Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

12 Tips dan Strategi Marketing Instagram Untuk Bisnis Anda


Sosial media belakangan ini bukan hanya digunakan untuk mengupload foto atau video, namun bisa juga meningkatkan penjualan suatu produk atau jasa dan instagram menjadi sosial media yang sangat populer di Indonesia. Instagram memiliki pengaruh yang sangat penting bagi dunia bisnis dan memudahkan para pengusaha untuk mempercepat langkah promosi produk.

Laris jualan di instagram menjadi keinginan banyak orang, namun tidak semua orang mudah sukses dengan instagram dan salah satu penyebab kegagalan beriklan di instagram adalah tidak konsistennya melakukan posting. Untuk sukses dengan instagram dibutuhkan berbagai strategi yang tepat. Berikut ini adalah tips dan strategi marketing instagram untuk bisnis:

1. Instagram For Business
Sejak bulan mei 2016, pihak instagram telah memberikan pengumuman untuk merilis salah satu fitur terbaiknya yaitu instagram for business dan dengan fitur ini, para pelaku usaha bisa membuat profil bisnisnya dengan sangat mudah serta gratis. Dengan adanya fitur ini memudahkan para konsumen untuk mengetahui cara menghubungi pihak penyedia jasa atau produk. Dengan instagram for business menjadi salah satu strategi marketing instagram yang sangat cocok untuk diterapkan di bidang usaha jasa ataupun produk.

2. Memanfaatkan Insights
Insights adalah salah satu fitur yang bermanfaat untuk memberi tahukan pemilik akun tentang followernya dan bagaimana kualitas jangakauan followernya. Dengan menggunakan fitur Insights, para pengguna instagram bisa mengenal perilaku para followernya dan pengguna juga dapat mengetahui tingkat demografis akun instagramnya. Dengan bantuan fitur Insights, pengguna bisa membuat sebuah konten yang relevan dengan followernya dan bisa membuat konten yang bermanfaat bagi followernya. Semakin baik kualitas follower yang dihasilkan, maka akan semakin besar peluang penjualan dan banyaknya follower akan memudahkan pengguna akun untuk berjualan.

3. Promote
Promote adalah salah satu tools baru yang ada di Instagram dan tools ini sangat bermanfaat bagi para pengguna instagram, karena bisa menjadikan konten di postingan sebagai iklan atau ads. Ads sangatlah membantu para pebisnis di instagram, karena bisa menghubungkan antar pebisnis dan pengguna tinggal memilih salah satu postingan yang ingin di share. Dengan bantuan fitur promote, pihak instagram akan otomatis menentukan audience yang cocok untuk akun instagramnya.

4. Lengkapi Bio
Instagram memiliki bio yang menjelaskan mengenai profil usaha yang dijalankan dan dengan melengkapi bio memudahkan para pengguna lain untuk melihat akun instagram. Semakin lengkap data di bio akan semakin besar kemungkinan order yang masuk dan bio ditulis dengan singkat padat. Sebaiknya gunakankan sistem pembelian yang mudah, agar konsumen tidak merasa kesulitan untuk membeli produk atau memesan jasa. bio yang lengkap juga akan menarik banyak follower baru yang penasaran dengan produk atau jasa yang disajikan.

5. Pilih URL yang Tepat
Instagram sangat berkaitan erat dengan URL dan sebuah bisnis sebaiknya menggunakan URL yang sama dengan nama usahanya. Hal ini akan memudahkan konsumen untuk mengunjunggi akun instagramnya dan jangan sampai nama usaha dengan URL yang digunakan tidak nyambung. Semakin mudah diingat, maka semakin besar peluang untuk menghasilkan konsumen yang banyak. Link URL akan bermanfaat untuk menaikkan jumlah follower instagram, karena bisa ditautkan di sosial media lainnya.

6. Branded Hashtags
Branded hashtags adalah suatu teknik yang bisa digunakan untuk aktivitas promosi suatu produk dan dengan branded hashtags, pengunjung akan membuka hastag yang digunakan. Ada banyak bisnis di Indonesia yang sukses menggunakan teknik branded hashtags dan teknik ini tidak terlalu sulit untuk dipelajari, karena lumayan sederhana cara kerjanya. Branded hashtags juga bisa digunakan untuk menarik banyak follower baru dan dengan branded hashtags suatu bisnis akan cepat berkembang.

7. Profil Foto  
Profil foto akun instagram harus menggunakan logo toko atau perusahaannya dan jangan menggunakan logo yang sembarangan atau sama dengan orang lain. Logo di profil foto akan menjadi ciri khas yang sangat penting dan sebaiknya gunakan logo yang simpel, agar mudah diingat. Penggunaan logo seringkali diabaikan oleh banyak pelaku usaha, padahal sangat penting sebagai salah satu cara strategi merketing di instagram. Pastikan foto terlihat baik di format profil instagram yang bentuknya bulat.

8. Follow Akun Instagram Pihak Lain
Salah satu cara strategi marketing yang bisa digunakan untuk membangun bisnis di instagram adalah dengan menfollow akun instagram yang memiliki follower banyak, dengan harapan akan mendapatkan follow back. Dengan cara ini akan banyak pengguna instagram yang mulai mengenal usaha yang dikembangkan dan hal ini memiliki peranan untuk menambah follower akun instagram. Follow juga akun-akun besar yang relevan dengan bisnis yang dikembangkan.

9. Posting Rutin
Untuk punya sebuah akun instagram yang baik untuk kegiatan bisnis, sebaiknya pertahankan konsistensi upload dengan baik dan lakukanlah posting secara rutin, agar follower tidak merasa jenuh. Dengan melakukan posting minimal sekali dalam satu hari, akan banyak follower yang menunggu postingan baru setiap harinya dan cara ini menjadi salah satu strategi marketing yang bisa digunakan untuk meningkatkan penjualan bisnis. Rutin posting setiap hari, akan memingkatkan integritas akun instagram.

10. Waktu Posting
Pemilihan waktu posting menjadi sebuah hal penting untuk dilakukan dan bisnis di instagram harus dijalankan dengan waktu posting yang konsisten setiap harinya. Jika posting dilakukan setiap jam 8 pagi, maka setiap hari harus konsisten upload di jam yang sama dan konsistensi posting akan meningkatkan kinerja akun instagram. Bisnis menggunakan akun instagram memang memiliki keuntungannya dan bisnis dengan instagram bisa dilakukan dimana saja tempatnya asalkan ada koneksi internet.

11. Konten Bertema     
Untuk menjadikan akun instagram sebagai ladang penghasilan, pastikan postingan yang dimasukan memiliki tema yang jelas dan jangan asal posting. Konten yang bertema akan membuat bisnis berjalan dengan baik dan akan mengalami perkembangan yang pesat. Konten bertema akan membuat follower menjadi percaya dan tidak mudah bosan dengan konten yang disajikan. Jangan bosan untuk upload konten yang memiliki kualitas baik dan tema konten harus konsisten, agar banyak penjualan yang dihasilkan. 

12. Buat Gambar atau Video yang Menarik
Akun instagram sangat berkaitan dengan gambar ataupun video singkat dan postinglah gambar yang menarik, agar banyak follower yang datang. Sebaiknya edit gambar dengan bantuan efek visual yang baik dan gunakan caption yang menari, agar banyak menyukai postingannya. Hal ini menjadi salah satu strategi marketing yang sangat penting dan gambar yang disajikan sebaiknya memiliki tingkat kecerahan yang baik, agar tidak menjadi blur. Video sebaiknya menggunakan efek-efek yang menarik, agar menambah efektivitas penjualan bisnis.

Demikian ulasan lengkap mengenai tips dan strategi marketing instagram untuk bisnis. Semoga artikel yang disajikan dapat bermanfaat dan dapat dijadikan referensi terbaik oleh para pembacanya.     
...................................................................................................
Source of Picture : www.freepik.com">Designed by Freepik

Post a Comment for "12 Tips dan Strategi Marketing Instagram Untuk Bisnis Anda"