisa menentukannya berdasarkan jenis pengiriman, durasi, serta berat paket. 

Tentukan tarif yang terjangkau untuk semua kalangan dan dengan harga yang bersaing dengan jasa pengiriman lainnya. 

Hal yang paling penting adalah anda harus memberikan garansi untuk pelanggan anda. Ini bertujuan agar pelanggan merasa terlindungi dan dilayani dengan maksimal.


5. Promosi Secara Efektif

Ketika usaha anda sudah mulai berjalan, maka anda harus memikirkan cara agar usaha tersebut dikenal banyak orang. 

Salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan promosi. 

Promosi ini dapat anda lakukan dengan cara menyebar brosur, melalui situs, kendaraan signage, kartu nama, outline online, dan melalui sosial media lainnya. 

Dengan melakukan promosi secara efektif maka dapat memperluas jangkauan pasar anda. Hal penting yang juga harus anda ingat yaitu dalam melakukan promosi anda harus memiliki target konsumen yang jelas.


6. Mengutamakan Pelayanan

Langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah mengupayakan berbagai cara agar bisnis anda terus bertahan, bahkan berkembang pesat. Oleh sebab itu, anda harus memberikan pelayanan yang terbaik untuk pelanggan. 

Sebab keuntungan anda sangat ditentukan oleh kepuasan pelanggan. Jika pelanggan puas dengan jasa kurir anda, maka pelanggan tersebut akan terus menggunakan jasa anda. Bahkan, bisa jadi pelanggan tersebut akan merekomendasikan jasa anda kepada orang lain.

Demikianlah pembahasan yang dapat kami jelaskan mengenai cara yang bisa dilakukan untuk memulai usaha jasa kurir mulai dari persiapan usaha sampai menghasilkan. Semoga artikel ini bisa membantu anda ketika ingin terjun ke usaha tersebut. Sekian, terima kasih.  


Post a Comment for " Usaha Jasa Kurir, Cara Memulai Sampai Menghasilkan"