Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

10 Teknik Menulis Deskripsi Produk Bisnis Online dengan Tepat



Modern ini, bisnis online memang dirasa cukup menjanjikan. Sebagian besar pengusaha kini sudah memanfaatkan peluang tersebut dengan melalui media sosial ataupun website. Proses pemasaran dan transaksi menjadi lebih mudah. 

Konsumen bisa melihat produk yang ditawarkan melalui smarphonenya secara langsung. Nantinya jika anda konsumen yang tertarik, bisa komunikasi lebih lanjut melalui media chatting. Kemudian untuk proses pembeliannya pun bisa lebih mudah.

Nah untuk menarik minat para calon pembeli agar membeli produk yang anda tawarkan di media sosial atau pun di website, penulisan deskripsi produk sangatlah penting untuk diperhatikan. Lantas bagaimana teknis menulis deskripsi produk bisnis online? Di bawah ini terdapat 10 teknis menulis deskripsi produk bisnis online yang bisa anda pahami.

1. Jangan Lupa Untuk Mencantumkan Keunikan Produk

Apa saja yang menjadi keunikan produk yang anda tawarkan jika dibandingkan produk lain, tentu akan membuat konsumen menjadi penasaran. Untuk itu, anda bisa mencantumkan keunikan dari produk anda tersebut. Momen seperti ini bisa anda manfaatkan dengan baik untuk membuat bisnis anda semakin berkembang. 

2. Cantumkan Keunggulan Produk Tersebut Jika Dibandingkan dengan Produk Lain

Anda tak boleh melewatkan kalimat yang berisi keunggulan dari produk yang anda tawarkan. Poin ini selalu menjadi perhatian para calon pembeli mengapa mereka harus memilih produk anda untuk dibawa pulang.

3. Manfaatkan Kalimat Persuasif

Bagaimana membuat kalimat persuasif? Anda bisa memulai dengan kalimat penjelasan produk secara umum, namun di dalamnya berisi kalimat persuasif (ajakan) yang tidak terlalu mencolok. Disampaikan secara halus dengan tujuan untuk membuat para calon pembeli tertarik mengetahui produk yang anda tawarkan lebih lanjut dan akhirnya mereka akan membeli.

Cara ini banyak dilakukan oleh para pelaku bisnis khususnya bisnis online. Tak jarang dari pelaku bisnis yang memanfaatkan layanan jasa penulis profesional yang banyak ditemukan di internet. Dengan menggunakan layanan jasa penulis profesional, tentu kualitas tulisannya menjadi lebih baik.

4. Pilih Keywod yang Tepat

Buat list target keyword yang tepat untuk mendatangkan pengunjung sebanyak – banyaknya. Penggunaan keyword biasanya lebih banyak digunakan pada produk yang ditawarkan melalui website. Jika keyword yang anda gunakan merajai halaman utama Google (One Page Google), dijamin website anda akan banjir pengunjung dan meningkatkan peluang penjualan yang lebih besar.

Misalnya saja anda menjual produk jasa penulisan, maka keyword yang anda pilih untuk digunakan haruslah berhubungan dengan jasa penulisan. Kemudian anda juga bisa lebih mengerucutkannya pada keyword yang lebih spesifik. Karena memilih keyword jasa penulisan saja dianggap lebih umum dan persaingannya lebih tinggi. 

5. Foto Produk Haruslah Menarik dan Tampak Berkualitas

Foto produk yang ditampilan pada laman website atau pun media sosial sangat mempengaruhi daya tarik pembeli. Semakin berkualitas dan baiknya foto yang dibuat, akan meningkatkan penjualan. 

Anda bisa lihat, toko online dengan foto produk seadanya jika dibandingkan toko online dengan foto berkualitas, pasti lebih berkembang dan banjir pengunjung dengan foto berkualitas. Karena foto berkualitas yang ditampilkan bisa menjadi tanda keseriusan dalam menjalankan bisnis.

6. Penggunaan Tabel Dirasa Efektif

Menggunakan tabel untuk menjelaskan deskripsi produk, dirasa lebih mudah dan menawarkan kenyamanan bagi para pembacanya. Namun deskripsi produk dengan memanfaatkan tabel, hanya cocok digunakan pada website saja. Tidak untuk deskripsi produk yang dijelaskan melalui melalui media sosial seperti halnya instagram.

7. Minimalkan Typografi

Penulisan deskripsi produk wajib anda pastikan tidak ada kesalahan penulisan (typografi). Jika sampai ditemukan terdapat kesalahan dalam penulisan tersebut, tentu akan mengurangi daya tarik konsumen. Yang terlihat sepele pun juga bisa mempengaruhi tingkat keprofesionalan dari bisnis anda dan menjadi penentu perkembangan bisnis tersebut.

8. Gaya Bahasa Harus Sesuai dengan Target Pasar

Tentukan target pasar yang anda tuju terlebih dahulu ya. Jika anda menyasar usia 17 sampai 30 tahun, maka gaya bahasa yang digunakan harus sesuai dengan usia tersebut. Usahakan untuk menggunakan gaya bahasa yang lebih akrab agar calon pembeli merasa nyaman dulu. Misalnya saja menggunakan kata ganti “kamu” bukan “anda”. Kata ganti kamu, tentu bisa terasa lebih dekat dengan konsumen dengan target pasar tersebut.

9. Kalimat Simple dan Mudah Dimengerti

Pilih kalimat – kalimat yang mudah dimengerti. Mengemasnya dengan simple akan membuat pembaca menjadi lebih tertarik.

10. Maksimal 200 Kata

Penjelasan yang terlalu panjang lebar dan bertele – tele, akan membuat konsumen menjadi enggan mempelajari produk anda. Jelaskan inti – intinya saja dengan kemasan menarik. Dari segi keefektifannya, jumlah kata ideal tidak lebih dari 200 kata ya.

Itulah teknik menulis deskripsi produk bisnis online yang bisa anda terapkan. Dengan memperhatikan segala aspek yang dibutuhkan tersebut, saya yakin bisnis online yang anda jalani bisa berkembang lebih pesat.


........................................................
Source of picture : freepik.com >Designed by katemangostar / Freepik

Post a Comment for "10 Teknik Menulis Deskripsi Produk Bisnis Online dengan Tepat"