Peluang Usaha Guru Les yang Menjanjikan - cariduit.id
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Peluang Usaha Guru Les yang Menjanjikan



Membuka usaha les privat atau bimbingan belajar adalah sebuah peluang yang bagus sekaligus dapat dijadikan usaha sampingan untuk menambah penghasilan sehari-hari. Mengapa demikian? Karena dalam membuka peluang usaha guru les ini tidak membutuhkan banyak modal, cukup Anda giat dalam menjalani, tentu Anda akan mendapatkan keuntungan yang menjanjikan. 

Seperti yang kita ketahui bahwa ada banyak pelajar di indonesia yang membutuhkan bimbingan belajar tambahan untuk memantapkan mata pelajaran di sekolahnya. Dengan adanya les privat maka dapat membantu dan membuat proses belajar mereka di sekolah menjadi lebih efektif dan efisien. Selain itu siswa dapat berkonsentrasi pada mata pelajaran tertentu yang belum mereka kuasai. 

Itulah sebabnya mengapa banyak dari orang tua memasukkan anaknya  dalam bimbingan belajar atau les privat. Tentu saja usaha ini dapat dijadikan peluang yang menjanjikan untuk Anda lulusan pendidikan tertentu atau seorang mahasiswa. Menariknya lagi, tidak membutuhkan banyak perlengkapan untuk memulai usaha ini. 

Hal utama yang diperlukan adalah skill. Atau bisa diartikan sebagai kemampuan untuk mengajar dan menguasai materi yang akan diajarkan nantinya. Tertarik untuk mencoba yuk simak ulasannya.

Cara Memulai Peluang Usaha Guru Les Privat yang Efektif

Setiap usaha bimbingan belajar atau privat yang dijalankan seseorang tentu tidak dapat terjadi begitu saja. Anda Pun harus memulainya dari awal dan membuatnya berbeda dari tempat privat lainnya. Berikut ini langkah-langkah dalam memulai peluang usaha les privat.

Tentukan konsep

Agar lebih mudah menjalankan usaha les privat, sebaiknya Anda tentukan terlebih dahulu konsep seperti apa yang akan Anda gunakan nantinya. Apakah menggunakan konsep franchise atau memulainya dari nol. Jika Anda menggunakan konsep franchise, tentu modal yang akan dikeluarkan sangat besar, akan tetapi lebih mudah dalam memasarkannya.

Sementara itu, jika Anda memulainya sendiri dari nol, tentu modal yang akan dikeluarkan lebih sedikit, namun sulit dalam pemasarannya. Maka dari itu, Anda perlu menentukan konsep mana yang  sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Anda .

Tentukan Target Pasaran

Tentukan terlebih dahulu target pemasaran usaha Anda. Tujuannya untuk melihat les privat yang Anda buka tersebut berlaku untuk semua jenjang pendidikan seperti TK, SD, SMP, dan SMA atau hanya untuk anak SD saja. langkah ini akan mempermudah Anda dalam menentukan strategi pemasaran yang tepat. 

Selanjutnya penting juga untuk menentukan mata pelajaran apa yang akan Anda privasikan. Jika berfokus pada mata pelajaran tertentu, maka tidak semua jenjang pendidikan dapat mendaftarnya. 

Siapkan Modal

Biarpun usaha les privat ini tidak membutuhkan modal yang besar, bukan berarti Anda tidak membuat daftar anggarannya. Sekecil apapun biaya yang dikeluarkan dalam membuka usaha tersebut, rincian anggaran menjadi suatu hal yang penting agar kebutuhan dapat dipersiapkan secara optimal, dan biaya yang dikeluarkan pun tidak rugi.

Memberikan Inovasi dalam Metode pembelajaran

Buatlah metode pembelajaran yang berbeda dari tempat bimbingan belajar lainnya. Buatlah metode pembelajaran yang menarik serta mudah untuk dipahami. Sehingga siswa akan lebih semangat dan mudah mengerti materi apa yang Anda sampaikan. Misalnya mengajar dengan berbantuan  media gambar, audio, video dan lain-lain. 

Berikan Tarif yang Terjangkau  

Tarif yang ditawarkan juga berpengaruh kepada keputusan orang tua dalam memilih tempat les privat. Perhatikan pesaing Anda, bagaimana mereka menawarkan harga les privat mereka. Hitungan per jam, per hari per minggu atau perbulan. Tawarkanlah harga yang terjangkau namun tidak merugikan Anda.  Perhitungan antara modal dan keuntungan yang akan Anda peroleh nantinya. 

Mulai Les Privat Dengan Door To Door

Andaikan, Anda belum memiliki modal yang besar, Anda dapat mencoba les privat Door to Door dengan tujuan agar Anda tak perlu menyewa tempat usaha, cukup Anda yang datang langsung ke rumah siswa Anda. 

Lakukan Kegiatan Pemasaran

Melakukan pemasaran termasuk hal penting dalam menjalankan usaha les privat. Tanpa melakukan pemasaran, maka les privat yang ada buka tidak akan dikenal oleh banyak orang. Ada banyak cara yang dapat Anda coba untuk melakukan pemasaran, melalui Instagram, Facebook, WA, Website, brosur dan lain-lain. 

Modal Awal Membuka Usaha Les Privat

Seperti yang sudah dipaparkan diatas, bahwa peluang usaha guru les privat tidak membutuhkan modal yang besar. Jika Anda memulainya dengan datang langsung ke rumah siswa, maka tidak ada perlengkapan yang dibutuhkan. Namun sebaliknya jika Anda memulai usaha ini dengan di suatu tempat seperti rumah, tentu akan membutuhkan perlengkapan yang meliputi:

Papa tulis atau Whiteboard (Rp 300.000)

Meja lipat 5 unit (Rp 50.000 x 5 = 250.000)

Buku pembelajaran (Rp 200.000)

Jadi total modal awal yang harus Anda keluarkan untuk membuka usaha les privat sebesar Rp 750.000. Selain modal awal diatas Anda juga harus menyiapkan biaya bulanan seperti:

Kuota internet untuk komunikasi (Rp 200.000)

Biaya listrik (Rp 100.000)

Transportasi (Rp 150.000)Biaya alat tulis (Rp 75.000)

Jadi dalam sebulan Anda akan mengeluarkan biaya sebesar 525.000. Nah diperkirakan untuk total keseluruhan pengeluaran di bulan pertama sebesar 750.000 + 525.000 = 1. 275.000. perlu diingat angka tersebut bisa berbeda, tergantung besarnya biaya perlengkapan di masing-masing  kawasan.

Profit Bulanan Usaha Les Privat

Kita ambil contoh seumpama Anda mengajar siswa SMP dengan mata pelajaran Matematika dengan jumlah biaya sebagai berikut:

Kelompokkan 5 siswa satu minggu 3 kali pertemuan, setiap anak diminta membayar 10.000. jadi per pertemuan Anda akan mendapatkan uang Rp 50.000.

Ada 3 kelompok yang mengikuti les dalam seminggu. Sehingga Anda akan mendapatkan uang sebesar 3 x 3 x Rp 50.000 = Rp 450.000

Untuk les privat yang datang ke rumah biayanya sebesar Rp 40.000 per anak serta ada 2 anak dengan jadwal satu minggu 3 kali pertemuan. Pendapatannya yaitu 2 x 3 x Rp 40.000 = Rp 240.000

Artinya dalam seminggu Anda akan memperoleh uang sebesar 450.000 + 250.000 = 690.000

Selanjutnya dalam sebulan ada 4 minggu, maka penghasilan Anda setiap bulannya 690.000 x 2.760.000. dengan perhitungan 17 siswa yang meliputi 15 kelas kelompok, dan 2 privat. Perkiraan pendapatan diatas hanya contoh saja. besaran pendapat yang Anda peroleh tergantung dari biaya privat dan jumlah siswanya. 

Demikianlah penjelasan mengenai peluang usaha guru les. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam mencari informasi usaha les privat.  



Post a Comment for "Peluang Usaha Guru Les yang Menjanjikan"