Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Pilih PNS atau Pengusaha? berikut kelebihan dan kekurangan masing-masing



Jika Anda diminta untuk memilih antara menjadi PNS atau Pengusaha, mana yang akan Anda pilih? Eits, sebelum menentukan pilihan sebaiknya Anda kenali dulu keduanya.

Ketahui kelebihan dan kekurangannya barulah ambil keputusan agar Anda tidak menyesal di kemudian hari. Sebelumnya mari kita bahas tentang kelebihan dan kekurangan menjadi seorang PNS. Simak di bawah ini:

Kelebihan menjadi PNS:

1. Adanya Tunjangan
Menjadi seorang PNS tentu tidak jauh dari tunjangan-tunjangan yang menjanjikan. Biasanya Anda akan mendapat tunjangan bersamaan dengan penerimaan gaji pokok.

2. Mendapat Uang Pensiun
Menjadi seorang PNS memungkinkan Anda mendapat uang pensiun saat usai purna masa tugas. Bahkan uang yang akan diberikan ini terus mengalir sampai PNS tersebut meninggal. Selanjutnya tidak berhenti di situ, tapi akan dilanjutkan ke pasangannya.
Inilah yang membuat jabatan PNS sangat diminati oleh banyak orang.

3. Memiliki Status Sosial Lebih Baik
Coba perhatikan kehidupan seorang PNS yang selalu dipandang tinggi dan lebih dihargai oleh orang sekitar. Bahkan sebagai seorang PNS Anda juga akan lebih mudah mendapatkan hati calon mertua saat melamar sang pacar.

4. Dimudahkan Dalam Mencari Pinjaman
Anda hanya perlu menunjukkan Surat Keputusan (SK) pengangkatan PNS saat melakukan pinjaman ke bank. Bank mana yang akan menolak permintaan dari seorang aparatur Negara? 

5. Gaji Pokok Sesuai Jabatan dan Golongan
Senangnya menjadi PNS adalah gaji yang Anda dapatkan menyesuaikan dengan golongan dan masa kerjanya. Jadi, saat golongan naik gaji pun naik. 

6. Jaminan Kesehatan
Menjadi seorang PNS juga dimanjakan dengan fasilitas BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

7. Jam Kerja yang Pasti
Setiap harinya Anda akan dituntut untuk masa kerja selama 8-9 jam. Dengan begini kehidupan Anda akan jauh lebih teratur.

8. Berkesempatan Melanjutkan Studi
Anda bisa melakukan permohonan untuk melanjutkan studi pendidikan. Dengan begini Anda berpeluang lebih besar naik golongan dan mendapat gaji lebih besar.

Kekurangan menjadi PNS: 

1. Harus siap dipindahkan sesuai dengan surat keputusan pemerintah.
2. Harus siap mengabdi demi kepentingan Negara. Dari mulai masuk PNS hingga masa pensiun tiba. Antara usia 60-65 tahun.
3. Harus siap menahan rasa bosan yang melanda karena kegiatan dan jam kerja yang sama berulang kali.
4. Harus siap dengan semua peraturan yang ada termasuk saat ada peraturan baru disebabkan pergantian kepemimpinan.
5. Gaji yang cenderung tetap dan tidak mudah naik.
Selanjutnya mari kita bahas kelebihan dan kekurangan menjadi seorang Pengusaha

Kelebihan menjadi Pengusaha:

1. Memiliki Banyak Waktu
Menjadi seorang pengusaha, membuat Anda memiliki lebih banyak waktu. Maksudnya adalah waktu Anda lebih fleksibel karena tidak terikat oleh waktu. Dengan begini, Anda tidak perlu kawatir lagi karena masa bersama keluarga tidak akan terganggu.

2. Memberi Peluang Membuka Lapangan Kerja
Anda akan memberikan banyak orang disekitar Anda peluang usaha. Tentu saja ini akan menambah pahala dan meningkatkan kemajuan bisnis Anda sebagai seorang pengusaha.

3. Memiliki Pendapatan Pribadi
Anda akan berkesempatan untuk memiliki usaha sendiri. Anda bisa menentukan sendiri laba atau penghasilan yang Anda inginkan. Tentu saja ini bisa jauh lebih besar dibandingkan dengan gaji dari karyawan yang sudah ditentukan perbulannya.

4. Tambah Wawasan 
Anda juga akan semakin berkembang entah itu dari segi ilmu, wawasan, dan juga sosialisasi Anda. Mungkin sebagian besar karena Anda lebih banyak bertemu dengan klien atau rekan baru yang berbeda-beda.

5. Memperluas Jaringan
Semakin banyak teman atau orang yang Anda kenal pasti membuat Anda semakin dikenal dan ini sangat baik bagi bisnis Anda. Karena dengan begini jaringan kerja Anda juga akan semakin banyak.

6. Bekerja Sesuai Hobi
Bekerja sesuai dengan hobi yang Anda sukai pasti akan jauh lebih menyenangkan dibandingkan harus bekerja dan selalu mendapat tekanan dari pikiran Anda sendiri. Contohnya saja saat Anda sangat menyukai menulis, mungkin bekerja sebagai penulis handal menjadi pekerjaan yang sangat menyenangkan bukan?

Bahkan sudah banyak yang membuktikan bahwa dengan hobi Anda bisa menghasilkan pendapatan yang tak terbatas.

Sedangkan untuk Kerugian menjadi seorang pengusaha adalah:

1. Harus siap menanggung risiko, memiliki pendapatan yang tidak pasti, dan tidak tetap.
2. Bekerja lebih keras lagi dengan jam kerja yang sangat panjang.
3. Anda harus bisa berhemat saat akan memulai bisnis yang baru.
4. Harus bisa bertanggungjawab dengan keputusan yang Anda ambil.
5. Memiliki beban pikiran yang berat karena harus memikirkan banyak hal.

Mungkin terdengar cukup menyeramkan ya tapi itu semua bisa Anda atasi jika Anda memiliki semangat dan kegigihan dalam bekerja. Jiwa pengusaha memang harus tangguh dan mampu mengatasi semua masalah dengan bijak.

Anda juga bisa melakukan konsultasi dengan rekan bisnis senior dan juga jasa konsultan bisnis agar permasalahan bisa segera teratasi. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Pilih PNS atau Pengusaha? berikut kelebihan dan kekurangan masing-masing"