Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Iklan dan Keuntungan Menggunakan Google Ads! Kamu Wajib Tahu!

Metode iklan Google Adwords (Google Ads) dinilai punyai prospek yang bagus untuk berbagai kategori bisnis, mulai dari skala kecil, menengah, sampai besar. Namun masih banyak yang tidak tahu tentang prosedur atau tata cara iklan di Google Ads

 Terutama bagi pengusaha pemula, membangkitkan awareness atau membuat product dan jasa agar dikenal banyak orang adalah salah satu sasaran penting untuk mengakses pintu meraup keuntungan. Sebab itu, ketahui cara iklan di Google Ads khususnya bagi pemula yang dambakan mulai mengiklankan bisnisnya dan menjangkau sasaran pelanggan lebih luas. Yuk simak artikel dari cariduit.id berikut ini. 

Cara Iklan dan Keuntungan Menggunakan Google Ads! Kamu Wajib Tahu!

cara iklan di Google Ads
cara iklan di Google Ads


Apa itu  Google Ads?

Google Ads adalah fitur iklan berbayar yang muncul di pencarian Google. Untuk bisa menampilkan iklan berbayar atau paid search itu, pengiklan pasti harus membayar sehingga iklan bisa ditampilkan dengan menggunakan kata kunci tertentu yang relevan dengan product dan jasa. 

 Di sinilah pentingnya menggunakan keyword tertentu yang tepat target ketika beriklan lewat mediator Google Adwords, agar hasil pencarian product usaha Kamu bertengger di pencarian atas Google. Semakin tinggi posisi hasil pencarian di laman Google memakai paid search, kemungkinan besar iklan akan dilihat lebih banyak orang sekaligus memperbesar peluang meraih pelanggan.

Pedoman Menggunakan Google Ads

Pengusaha pemula perlu mulai belajar dan menyesuaikan tren bisnis di zaman serba digital seperti saat ini. Konsep Google Adwords yang efektif harus Kamu pahami. Berikut dasar-dasar yang harus pengusaha pemula kuasai sebelum memutuskan mengiklankan product atau jasa lewat Google Adwords:

1. Cara Kerja dan Efektivitas Google Adwords

Mari analogikan cara kerja Google Adwords secara simple. Misalnya, ketika calon konsumen mencari keperluan mereka lewat kata kunci atau keyword di kolom pencarian Google, maka product atau jasa Kamu akan turut ditampilkan di halaman pencarian Google. 

 Contohnya ketika orang mencari keyword 'Sepatu murah'. Jika Kamu mengoptimalkan fitur Google Adwords dengan pemilihan keyword yang terbaik dari pencarian asli, maka probabilitas orang akan membuka web Kamu sangat tinggi. Nah, jika Kamu berhasil membawa dampak web iklan 'Nangkring' di posisi paling atas, maka taraf kredibilitas dan kepercayaan calon konsumen akan meningkat juga. Hal itu bisa membuat mereka tertarik untuk membeli product atau mengenakan jasa kamu.

2. Membayar Iklan di Google Adwords

Ada 3 jenis pembayaran iklan Google Ads sehingga pengiklan tak boncos dan salah pilih, yaitu Biaya per 1.000 Impresi, Biaya Per Klik, dan Biaya Per Konversi. Ada beberapa yang perlu dipertimbangkan ketika beriklan Google Ads. Salah satunya jangan sampai modal iklan lebih besar daripada penghasilan di dalam kurun waktu yang lama. Maka, jalankan penilaian yang rutin dan rinci. 

Tidak hanya itu, Kamu hanya harus membayar iklan ketika orang mengklik dan mengakses web bisnis. Ada tiga istilah yang harus dipahami sehingga iklan lebih efektif  dengan teknik pengiklanan sebagai berikut:
-  Bіауа реr 1.000 Imрrеѕі (Pау реr Thousand Impression)
Kamu hanya akan dikenakan biaya tiap-tiap ada 1.000 orang yang menonton iklan yang 'Nangkring' di halaman pencarian Google. Ini adalah cara yang efektif jika inginkan melihat penambahan penting dan pengaruh iklan ke dalam omzet.
- Biaya Per Klik (Pay per Click)
Kamu diwajibkan membayar hanya kalau calon konsumen mengeklik iklan Kamu. Sedangkan jika mereka sekedar melihat iklan tanpa klik, Google tidak akan menarik biaya.
- Biaya Per Konversi (Pay per Conversion)
Cara yang satu ini dinilai paling efektif, karena kamu hanya diwajibkan membayar kepada Google ketika calon konsumen mencukupi sasaran kamu, seperti mereka benar-benar membuka web site iklan kamu yang bisa dilihat  dari lama waktu mereka berada di web site kamu, sesudah itu apakah calon konsumen memasukkan product kamu di keranjang belanja dan lain sebagainya.

3. Cаrа Mеndаftаr Akun dаn Trаnѕаkѕі Pembayaran Google Adwоrdѕ

  • Jika sudah mengerti konsep dan cara kerja Google Adwords, langkah selanjutannya adalah registrasi atau mendaftarkan akun di Google Adwords. Berikut proses daftar dan pembayarannya: 
  • Buka browser dan mulai akses web site Google Ads 
  • Jangan lupa sign in ke dalam akun Google kamu yang digunakan sebagai akun Google Adwords 
  • Lantas klik menu 'Get started' atau 'Mulai sekarang' dan pilih satu dari tiga tujuan pengiklanan Kamu 
  • Tulis jawaban di kolom pelukisan usaha dan masukkan URL web site iklan 
  • Isi radius jangkauan konsumen yang ditargetkan 
  • Tentukan keywords atau kata kunci pencarian product atau jasa 
  • Isi lima kolom yang meliputi headline dan pelukisan iklan 
  • Masukkan nomor ponsel yang akan ditampilkan di iklan Google, agar calon konsumen akan menghubungi nomor yang tertera 
  • Akan ada tiga opsi budget atau paket pembayaran dari Google yang akan kamu bayar per bulannya, tak hanya itu, kamu diberikan kebebasan untuk menentukan budget sendiri 
  • Merampungkan info transaksi pembayaran

4. Laba Memakai Google Adwords bagi Pengusaha

Laba mengenakan Google Ads bagi pengusaha pemula yakni biaya iklan termonitor dan bisa menaikkan omzet penjualan. Ketika memasang iklan di Google, akan ada sebagian feedback yang akan didapat walaupun tidak secara langsung dan cepat. 

 Kecepatan itu tergantung bagaimana Kamu mengoptimalkan pencarian yang ada. Berikut keuntungan menggunakan fitur Google Adwords bagi pengusaha pemula:
- Biaya Iklan Dapat Dimonitor
Sistem PPC yang digunakan Google Adwords memudahkan pemilik iklan untuk mengatur serta memonitor biaya iklan sesuai dengan budget. Sehingga Kamu tak perlu khawatir biaya iklan membengkak.  
- Menaikkan Omzet
Secara tidak langsung iklan yang telah dipasang di Google akan memunculkan banyak calon konsumen, meski tidak menjamin 100 persen keberhasilan usaha. Pasalnya, tingkat keberhasilan ini disesuaikan dengan pemilihan dan pengelolaan keywords atau kata kunci yang tepat. Kesesuaian budget juga sangat berpengaruh.
- Pilihan Format Iklan yang Tidak Monoton
Ada beragam jenis format iklan yang dapat dipilih, mulai dari teks, visual, dan audio. Namun ini tentu saja disesuaikan dengan budget yang ditawarkan.

Baca juga: Cara Daftar Google AdSense Agar Cepat Diterima
 
- Target Konsumen yang Tepat Sasaran
Dengan teknik pencarian di Google yang bermain dengan olah kata kunci maka calon konsumen juga akan terpetakan dengan baik. Orang yang ingin membeli sepatu maka mau tidak mau akan disajikan iklan jualan sepatu Kamu.
- Reputasi Situs Jualan Meningkat Seiring dengan SEO Website
Optimalisasi SEO dengan pencarian kata kunci yang banyak dicari akan cepat terdeteksi di dalam indeks pencarian Google. Nah, beberapa poin yang telah disebutkan dapat digunakan para pelaku usaha pemula untuk memutuskan menggunakan fasilitas Google Ads. Langkah ini perlu disiapkan dengan matang. Sebab dalam berbisnis, modal dan keuntungan harus dipertimbangkan dengan sebaik-baiknya agar hasil usaha tak habis hanya untuk pembayaran iklan.  

Post a Comment for "Cara Iklan dan Keuntungan Menggunakan Google Ads! Kamu Wajib Tahu!"