Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Sebelum Belajar AdSense, Perhatikan 8 Hal Penting Ini




Pengetahuan sangat penting dalam memulai bisnis apapun termasuk AdSense. Ada beberapa hal penting yang jangan sampai anda lewatkan saat mulai belajar AdSense, diantaranya:

1. Perlu Modal yang Lumayan


Mungkin anda sering mendengar bisnis AdSense membutuhkan modal yang minim, memang demikian adanya jika memang skala kecil yang semuanya dikelola seorang diri. Yang dibutuhkan hanyalah domain dan hosting dan template gratis.

Namun jika anda menjalankan AdSense sebagai sebuah bisnis anda harus melakukan apa yang bisnis lakukan seperti membentuk tim, merencanakan keuangan, membuat rencana jangka pendek dan jangka panjang dan senantiasa mengukur reputasi website.

Modal yang dimaksudkan disini bukan hanya uang namun juga pengetahuan, ketelitian, konsistensi.

2. Menguasai Seluk Beluk SEO


Berbicara masalah SEO, tidak melulu tentang backlink, jumlah kata dan postingan namun juga aturan yang telah Google tetapkan di dalam algoritmanya.

Ironisnya banyak yang tidak paham dengan seluk beluk SEO akhirnya mencoba cara-cara untuk mengakali Google yang pada akhirnya berakibat pada deindex blog yang telah susah payah dibangun.
Hanya dengan white hat SEO-lah website akan bertahan lama untuk jangka panjang.

Mungkin anda pernah mengalami deindex sekalipun sudah menulis konten berkualitas yang original dan tidak menggunakan cara-cara yang curang untuk menanam backlink (spam), kemungkinan disebabkan oleh beberapa hal ini:

1. Penggunaan theme yang bermasalah. 


Theme yang beredar di internet tidak semuanya terjamin aman dan layak untuk digunakan. Sebagian orang menganggap theme menjadi sebab utama kemajuan sebuah webstie untuk AdSense. Ini pemikiran yang keliru, theme terkadang disusupi malware yang menjadi sebab Google melakukan deindex terhadap sebuah website.

2. Plugin untuk mengakali Google. 


Plugin terkadang menawarkan beragam kemudahan bagi penggunanya. Misalnya plugin auto generate content dan plugin otomatis lainnya. Ini jelas sangat berbahaya, website tidak akan memiliki nilai bagi pembaca dan jelas-jelas segala upaya mengakali Google dapat berakhir pada deindex.

3. Dapat Membuat Konten Kreatif yang Berguna Bagi Pembaca


Konten kreatif adalah konten yang tidak menargetkan kata kunci apapun. Namun konten jenis ini dapat menarik pengunjung cukup banyak dengan waktu yang singkat.

Disarankan untuk memproduksi konten kreatif sebanyak 20% dan sisanya konten yang menargetkan kata kunci. Misalnya ada 10 konten dalam blog, maka 2 konten kreatif setidaknya ada diantaranya.

Anda dapat merujuk situs-situs besar baik yang berbahasa Indonesia maupun berbahasa Inggris. Situs-situs ini umumnya memproduksi konten kreatif yang menarik cukup banyak pembaca.

Umumnya pengunjung yang membaca konten kreatif datang dari sosial media. Karena perbedaan target pembaca dan tidak menargetkan kata kunci maka desain konten pun dapat dibuat sangat berbeda dengan konten yang disertai kata kunci.

Idealnya konten kreatif akan mendapatkan banyak pembaca yang tertarik atas infomasi yang disajikan. Karena umumnya calon pengnjung datang dari sosial media, maka tugas anda adalah membuat mereka berhenti scroll di sosial media mereka dan mengklik judul dan gambar menarik yang mengarah ke website anda. Anda harus memberikan wow effect yang dirasakan pembaca sehingga membuat mereka penasaran ingin membaca.

Konten kreatif yang memiliki banyak pembaca sangat bermanfaat bagi perkembangan website anda karena dapat menrunkan bounce rate dan meningkatkan  time on site. Manfaat dari kedua hal tersebut hampir mirip dengan backlink.

4. Memiliki Kesabaran dan Fokus

Sebagai seorang pemula, seringkali begitu mudah tergiur dengan beragam cara mendapatkan uang dari AdSense tanpa benar-benar memahami seluk beluk dibaliknya. Pada akhirnya mencoba satu persatu yang berujung pada banyak kesalahan sehingga tidak mendapatkan apapun.

Ada beberapa pertanyaan penting yang harus kamu jawab misalnya:
1. Apa yang anda harapkan dari website yang anda bangun?
2. Apa target yang hendak kamu capai?
3. Bagaimana anda mendefinisikan blog yang sukses?
4. Apa rencana anda untuk mencapai target?
5. Apakah yang anda lakukan saat ini mendorong website anda mencapai tujuannya.

Dari pertanyaan – pertanyaan diatas, anda dapat membuat rencana harian, mingguan, dan bulanan yang terukur yang dapat anda jalankan. Anda juga mengevaluasi setiap langkah yang telah anda buat. Tetaplah fleksibel dengan segala kemungkinan perubahan pada rencana anda. Namun tetaplah konsisten melaksanakan rincian tugas yang telah dibuat.

Jika anda telah membuat ini dengan benar, anda sebetulnya telah memiliki sistem yang dapat dikelola oleh sebuah tim sebagai sebuah bisnis.

5. Memiliki Semangat Belajar yang Tinggi

Anda dapat belajar banyak dari mengamati situs – situs lain yang telah sukses diluar sana baik di Indonesia maupun di luar negri. Misalnya saja situs seperti BoredPanda, WikiHow, Merdeka, MaxManroe, Juragan Cipir dan lain sebagainya.

Anda harus memperhatikan detail kecil yang sangat menentukan keberhasilan mereka seperti konten, sumber pengunjung, penempatan iklan, promosi konten, kata kunci, backlink dan lain sebagainya.

6. Gunakan Keyword dengan Banyak Pencari

Sebagian berpendapat bahwa sebaiknya gunakan keyword yang memiliki pencarian sedikit namun dengan banyak konten. Memang tidak sepenuhnya salah. Namun jika anda mengharapkan $100 per hari dengan $100 perbulan tentu sangatlah berbeda.

Kenyataannya anda bisa mendapatkan banyak pengunjung dengan menargetkan kata kunci yang pencariannya banyak dengan mudah asal menggunakan strategi yang tepat.

Untuk dapat mewujudkan pendapatan $100 yaitu dengan cara menggunakan kata kunci yang memiliki banyak pencarian. Untuk dapat berhasil bertengger di halaman pertama pada kata kunci ini adalah dengan membuat Authority web, yaitu website yang fokus membahas sebuah topik.

Jika sebuah konten dapat bertengger di halaman pertama dengan jumlah pencarian tinggi, anda akan mendapat pengunjng yang berlimpah. Maka anda hanya perlu membuat sebuah konten yang dioptimasi daripada banyak konten dengan sedikit pencarian apa lagi tanpa dioptimasi.

7. Fokus untuk Jangka Panjang

Jauhkan strategi jangka pendek yang kurang berguna bagi jangka panjang seperti menggunakan Auto Generate Content (AGC), backlink spam, memaniplasi trafik dan lain sebagainya. Sebagai sebuah bisnis jangka panjang, anda tidak hanya dituntut untuk melakukan hal – hal yang berorientasi jangka panjang, anda juga harus menanamkan pola pikir seorang pebisnis yang tanagguh.

Jangan pernah sekalipun tergiur dengan tawaran beragam penawaran seperti tool backlink atau jasa link building. Buatlah baklink yang natural dengan cara mempromosikan konten dengan beragam cara yang dibolehkan.

Jangan pernah juga menggunakan spin untuk membuat konten karena hasil spin tidak pernah sebagus konten yang dibuat manual. Terakhir, jangan pernah lakukan copypaste karena hal itu adalah kesalahan paling fatal sebagai seorang publisher AdSense.

8. Jangan Buang Waktu Mengatur Tampilan Website

Intinya, sebuah website dibuat untuk menampung informasi didalamnya. Maka yang penting adalah informasi di dalamnya (konten) dan seberapa mudah mengaksesnya (kecepatan website). Pengunjung tidak mengunjungi website anda karena enak dilihat, tetapi karena infomasi di dalamnya berguna. Inilah yang perlu diingat. Maka gunakanlah theme yang sederhana saja. Jangan ulangi kesalahan yang banyak pemula lakukan yaitu menghabiskan waktu pada tampilan website.

Post a Comment for "Sebelum Belajar AdSense, Perhatikan 8 Hal Penting Ini"