Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Mendapatkan Uang dari iStockphoto

Cara Mendapatkan Uang dari iStockphoto


Selain Pixabay dan Unsplash, ada lagi situs pengiriman foto atau situs untuk menjual foto yang dapat memberikan sejumlah uang kepada kontributornya, yaitu iStcokphoto.

Di luar negeri, situs ini paling banyak digemari oleh para fotografer. Sebab, saat foto terjual, maka penghasilan yang didapat bakal melebihi pemberian dari Unsplash dan Pixabay.

Lantas, bagaimana cara mendapatkan uang dari iStockphoto? Berikut di bawah ini akan saya jelaskan semuanya.

Apa itu iStockphoto?

Situs ini didirikan pada 2000. iStock adalah pelopor dalam industri fotografi microstock. Ia menawarkan gambar online secara gratis dengan royalti yang cukup mahal terhadap kontributornya. Model iStock sejak itu ditiru oleh beberapa agensi lain, namun iStock berhasil membedakan dirinya.

Awalnya, iStock adalah situs favorit para fotografer karena ia menawarkan royalti persentase tinggi dan komisi yang luar biasa. Tapi, setelah Getty Images membeli iStock pada 2006, reputasi dan komisi yang diberikan kepada kontributornya kemudian turun, benar setidaknya terhadap fotografer.

Akan tetapi, mendengar penjelasan ini, bukan berarti Anda tidak perlu mengirim foto ke iStock. Sebab, jika Anda melakukannya dengan benar dan mengikuti aturan terbaru, boleh jadi penghasilan Anda banyak di situs ini.

Cara menjadi kontributor di iStockphoto

Sebelum Anda memahami cara mendapatkan uang dari iStockphoto, Anda harus menjadi kontributornya dulu. Nah langkah ini dulu yang akan saya jelaskan.

Jadi, saat Anda mendaftar ke iStock, perlu saya sampaikan bahwa Anda sebenarnya sedang mendaftar juga ke Getty Images. Anda dapat mendaftar melalui salah satu dari kedua situs ini: iStock.com atau GettyImages.com – dan editor mereka akan meninjau pendaftaran Anda untuk kemudian memberikan keputusan.

Setelah keputusan itu dibuat, Anda akan diminta untuk menandatangani perjanjian lisensi yang sesuai dengan aturan mereka. Jika Anda terpilih oleh iStcok, gambar yang Anda jual juga nantinya bakal ditambahkan ke situs web Getty Images.

Perlu saya informasikan juga bahwa, iStock memiliki dua opsi lisensi. Yang pertama adalah untuk koleksi Essentials. Yang lainnya adalah untuk Koleksi Tanda Tangan dan tidak mengizinkan Anda untuk menjual foto apa pun ke situs fotografi lainnya.

Saat mendaftar, Anda dapat mengunggah sebanyak 15 foto, 3 video, atau 15 ilustrasi. Foto harus dalam format jpg (video harus berupa file .MOV) dan tidak boleh melebihi 3GB.

Salah satu syarat untuk mendaftar di iStock, Anda harus berusia di atas 18 tahun, dan memberikan informasi pajak dan pembayaran. iStock membayar melalui Paypal atau Payoneer.

Cara mendapatkan uang dari iStockphoto

iStock adalah situs microstock, dan seperti situs microstock lainnya, mereka mencari gambar yang menarik secara komersial. Namun, mereka juga melihat sesustu yang sedang tending.

Anda dapat mengunjungi website Getty Images untuk lebih memahami foto apa saja yang kebanyakan mereka beli. Dan sebelum mengirimkan foto apa pun, lihatlah dengan cermat 100% untuk memastikan foto tersebut bersih.

Untuk mendapatkan banyak penghasilan di situs ini, salah satunya dan paling utama ialah foto harus berkualitas, dan sertai judul di dalamnya. Sebab, seperti situs microstock lainnya, kuantitas adalah sesuatu yang tidak terlalu dipedulikan oleh iStock.

Namun, Anda harus memastikan untuk mengirimkan gambar dengan kualitas terbaik saat pertama kali mendaftar. Kemudian Anda boleh fokus pada kuantitas setelah Anda menjadi kontributor yang disetujui oleh pihak iStock.

Dan, seperti halnya situs foto lain, memilih judul yang bagus hingga 50 kata kunci yang sesuai akan membantu pengguna menemukan karya Anda. Anda juga dapat mencoba menemukan area khusus untuk mengambil beberapa foto untuk kemudian diposting di situs iStock.

Berapa iStockphoto membayar terhadap kontributornya?

Saat ini, pembayaran yang terendah adalah sekitar $12. Namun, tergantung pada koleksi foto yang ditampilkan. iStock juga menawarkan paket berlangganan kepada pelanggan, ini memungkinkan adanya pengambilan foto pada setiap bulan.

Jika foto Anda ada di koleksi Essential, royalti yang akan Anda dapatkan adalah 15%. Jika foto Anda ada dalam koleksi Tanda Tangan, royalti Anda berkisar antara 25 hingga 45%.

Dan, perlu diingat bahwa foto koleksi Signature dijual lebih mahal, sehingga royalti Anda akan lebih tinggi per item.

Keunggulan iStockphoto

  1. Gambar dijual dengan harga lebih tinggi
  2. Foto ditambahkan ke koleksi khusus iStock
  3. Gambar dipilih untuk dijual ke Getty Images
  4. Setiap foto akan menerima prioritas pencarian yang lebih tinggi
  5. Foto akan menerima perlindungan yang lebih besar jika digunakan secara ilegal
  6. Anda dapat bergabung dengan "Grup Kontributor Eksklusif iStock" di Facebook dan berjejaring dengan fotografer dari seluruh dunia
  7. Anda dapat berpartisipasi dengan kontributor eksklusif iStock lainnya dalam acara iStock di seluruh dunia, seperti iStockalypse dan Minilypse

Kesimpulan

Di satu sisi, iStock adalah salah satu situs fotografi terbesar, paling populer, dan paling terkemuka di dunia. Jika ada foto hasil jepretan Anda di situs ini, gambar Anda sudah pasti ada di depan jutaan pembeli potensial dari seluruh dunia.

Di sisi lain, hanya 15% (tapi lebih baik daripada Unsplash dan Pixabay), komisi yang mereka berikan untuk gambar non-eksklusif.

Itulah cara mendapatkan uang dari iStockphoto. Selamat mencoba.
Ridwansyah penulis Garut
Ridwansyah penulis Garut Seorang penulis dan blogger Garut. Sudah pernah menerbitkan dua novel. Follow Twitter dan Instagram @aaridwan16.

Post a Comment for "Cara Mendapatkan Uang dari iStockphoto"