Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

7 Rumus Sukses Bisnis untuk Pemula



Semua orang menginginkan sukses dari sebuah bisnis, khususnya kamu yang masih usia muda yang memiliki banyak peluang untuk sukses, namun terkadang niat yang kuat tidak dibarengi dengan realisasi yang kuat sehingga mimpi besar akhirnya terkubur bersama harapan yang sia-sia.

Ketika ingin memulai sebuah bisnis yang pasti selalu terlintas dibenak "saya gak tau caranya" kalimat seperti ini tentulah menjadi hal yang wajar dan memang lumrah terjadi sebab memang banyak hal yang perlu kita pelajari.

Namun pada prinsipnya dalam bidang apapun hanya satu kunci awal untuk bisa meraih kesuksesan yaitu "KEMAUAN", kemauan untuk memulai, untuk kerja keras dan tidak mudah menyerah, itu yang menjadi pondasi dasar yang perlu ditumbuhkan dan dibangun dalam diri masing-masing orang yang punya keinginan untuk sukses.

Setelah kamu memiliki kemauan yang kuat dan sudah siap untuk start menuju sukses, berikut beberapa rumus untuk meniti tangga kesuksesan kamu: 

1. Tentukan Arah / Bisnis Kamu

Hal yang pertama kali yang perlu kamu lakukan adalah menentukan arah tujuan atau bisinis kamu. Satu tips yang mungkin bisa kamu ambil pelajaran dari mereka yang udah sukses di dunia bisnis apapun yaitu bagaimana menciptakan sebuah hobi menjadi sebuah penghasilan.

Jadi kamu bisa menentukan arah bisnis kamu dari hobi, sebab apapun bisnisnya kalau dari awal kamu sudah tidak suka tentu kedepannya akan terasa berat, berbeda ketika hal yang kamu lakukan memang sudah menjadi sebuah hobi kemudian kamu olah untuk menjadi sebuah bisnis yang menguntungkan.

Sebut saja Chandra Liow (Tim2One) dan Daun Net, mereka merupakan youtuber Indonesia yang bisa menghasilkan rupiah dari hobi ngedit video atau Raditya Dika yang punya banyak buku dan film dari hobinya menulis, masih banyak lagi orang-orang yang bisa kamu jadikan contoh dan motivasi dalam membangun bisnis kamu.

2. Memulai dari hal-hal Kecil

setelah kamu udah tau arahnya mau kemana dan bisnis apa yang akan kamu ingin bangun nah langkah selanjutnya adalah BELAJAR, cari tau semua informasi tentang seluk beluk bisnis yang kamu mau bangun, ada mbah google yang sangat recomended untuk kamu jadikan rujukan, disana segala hal bisa kamu temukan.

Mulailah mencari dan membaca dan mencatat poin-poin penting untuk menetukan langkah selanjutnya, kumpulkan semua referensi yang menurut kamu sesuai kemudian kamu bandingkan satu dengan yang lainnya, seperti misalkan strategi bisnisnya memang perlu banyak referensi sebab satu strategi tidak cukup untuk dijadikan rujukan sebab terkadang strategi itu bisa cocok dengan bisnis kita namun terkadang gagal dilakukan bisnismen yang lain begitupun sebaliknya jadi kembali lagi banyakin referensi.

Seperti yang pertama disebutkan, pelajari seluk beluk bisnis kamu secara mendalam agar tidak salah langkah, pelajari persaingannya, kebutuhan pasarnya, strategi marketingnya dan hal-hal kecil yang remeh-temeh yang terkadang disepelekan.

3. Bertanya Pada Orang yang Tepat

langkah berikutnya adalah bertanya, sperti pepatah yang mungkin udah telinga kamu pada hafal "malu bertanya sesat dijalan" begitupun dalam bisnis, terlalu gengsi dan terlalu idealis juga tidak baik, ketika kamu sudah mencari referensi dari rekomendasi mbah google, kamu juga perlu mencari tahu orang-orang sukses yang sebidang dengan anda dan mudah untuk kamu akses, dan perlu di ingat 'ILMU ITU MAHAL BRO" jadi ketika ada orang yang memang udah expert dibidang yang sama jangan sungkan untuk mengeluarkan rupiah demi nedapatkan ilmunya, sebab segalanya terkadang butuh pengorbanan bro.

jadi selama itu perlu dan tidak membebani kamu maka berinvestasilah untuk ilmu itu dengan cara membayar kursus atau privat ke orang yang expert di bidangnya, dengan ketentuan orang tersebut memang terpercaya dan mempunyai kredibilitas dalam hal tersebut, namun jika keterbatasan budget carilah grup-grup komunitas yang sekiranya kamu bisa berbagi informasi disitu, pada intinya membuka diri dan tidak idealis ingin selalu sendiri atau malu bertanya, sebab satu hal yang merugikan kamu sendiri jika terus bertahan dengan prinsip otodidak adalah ketika kamu menemui jalan buntu akan sangat besar kemungkinan kamu akan putus asa dan akhirnya berhenti.

4. Selalu Berfikir banyak Jalan menuju Roma

tidak ada hal yang instan kecuali mi gelas bro, semua butuh proses dan semua butuh kerja keras pantang menyerah.

dalam membangun sebuah bisnis, bisnis apapun itu sangat besar kemungkina kamu akan menemui banyak masalah mulai dari yang kecil hingga masalah yang seolah memaksamu untuk berhenti.

nah yang perlu kamu lakukan adalah menganalisa dimana titik atau sumber kesalahannya, kemudian jangan sampai masuk ke lubang yang sama, sperti misalnya kamu udah mencoba satu cara sampai berkali-kali namun tetap gagal, carilah cara lain jangan terpaku dengan satu metode, sebab sangat besar kemungkinan cara yang dilakukan lebih dari 3 kali cenderung akan memberikan hasil yang sama.

Kembali lagi, cari pusat masalahnya jika bingung tanyakan ke ahlinya atau tinggalkan dan cari cara lain untuk mendapatkan solusi.

5. Jangan Rakus

Semangat itu penting, impian besar untuk meraih kesuksesan juga sangat penting, namun jangan tamak dan rakus dalam membangun bisnis kamu, sebab hal itu bisa menjatuhkan kamu sendiri.

Ketika kamu sudah bisa menghasilkan dari satu bisnis cobalah untuk fokus terlabih dahulu, jangan mudah tergoda untuk beralih ke yang lain sebelum bisnis kamu sudah betul-betul stabil dan memang secara kapasitas baik SDM atau finansial terlebih waktu dan tenaga kamu sudah betul-betul siap.

Ambisi itu perlu namun akan jadi bumerang jika terlalu over, maka belajarlah untuk fokus dan menahan diri dari hal yang bisa merugikan bisnis kamu sendiri.

6. Tekun

Setiap bisnis apapun jenisnya sangat dituntut sebuah ketekunan, sebab tidak ada bisnis yang berhasil secara instan dan cuma-cuma, butuh kerja keras dan tekad yang kuat.
Sebuah kesuksesan diraih melalui banyak step, sangat sedikit kemungkinan anda berhasil hanya dengan satu step saja, proses yang panjang sudah bagian dari kesuksesan itu sendiri jadi jangan mudah menyerah hanya kerna berbenturan dengan berbagai masalah dalam menjalani bisnis. 
Ketekunan harus terus dijaga, seringlah membaca profil orang-orang yang sukses khususnya yang sebidang dengan bisnis kamu, karena itu sangat penting untuk menjaga motivasi untuk terus meningkatkan ketekunan itu sendiri.

7. Berdoa

Terakhir yang tidak kalah pentingnya hadirkan Allah dalam setiap proses bisnis kita, jangan bosan berdo'a meminta petunjuk dan dimudahkan segala aktifitas bisnis yang dijalankan karna dengan izin-NYA maka semuanya akan mudah.

Sebagai manusia biasa kita hanya bisa berusaha dan sebagai penentu kebijakan apapun adalah hak mutlak sang Pencipta.


Itulah 7 rumus sukses yang bisa menjadi referensi buat kamu yang ingin terjun ke dunia bisnis, pada akhirnya kembali ke kamu semuanya, masih mau menunda kesuksesan atau jadi penonton untuk kesuksesan teman kamu yang sudah memulai start.

tetap semangat dan terus berjuang meraih apa yang telah dicita-citakan. 

Post a Comment for "7 Rumus Sukses Bisnis untuk Pemula"