Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Bisnis Daring dan Pemasaran Bisa Kerja Apa?

Bisnis Daring dan Pemasaran Bisa Kerja Apa
Add caption

Anda seorang pelajar yang sedang bingung memilih jurusan?

Atau anda sedang memilih jurusan yang banyak dibutuhkan saat ini?

Sudah tahu belum sebuah jurusan masa kini yang banyak peminatnya dan dijadikan jurusan paling favorit untuk sekolah menengah kejuruan?

Bahkan jurusan ini didukung 100% oleh Pemerintah, dan hingga saat ini selalu dikembangkan.

Ya, jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran.

Kira kira jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran itu apa ya? Dan hal apa saja yang dipelajari dalam jurusan bisnis daring dan pemasaran?

Lalu bisnis daring dan pemasaran bisa kerja apa? Sederet pertanyaan selalu terlontar ketika mendengar jurusan bisnis daring dan pemasaran.

Untuk itu tak perlu lama lama lagi, anda wajib baca artikel CariDuit.id ini sampai habis.

Karena disetiap isinya akan menjelaskan secara detail mengenai bisnis daring dan pemasaran.

Sehingga anda bisa lebih mengenal bisnis daring dan pemasaran.

Definisi Bisnis Daring dan Pemasaran

Bisnis Daring dan Pemasaran atau lebih dikenal dengan sebutan BDP ialah sebuah jurusan di Sekolah Menengah Kejuruan yang mempelajari tentang bidang pemasaran baik secara online maupun secara offline.

Jurusan ini dijadikan jurusan paling favorit oleh Kementrian karena mendukung pengembangan industri 4.0 yang sedang digalakkan oleh Pemerintah.

Sehingga Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan ikut serta mengeluarkan standar kompetensi pembelajaran bisnis daring dan pemasaran untuk sekolah kejuruan.

Bisnis daring dan Pemasaran sendiri ialah kompetensi yang diperkenalkan sejak perubahan kurikulum KTSP menjadi Kurikulum 2013 (K13).

Perubahan ini pun disambut positif oleh seluruh sekolah kejuruan, karena mampu mengubah stigma bisnis pemasaran yang hanya fokus ke bisnis retail menjadi bisnis daring atau bisnis online.

Materi yang diajarkan dalam jurusan bisnis daring dan pemasaran ialah :


Manajemen Bisnis Ekonomi dan Administrasi Bisnis
Ilmu Komunikasi
Bisnis Online
Marketing
Retail
Penataan Produk dan lain lain.

Nah kira kira sampai sini anda tertarik belum masuk jurusan bisnis daring dan pemasaran?


Bisnis Daring dan Pemasaran Bisa Kerja Apa


Keunggulan Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran

Bagi anda yang masih 50 : 50 , memilih jurusan ini atau tidak. Anda harus tahu keunggulan dari jurusan bisnis daring dan pemasaran. Berikut ini keunggulan bisnis daring dan pemasaran menurut CariDuit.id

1. Jurusan ini mengajarkan pemasaran masa kini yang telah banyak berubah. Dulu mungkin pemasaran hanya dilakukan melalui offline, namun seiring berkembangnya zaman pemasaran malah dilakukan secara online.

2. Jurusan bisnis daring dan pemasaran adalah sebuah jurusan yang sesuai dengan konsep perkembangan industri 4.0. Tentunya hal ini membuat jurusan bisnis daring dan pemasaran paling relevan untuk dijadikan jurusan pilihan anda.

3. Bisnis daring dan pemasaran merupakan sebuah jurusan yang multifungsi, dimana anda akan mempelajari hal seperti marketing, desain, fotografi, website, coding, dan teknologi lain. Jadi jika anda masuk jurusan ini siap siap untuk mengembangkan bakat anda.

4. Jurusan bisnis daring dan pemasaran (BPD) bisa anda manfaatkan sambil belajar mencari keuntungan. Jadi siap siap saja anda masih sekolah tapi sudah berpenghasilan.

Itulah keunggulan keungggulan yang bisa anda pertimbangkan jika anda berencana masuk dalam jurusan bisnis daring dan pemasaran.

Kira kira bisnis daring dan pemasaran bisa kerja apa? Duh pertanyaan ini sebenarnya tidak perlu dijawab.

Karena anda sendiri pasti telah mengetahui posisi pekerjaan yang paling cocok untuk jurusan ini. Namun untuk menyakinkan anda bisnis ini mempunyai prospek kerja bagus dimasa depan, anda bisa menyimak berikut ini.

Peluang Kerja Bisnis Daring dan Pemasaran

Online Shop

Pekerjaan pertama yang bisa anda coba adalah membuka online shop. Tentu anda sudah paham kan bagaimana teknik promosi secara online yang baik.

Tentu hal ini sangat berguna jika anda mampu membuka online shop. Apalagi dijaman sekarang ini belanja secara konvesional tidak seramai belanja online. Jadi hal ini bisa anda jadikan peluang untuk menambah penghasilan anda.

Content Creator

Anda juga bisa menjadi content creator, baik dalam bentuk gambar, tulisan, video, suara maupun hal lain. Dijaman sekarang ini content creator sangat dibutuhkan, karena banyaknya pekerjaan yang menuntut untuk serba digital.

Reseller & Dropshipper

Menjadi reseller dan dropshipper juga bisa anda pertimbangkan sebagai penghasilan tambahan anda jika anda tidak mempunyai suatu produk.

Maka pilihan ini paling tepat, karena anda tak perlu menghasilkan produk. Anda tinggal membeli produk untuk di jual kembali.

Tentunya anda sudah paham betul bagaimana menjadi reseller dan dropshipper yang menguntungkan.

Freelancer

Jika anda tak suka dengan pekerjaan terikat, maka menjadi seorang freelancer adalah pilihan yang tepat.

Sebab anda akan mendapatkan uang ketika proyek klien yang anda kerjakan telah selesai jadi tidak ada sistem kontrak.

Dan enaknya lagi menjadi freelancer anda tak perlu terikat tempat dan waktu. Anda bisa mengerjakan dimanapun yang anda suka serta tak ada jam kerja.

Marketing Analisis

Anda bisa bekerja sebagai seorang marketing analisis. Dimana tugasnya adalah mengolah, menganalisis, dan menyajikan sebuah data tentang target pemsaran untuk keperluan perusahaan maupun klien.

Sosial Media Marketing

Lulusan bisnis daring dan pemasaran bisa kerja apa? Yap bisa kerja sebagai seorang sosial media marketing. Tugasnya adalah memasarkan produk atau jasa menggunakan sosial media internet seperti facebook, instagram, tiktok, youtube, twitter dan lain lain.

Digital Marketing Staff

Anda juga bisa berkarir menjadi seorang digital marketing staff. Yang tugasnya memikirkan konten untuk dijadikan sebagai strategi marketing bisnis.

Anda harus mampu menguasai strategi pemasaran digital menggunakan berbagai platform, selain sosial media anda juga harus paham tentang mesin pencarian.

Supervisor Pemasaran

Peluang kerja yang bisa anda coba lainnya adalah  menjadi seorang supervisor pemasaran yang tugasnya tentu membantu perusahaan dalam mengembangkan serta membuat strategi pemasaran yang lebih baik lagi.

Staff Advertising

Prospek kerja bisnis daring dan pemasaran yang bisa anda coba adalah menjadi staff advertising. Tugasnya tentu mengelola dan merancang kampanye untuk iklan suatu produk.

Admin Marketing

Anda bisa memilih karir menjadi seorang admin marketing. Admin marketing bertugas untuk membantu staff dalam menyusun berbagai data hasil penjualan serta kebutuhan klien.

Wirausaha

Terakhir yang bisa anda pilih adalah menjadi seorang wirausaha atau entrepreneur. Dengan ilmu bisnis dan pemasaran yang anda miliki, tentu anda bisa menjalankan dan membuat bisnis anda sendiri.

Sebenarnya banyak pekerjaan lain yang bisa anda coba ketika anda memilih jurusan bisnis daring dan pemasaran.

Misalnya saja menjadi seorang influencer instagram, influencer tiktok, youtouber, blogger, dan masih banyak lagi. Untuk lebih memantapkan anda memilih jurusan ini atau tidak, anda bisa membaca hal hal penting berikut ini.

Bisnis Daring dan Pemasaran Pilihanku atau tidak?


Mungkin jurusan ini memang baru dikenalkan dan dikembangkan. Tapi percaya tidak, jurusan ini jurusan yang paling dapat diandalkan mengingat setiap tahun sebuah bisnis selalu mengalami perkembangan.

Itulah sebabnya, anda harus mempelajari cara berbisnis dengan metode baru.

Melalui jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran (BPD) anda akan mulai mengenal ilmu yang bisa anda terapkan untuk mulai menghasilkan uang.

Bisnis Daring dan Pemasaran Bisa Kerja Apa

Inilah 10 alasan mengapa bisnis daring dan pemasaran layak menjadi pilihan anda.


1. Bisa mendalami ilmu marketing

Jurusan ini, mampu membuat anda mendalami ilmu marketing. Bagaimana cara membuat strategi promosi yang tepat.

Hal ini akan membuat anda memiliki kemampuan secara persuasive dan menjadi ahli dalam bidang pemasaran secara online maupun offline.

2. Peluang kerja yang cukup banyak

Seperti yang telah disebutkan tadi, jurusan bisnis daring dan pemasaran memiliki peluang kerja yang sangat banyak bahkan tak pernah terbatas.

3. Karir yang baik untuk masa depan

Sampai kapanpun sebuah perusahaan maupum UKM akan membutuhkan orang untuk bekerja di bidang pemasaran. Maka lulusan jurusan ini tak perlu khawatir mengenai karir untuk masa depan.

4. Bidang pekerjaan luas

Anda memilih jurusan ini, maka bidang pekerjaan yang bisa anda pilih juga sangat luas. Sesuai dengan hal yang anda dalami. Untuk itu anda tak perlu berkecil hati.

5. Mengasah kemampuan berkomunikasi

Dalam memasarkan suatu produk dibutuhkan komunikasi. Jadi secara tidak langsung anda mengasah kemampuan berkomunikasi. Memiliki kemampuan komunikasi yang baik tentu mampu membuat nilai tambah diri anda.

6. Melatih Kepercayaan Diri

Sadar atau tidak, menawarkan suatu produk itu artinya anda melatih kepercayaan diri anda.

Kok bisa? Ya karena anda berani mengajak komunikasi seseorang dan belajar membuat orang tersebut tertarik dengan produk yang sedang anda tawarkan.

Jadi secara tidak langsung hal itu akan meningkatkan kepercayaan diri anda.

7. Relasi luas

Memilih jurusan bisnis daring dan pemasaran akan membuat anda menjalin relasi dengan banyak orang.

Karena anda akan bertemu dan berkomunikasi dengan berbagai orang dari latar belakang yang berbeda, hal ini tentu mampu menambah hubungan anda dengan orang lain dan membentuk relasi yang menguntungkan anda.

8. Mendapatkan ilmu bisnis

Dengan mempelajari bisnis daring dan pemasaran itu artinya anda mendapatkan ilmu bisnis yang bisa anda terapkan jika anda membuka bisnis anda.

Tentu anda sudah paham bagaimana strategi dan cara yang tepat mempromosikan bisnis anda. Hmm.. hal ini bisa anda jadikan sebagai sumber penghasilanmu lho!

9. Menjadi orang yang up to date

Jika anda memilih jurusan ini, anda pasti akan menjadi orang yang up to date. Karena setiap hari akan mendapatkan informasi yang baru mengenai perkembangan bisnis dan pemasaran.

10. Tempat kerja fleksibel

Sebagai orang yang bertugas dalam bidang pemasaran, anda akan bertemu berbagai klien.

Pekerjaanmu tentu tidak selalu didalam ruangan berkantor. Anda bisa melakukan berbagai perjalanan, dan bekerja dimana saja.

Nah itulah hal hal yang bisa anda jadikan pertimbangan apakah jurusan bisnis daring dan pemasaran memang jurusan yang anda idam idamkan atau tidak?

Jurusan apapun memang selalu mempunyai prospek dan peluang kerja, jika anda mampu menekuni dan fokus.

Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, anda bisa membagikan artikel ini agar banyak orang semakin tahu.

2 comments for "Bisnis Daring dan Pemasaran Bisa Kerja Apa?"

  1. Ini jurusan yang benar-benarakan jadi favorit bagi generasi milenial saat ini.

    Jika didukung dan terus dikembangkan, jurusan Bisnis Daring ini akan
    banyak membawa perubahan pada dunia bisnis online di Indonesia.

    Sukses!
    Richard

    ReplyDelete
    Replies
    1. aminnn... kontribusi generasi millenial dibidang ini tentu sangat diharapkan, sebab dengan perkembangan zaman yang serba digital sperti sekarang sangat dibutuhkan terobosan dan ide-ide kreatif baru

      Delete