Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Analisis SWOT Usaha Telur Asin

Contoh Analisis SWOT Usaha Telur Asin

Ada perbedaan yang sangat signifikan antara telur asin dan telur ayam dalam penganalisaannya. Telur asin dari segi keuntungan atau kekuatan, dia lebih unggul jika dibandingkan dengan telur ayam.

Itu lah yang bagi saya cukup menarik untuk membahas artikel ini. Sehingga, saya mengencengkan niat untuk mempublish postingan tentang contoh analisis SWOT usaha telur asin asin.

Nah, bagi Anda yang sedang mencari pembahasan analisis SWOT telur asin, saya rasa kini Anda sudah berada di website yang tepat sekali.

Sebab, kebetulan saja bahwa, materi kami pada hari ini bakal ngomongin telur asin. Terutama ngomongin semua kekuatan, lalu kelemahan, dan juga peluang serta ancaman usahanya.

Oleh sebab itu, perhatikan baik-baik analisa kami.

Apa itu usaha telur asin?

Usaha telur asin adalah jenis usaha yang fokus dalam menghasilkan telur bebek. Ia bekerjasama dengan para pemilik bebek untuk kemudian dibeli telur bebeknya, dan diproses menjadi telur asin.

Terkadang, orang-orang yang membuka usaha telur asin justru orang-orang yang juga memiliki banyak bebek. Tapi, konsepnya tidak seperti itu. Ada juga yang hanya membeli telur saja, lalu diproses dengan panjang hingga telur tersebut rasanya asin.

Hal paling menyebalkan dalam usaha telur asin adalah banyak mengandalkan jasa. Alias, sumber daya manusianya bukan hanya si pemilik dan pembeli telur bebek. Ada yang bagian membersihkan telur, dan juga yang bagian memanaskan telur secara manual agar nantinya menjadi telur asin.

Lebih dari itu, ada juga yang ditempatkan sebagai tukang cap telur asin. Lalu ada lagi di bagian pemasarannya. Dan saya rasa, jenis usaha ini agak rumit. Tapi, omsetnya bisa sampai jutaan rupiah, lho!

Lantas, bagaimana hasil analisa kami terhadap telur asin? Inilah jawabannya.

Contoh analisis SWOT usaha telur asin

Strengths atau kekuatan usaha telur asin

  1. Telur asin paling sehat dibanding telur ayam. Ia dapat digunakan sebagai obat lambung
  2. Rasa telur asin lebih enak dibanding telur ayam
  3. Gizi telur asin lebih banyak kalau dibandingkan dengan telur ayam
  4. Telur asin ada capnya sehingga lebih terpercaya

Weakness atau kelemahan usaha telur asin

  1. Telur asin seringkali ada bau-bau yang tidak sedap
  2. Harga telur asin mahal, sehingga telur ayam lebih banyak yang beli
  3. Modal yang perlu dikeluarkan untuk membeli telur asin terlampau banyak
  4. Proses pembuatannya sangat lama
  5. Banyak jasa-jasa yang harus digunakan sehingga pengeluaran tinggi

Opportunity atau peluang usaha telur asin

  1. Peluang usahanya bagus karena telur asin di warung-warung perkampungan suka ludes terjual pembeli
  2. Tidak begitu banyak pesaing karena terkait modal yang terlalu tinggi tadi
  3. Dilabeli produk yang halal karena proses menjadi telur asinnya sangat memenuhi proses yang luar biasa

Threats atau ancaman usaha telur asin

  1. Banyak bebek yang tidak sehat
  2. Bau telur asin sangat tidak sedap sehingga pembeli terancam kapok
  3. Banyak telur asin yang pecah. 1x pecah terhitung lumayan rugi, apalagi banyak telur yang pecah

Sudut pandang SWOT terhadap usaha telur asin

Meskipun harga telur asin terlampau mahal, namun bukan berarti membuka usaha ini bakal merugikan. Justru, semakin ke sini, pembeli semakin pintar bahwa, harga telur asin memang sangat mahal, tapi yang penting adalah gizinya. Adalah kesehatannya.

Jadi, kami memberikan kesimpulan bahwa, Anda akan tetap mendapatkan banyak omset saat membuka usaha telur asin. Dan ini sudah terbukti di kampung saya sendiri, pemasukan perbulan bisa sampai 6 juta rupiah.

Manfaat telur asin

Telur asin utamanya menggunakan telur itik. Ia memiliki kandungan gizi yang sangat banyak. Protein merupakan salah satu kandungan gizi utama yanga ada di dalamnya.

Kandungan gizi lainnya yang sangat tinggi adalah kolesterol, sehingga dalam hal ini perlu berhati hati bagi anda yang mengkonsumsi kolesterol berlebih. Selain itu, telur asin mengandung asam amino, kemudian asam lemak tak jenuh tunggal, dan asam lemak tidak jenuh ganda.

Vitamin yang ada dan terkandung di dalamnya yaitu vit B, ,vit A dan Vit E. Beberapa mineral, seperti zat besi, kalsium, sodium, magnesium, dan fosfor terdapat di dalam telur asin sehingga menjadikannya memiliki berbagai macam manfaat.

1. Manfaat melakukan regenerasi sel

Kandungan protein di dalam telur asin mampu menggantikan sel-sel tubuh yang  rusak sehingga tubuh menjadi sehat, dan bisa diproduksi berguna bagi tubuh

2. Dapat meningkatkan Massa Otot

Hal ini disebabkan karena kandungan protein yang tinggi pada telur asin mampu membangun dan juga membentuk massa otot, sehingga menjadi lebih kuat dan padat.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Protein yang terkandung adalah protein hewani. Ia bermanfaat menjaga kesehatan tulang, massa tulang pun  akan tetap bertahan dalam mencegah osteoporosis. Hal ini merupakan suatu hal penting terutama bagi wanita yang  memasuki menopause untuk menjaga tulang tetap sehat.

4. Untuk meningkatkan Metabolisme tubuh

Kandungan protein pada telur memberikan energi yang cukup pada sel tubuh untuk mencerna, mendistribusikan, dan juga memanfaatkan zat gizi dari makanan dan minuman. Ini membuat tubuh akan mendapatkan manfaat makanan yang baik bagi umbuh kembang.

5. Untuk Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Beberapa sudah melakukan penelitian yang menunjukkan bahwa mengkonsumsi bagian putih pada telur asin dapat menurunkan tekanan darah.

6. Untuk Menurunkan Kadar Darah

Seperti pada kolesterol dan trigliserida yang tinggi, ini tidak baik bagi kesehatan tubuh. Ini bisa menimbulkan beragam macam komplikasi masalah medis lainnya.

Kandungan yang terdapat pada telur asin dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida.

7. Mengatasi Problem Anemia

Kandungan zat besi yang ada dalam telur membantu tubuh mengatasi anemia defisiensi zat besi.

8. Dapat Membantu pada Perkembangan Otak

Telur asin dari dulu mengandung omega tiga yang dapat membantu merangsang pertumbuhan dan perkembangan sel sel otak.

Omega tiga juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya gangguan otak, sehingga disarankan telur asin baik dikonsumsi ibu hamil dan anak-anak.

9. Menjaga kesehatan pada Mata

Kandungan vitamin A ada terdapat di dalam telur asin bisa membantu menjaga kesehatan mata

10. Da[at ,ningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan selenium  pada telur asin bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh. Dengan begitu, mengkonsumsi telur asin secara rutin, mampu menjaga vitalitas tubuh.  

Barangkali itu saja contoh analisis SWOT usaha telur asin. Sekian.

Post a Comment for "Contoh Analisis SWOT Usaha Telur Asin"