Cara Membuka Pertashop Secara Mudah dan Menguntungkan - cariduit.id
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Membuka Pertashop Secara Mudah dan Menguntungkan






Pertamina membuka peluang kerjasama bagi Anda yang tertarik membuka usaha SPBU yang diberi nama kemitraan Pertashop. Melihat peluangnya yang terbilang cukup menjanjikan, maka banyak orang mulai tertarik mencari cara membuka pertashop agar bisa menjual bahan bakar minyak.


Hadirnya gerai Pertashop memberikan akses kemudahan bagi para masyarakat untuk bisa membeli dan mendapatkan bahan bakar tanpa harus jauh-jauh ke SPBU. Sebab, bahan bakar yang dijual di Pertashop sendiri pun sama dengan jenis bahan bakar minyak yang ditawarkan oleh SPBU.


Apa Itu Kemitraan Pertashop?


Pertashop merupakan pemasok resmi minoritas distribusi BBM Pertamina yang memasok Bahan Bakar Minyak, LPG non subsidi, dan juga aneka produk pertamina lainnya. Jadi Pertashop merupakan SPBU kecil yang memang secara resmi bekerjasama dengan Pertamina.


Harga  BBM yang dijual oleh Pertashop pun sama dengan harga yang ada di SPBU pada umumnya. Selain itu, pasokan BBM ke Pertashop ini juga akan dilakukan secara resmi oleh pihak Pertamina dengan menggunakan tangki seperti halnya di SPBU.


Lalu apa yang membedakan antara Pertashop dengan SPBU pada umumnya? Hal utama yang menjadi pembeda adalah skalabilitas usahanya. Jika SPBU memiliki tingkat skalabilitas yang besar maka untuk Pertashop ini ukurannya relatif lebih kecil.


Pertashop umumnya mengutamakan lokasi pelayanan di kawasan Pedesaan atau kota yang membutuhkan retail pertamina. Tujuannya tentu saja adalah semakin memudahkan para masyarakat untuk bisa mendapatkan akses pada ketersediaan bahan bakar minyak di lingkungan mereka.


Cara Membuka Pertashop Secara Mudah


Setelah mengetahui apa itu Pertashop, kini Anda pun mungkin mulai bertanya-tanya mengenai cara pembukaan Pertashop. Sebagai informasi, berikut adalah beberapa langkah mudah yang perlu dilakukan bagi Anda yang ingin mengetahui cara membuka pertashop.


Cara Membuka Pertashop : Siapkan Persyaratan yang Dibutuhkan


Meskipun siapa saja berhak melakukan pendaftaran partner pembukaan Pertashop, namun tetap saja ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi. Berkas-berkas persyaratan tersebut tentunya berkaitan dengan legalitas dan juga prosedur pendirian Pertashop secara resmi.


Sebagai informasi, beberapa jenis persyaratan yang perlu dipenuhi antara lain adalah sebagai berikut ini :


  • Memiliki sejumlah dokumen kelengkapan yang legal seperti KTP, NPWP, dan juga Akta pendirian usaha.

  • Mempunyai lokasi atau tanah yang nantinya akan digunakan untuk menjalankan usaha Pertashop.

  • Mendapatkan rekomendasi dari pihak Pengelola atau Pemerintah Desa.

  • Menyediakan modal sesuai dengan paket bisnis kemitraan yang dipilih.


Berbekal dengan beberapa jenis persyaratan tersebut, Anda pun sudah bisa mendirikan usaha Pertashop.


Melakukan Pendaftaran Kemitraan Pertashop ke Pertamina


Langkah berikutnya yang bisa Anda lakukan untuk membuka Pertashop adalah tentu saja melakukan pendaftaran. Anda harus melakukan pendaftaran kemitraan secara resmi kepada pihak Pertamina selaku pengelola distribusi dan penjualan BBM di Indonesia.


Untuk proses pendaftaran Mitra Pertashop ini Anda bisa mengajukannya secara online pada laman khusus Pertamina. Situs resmi untuk melakukan pendaftaran partner Pertashop bisa diakses melalui https://ptm.id/MitraPertashop dari gawai yang Anda miliki.


Setelah laman tersebut, Anda bisa klik bagian “Daftar Sekarang” untuk memulai proses pendaftaran. Sebelum mengisikan data diri, pastikan kalau Anda sudah mencentang pernyataan bahwa calon mitra akan mengisi data dengan benar dan bisa dipertanggung jawabkan.


Kalau sudah maka Anda hanya perlu mengisikan data-data pendaftaran sesuai dengan yang ada di laman tersebut. Pastikan Anda mengisikan datanya dengan tepat dan benar mulai dari pemilihan lokasi, input data diri, dan lain sebagainya. Lakukan pengisian data tersebut hingga lengkap dan semua langkah pendaftaran selesai dilakukan.


Berapa Modal yang Dibutuhkan Untuk Membuka Usaha Pertashop?


Seperti pada bisnis kemitraan umumnya, Pertamina memiliki beberapa jenis paket berbeda yang bisa dipilih terkait dengan pembukaan usaha Pertashop ini. Masing-masing pilihan paket tentu saja menawarkan skema dan juga kebutuhan modal yang berbeda-beda antara satu dan yang lainnya.


Sebagai referensi, berikut adalah beberapa opsi pilihan paket yang bisa dipilih jika Anda tertarik membuka usaha Pertashop.


Skema Kerjasama Kemitraan Gold


Pilihan paket pertama yang bisa Anda pertimbangkan saat ingin membuka usaha Pertashop adalah paket Gold. Bisa dikatakan bahwa paket ini merupakan varian dengan pilihan modal yang paling rendah diantara jenis varian lainnya.


Jika Anda memilih paket kemitraan ini maka modal yang dibutuhkan adalah sebesar Rp 250 jutaan. Perhitungan modal tersebut sudah mencakup pembelian unit pertashop, biaya konstruksi, dan juga biaya pengiriman bahan bakar minyak.


Pada paket kemitraan Gold ini, Anda akan mendapatkan produk BBM Pertamax senilai Rp 20 juta. Pilihan paket yang satu ini cukup cocok dipilih bila Anda memiliki kisaran modal yang relatif cukup terbatas  namun tertarik untuk meraup profit dari bisnis jual beli BBM. 


Skema Kemitraan Platinum


Pilihan jenis paket kerjasama pembukaan Pertashop yang bisa dipilih selanjutnya adalah paket Kemitraan Platinum. Sesuai namanya, skema paket  kemitraan ini tentu saja membutuhkan biaya yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan paket kemitraan Gold.


Bagi Anda yang tertarik memilih paket kemitraan Platinum maka budget biaya yang dibutuhkan adalah berada pada kisaran Rp 400 juta. Modal ini juga mencakup biaya pembelian produk BBM, unit Pertashop, biaya konstruksi dan juga biaya pemasangan. 


Paket Kemitraan Platinum umumnya menawarkan kapasitas BBM yang lebih besar. Umumnya, paket ini menyertakan pembelian BBM sebanyak 8.000 liter. Sehingga kapasitas ukuran Pertashop ini pun umumnya relatif lebih besar ketimbang paket kemitraan yang sebelumnya.


Skema Kemitraan Paket Diamond


Pilihan paket kemitraan tertinggi yang ditawarkan oleh Pertamina adalah Diamond. Saat ini pilihan paket ini merupakan yang paling tinggi diantara jenis paket kemitraan Pertashop lainnya. Untuk membuka Pertashop dengan paket kemitraan ini, Anda perlu menyiapkan modal sekitar Rp 500 jutaan.


Nantinya modal tersebut akan meliputi biaya akuisisi Pertamina atas Pertashop yang dibangun, biaya konstruksi, dan juga biaya pemasangan. Paket kemitraan Diamond sendiri menawarkan jumlah produk BBM dengan kapasitas maksimal pada kisaran 8.565 liter.


Itulah pembahasan lengkap mengenai cara membuka pertashop yang perlu Anda ketahui. Kini dengan adanya pembahasan tersebut, Anda tidak perlu lagi merasa kebingungan apabila hendak memulai usaha penjualan bahan bakar minyak melalui gerai Pertashop. 





Post a Comment for "Cara Membuka Pertashop Secara Mudah dan Menguntungkan"