Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Ingin Memulai Usaha Laundry Pemula? Ini Step by Stepnya

Ingin Memulai Usaha Laundry Pemula? Ini Step by Stepnya



Jika Anda salah satu orang yang memiliki keinginan membuka usaha laundry, tentunya anda harus mengetahui semua hal tentang laundry.

Mulai dari apa saja yang dibutuhkan untuk menjalankan usahanya, bagaimana mengelolanya, hingga bagaimana manajemen yang baik.

Dengan begitu, Anda bisa memulai usaha tersebut dan cepat berkembang.

Selain pakaian, ada juga usaha laundry sepatu yang saat ini lebih dikenal dengan shoes and care. Banyak laundry sepatu yang menjanjikan kepada semua konsumennya memberikan hasil yang bagus dan bersih seperti baru. sebab itulah salah satu nilai jual dan bentuk marketingnya.

 Biasanya yang menjalankan usaha ini adalah anak muda yang memulai bisnisnya dari nol. Berharap nanti akan menjadi sebuah usaha besar, dimana menjadi lapangan kerja untuk orang-orang yang kebingungan mencari kerja.

Mengenal Usaha Laundry Kiloan

Menjalankan bisnis laundry tidak harus dimulai dengan modal yang langsung besar. Anda bisa memulainya dengan membuka usaha laundry kiloan terlebih dahulu yang biasanya dijadikan bisnis rumahan oleh kebanyakan orang.

Mengapa tidak memulai dengan modal yang langsung besar? Karena, hal pertama yang harus Anda dapatkan terlebih dahulu adalah kepercayaan pelanggan dan tentunya pengalaman dalam bisnis tersebut.

Apabila bisnis laundry yang Anda kelola sudah memberi kesan baik kepada para konsumen hingga konsumen tersebut puas dengan pelayanan yang anda berikan, bisa dipastikan mereka akan menjadikan tempat laundry Anda sebagai langganan.

Dengan mendapatkan kepercayaan tersebut sehingga bisa mendapatkan banyak konsumen dan tentu tidak masalah jika ingin mengembangkan usaha.

terlebih, seiring waktu inovasi dalam menjalankan bisnis laundry ini tentu mengalami perkembangan, tidak hanya dari segi layanan namun juga strategi memikat para pelanggan, itu artinya saat ini usaha laundry pakaian sudah banyak yang menjadi pesaing Anda di tengah konsumen.


Ingin Memulai Usaha Laundry Pemula? Ini Step by Stepnya

Seberapa Besar Peluang Usaha Laundry Pemula

Tahukah Anda bahwa peluang yang dimiliki oleh usaha laundry pemula sangat besar. Bagaimana bisa? Terdapat beberapa alasan yang mendasari, yaitu sebagai berikut.

1. Banyaknya Mahasiswa dari Rantau dengan Keadaan Menengah Keatas

Tidak sedikit mahasiswa yang lebih memilih untuk melaundry baju kotornya. Selain karena memiliki biaya untuk memenuhi kebutuhan ini, beberapa mahasiswa biasanya sudah terlalu disibukkan oleh banyak aktivitas seperti kuliah, tugas kuliah, dan kegiatan organisasi. Dengan begitu, mereka akan lebih memilih untuk menggunakan jasa laundry .

2. Banyak Karyawan Pabrik maupun Perusahaan Lain yang Kontrak atau Kos

Saat ini orang bekerja, terutama yang kerjanya di pabrik pasti dari pagi sampai sore hari atau bahkan malam hari. Dengan menjalankan aktivitas seperti itu secara rutin selama enam hari, maka libur sehari akan dijadikan kesempatan untuk mengistirahatkan badan dan otaknya. Oleh karena itu, tidak sedikit karyawan yang memutuskan untuk menggunakan jasa laundry.

3. Menjalin Kerjasama dengan Event Organizer

Event organizer biasanya menerima pekerjaan dengan waktu tiga hari event. Tidak sedikit panitia meminta pihak event organizer untuk memberikan fasilitas laundry bagi para peserta acara. Nah, peluang ini bisa menjadi peluang besar untuk Anda agar dapat menerima laundry an dengan jumlah besar.
Menjalin kerjasama dengan beberapa pihak Even Organizer tentu akan semakin meningkatkan usaha laundry anda.

4. Bisnis Laundry Tidak Hanya untuk Pakaian

Tahukah Anda jika usaha laundry tidak hanya bicara soal pakaian atau karpet saja. Tapi, saat ini Anda pasti sudah banyak menemukan usaha laundry sepatu yang juga berkembang dengan baik. Usaha satu ini sangat membantu untuk orang yang tidak  mau repot atau  tidak terbiasa mencuci sepatu sendiri secara baik, terlebih sepatu tersebut merek branded alias sepatu mahal tentu memerlukan penangan khusus.

Tugas anda sebagai pemilik bisnis laundry adalah belajar bagaimana menangani orderan tersebut agar tidak menjadi blunder jika sekedar modal coba-coba atau modal nekat tanpa ilmu justru akan merugikan bisnis anda terlebih komplain datang secara bersamaan, secara tidak langsung repotasi bisnis anda bisa turun drastis bahkan tutup layanan alias bangkrut, tentu anda tidak mau bukan ?

Ingin Memulai Usaha Laundry Pemula? Ini Step by Stepnya

Tips Menjalankan Usaha Laundry 

Walaupun hanya menjalankan bisnis laundry, seharusnya Anda tidak asal memulai usaha saja. Tapi, usaha laundry umumnya dikelola secara baik dengan beberapa tips berikut :

1. Pahami Terlebih Dahulu Seluk Beluk Laundry

Meskipun Anda adalah seorang pemula, tapi Anda harus mengetahui semua hal tentang laundry ketika menjalankan bisnis ini. Tujuannya agar Anda bisa mengatur apa saja yang dibutuhkan untuk usaha ini.

Sekali lagi nekat terjun tanpa perhitungan sama artinya bunuh diri, jadi nekatlah dengan penuh perhitungan agar apa yang ada usahkan bisa berjalan dengan baik.

2. Hitunglah Modal yang Anda Butuhkan

Memperhitungkan modal sangatlah penting dalam menjalankan usaha apapun. Dengan modal Anda bisa kalkulasi berapa untuk operasional bisnis anda hingga pada persoalan untung rugi.

3. Tentukan Lokasi yang Tepat

Lokasi yang tepat untuk usaha ini adalah ditengah keramaian atau kota dimana dikelilingi kampus atau perusahaan dan pabrik dan juga kecendrungan masyarakatnya.

jika anda buka bisnis laundry di perkampungan yang masyarakatnya lebih terbiasa nyuci sendiri tentu hal tersebut menjadi masalah besar untuk bisnis anda.

4. Tentukan Harga yang Terjangkau

Harga yang terjangkau bukan berarti Anda tidak mengambil keuntungan, hanya saja ramah kantong yang tidak membuat konsumen keberatan.

5. Berikan Pelayanan dan Hasil yang Memuaskan Pelanggan

Usaha laundry umumnya dikelola secara baik dengan kualitas terbaik pula agar tidak memberi kesan buruk bagi para pelanggan hingga membuatnya berpindah ke tempat yang memberikan hasil lebih baik.

6. Kelola Keuangan dengan Baik

Ketika bisnis sudah berjalan sesuai dengan apa yang anda harapkan, maka hal yang perlu Anda perhatikan selanjutnya bagaimana mengelola keuangan dengan baik agar tidak sampai mengalami kerugian.

Manajemen keuangan sangat penting agar bisnis anda berjalan sehat dan jangka panjang tentunya

Perhitungan Budget Usaha Laundry

Disini, tidak hanya usaha laundry pakaian saja yang didefinisikan usaha laundry. Tapi, Anda bisa memilih beberapa jenis laundry dengan modal yang berbeda-beda.

Berikut estimasi budget yang bisa Anda jadikan referensi.

1. Estimasi Budget Usaha Laundry Kiloan

Modal yang Anda butuhkan untuk membuka laundry kiloan mungkin sekitar 6 jutaan saja, dimana itu sudah termasuk satu atau dua mesin cuci, sabun dan pewangi, setrika, listrik dan air.

2. Estimasi Budget Usaha Laundry Sepatu

Pada laundry satu ini, Anda tidak lagi membutuhkan mesin cuci. Jadi, dengan modal 4,5 juta saja sudah cukup untuk membeli segala peralatan dan sabun untuk mencuci.

3. Estimasi Budget Usaha Laundry Koin

Sedangkan untuk modal laundry koin, Anda membutuhkan modal yang cukup besar. Karena, mesin cuci yang digunakan sangat canggih. Tidak menggunakan tenaga manusia sama sekali dalam mencuci. Jika Anda ingin memulai bisnis ini maka modal yang harus Anda siapkan sekitar 200 juta dengan 3 unit mesin cuci canggih.

Bagaimana Manajemen Usaha Laundry Koin?

Usaha laundry koin adalah salah satu usaha yang lumayan jika Anda jalankan. Pada usaha ini Anda tidak perlu lagi mengeluarkan banyak tenaga untuk mencuci. Usaha laundry umumnya dikelola secara sederhana, tapi tidak untuk laundry satu ini.

Karena, dengan usaha ini semua orang yang hendak laundry hanya mengandalkan kecanggihan mesin saja dengan patokan pembayaran menggunakan koin.

Dengan mengetahui keuntungannya, pasti Anda memiliki keinginan untuk memulai usaha ini.

Karena modal yang digunakan sangat besar, maka Anda harus pandai mengelola pendapatan agar usaha semakin berkembang bukan malah merugi.

Dengan modal yang besar pasti Anda harus sedikit-demi sedikit mengumpulkan pendapatan untuk mengembalikan modal tanpa mengganggu keuangan bulanan yang digunakan untuk sewa tempat, bayar karyawan, air dan listrik serta bkebutuhan yang lainnya.

Sisa dari mengembalikan modal itulah keuntungan yang akan Anda peroleh setiap bulan atau setiap tahunnya.

sebagai catatan, perhitungan diatas hanya hitungan kasar saja, beda wilayah tentu beda budget juga namun secara garis besar modal yang dibutuhkan tidak berbeda jauh.


Kendala yang Biasa Dihadapi oleh Usaha Laundry Pemula

Semua pekerjaan pasti memiliki kendala, salah satunya adalah menjalankan bisnis laundry. Siapa bilang dalam menjalankan usaha laundry pemula akan terus mulus atau tanpa kendala? Berikut beberapa kendala yang harus Anda ketahui sebelum memulai berwirausaha.

1. Banyaknya Kompetitor

Banyaknya pesaing tentu merupakan tantangan tersendiri bagi para pengusaha laundry, butuh kreatifitas dalam pengelolaannya, strategi marketingnya dan yang pasti layanan terbaik dengan kualitas terbaik agar pelanggan anda tidak berpindah kelain hati.

2. Harga Mesin Cuci yang Semakin Murah

Dalam usaha laundry pakaian, mesin cuci tentu mejadi salah satu hal mendasar. Tapi, sayangnya semakin berkembangnya teknologi banyak produsen mesin cuci yang menawarkan harga murah.
itu artinya ada kemungkinan para pelanggan akan mulai berfikir untuk membeli mesin cuci sendiri, namun tentu ini bukanlah hal yang harus dikhawatirkan secara berlebihan, sebab kembali lagi kebutuhan konsumen terhadap jasa laundry tentu karna pertimbangan waktu dan tenaga untuk melakukannya secara mandiri.

3. Pelanggan Ingin Serba Cepat

Kadang banyak pelanggan yang membawa pakaian kotor malam hari tapi meminta diambil keesokan harinya. Dengan situasi seperti ini membuat para pemilik laundry harus cepat-cepat menyelesaikan laundry tersebut terlebih jika dalam sehari anda menerima pelanggan lebih dari 5 tentu ini akan memusingkan ada.

kembali lagi manajemen waktu serta perhitungan budget terutama bagi yang menggunakan karyawan harus memiliki perhitungan matang.


Demikianlah informasi mengenai usaha laundry pemula untuk Anda yang masih bingung ingin memulai bisnis apa. Meskipun usaha laundry umumnya dikelola secara sederhana dan termasuk pada usaha kecil atau mikro, sudah banyak orang yang mampu mengembangkan usaha ini.

Keberhasilan bisnis laundry bisa didapatkan dengan pelayanan yang baik pastinya, hasil laundry yang bersih dan wangi dengan manajemen waktu dan budget yang matang.

Yuk mulai usaha dengan modal kecil tapi mendapatkan keuntungan berlipat.

Post a Comment for "Ingin Memulai Usaha Laundry Pemula? Ini Step by Stepnya"