Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Sukses Bisnis Batu Alam Zaman Sekarang

Bisnis Batu Alam


Bisnis batu alam sejauh ini masih sangat berpeluang untuk menghasilkan banyak uang. Buktinya, salah satu tetangga saya sukses setelah dua tahun fokus menjalankan usaha ini.

Perlu diketahui bahwa jika Anda berkecimpung di bisnis ini harus memiliki manajemen yang bagus. Katakan lah selain jualan berbagai jenis batu yang diinginkan konsumen, Anda juga perlu menawarkan jasa pemasangannya. Sehingga, pendapatan yang diterima oleh Anda bisa berkali-kali lipat.

Di luar sana, banyak orang berpendapat bahwa untuk meraup keuntungan yang besar cukup hanya dengan mempunyai stok barang yang melimpah dan harga yang terjangkau bagi konsumen. Padahal, tidak sesederhana itu.

Jadi, mari saya kuak bagaimana agar bisnis ini dapat berjalan dengan baik.

Kunci keberhasilan bisnis batu alam

Setidaknya, saya merangkum beberapa cara agar usaha ini bisa naik level ke arah yang lebih bagus di zaman sekarang.

Dan sekadar informasi, apa yang saya bagikan di sini dapat mengalahkan semua kompetitor Anda yang juga bergerak melalui usaha ini.

Efektivitas pemasaran

Ketika Anda sudah memiliki tempat atau lokasi usaha yang strategis, maka Anda harus berpikir pemasarannya agar beberapa jenis batu yang Anda stok terjangkau luas.

Jadi, coba bikin saja strategi pemasaran yang efektif. Sebab, inilah tips atau cara pertama yang wajib Anda persiapkan. 

Bagaimana pemasaran yang efektif?

Misalnya kumpulkan saja dokumentasi contoh pemasangan batu alam, kemudian Anda simpan dalam sebuah album, dan bagikan melalui sosial media bisnis Anda.

Anda dapat juga melakukan pemasaran seperti membuat website khusus tentang batu alam. Lalu fokus menulis di website Anda, dan ajak orang untuk membeli produk Anda.

Di zaman serba digital sekarang ini, Anda harus membuat sesuatu yang berbeda dengan kompetitor Anda.

Pahami batu alam dengan baik

Ini tak kalah penting juga, yakni Anda harus memahami dari mana sumber daya alam yang dapat menghasilkan batu dengan baik. Namanya konsumen, saya rasa, mereka pasti membutuhkan informasi terkait batu yang Anda jual. Dan memang, bukankah ada banyak jenis batu alam yang dijadikan dekorasi?

Ada batu Andesit, batu Templek, batu Sukabumi, dan masih banyak lagi. Untuk mendapatkan semua jenis batu itu, Anda kudu kerjasama dengan beberapa pabrik yang menyediakan beragam jenis batu di seluruh kota.

Jadi, Anda harus memahami hal ini dan Anda perlu ketelitian khusus untuk mendapatkan batu yang mampu dipercaya oleh pembeli.

Lakukan penelitian atau riset pasar Anda

Langkah selanjutnya adalah lakukan riset pasar yang ingin Anda tuju.

Apakah Anda akan akan memasok area pedesaan atau area kecil kayak perumahan-perumahan penduduk. Atau mau langsung menargetkan segmentasi pasar yang lebih menggiurkan seperti perusahaan-perusahaan atau instansi-instansi yang hendak membikin atau mendekorasi bangunan yang bakal mereka dirikan.

Rekrut beberapa karyawan terpercaya

Mempunyai karyawan untuk usaha batu alam perlu disesuaikan dengan tugas mereka masing-masing. Anda cukup merekrut satu atau dua orang karyawan saja yang bisa melayani konsumen dengan baik dan mampu bekerja berat.

Kenapa harus demikian?

Karena mereka akan mengangkat batu-batu yang dikirim dari pabrik atau mengirimnya ke pembeli maupun konsumen. Urusan pemasaran biarkan Anda saja yang melakukannya terlebih dulu.

Selain perlu merekrut karyawan untuk perusahaan Anda, nanti Anda harus bekerjasama juga dengan tukang yang punya keahlian mendekor batu. Pendekor batu ditugaskan apabila ada proyek dari konsumen.

Cara memulai bisnis batu alam

Untuk memulai usaha ini, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Entah itu modal, nama usaha, dan juga lokasi usaha. Semua hal ini harus direncanakan dengan matang sebelum usaha tersebut Anda buka. Ingat, modal penting banget untuk Anda siapkan sebelum Anda berbisnis.

Besar kecilnya modal juga harus sesuai dengan skala bisnis yang akan Anda jalankan. Sebab, jenis bisnis ini butuh peralatan, dan bahan baku yang spesifik. Intinya, calon pengusaha tentu harus memiliki pengetahuan mendalam terkait hal ini.

Nama usaha Anda

Jika Anda sudah memiliki segmentasi pasar, Anda langsung saja membikin nama perusahaan.

Pilih nama perusahaan yang marketable serta menggambarkan ide usaha. Misal, oleh karena produk yang Anda pasarkan adalah batu alam, Anda dapat menggunakan nama yang berhubungan dengannya. Batu Alam Stone misalnya.

Tinjau lokasi usaha

Setelah Anda dapat memahami proses penjualan bisnis ini dari hulu ke hilir, hal berikutnya adalah Anda harus pikirkan tempat.

Menjalani usaha batu butuh tempat yang luas. Selain keluasan, lokasi pun harus strategis seperti yang saya bilang tadi, misalnya dengan berada di pinggir jalan raya.

Sehingga, konsumen dapat dengan mudah memakirkan kendaraannya bila mereka kepincut melihat-lihat batu alam Anda.

Harga sesuaikan dengan target pasar Anda

Jangan samakan harga jualan untuk instansi-instansi dengan penduduk di pedesaan. Ini balik lagi pada target pasar Anda ketika merencanakan terkait pemasaran tadi.

Hal ini dan di poin ini kadang pengusaha batu alam keliru memikirkannya sehingga terjadi pembengkakan modal dan pendapatan.

Jadi, harganya sesuaikan saja.

Kesimpulan

Untuk mendapatkan kesuksesan dari bisnis batu alam, banyak hal yang perlu diperhatikan dan juga dipertimbangkan. Anda harus pandai menelaah ini semua sebelum benar-benar melakukan usaha ini.

Akan tetapi dengan membaca postingan yang sudah saya bagikan di atas, setidaknya Anda memiliki gambaran. Dan Anda tinggal mengeksekusinya saja.

Itulah cara sukses bisnis ini di zaman sekarang.

Post a Comment for "Cara Sukses Bisnis Batu Alam Zaman Sekarang"