Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Analisis SWOT Usaha Nasi Goreng - Terlengkap

Contoh Analisis SWOT Usaha Nasi Goreng


Dalam artikel ini akan dijelaskan secara detail mengenai contoh analisis SWOT usaha nasi goreng. Seperti yang kita lihat, ada banyak orang atau penjual yang berjualan nasi goreng. Entah di warung makan maupun di pinggir jalan.

Akan tetapi, apakah Anda sudah menemukan penjelasan tentang kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancam usaha terkait nasi goreng ini? Yang tentu saja sangat berhubungan dengan analisis SWOT itu sendiri. Saya yakin, Anda belum menemukan informasi tentangnya.

Maka dari itu, berikut penjelasannya.

Apa itu nasi goreng?

Sederhananya, nasi goreng ialah makanan yang bahan utamanya nasi lalu diaduk dengan minyak goreng secukupnya.

Untuk menambah kelezatan pada nasi goreng, biasanya dikombinasikan dengan kecap manis. Ditambah juga bumbu pedas bagi mereka yang menyukai nasi goreng pedas. Dan lebih enak lagi jika ditambah telur, dan semacamnya.

Di Indonesia sendiri, oleh karena nasi goreng adalah makanan yang sudah populer maka kita akan menemukan pedagang nasi ini di mana-mana. Nasi ini katakan lah sudah semacam ciri khas negara kita.

Contoh analisis SWOT usaha nasi goreng

Untuk menganalisisnya, ada empat poin utama yang akan dijelaskan. Pertama, strengths. Kedua, Weaknesses. Ketiga, opportunities. Dan keempat, Threats.

Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, SWOT ini berarti analisis dalam hal kekuatan, kelemahan, peluang, dan juga ancaman.

Berikut penjelasannya.

1. Kekuatan usaha nasi goreng

  • Nasi goreng merupakan makanan yang dibutuhkan oleh banyak orang. Sehingga, jika ada seseorang berjualan nasi goreng maka kemungkinan akan dibeli
  • Harga nasi goreng sangat terjangkau sehingga usaha ini akan laris jika lokasi jualannya strategis
  • Hampir ke semua usaha, nasi goreng dinikmati. Artinya, masuk ke semua kalangan
  • Kalau seseorang usaha nasi goreng maka dalam penyajiannya praktis, dan tidak membutuhkan banyak biaya

2. Kelemahan usaha nasi goreng

  • Tidak akan dianggap berbeda dan unik jika si penjual berjualan nasi goreng dengan bumbu dan penyajian yang itu-itu saja
  • Nasi goreng hanya lezat jika di makan pada malam hari. Sehingga, tidak bisa berjualan di pagi hingga siang hari
  • Jualan nasi goreng biasanya pada malam hingga dini hari, sedangkan waktu tersebut waktu yang pas untuk tidur
  • Setiap ibu rumah tangga bisa membuat nasi goreng sendiri sehingga level perbedaannya tidak begitu jauh

3. Peluang nasi goreng

  • Lebih fleksibel, bisa sambil menggunakan gerobak
  • Tidak perlu sewa tempat apabila rumah sudah di pinggir jalan
  • Nasi goreng bisa lebih laris jika diarahkan ke ranah yang lebih modern

4. Ancaman usaha nasi goreng

  • Oleh karena membuat nasi goreng lebih mudah dan hampir semua orang bisa membuatnya, maka persaingan pun tinggi
  • Sudah banyak yang berjualan nasi goreng. Entah mereka yang berjualan pakai gerobak, restoran, hingga rumah makan
  • Siapa yang paling murah dan enak, dia yang akan laris. Oleh sebab itu, jika harganya mahal maka sulit mendapatkan omset besar

Peluang usaha nasi goreng

Peluang usaha ini jika Ada ingin tahu, yakni memiliki potensi yang sangat besar dan bagus. Sehingga usaha ini saya rasa cocok, dan lebih baik digali lebih dalam lagi akan cita rasanya agar berbeda dengan penjual lainnya.

Hadirnya nasi goreng sekarang ini semakin disukai oleh masyarakat Indonesia. Dan itu artinya, peluang jualan nasi goreng bisa dikatakan masih sangat cemerlang terus ke depannya.

Mengingat tingginya masyarakat terhadap nasi goreng, hingga peluang ini patut Anda coba. Seperti yang sudah  dijelaskan di atas bahwa nasi goreng ialah makanan yang tidak memandang terhadap status sosial. Maksudnya, siapa saja  akan suka dengan nasi goreng.

Hal terbaik dari nasi goreng adalah kuliner ini mudah diolah.

-

Itu lah penjelasan lengkap terkait contoh analisis SWOT usaha nasi goreng.

Post a Comment for "Contoh Analisis SWOT Usaha Nasi Goreng - Terlengkap"