Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Ada Apa dengan Bisnis Bakso?


Di antara heterogenitas jajanan yang dipasarkan, bisnis bakso terbilang cukup menguntungkan. Tidak sedikit orang yang rela mengantri untuk menikmati si bola daging satu ini. Warung bakso tak kunjung meredup di tengah gencarnya persaingan pasar. Jangan takut akan sepinya pelanggan. 

Untuk menggerakkan animo pembeli, bentuk dan rasa bakso pun bisa dikreasikan dengan harga yang masih terjangkau.

Lihat saja pedagang bakso yang kebanyak dari Wonogiri, kehidupannya sangat makmur, berkat usaha dagang bakso keliling atau mangkal, mereka bisa naik haji, membangun rumah mewah dan menyekolahkan anaknya sampai sarjana. Pedagang bakso Wonogiri menyebar keseluruh Indonesia dari Sabang sampai Timor Leste pun ada. Fakta ini menunjukan bahwa bakso itu mudah dibuat, bahan utamanya bisa diperoleh di mana pun Anda berada, dan yang pasti bakso peminatnya banyak.

Kelebihan bisnis bakso
Mengapa jenis usaha kuliner ini begitu digemari dan tak pernah surut karena bosan. Ternyata ada bakso menyimpan sejumlah kemudahan dan kelebihan dari pada buka jenis kuliner lainnya. Berikut ini adalah kelebihan bisnis bakso

Bagian dari kebutuhan pokok
Bisnis yang berpotensi tahan alam adalah usaha yang memanfaatkan salah satu kebutuhan pokok manusia. Dalam hal ini adalah pangan atau kuliner, setiap orang pasti butuh makan. Jika bisnis berbasis pangan dijalankan dengan benar dan jujur, pasti bisa awet turun temurun. Tak sedikit usaha restoran yang bertahan bertahun-tahun turun temurun sampai sekarang yang mengelola keturunan ke tiga misalnya.

Intinya bisnis yang memanfaatkan kebutuhan pokok manusia memberikan rasa aman dan harapan laku, walaupun itu bertahan dan masalah promosi serta selera. Itulah kelebihan usaha kuliner.

Mudah dibuat
Yang pasti proses pembuatan bakso itu mudah dibuat. Orang awam pun yang belum pernah tahu sama sekali bagaimana membuat bakso, asalkan diajari dua tiga kali, dijamin bisa. 

Bahan-bahan utamanya pun mudah didapat, misalnya bumbu terdiri dari bawang merah, bawang putih, ketumbar, mrica, kemiri dan garam. Sedangkan untuk kaldunya adalah daging sapi, tulang sapi. Sedangkan sayurannya ada sawi hijau, pakcoy, seledri.Kemudian pelengkapnya ada mie kuning, so'on atau mie beras.

Bakso dibuat dari adonan yang terdiri dari daging sapi giling dicampur tepung kanji atau tepung sagu. Kemudian campuri dengan bumbu bakso seperti bawang putih, mrica bubuk, garam. Kemudian giling bersama hingga lembut. Setelah itu baru adonan dibulat-bulat dan dicelupkan dalam air panas dan rebus hingga kenyal. 

Kalau masih bingung, silahkan cari resep dan tutorialnya di buku resep dan baca di internet. Disana ada banyak jenis resep bakso dari yang orisinal sampai bakso modifikasi pun ada.

Disukai banyak orang
Kelebihan dagang bakso adalah makanan ini banyak disukai oleh semua kalangan masyarakat, dari orang tua, anak muda dan anak kecil. Bakso sudah merupakan bagian dari kasanah kuliner Indonesia. Jadi ketika Anda mendirikan warung bakso, tak perlu lagi sosialisasi produk Anda sendiri. Masyarakat sudah mengerti dan tinggal bagaimana promosinya.

Ini berbeda jika Anda membuka warung steak atau pizza misalnya, yang nota bene dari segi selera masih asing dengan kebiasaan makan orang Indonesia. Jadi konsumen pizza dan steak terbatas. Intinya pangsa pasar usaha ini sudah ada dan terbuka luas, tinggal bagaimana caranya menggarap pasar ini agar mau membeli produk Anda.

Tak mengenal musim
Nilai plus lainnya adalah makan ini tak mengenal musim, kapan pun laku dijual. Entah itu musim hujan atau musim panas pun, warung bakso tak pernah sepi dari pelanggannya. Bahkan pada musim hujan omzet bakso melonjak naik, makan ini cocok untuk santapan dimusim hujan.

Bahan dasar mudah didapat
Sekali lagi bahan-bahan utama membuat bakso sangat mudah dibeli, di pasar tradisional atau di supermarket. Rasanya tak ada satu pun bahan atau bumbu bakso yang harganya mahal dan jarang di pasaran. Selain itu bahan sayuran pun semua didatangkan dari dari petani lokal

Selain itu semua bahan membuat bakso adalah halal dan sehat. Misalnya daging sapi yang dibeli pasar atau supermarket sesuai syarat pemotongan secara Islam. Nilai jual murah

Harga jual murah
Bakso merupakan makanan rakyat, harga bahan baku murah proses singkat, dengan kata lain ongkos produksi yang murah bisa menekan harga jualnya. Harga murah ini yang menjadi daya tarik konsumen untuk membelinya. Satu porsi bakso sekarang standar Rp. 5000 sedangkan harga di kota besar seperti Jakarta, paling hanya Rp.8000. harga itu masih bisa dibeli oleh kalangan konsumen menengah ke bawah.

Bukan Bakso Biasa
Kini, para penikmat bakso tidak hanya disuguhkan dengan bakso biasa yang hanya berisi daging atau urat. Seolah tak kehabisan ide, kini ada bakso keju, bakso tomat, bakso rambutan (berbentuk seperti rambutan), bakso cinta (berbentuk hati), bakso bayam, dan bakso cengek (berisi cabai rawit) yang semakin menambah sensasi tersendiri ketika menikmatinya.

Kreativitas dalam menentukan nama pun cukup dibutuhkan. Penamaan yang menarik akan mendorong antusias pembeli. Contohnya, Bakso Halilintar. Orang pasti bertanya-tanya kenapa namanya demikian, apakah rasanya yang begitu pedas atau karena faktor lain? Dengan rasa penasaran itu, orang pun tertarik untuk membeli.

Memulai Bisnis Bakso
Tidak perlu khawatir jika modal yang dimiliki belum terbilang besar. Bisnis bakso ini bisa dilakukan memakai gerobak sederhana dengan cara berjualan keliling maupun dengan menyulap halaman rumah menjadi tempat berkumpulnya para pencinta makanan satu ini.

Anda bisa memulai bisnis ini dengan kursus membuat bakso agar bisa menciptakan citarasa lezat dan menggoyang lidah penikmatnya. Jika ingin yakin betul bahwa bakso tersebut layak dikonsumsi, sebaiknya pembuatannya dilakukan di rumah. Jika tidak mau ribet, bisa juga dengan mempekerjakan tenaga ahli dalam pembuatannya atau memanfaatkan daging bakso instan yang menjamur di pasaran.
Keamanan Bahan

Bahan yang aman akan mempengaruhi keaslian rasa bakso itu sendiri. Para pembeli tentu mencari jajanan sehat dan hemat di kantong. Oleh sebab itu, segudang kreasi untuk mengolahnya pun tengah menanti sentuhan Anda. Maraknya penjual bakso, seperti di swalayan, pasar, dan pinggir jalan, adalah bukti nyata bahwa keberadaannya tak henti dicari.

Jika ingin membuatnya sendiri, peralatan yang harus dipersiapkan, di antaranya mesin penggiling daging (grinder), food processor (chopper), mesin cetak, dan alat-alat pendukung lainnya. Bisnis ini pun bisa dilakukan secara franchise.

Inovatif
Persaingan bisnis di sektor ini sangat sengit. Ada banyak penjual bakso ideran maupun permanent. Semua menawarkan produk yang sama yakni bakso. Banyaknya pesaing yang menjual produk sama, bisa menimbulkan kejenuhan pasar. Walaupun tingkatnya tak separah bisnis lain. Tapi masalah ini sangat berpengaruh bagi pebisnis pemula. 

Dalam bisnis ini butuh strategi ekstra guna menggenjot jumlah pelanggan dan memenangkan persaingan pasar. Salah satunya jangan puas terhadap hasil yang dicapai sekarang ini. Teruslah cari inovasi baru dibidang marketing, pelayanan maupun modifikasi produk.

Misalnya membuat bakso ikan, bakso tuna atau istilahnya bakso seafood. Kaldunya pun dibuat dua pilihan yakni kaldu sapi, atau kaldu ikan laut. Semua memiliki selera dan penggemar berbeda. Adalagi juga bakso sayuran, jadi isi baksonya bisa berupa irisan wortel, bayam, brokoli atau paprika. Selain segar juga menyehatkan. 

Intinya untuk memenangkan persaingan bisnis, tak hanya mengandalkan modal dana saja, butuh amunisi baru yang namanya kreatifitas. Amunisi ini yang harus terus dipakai.

Keuntungan
Jika Anda pandai menyisihkan keuntungan dari bisnis bakso ini dan menggunakannya kembali untuk modal selanjutnya, keuntungan yang diperoleh pun akan semakin melambung, yang awalnya turun tangan sendiri menjadi lebih mudah diatasi (dengan memiliki banyak karyawan).

Perhatikan dan benahi terus sistem yang berjalan. Contohnya, cara penyajian, kebersihan serta kerapian tempat atau tata letak meja dan kursi, penampilan gerai serta seragam karyawan. Selain itu, Anda harus mulai memikirkan cara membeli bahan baku serta memprosesnya menjadi barang siap santap dan tak henti memuaskan pelanggan dengan pelayanan maksimal.

Demikianlah sekilas tentang bagaimana enaknya bisnis bakso, yang tak pernah lekang oleh waktu. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Ada Apa dengan Bisnis Bakso?"