Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Posisi Penempatan Iklan Google Adsense agar banyak di Klik

Posisi Penempatan Iklan Google Adsense agar banyak di Klik


Anda harus tahu bahwa menempatkan iklan google andsense di blog mempunyai aturan tersendiri, jika memang anda menginginkan iklan anda banyak dilihat dan diklik oleh pengunjung blog anda, maka pentingnya anda meletakkan iklan ditempat yang tepat.

Untuk itu anda tak boleh melewatkan artikel ini, karena akan membahas secara tuntas mengenai penempatan iklan yang berkunjung dengan klik dan otomatis akan meningkatkan penghasilan adsense anda.

Jika anda seorang blogger yang telah mendaftarkan adsense untuk blog, anda harus tahu bahwa iklan yang terpasang diblog anda bisa anda optimalkan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan menempatkan iklan google adsense ditempat strategis yang kemungkinan besar dapat di klik oleh pengunjung.

Lantas posisi mana saja yang paling cocok digunakan agar berpotensi di klik ?

Penempatan iklan adsense yang paling berpotensi di klik pengguna

Bagi anda yang menginginkan banyak klik iklan adsense harus mengetahui bagaimana cara menerapkan iklan adsense dengan benar dan tepat, yaitu dengan menampilkan iklan di posisi yang strategis didalam blog anda.

Sebenarnya ada banyak posisi peletakan iklan google adsense yang relative bagus sesuai dengan rekomendasi dari peraturan dan kebijakan google. Tetapi apakah cara tersebut bisa anda terapkan ke dalam blog anda, simak paduan berikut ini.

1. Dibagian atas samping judul

Menempatkan iklan di posisi paling atas website anda akan memiliki peluang dilihat oleh banyak pengunjung.

Beberapa para ahli merekomendasikan untuk meletakkan satu iklan di sebelah kanan judul website agar berpotensial.

 bisa memperhatikan contoh blog blog besar seperti Liputan6, Detikcom, yang menempatkan iklan dengan cara ini.

Untuk jenis iklan sendiri sebaiknya menampilkan iklan gambar atau iklan display bukan iklan yang berbentuk teks, agar mendapat perhatian dari pengunjung. Bukan hanya itu saja nilai cost per click (CPC) iklan gambar biasanya lebih besar daripada iklan yang berbentuk ads text. Sehingga dengan cara ini anda juga bisa memilih mana iklan yang mempunyai klik rendah atau smart pricing.

2. Dibawah header

Posisi penempatan iklan yang bisa anda pilih adalah dibagian bawah header. Karena iklan dengan posisi tersebut bisa membuat pengunjung melihat dan berpotensi mengklik iklan yang tampil di website anda.

Disarankan untuk memilih jenis iklan yang rensponsif agar bisa menyesuaikan dengan ukuran perangkat atau default yang digunakan pengunjung.

3. Ditengah artikel

Selanjutnya anda bisa menempatkan iklan google adsense ditengah artikel. Cara ini sebenarnya paling direkomendasikan karena anda bisa mendapatkan beberapa keuntungan dari penempatan iklan dengan cara ini.

Yang pertama, iklan yang terpasang akan mendapatkan perhatian besar dari pengunjung yang sedang membaca konten anda.

Kedua iklan anda tersamarkan karena dianggap sebagai gambar bagian dari konten anda. Sehingga tampilan website anda otomatis akan terlihat user friendly.

Banyak pemain google adsense yang mengandalkan trafik local, dan memilih jenis peletakan iklan dengan cara ini, karena dianggap masih relevan digunakan hingga sekarang.

4. Didalam postingan setelah paragraph pertama

Cara ini juga cukup efektif diterapkan untuk blog anda. Karena banyak pengunjung yang tidak membaca secara menyeluruh konten yang anda sajikan, mereka hanya membaca cepat bahkan meloncat loncat sehingga pentingnya disini anda harus tahu meletakan iklan yang tepat agar dibaca pengunjung.

Salah satu caranya adalah memasang iklan di posisi setelah paragraph pertama artikel anda. Karena kemungkinan besar pembaca akan melihat iklan ini.

Anda bisa menggunakan plugin Quick Adsense atau Ad Inserter agar anda bisa melakukan pengaturan penempataan iklan google adsense setelah paragraph pertama disetiap artikel anda.

5. Disamping blog (sidebar)

Posisi yang bisa anda pilih adalah meletakkan iklan banner di samping konten yang anda sajikan atau sidebar, karena posisi ini mempunyai peluang langsung yang menghasilkan klik.

Rata rata disetiap blog atau website pasti menempatkan iklan di sidebar ini. Jika dianalisa memang tempat ini cukup strategis dan tidak menganggu pengunjung yang sedang fokus membaca artikel anda.

Tetapi anda juga harus memperhatikan bagaimana pengunjung bisa mengklik iklan anda, bukan hanya sebagai pajangan saja. Anda bisa mencoba membuat desain yang membaur yang tentunya bisa menarik perhatian pengunjung.

Untuk ukuran banner iklan yang bisa anda gunakan adalah 300 x 600 berbentuk pilar, karena jika menggunakan banner kotak, maka siap siap saja iklan yang anda pasang akan diacuhkan oleh pengunjung.

Dan anda bisa menggunakan setting sticy dimana ketika pengunjung menscroll kebawah maka iklan yang anda pasang juga akan ikut kebawah. Hal ini tentu akan menarik pengunjung website anda.

6. Dibawah artikel

Yang terakhir anda bisa menempatkan iklan anda di bawah konten artikel atau postingan blog anda. Jadi setelah pengguna selesai membaca artikel, mereka juga akan melihat iklan ini.

Untuk jenis iklan yang bisa dipilih adalah tipe ads text atau gambar responsive dengan ukuran yang besar. Tetapi jangan sekali kali memasang semua iklan, karena akan membuat blog anda semakin berat, dan pengunjung juga tidak akan tertarik karena terlalu banyak.

Memilih posisi penempatan iklan google adsense dibawah juga menjadi paling favorit untuk para blogger professional.

Alasannya karena ketika pengunjung sudah membaca artikel atau konten yang anda sajikan, diakhir paragraf mereka menemukan iklan yang menarik mereka akan mengklik iklan tersebut, apalagi jika iklan yang ditayangkan kebetulan memiliki tema yang sama dengan yang sedang pengunjung baca, tentu mereka akan langsung mengklik iklan tersebut.

7. Putar Pallete Warna

Jika anda telah meletakkan posisi yang tepat, anda juga bisa memilih palet warna yang disediakan oleh google untuk mengatur warna iklan yang akan tampil di website anda.

Mungkin teknik ini sifatnya hanya personal dan tidak banyak orang yang tahu. Tetapi dengan memutar pallet warna otomatis akan membuat tampilan iklan menjadi semakin menarik.

Jenis Iklan Google Adsense yang Banyak digunakan

1. Iklan text

Iklan jenis ini berisi judul berupa tautan yang bisa anda klik dan menuju laman web, bentuknya seperti link text pada umumnya, berupa satu hingga dua baris dan dilengkapi dengan alamat situs web berwarna hijau. Iklan ini paling banyak diminati karena memang tidak memakan banyak tempat dan mempunyai presentasi rasio klik tayang (CTR) yang lumayan tinggi.

2. Iklan display rensponsif

Jenis iklan yang paling direkomendasikan adalah iklan display rensponsif, karena jenis iklan ini tidak menganggu user experience ketika mengunjungi blog atau website anda. Bahkan untuk banner yang dipasang bisa menyesuaikan dengan blog anda. Sehingga iklan jenis ini layak di pilih untuk dimasukan daftar iklan google adsense terbaik.

3. Iklan in article

Iklan in article saat ini juga bisa jadi pertimbangan, karena google telah menghadirkan inovasi berupa iklan ads yang bisa ditampilkan di dalam article (In Article) yang mempunyai bentuk dinamis dan bisa disesuaikan dengan perangkat atau default yang digunakan.

Apalagi posisi yang berada di antara konten atau article membuat iklan ini tidak akan merusak tampilan blog atau website anda, dan kemungkinan besar berpotensi di klik oleh pengunjung.

Itulah cara yang bisa anda lakukan untuk mengoptimalkan penempatan iklan di blog atau website anda. Karena dengan menempatkan iklan diposisi yang tepat dapat menjadikan iklan banyak yang meng klik.

 Dan tentunya akan meningkatkan penghasilan adsense anda. Meningkatkan penghasilan adsense adalah hal yang wajib dilakukan oleh seorang blogger, agar bisa membuat pendapatan anda semakin bertambah. Meski begitu, untuk CPC dan CTR disetiap google adsense berbeda beda, tidak bisa anda sama ratakan.

Karena anda juga perlu melihat angka penawaran dari masing masing nice blog, selain dari posisi penempatan suatu iklan google adsense yang ditelah dibuat secara optimal.

Yang perlu anda diingat, banyak iklan yang ditampilkan di blog anda itu artinya juga semakin banyak  script adsense yang harus dipasang.

Hal tersebut dapat menyebabkan kecepatan blog anda menjadi lambat sehingga dampaknya adalah pengunjung merasa tidak nyaman dengan mengunjungi blog atau website anda karena lamanya loading untuk mengakses.

Untuk itu anda harus memikirkan berapa jumlah iklan adsense yang bisa anda pasang di website, agar tidak mengalami masalah diatas.

Sehingga perlunya anda menganalisa agar iklan bisa berjalan dengan efektif dan menguntungkan, bukan hanya sekedar memasang iklan di blog anda.

Janganlah berlebihan jika memasang iklan, kerena akan menganggu pengunjung dan dapat merugikan diri anda.

Post a Comment for "Posisi Penempatan Iklan Google Adsense agar banyak di Klik"