Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Bisnis Warnet dan Rincian Modal yang Layak Dicoba


Cara Bisnis Warnet  dan Rincian Modal yang Layak Dicoba


Jika lokasi anda berada di sekitar sekolah atau kampus, maka ada banyak sekali peluang usaha yang bisa dijalankan seperti membuat usaha makanan, fotocopy dan salah satunya adalah warnet.

Bisnis ini membantu kalangan pelajar dan mahasiswa untuk mengerjakan tugas mereka. Bisnis ini telah ada sejak lama dan akan terus ada karena kebutuhan akan komputer terus bertamah seiring waktu.

Prospek warnet


Peluang usaha warnet cukup menguntungkan dan menariknya lagi, ini bisa dijalankan di rumah dengan menggunakan menja atau lesehan saja.

Usaha ini dapat menjanjikan keuntungan yang tinggi bila dibuka di sekitar kampus dan sekolah karena warnet sangat dibutuhkan oleh mahasiswa dan pelajar baik untuk kebutuhan akademis atau hiburan semata.

Menurut pengakuan pelaku usaha warnet, memang saat ini prosepek bisnis warnet lesu tidak seperti dulu lagi. Ini karena makin banyaknya orang yang memiliki komputer.

Selain itu saat ini harga komputer sudah sangat terjangkau karena banyak produk komputer dari negri tiongkok dengan harga terjangkau bahkan dibantu dengan sistem pembayaran kredit untuk membelinya sehingga membuka kesempatan semua orang untuk membeli komputer sendiri.

Selain itu tuntutan pekerjaan memaksa seseorang untuk memiliki komputer karena kebutuhan komputer sangat tinggi bagi pekerja untuk menyelesaikan pekerjaan mereka, mereka memilih untuk membeli komputer sendiri daripada warnet.

Meskipun saat ini warnet tidak seramai dulu, namun tidak berarti warnet kehilangan konsumennya sama sekali. Banyak usaha warnet yang masih bertahan bahkan berkembang karena fokus pada mengembangkan warnetnya untuk beragam kebutuhan dan pengalaman yang menyenangkan.

Misalnya dengan menyediakan perangkat khusus gaming untuk mereka yang ingin memiliki pengalaman gaming maksimal. Orang akan rela membayar untuk pengalaman ini ketimbang bermain game di ponsel atau komputer sendiri.

Atau bisa juga dengan menyeidakan kebutuhan penjilidan, pengetikan dan fotokopi sambil tetap menjalankan bisnis warnet. Di warnet, anda bisa menjual es atau apapun yang menunjang aktifitas orang di warnet. Bisnis ini cukup fleksibel dan mudah untuk dijalankan.

Singkatnya, bisnis ini tidak akan pernah mati sampai kapanpun karena kebutuhan akan terus ada sampai kapapnun baik untuk pelajar dan mahasiswa. Bahkan bagi karyawan swasta sekalipun untuk kebutuhan pekerjaannya sehari-hari.

Usaha ini dapat dijalankan dengan modal kecil dengan peluang keuntungan yang besar. Usaha ini dapat dijalankan di rumah sendiri dan jika anda sibuk, usaha dapat dijalankan oleh keluarga atau seorang karyawan.

Cara Bisnis Warnet  dan Rincian Modal yang Layak Dicoba

Hal yang harus disiapkan sebelum membuka usaha warnet


Lokasi


Lokasi sangat menentukan keberhasilan usaha warnet. Bukalah usaha warnet di area dekat dengan kampus, sekolah ataupun area perkantoran. Atau anda bisa membuka usaha di rumah apabila dekat dengan areta tadi.

Sebaiknya gunakanlah area rumah sebagai tempat usaha warent, ini untuk menekan pengeluaran di awal usaha. Karena sewa ruko di pinggir jalan memiliki harga yang tinggi.

Saat memulai usaha, lokasi anda belum dikenal oleh orang lain sehingga belum tentu mendapatkan pelanggan di bulan-bulan awal.

Komputer


Sediakanlah kompputer dengan kecepatan yang bagus, terdapat CD room, memori besar, dan sambungan internet. Anda juga  sebaiknya menyediakan printer, kertas, scanner dan lainnya.

Jumlah komputer sebaiknya jangan langsung banyak. Sebaiknya 3 saja sudah cukup diawal, kemudian diperbanyak seiring waktu.

Kombinasi usaha


Selain usaha warnet, anda dapat mengombinasikan usaha dengan membuka foto copy, jualan pulsa, service komputer, jual beli komputer, jual es, dan lain sebagainya.

Jika anda membua bisnis warnet, ada banyak usaha yang dapat dijalankan bersamaan. Jika anda hanya fokus pada warnet, mungkin pendapatan akan lebih sedikit. Maka tidak ada salahnya untuk mengombinasikan usaha.

Usaha seperti jasa pengetikan, penulisan, percetakan, jual ATK, penjilidan sangat umum dan bisa dijadikan reverensi saat anda membuka bisnis warnet nantinya.

Jika anda menyediakan banyak hal di wanret, di benak konsumen usaha anda cukup lengkap dan orang akan datang untuk beragam kebutuhan, tidak hanya untuk menyewa komputer.

Dengan begitu, anda dapat menambah produk atau jasa lainnya yang dibutuhkan oleh orang yang datang ke tempat anda.

Rincian modal


Komputer


Jika hendak membuka usaha warnet skala rumahan, anda bisa membeli komputer dalam jumlah sedikit diawal. Misalnya membeli hanya tiga buah komputer saja.

Komputer ini setidaknya mampu berjalan dengan baik di program aplikasi office seperti MS Word, MS Excel, MS Power Point, dan lain sebagainya untuk kebutuhan pekerjaan.

Jika seandainya anda hendak membuat warnet untuk game, maka spesifikasi komputer yang dibutuhkan jauh lebih tinggi lagi.

Beberapa game memerlukan akses internet yang cepat, spesifikasi komputer yang tinggi dan kecepatan CPU yang tinggi. Maka untuk kebutuhan ini tidak bisa disamakan dengan komputer dengan kebutuhan pekerjaan saja.

Namun asumsikan sebuah unit komputer memiliki harga 3 Juta rupiah, maka modal untuk komputer adalah sebesar 9 juta rupiah untuk 3 unit komputer diawal sebagai modal.

Printer


Ada printer inkjet dan juga pita dengan harga yang sangat bervariatif untuk segala kebutuhan. Namun kebutuhan individu dan bisnis tidaklah sama maka sebaiknya anda menggunakan printer yang cukup memadai untuk digunakan dalam usaha warnet ini.

Disarankan untuk menggunakan printer inkjet yang dapat mencetak banyak dokumen dan juga foto sekaligus. Harga printer ini sekitar 1,5 juta rupiah.

Scanner


Ada banyak scanner yang bisa dipilih, namun harganya kurang lebih 600 ribu rupiah. Ini sudah cukup layak.

Listrik


Biaya listrik tentu bervariatif tergantung dari penggunaaannya. Namun untuk 3 komputer, printer, scanner dan lampu, asumsikan biayanya sebesar 300 ribu.

Promosi


Untuk mempercepat kemajuan usaha yang baru dimulai, penting untuk memikirkan promosi. Promosi berguna untuk memberitahukan orang lain bahwa anda mempunyai usaha warnet. Sulit untuk hanya mengandalkan promosi mulut ke mulut.

Jadi promosi merupakan keharusan.


Biaya promosi misalnya adalah 2 juta rupiah untuk membiayai brosur, laftet, reklame, banner, neon box atau yang lainnya.


Cara Bisnis Warnet  dan Rincian Modal yang Layak Dicoba

Biaya lainnya


biaya lainnya meliputi beberapa hal misalna CD, steples, plastik, kertas, tinta dan lain sebagainya. Asumsikan harganya adalah sebesar 100 ribu rupiah.

Modal usaha yang dikeluarkan berdasarkan rincian biaya diatas adalah 12,4 juta rupiah. Berdasarkan pengalaman, dengan besar usaha warnet seperti diatas, keuntungan yang bisa diperoleh adalah sebesar 2 juta per bulan.

BEP atau break event point atau balik modal bisa diperoleh dalam 7 bulan kurang. Setelah itu anda bisa  mengembangkan usaha warnet dengan menambah komputer, menambah perangkat, kombinasi usaha dan lain sebagainya.

Penutup


Bisnis warnet cukup menggiurkan karena mudah dijalankan, selalu dibutuhkan. Selain itu, usaha warnet dapat dikombinasi dengan usaha lain yang terkait.

Beberapa analisa usaha, modal, tantangan, saran dan solusi diatas semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Bisnis Warnet dan Rincian Modal yang Layak Dicoba"