Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Ternyata, Website UKM Bisa Meningkatkan Omzet dengan Cara Ini




Kecanggihan teknologi saat ini dianjurkan memanfaatkan website UKM. Tujuannya agar usaha kecil menengah bisa berkembang dan menghasilkan lebih banyak penghasilan.

 Terutama jika dilihat saat ini para pelaku UKM adalah anak-anak muda yang baru lulus di tingkat SMA/SMK dan bahkan banyak anak kuliah yang juga menjalankan bisnis.

Dengan demikian, pasti anak-anak mudah bisa mengelola website dan membuat makalah UKM dengan baik.

Sebagai pelaku usaha, Anda perlu tahu bahwa di Indonesia terdapat menteri koperasi dan UKM. Dimana mereka banyak membicarakan tentang legalitas UKM bagi semua orang yang menjalankan usaha dalam skala kecil menengah.

Mengapa informasi atau wawasan mengenai hal ini sangat penting untuk semua orang? Karena dengan begitu selain membuka usaha yang mulai dari kecil juga berkesempatan untuk mencoba lowongan Kementerian Koperasi dan UKM.

Sebelum Anda menggunakan website untuk keperluan usaha, berikut sedikit informasi yang bisa dijadikan referensi mengenai koperasi UMKM Indonesia.

Ketahui Apa Saja Fungsi Website UKM

Lowongan Kementerian Koperasi dan UKM memiliki fungsi website yang harus diketahui oleh semua pelaku UKM guna mencapai perkembangan dan meningkatnya penghasilan.

1. Meningkatkan Kredibilitas UKM

Dengan adanya website membuat UKM benar-benar dipercaya orang dengan keseriusan pemilik usaha dalam menjalankannya. Jadi, walaupun Anda hendak membuka usaha kecil di rumah tidak harus membangun perusahaan asalkan memiliki website.

2. Lebih Efisien

Seperti yang sudah disampaikan pada poin pertama, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk membangun kantor, toko atau perusahaan dengan besar.

3. Menjangkau Pasaran Lebih Luas

Membuat website tentu bisa dikunjungi oleh siapapun. Tidak hanya terbatas pada satu daerah tertentu saja.

4. Menyajikan Informasi yang Lengkap

Tidak lagi menggunakan media cetak, tapi dengan media digital melalui website Anda bisa memberikan segala informasi mengenai usaha Anda.

5. Buka 24 Jam

Tidak seperti toko offline yang memiliki batasan jam karena menggunakan tenaga manusia. Tapi, dengan website sistem yang sudah diatur akan menangani apa yang dibutuhkan konsumen pada website Anda.

6. Meningkatkan Pelayanan dengan Baik

Pelayanan yang baik tidak hanya bisa didapatkan oleh konsumen ketika bertatap muka langsung. Tapi dengan website justru semua hal yang dibutuhkan oleh konsumen mulai dari produk dan rinciannya akan terpenuhi.

7. Memiliki Koneksi dengan Pelanggan
Adanya website membuat Anda lebih mudah menjaga komunikasi dengan konsumen tanpa harus bertemu. Karena, pasti sudah tersedia ruang chat atau contact.

Pelaku Koperasi UMKM Indonesia Harus Mengetahui Cara Membuat Website




Tidak bisa dipungkiri bahwa masih banyak pelaku usaha yang belum mengetahui bagaimana cara membuat website. Berikut cara membuat website UKM :

1. Menentukan Budget 

Dalam membuat website pasti membutuhkan biaya yang relatif. Terbilang relatif karena bisa menyesuaikan dengan modal yang Anda miliki.

2. Menyesuaikan Desain dengan Produk yang Hendak dipasarkan

Pastikan desain website yang hendak Anda gunakan sesuai dengan produk yang ditawarkan kepada para konsumen.

3. Gunakan CMS

Bahasa pemrograman agar bisa menjadi tools yang mempermudah proses pembuatan dan pengelolaan.

4. Foto Produk yang Menarik

Supaya banyak konsumen yang tertarik, Anda harus memasang foto produk yang bagus dan asli foto dari produk Anda pastinya.

5. Mencantumkan Kontak Usaha

Kontak usaha sangat dibutuhkan agar semua konsumen bisa dengan mudah menghubungi Anda ketika hendak menanyakan sesuatu.

6. Daftar Google Business

Mendaftarkan usaha di google business membuat usaha Anda bisa tercantum di google maps.
Ketahui Apa Saja Platform Pendukung Website UKM


Jika Anda tertarik menjadi pendamping KUMKM, maka Anda harus mencari tahu pengalaman orang yang masuk di lowongan pendamping KUMKM 2019.

Salah satu yang harus Anda pahami adalah platform pendukung website yang tepat.

- E-Commerce Platform : Sebuah platform untuk menghubungkan antara penjual dengan pembeli.
- Sistem Transaksi atau POS : Monitor penjualan untuk pembayaran atau bertransaksi.
- Manajemen Karyawan : Beisi data, gaji, libur karyawan.
- Logistik : Tempat mengelola pengiriman.
- Pengelola Keuangan : Membantu Anda agar mudah memanajemen keuangan usaha.
- Permodalan : Platform yang membantu Anda untuk bisa mendapatkan modal.
- E-commerce Enabler : Tempat dimana Anda bisa memanajemen data.
- Pajak : Platform membantu Anda dalam mengelola pajak.
- Chatbot : Sistem yang bisa membantu Anda menjawab konsumen kapanpun secara otomatis.

Proyeksi Biaya Pembuatan Website untuk UKM

Selain mengenai platform pengenmbang, seorang yang masuk lowongan pendamping KUMKM 2019 juga diharapkan mengetahui proyeksi biaya pembuatan websitenya. Sedangkan untuk pelaku usaha sendiri, harus mengetahui hal ini sebagai contoh portofolio usaha kecil menengah.











Coba 15 Tips Penting bagi UKM yang Membuat Website Sendiri



Apabila Anda ingin membuat website sendiri untuk kepentingan UKM, maka berikut beberapa tips yang bisa Anda coba agar membantu bisnis berkembang dengan baik.

1. Lakukan Proofread pada Website yang Anda Buat

Proofread adalah sebuah kegiatan dimana Anda harus memeriksa lagi website yang sudah dibuat, seperti membaca ulang dan memperbaiki jika ada kesalahan. Dengan demikian website bisa diterima dengan baik oleh konsumen.

2. Jangan Menggunakan Tulisan Kecil

Dalam membuat website pastikan bahwa para pengunjung bisa membacanya dengan baik. Oleh karena itu, hindari tulisan-tulisan kecil.

3. Gunakan Font Non Klise

Dalam memilih font yang bagus untuk website memang tidak mudah. Intinya dalam memilih font yang sekiranya mudah dibaca dan tidak klise.

4. Tampilan Website Harus Konsisten

Ini salah satu alasan dimana Anda harus mendesain dengan baik mulai dari tema hingga font, karena website yang konsisten sangat menarik.

5. Pastikan Gambar yang Anda Gunakan Berkualitas

Berkualitas yang dimaksudkan disini adalah tidak pecah dan memiliki resolusi tinggi. Dengan demikian para pengunjung website merasa puas ketika melihatnya.

6. Hindari Menggunakan Gambar Orang Lain

Karena ini website usaha pastikan gambar produk yang Anda pasang adalah asli gambar dari Anda sendiri. Bukan milik orang lain atau bahkan mengambil di google.

7. Jangan Lupa Menggunakan Thumbnail Sosmed yang Tepat

Mencantumkan logo pada website mempengaruhi usia website Anda. Jadi, jangan sampai memilih thumbnail yang tepat.

8. Background Transparan yang Digunakan pada Gambar

Maksud dari poin ini adalah hindari logo dengan menggunakan background. Karena logo tanpa latar akan jauh lebih bagus daripada memiliki background.

9. Hapus Bagian yang Tidak Relevan pada Template

Jangan membuat para pengunjung website merasa kecewa karena ketika mengklik blog Anda ternyata tidak ada apapun atau hanya sekedar tulisan coming soon.

10. Hindari Penggunaan Template Blog Jika Bukan Sebuah Blog

Jangan sekali-kali menggunakan template blog jika apa yang Anda sajikan tidak termasuk blog. Karena jika Anda tetap menggunakan format blog maka para pengunjung tidak perlu melakukan hal yang membuang waktu seperti scroll.

11. Cek Semua Link yang Ada di Main Menu

Pemeriksaan link perlu dilakukan oleh pemilik website agar tidak terjadi random link. Artinya ketika pengunjung mengklik link ternyata yang muncul bukan apa yang diinginkan.

12. Hindari Menggunakan Gambar Sertifikat Jika Anda Tidak Memiliki Izin

Seperti halnya memasukkan logo visa tapi Anda tidak memasukkan gambar dan sertifikat yang sebenarnya. Ditambah lagi dengan tidak adanya izin atas gambar tersebut. Hal ini membuat Anda masuk menjadi tindakan kriminal.

13. Gunakan Platform Web yang Bahasanya Sesuai Target Market Anda

Pastikan bahasa yang Anda gunakan bisa dimengerti semua orang yang kira-kira mengunjungi konten Anda. Tidak sedikit pengunjung yang merasa kebingungan dalam bahasa tertentu.

14. Memiliki Nama Domain

Tidak jarang website yang ternyata menggunakan domain orang lain dan hal tersebut membuat jengkel para pengunjung website. Disini, Anda diminta untuk terus melakukan pembaruan domain.

15. Mempunyai Mata Desain

Dalam mendesain website sungguh sedikit sulit, beberapa orang mungkin ada yang menganggapnya menarik tapi ada juga yang menganggapnya jadul. Oleh karena itu, penting untuk Anda memiliki mata desain.

Dengan sedikit informasi ini Anda bisa mengetahui pentingnya website UKM terutama mengenai legalitas hukum. Adanya legalitas ini telah dianjurkan oleh menteri koperasi dan UKM agar usaha bisa berjalan dengan lancar sampai kedepannya. Untuk bisa memenuhinya, Anda juga harus mempelajari tentang contoh portofolio Usaha Kecil Menengah (UKM).

Selain itu, dalam menjalankan usaha agar mengetahui perkembangannya Anda harus membuat makalah UKM dimana semua data ada disana. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan Anda mengenai usaha, terutama jika Anda hendak atau sudah menjadi pelaku UKM.

Post a Comment for "Ternyata, Website UKM Bisa Meningkatkan Omzet dengan Cara Ini"