Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Analisis SWOT Usaha Toko Roti

Contoh Analisis SWOT Usaha Toko Roti


Di negara luar, roti menjadi makanan pokok. Sedangkan di Indonesia, roti hanya lah sebagai makanan pengganjal perut yang kadang tidak begitu mengenyangkan.

Itu sebabnya, keberadaan toko roti di negara kita sangat sedikit karena masyarakat kita lebih doyan memakan makanan pengganjal perut lain seperti bubur, nasi kuning, dan lain sebagainya.

Oleh karena toko roti tidak begitu kelihatan eksistensinya, maka ini menjadi analisis yang cukup menarik. Saya kemudian mengambil headline judul ini yaitu contoh analisis SWOT usaha toko roti.

Ini saya lakukan sebagai upaya untuk mempresentasikan kepada Anda mengenai hasil analisis kami terhadap toko ini.

Oke. Tanpa perlu berlama-lama lagi, berikut buah dari analisis kami terhadap usaha toko roti.

Apa itu usaha toko roti?

Usaha toko roti adalah usaha yang fokus pada penjualan berbagai bentuk roti dengan rasa yang beragam juga tentunya. Di kota-kota besar, khususnya di pusat kota, Anda akan mendapati toko roti. Namun, selain di pusat kota, saya pastikan Anda akan jarang melihat keberadaan toko roti.

Orang-orang yang membuka usaha toko roti boleh dikatakan pemberani. Sebab, sekali lagi saya informasikan bahwa, makanan ini bukan makanan pokok masyarakat Indonesia. Tapi, tidak mengapa sebenarnya karena ada banyak juga orang luar yang tinggal di Indonesia dan mereka kerap membeli roti.

Di daerah Jawa Barat saja terbukti bahwa ada banyak pabrik roti. Jadi, keberadaan toko roti sebenarnya ada. Namun, jumlahnya itu tidak begitu banyak jika dibandingkan dengan toko-toko lainnya yang bisa bercabang di berbagai sudut kota.

Sebagai contoh juga, di Bali misalnya, ini adalah pusat kotanya orang luar tinggal di Indoneisa. Jadi, kesempatan besar buat toko roti untuk menunjukkan tajinya di Provinsi Bali guna menggaet pembeli asing. Menarik, kan? 

Contoh analisis SWOT usaha toko roti

Strengths atau kekuatan usaha toko roti

  1. Toko roti lebih bagus menjual produknya di warung-warung dengan harga murah
  2. Proses pembuatan roti terbilang bersih dan aman, ditambah lagi kerap ada pernyataan halal
  3. Roti disukai sama semua kalangan
  4. Usaha toko roti kebanyakan fleksibel kerjanya

Weakness atau kelemahan usaha toko roti

  1. Eksistensi toko roti tidak populer di Indonesia
  2. Toko roti tidak pernah berani membuka cabang di luar pusat kota
  3. Manajemen pemasaran toko roti di sosial media kurang. Sehingga, mau menarik hati pembeli dengan cara apa?

Opportunity atau peluang usaha toko roti

  1. Peluang usaha toko roti belum tampak baik di negara kita
  2. Hanya berpeluang bagus untuk orang-orang yang doyan makan roti
  3. Peluang usaha bagus karena persaingan masih bisa ditempuh

Threats atau ancaman usaha toko roti

  1. Masyarakat kita lebih doyan makan pengganjal selain roti
  2. Tidak adanya promosi yang menunjukkan keinginan agar orang beli roti

Manfaat yang terkandung pada roti

Pada kenyatannya, usaha roti sudah berkembang. Sebab, perrkembangan industi pangan, terutama saat ini membikin roti tidak hanya mengandung semacam karbohidrat saja, tetapi juga sudah mengandung protein serta lemak yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Roti yang kini banyak dikenal sebagai camilan adalah roti manis dengan berbagai macam isian, atau roti tawar, yang kemudian ada ditambahan dengan berbagai macam selai dan sayuran. Karbohidrat yang terkandung di dalam roti sudah menjadikan roti sebagai sumber energi yang baik dikonsumsi saat kita sarapan pagi.

Karena itulah saat ini roti sangat cocok untuk semua kalangan, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa suka akan kelezatan pada roti. Dan biasanya juga mereka mengkonsumsi roti tawar ataupun manis dengan akan menambahkan selai, seperti roti durian ninur dengan isiannya durian asli, hal ini sangat cocok untuk dinikmati ketika ngemil santai bersama keluarga.

Oleh karena kandungan zat di dalamroti yang bermanfaat ini membuatnya akan memiliki beberapa manfaat lain bagi kesehatan tubuh manusia, berikut pemaparannya adalah:

1. Roti sangat melancarkan sistem pencernaan

Mengapa bisa melancarkan pencernaan demikian? Sebab, kandungan serat di dalam roti kini dapat membantu melancarkan pencernaan sehingga sistem pencernaan kita menjadi sehat.

2. Roti adalah sumber energi

Kandungan karbohidrat yang ada pada roti sangat baik untuk menambah energi. Dengan memakan roti, terutama pada pagi hari dapat membikin perut terasa keyang agak lebih lama.

3. Makan roti baik untuk tulang

Bagi Anda yang tidak suka minum susu, roti menjadi salah satu alternative terbaik bagi kesehatan tulang. Sebab, roti sangat mengandung kalsium yang bagus bagi kesehatan tulang.

4. Roti mencukupi kebutuhan vitamin tubuh

Mengkonsumsi roti secukupnya tanpa berlebihan bakal mendapatkan vitamin yang dibutuhkan tubuh. Beberapa vitamin yang ada di dalam roti ialah vitamin B.

Wah, dengan demikian semakin semangat saja ya kita mengkonsumsi roti mulai sekarang, setelah Anda mengeratahui beberapa manfaatnya tadi.

Pandangan SWOT terhadap usaha toko roti

SWOT memberikan pandangan bahwa, usaha toko roti akan lebih bagus penjualannya apabila diselingi juga dengan promosi yang bagus. Sebab lihat lah kondisi sekarang di mana dunia digital sudah berkembang, jadi ada baiknya promo-promo dilakukan.

Selain itu inovasi-inovasi baru dalam usaha toko roti harus lebih digencarkan lagi supaya ada ketertarikan lebih dari masyarakat Indonesia akan manfaatnya mengkonsumsi roti. Intinya, usaha ini jangan kalah saing dengan makanan-makanan lain. Karena memang manfaatnya juga cukup banyak.

Ini tentu menjadi PR tersendiri bagi pelaku usaha yang sedang membuka usaha roti. Dan, barangkali itu saja contoh analisis SWOT usaha toko roti. Sekian.

Post a Comment for "Contoh Analisis SWOT Usaha Toko Roti"