Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tertarik dengan Lowongan Penulis Konten? Inilah yang Harus Diketahui


Tertarik dengan Lowongan Penulis Konten? Inilah yang Harus Diketahui



Berkembangnya dunia digital membuat banyak orang tertarik dengan lowongan penulis konten dengan berbagai alasan.

Beberapa alasannya adalah ingin memiliki pekerjaan sampingan sebagai dana tabungan ataupun sebagai pemasukan tambahan untuk kebutuhan harian, bekerja dari rumah agar tetap bisa memperhatikan keluarga, mengisi waktu luang dan masih banyak alasan lainnya.

Terdapat pilihan pekerjaan penulis yang bisa dikerjakan di rumah ataupu sebagai freelace, yaitu lowongan pekerjaan penulis puisi online, lowongan menulis artikel, lowongan penulis buku, dan masih banyak lagi.

Lowongan Penulis Konten di Era Digital

Teknologi sekarang sudah berhasil menguasai gerak aktivitas manusia, dimana semua hal bisa dilakukan dengan kecanggihannya. Salah satunya adalah lowongan penulis buku yang memberikan kesempatan kepada semua orang yang memiliki kreatifitas tinggi dalam merangkai kata-kata sehingga bisa menghasilkan sebuah buku.

Tapi, saat ini peminat barang-barang digital lebih banyak karena memang dirasa lebih canggih dan praktis. Dengan adanya era digital ini, membuat banyak perusahaan yang membuka content writer lowongan untuk menciptakan berbagai konten menarik dan bisa diakses oleh semua orang secara gratis asalkan terakses dengan jaringan internet.


terdapat beberapa website yang membuka lowongan penulis artikel, salasatunya artikel tentang kesehatan. Artinya, disini seorang content writer harus mengkreasikan kemampuan menulisnya dengan memberikan berbagai informasi mengenai kesehatan dengan menyajikan data real atau fakta serta sumber informasi yang falid tentunya.

 Jadi, dapat dipastikan bahwa lowongan menulis di era digital memiliki peluang besar untuk Anda yang sangat menyukai dunia penulisan. Selain menghasilkan karya sendiri seperti buku atau blog pribadi, tidak ada salahnya untuk mencoba lowongan part time penulis artikel agar mendapatkan penghasilan tambahan.

Tertarik dengan Lowongan Penulis Konten? Inilah yang Harus Diketahui

5 Tempat Mengirim Tulisan untuk Content Writer Lowongan dengan Bayaran Manusiawi


Ada beberapa tempat pengiriman yang direkomendasikan untuk para penulis konten, yaitu  sebagai berikut.

1. Voxpop

Tema yang digunakan oleh Voxpop Indonesia santai dan menyegarkan. Tempat ini sangat cocok untuk Anda yang menggunakan gaya bahasa satire namun hasil tulisannya memiliki makna.

Voxpop.id dapat menerima berbagai tulisan seperti sebuah opini yang dilihat dari beberapa sudut pandang.

Dengan begitu, Anda tidak perlu heran jika semua tulisan yang bisa tayang di situs ini menerima bayaran yang manusiawi.Untuk satu tulisan saja Anda bisa menerima uang sejumlah Rp250.000 tanpa batasan jumlah kata.

2. Mojok

Situs mengirim tulisan satu ini mengusung konsep populer sehingga dijadikan tempat oleh para penulis yang memiliki kemampuan lebih. Tapi, bukan berarti Anda terlalu serius dalam menulis, karena ini adalah sebuah media alternatif.  Jadi tulisan yang dihasilkan lebih menggunakan gaya bahasa yang sedikit menyindir mengenai beberapa perkara.

Mojok.co sudah banyak menerima tulisan yang isinya berupa esai, curhatan, serta cerita-cerita mop. Walaupun tulisan yang dibawakan oleh para content writer terbilang ringan dan santai, tapi pihak Mojok sangat menghargainya. Para penulis yang menggunakan tempat ini bisa mendapatkan penghasilan dari satu tulisan mulai Rp350.000 hingga lebih.

3. Geotimes

Tempat mengirim tulisan ini cocok untuk Anda yang tipenya serius dan memenuhi semua unsur teoritistik. Karena Geotimes.co.id adalah situs yang menerima tulisan berupa opini dan mengutamakan isi aktual dan timeless.

Agar tulisan Anda bisa tayang disini, pastikan kata-kata yang Anda rangkai memiliki jumlah sebanyak 750 hingga 1000. Dengan jumlah kata yang cukup banyak, Anda bisa menerima bayaran Rp350.000 setiap penulisan.

4. Basabasi

Berbeda dengan poin-poin sebelumnya, Basabasi.co menerima tulisan berupa puisi, esai, cerpen, dan artikel ringan lainnya. Untuk bayaran yang akan Anda terima beragam menyesuaikan dengan karya apa yang Anda buat. Jika Anda menulis cerpen maka bayaran yang Anda terima Rp100.000.

Tapi, apabila karya yang Anda buat puisi maka bayaran yang Anda dapatkan Rp250.000.

5. Remotivi

Remotivi.or.id adalah suatu organisasi yang mengawasi semua siaran media seperti televisi, radio, dan media informasi lainnya. Tempat ini cocok untuk Anda yang suka membuat karya dari hasil analisa. Tapi, yang dianalisa disini adalah sebuah berita sesuai dengan sudut pandang media.

Apabila Anda berhasil menerbitkan karya di situs ini maka bayaran yang Anda terima Rp350.000 hingga Rp1.500.000 pada setiap penulisan.


"selain 5 rekomendari diatas anda bisa ke saungwriter.com projects.co.id, sribulancer.com, silahkan anda buka websitenya kemudian dipelajari kesempatan yang bisa anda maksimalkan disana"


Tertarik dengan Lowongan Penulis Konten? Inilah yang Harus Diketahui


Strategi Mencari Lowongan Part Time Penulis Artikel

Dalam mencari lowongan part time penulis artikel, Anda harus memiliki strategi yang pas agar bisa mendapatkan pekerjaan menulis yang Anda inginkan.

1. Sudah Memiliki Kemampuan dalam Dunia Menulis

Kemampuan dalam menulis adalah hal utama yang harus Anda miliki sebelum mencari lowongan penulis konten.  Karena, menulis memang membutuhkan keahlian khusus. tidak hanya menulis dalam bahasa indonesia tapi juga bahasa lain khususnya bahasa inggris.

anda juga harus belajar perbedaan jenis-jenis kontent, gaya bahasa hingga pada teknik SEO yang sangat banyak di butuhkan saat ini.

salahsatu tips untuk mmperbanyak kosa kata tentunya adalah dengan banyak membaca bukan hanya dari buku tapi dari berbagai website yang menyajikan beragam konten, sebab kontent berita dengan novel tentu berbeda.

kenapa kota kata menjadi salahsatu yang sangat penting sebab seorang content writer yang miskin kosa kata akan manghasilkan artikel yang membosakan, bertele-tele, mutar-mutar bahkan kalimatnya susah untuk difahami pembaca. bahakan terkesan dipaksakan penyusunan kalimatnya.
anda tentu tidak ingi hal itu terjadi bukan ?

kemudian anda perlu tau segmen pembaca, anak-anak, remaja, dewasa, bisnismen, pelajar, dan sebgainya agar hasil tulisan anda tertarget dengan baik.

dengan kemampuan sperti yang dijabarkan diatas bukan tidak mungkin anda bisa mendapatkan clien yang banyak dan yang paling penting adalah jangka panjang.

2. Percaya Diri terhadap Kemampuan yang Dimiliki

Jika Anda sudah merasa memiliki kemampuan berarti Anda harus percaya diri terhadap karya yang Anda buat sehingga penyedia lowongan merasa yakin atas kemampuan Anda. Jika Anda memiliki kemampuan di bidang kesehatan, maka tidak ada salahnya jika Anda melamar kerja di lowongan penulis artikel kesehatan.

salahsatu cara untuk menambah kepercyaan diri yaitu dengan menyiapkan portofolio tulisan yang anda rasa sebagai tulisan terbaik. ketika anda melamar kesebuah penyedia lowongan tersebut atau ketika dihubungi calon client terkait jasa anda, tentu ini akan sangat membantu dalam meyakinkan calon client anda.

3. Mencari Tempat Kerja yang Sudah Mendapatkan Banyak Kepercayaan Pelanggan

Anda bisa mengetahui hal ini dari website yang dimiliki oleh perusahaan tersebut.  Disitu Anda bisa menambah pengalaman kerja serta menambah pengetahuan baru dari tim yang bekerja disitu.

4. Tempat Kerja yang Nyaman sehingga Membuat Anda Lebih Enjoy

Pastikan tempat dimana Anda mencari kerja membuat diri merasa nyaman. Karena, kebanyakan content writer lowongan bekerja secara tim bukan individual.

jika anda seorang freelancer maka jadikan kamar anda sebagai tempat yang nyaman untuk menghadirkan inspirasi dalam menulis.

sebab segala hal akan bisa menurunkan mut anda dan dampaknya artikel terbaik yang diharapkan tentu sangat sulit.

Jenis-Jenis Tulisan yang Muncul di Website

Sebagai orang yang hendak mencari lowongan penulis konten Anda harus mengetahui apa saja jenis tulisan yang akan muncul di website. Berikut adalah tabel yang menjelaskan tentang jenis-jenis tulisan di website.


Tertarik dengan Lowongan Penulis Konten? Inilah yang Harus Diketahui


Kelebihan Mengambil Lowongan Penulis Lepas

Jika Anda tertarik dengan lowongan penulis lepas maka Anda akan mendapatkan kelebihan-kelebihan berikut.

1. Selalu Mendapatkan Wawasan dan Pengetahuan Baru

Dalam bekerja di tempat penulisan ini Anda tidak bisa memilih job sesuai keinginan Anda saja. Tapi, bisa dibilang random sehingga Anda bisa sekaligus menambah wawasan dan pengetahuan baru. Misalnya pada lowongan kerja penulis puisi online, meskipun Anda tidak puitis tidak masalah asalkan pandai merangkai kata.

2. Waktu Pengerjaannya Fleksibel

Pada pekerjaan ini Anda tidak diikat oleh waktu, jadi Anda bisa menyesuaikan dengan kesibukan yang dimiliki. namun tentap poin utamanya pprofesional dan tanggung jawab menghasilkan artikel terbaik untuk client anda.

3. Termasuk Pekerjaan yang Tidak Terlalu Berat

Pekerjaan menulis tidaklah berat, karena Anda bisa mengerjakannya dengan santai dimanapun. Meskipun butuh inspirasi, Anda masih bisa melakukan meditasi agar bisa membuat tulisan.

meditasi yang dimaskud tentu bukan berdiam di goa atau kuburan tentunya, namun banyak hal -hal menarik yang bisa anda lakukan sperti menonton film, bermain game dan sebagainya.

tapi ingat hanya untuk meditasi dalam tanda kutip untuk merelaksasi mood dan fikiran anda agar inspirasi mudah datang dengan sendirinya


Itulah beberapa hal yang harus Anda ketahui jika tertarik pada lowongan penulis konten sebelum mengajukan lamaran. Dengan pekerjaan yang seperti ini, Anda tidak perlu khawatir akan mengganggu aktivitas lainnya seperti pekerjaan rumah atau kuliah.

Karena, Anda bisa menyesuaikan jadwal dan mengerjakannya kapanpun dan dimanapun asalkan tetap memenuhi deadline menulis.

Post a Comment for "Tertarik dengan Lowongan Penulis Konten? Inilah yang Harus Diketahui"