Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Pasang Iklan di Google Ads, Masihkah Efektif untuk UKM di tahun 2020


Iklan adalah salah satu sistem yang dilakukan untuk memperluas atau mempromosikan suatu produk ataupun jasa dan sistem iklan di Indonesia terdiri dari sistem iklan offline dengan online. Kini dengan era digital yang semakin maju, sistem online menjadi cara pemasaran yang sangat tepat untuk diterapkan dan jumlah pengguna online di Indonesia, semakin bertambah dari tahun ke tahun. Sistem iklan secara online bisa dilakukan dengan berbagai cara dan perlu banyak teknik yang harus dipelajari sebelum terjun ke pemasaran online.

Iklan online yang populer di Indonesia adalah google adsense, facebook adsense, instagram adsense dan berbagai sistem online lainnya. Google adalah salah satu laman pencarian yang paling populer di dunia dan berbagai informasi mengenai berbagai hal dapat diakses menggunakan google. Google memiliki salah satu fasilitas menarik yang menguntungkan para pengusaha yaitu google adsense. Dengan menggunakan adsense, sistem promosi laman website menjadi lebih cepat dan biayanya sangatlah terjangkau.

Pasang Iklan di Google Ads

Google Ads adalah salah satu program iklan yang sudah ada sejak lama dan menjadi cara tepat untuk mempromosikan laman bisnis atau website. Hampir semua hal yang dicari di google, pasti menggunakan sistem periklanan online dan banyak situs yang memanfaatkan google adsense untuk promosikan produknya. Usaha yang menyasar pasar online, tentu akan lebih efektif jika menggunakan sistem periklanan google adsense dan secara biaya, google ads terbilang sangatlah terjangkau.

Usaha kecil menengah di Indonesia memang sangatlah menjamur dan ada banyak ukm yang mulai memanfaatkan sistem iklan google adsense. Berlimpahnya jumlah pengakses internet di internet, membuat peluang online menjadi sangat besar dan ukm sangat terbantu dengan hadirnya sistem pemasaran online seperti google adsense. Algoritma google yang terus bertambah dan berkembang, mengharuskan penggunanya menggunakan cara iklan secara online. Google adsense menjadi salah satu cara iklan online yang banyak digunakan oleh para pebisnis online atau para pengusaha ukm dan pasang iklan di google ads bisa menggunakan sistem bayar iklan secara harian.

Efektivitas Google Ads Untuk UKM Tahun 2020 

1. Setup yang lumayan sulit

Meski iklan google ads sudah sangat populer di Indonesia, namun hanya sebagian kecil masyarakat Indonesia yang mengetahui teknik-teknik melakukan setup iklan di google ads dan setupnya yang lumayan rumit, seringkali membuat para pengusaha ukm bingung untuk menjalankannya. Kesulitan untuk melakukan setup google ads membuat para pengusaha frustasi dan mengganggap google ads sebagai cara beriklan yang sangat rumit atau sulit.

Sulitnya melakukan setup google ads menjadi salah satu alasan yang menyatakan bahwa iklan google ads tidak akan efektif dijalankan tahun 2020 dan pengguna google ads akan berkurang dari tahun ke tahun. Kebanyakan pengguna google ads adalah internet marketer profesional dan kesulitan untuk mempelajari google ads, membuat banyak pengusaha ukm merasa kesulitan untuk melakukan setup. Efektivitas iklan google adsense cenderung akan menurun pada tahun 2020.

2. Fitur Rumit

Google ads adalah sistem iklan online yang bisa berjalan secara otomatis dan saat melakukan iklan dengan google adsense, ada versi standat dengan versi lite yang bisa dipilih. Saat menggunakan google ads versi standar, pengguna bisa menggunakan beberapa fitur yang dirancang dan keberadaan google ads banyak dianggap rumit oleh pengguna. Versi standar google ads memberikan layanan edit atau perubahan yang bisa dilakukan secara langsung dan merubah isi iklan bisa dilakukan dengan cepat. Pada versi lite, pengguna tidak bisa merubah data secara langsung, karena fiturnya tidak mendukung.

Banyaknya jumlah fitur yang dimiliki google adsense, membuat banyak fitur yang tumpang tindih dan hal ini akan membuat iklan menjadi tidak terbit atau tidak muncul. Pada suatu set iklan yang disiapkan, tentu ada spesifikasi target yang dituju dan fitur google ads, bisa membuat pengguna binggung untuk menargetkan sasarannya. Untuk pengusaha dengan modal besar, bisa menggunakan layanan agency yang memiliki fitur lebih mudah dan lengkap.

3. Tinggi Pesaing

Iklan dengan interest yang baik akan membuat biaya per kliknya menjadi murah, namun hal ini hanya bisa dilakukan oleh para profesional dan para pengusaha pemula, biasanya banyak mendapatkan biaya per klik iklannya dengan harga mahal. semakin tingginya tingkat pesaing, akan membuat layanan google ads menjadi lebih menurun dan banyaknya orang yang mempelajari cara iklan google ads, membuat tingkat persaingan menjadi lebih sengit. Persaingan untuk memperebutkan pasar menjadi hal yang akan terjadi pada tahun 2020, karena semakin banyaknya pengusaha yang mahir menggunakan google ads.

Dengan mencari target pasar yang memiliki tigkat persaingan kecil, akan membuat biaya per klik iklannya menjadi murah dan semakin tinggi tingkat persaingan, maka semakin kecil peluang untuk memperoleh penghasilan yang besar. Jumlah pelaku ukm yang mempelajari google ads di Indonesia sangatlah tinggi dan membuat daya saing menjadi tinggi. Pemain google adsense sedikitnya harus paham mengenai algoritma yang digunakan google dalam menjalankan iklannya. 

4. Kompetitor Curang

Google adsense menjadi sistem iklan yang lumayan mudah untuk dicuranggi atau di blok, karena google sangat sensitif dengan berbagai kegiatan yang sifatnya sengaja dan banyaknya kompetitor yang curang, akan membuat efektivitas google adsense untuk ukm menjadi berkurang. Kecurangan kompetitor bisa dilakukan dengan berbagai cara dan salah satu cara yang paling populer adalah dengan mengklik iklan yang muncul di website secara berulang-ulang.

Kompetitor curang yang paling ekstream adalah melakukan tindakan hacker secara langsung dan hal ini akan merusak berbagai tatanan website, mulai dari tampilan sampai dengan iklannya. Tingkat kecurangan di bidang online sangat sulit untuk dihindari dan banyak kecurangan jenis lain yang bisa saja dilakukan oleh pihak kompetitor. Semakin besar situs yang dibangun, maka akan semakin rawan juga tingkat kecurangannya dan keamanan iklan google ads tidak memiliki jaminan keamanan yang tinggi. 

5. Iklan Online Lain

Selain google ads, banyak juga cara iklan lain yang dikeluarkan adsense atau berbagai iklan jenis lainnya dan hadirnya sosial media menjadi ancaman yang akan mengancam eksistensi google ads. Kini banyak pengusaha yang mulai beralih menggunakan facebook ads dan instagram ads, karena dianggap lebih tertarget. Iklan online memang sangat dibutuhkan oleh para pengusaha dan pebisnis online. Hadirnya iklan online lain, akan membuat persaingan dunia iklan semakin ketat dan cepat perkembangannya. 

Facebook ads dan instagram ads sangat berpeluang untuk merajai situs online yang ada di Indonesia, karena keduanya memiliki fitur yang lebih mudah dipahami. Kemudahan fitur facebook ads dan instagram ads akan membuat keberadaan google ads semakin tersisihkan pada tahun 2020. 

Demikian ulasan lengkap mengenai pasang iklan di google ads dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para penggunanya.



Post a Comment for "Pasang Iklan di Google Ads, Masihkah Efektif untuk UKM di tahun 2020"