Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

10+ Contoh Bisnis Rumahan Prospektif di Tengah Pandemi


Bisnis rumahan merupakan sebuah usaha membuat suatu produk yang lokasinya ada di rumah pribadi pemilik. Dengan begitu, pelaku usaha tidak perlu mengeluarkan uang terlalu banyak untuk menyewa atau membeli sebuah tempat. 

Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini, hampir seluruh masyarakat yang keadaan perekonomiannya cukup memprihatinkan. 

Tapi, dengan situasi seperti ini seharusnya tidak membuat seluruh masyarakat terpuruk. Masih banyak inovasi yang bisa dikembangkan menjadi bisnis dengan keuntungan besar. Salah satunya menjalankan bisnis di rumah. 

Bahkan, dengan inovasi ini tidak menutup kemungkinan membuat Anda membuka lapangan pekerjaan bagi mereka yang benar-benar tidak memiliki modal. 

Nah, kali ini bisnis yang dikerjakan di rumah ini menjadi topik menarik sehingga jadilah penjelasan singkat seperti berikut. 

Mengatasi Permasalahan Ekonomi dengan Menjalankan Bisnis Rumahan

Dengan menjalankan bisnis rumahan di tengah pandemi ini, dapat membuat semua orang mengatasi permasalahan ekonomi saat ini. 

Karena untuk menghindari penyebaran COVID-19, seluruh masyarakat dihimbau untuk mengikuti lockdown. Artinya, perusahaan-perusahaan besar pun dengan terpaksa harus melakukan pengurangan karyawan. 

Dengan begitu, banyak orang yang tidak memiliki pekerjaan dan merasa bingung bagaimana caranya agar bisa mendapatkan penghasilan. 

Tapi, hal ini tidak berlaku bagi Anda yang memiliki tabungan sebagai modal usaha. Tidak perlu langsung membuka usaha yang besar, dengan memulai bisnis kecil-kecilan di rumah pun bisa membuat Anda mendapatkan banyak keuntungan.

Perlu Anda ketahui, bahwa sebenarnya sedikit atau banyaknya keuntungan yang akan Anda dapatkan tergantung pada strategi dan jenis bisnis Anda. 

Apabila bisnis rumahan, maka penghasilan yang banyak bisa didapatkan dengan cepat karena tidak perlu memikirkan biaya sarana. 


10+ Contoh Bisnis Rumahan Prospektif di Tengah Pandemi

Contoh Bisnis Rumahan yang Prospektif

Bagi Anda yang memiliki modal usaha namun tidak tahu ingin memulai bisnis rumahan apa, berikut beberapa contoh yang prospektif. 

1. Jual Camilan atau Makanan Buatan Sendiri

Tahukah Anda bahwa menjual camilan atau makanan buatan sendiri lebih menguntungkan dibandingkan ambil dari tempat grosir. Tapi, sebelum memulai cari tahu terlebih dahulu jenis camilan dan makanan apa yang Anda bisa kuasai. Karena cita rasa menjadi hal utama untuk bisnis di bidang kuliner. 

2. Membuka Warung Makan

Sama halnya dengan camilan, membuka warung makan juga harus mengutamakan cita rasa yang dapat membuat konsumen jatuh cinta. Jadi, modal besar saja tidak cukup jika Anda tidak menguasai satu atau beberapa menu yang pastinya lezat. 

3. Jasa Laundry Kiloan

Selanjutnya, usaha yang memungkinakan Anda mendapatkan banyak keuntungan adalah laundry kiloan. Bahkan untuk modalnya pun tidak perlu besar, tapi untuk mengembangkan menjadi besar bisa Anda lakukan seiring berjalannya waktu secara perlahan.

4. Memproduksi Souvenir

Tidak hanya camilan saja yang bisa Anda produksi di rumah. Meskipun di tengah pandemi, souvenir masih memiliki peluang cukup besar di pasaran. Karena, souvenir sendiri bsisa digunakan sebagai kado, buah tangan di berbagai event serta hiasan semata. 

Untuk bisa memulai bisnis ini juga tidak perlu mengeluarkan uang terlalu banyak. Anda bisa memanfaatkan bahan seadanya kemudian menyulapnya menjadi barang yang unik dan cantik. 

5. Menjual Bibit Buah dan Bunga

Setelah beberapa waktu menjalani lockdown, pasti banyak orang yang merasa bosan dengan suasana rumah. Nah, kondisi yang seperti ini bisa Anda manfaatkan untuk menjual bibit buah dan bunga. Dengan begitu, suasana rumah semakin menyegarkan dan menyenangkan.

6. Ternak Ayam

Apabila Anda memiliki modal sedikit lebih banyak, maka usaha ternak adalah jalan keluar terbaik. Sampai kapanpun, ayam akan dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan pangan. Peluang ternak ayam yang besar di tengah pasaran membuat Anda mendapatkan banyak keuntungan. 

7. Buka Kedai Kopi

Sama halnya dengan membuka bisnis warung makan, Anda hanya perlu membutuhkan sedikit sarana dari bagian rumah Anda untuk membuka kedai kopi. Tidak perlu menyediakan berbagai jenis kopi khas Indonesia untuk memulai bisnis ini. Karena sebagian besar orang hanya membutuhkan seduhan yang lezat sebagai teman nongkrong. 

8. Bisnis Pangkas Rambut

Sebenarnya, bisnis ini khusus bagi Anda yang memiliki skill dalam penataan rambut. Membuka usaha isi sangat menguntungkan karena hanya dengan mengeluarkan satu kali modal untuk membeli perlengkapan dan alat. Kemudian untuk selanjutnya Anda hanya perlu membayar tagihan listrik saja. 

9. Konter dan Tempat Pembayaran Tagihan

Membuka konter pulsa dan paket data tentu sama sekali tidak akan menyulitkan Anda. Karena bisnis ini hanya memberikan produk berupa layanan, artinya tidak ada alat khusus yang Anda butuhkan. Salah satu yang harus dimiliki hanyalah gadget untuk mengirim pulsa, paket data, atau melayani pembayaran tagihan. 

10. Membuka Catering

Tahukah Anda jika dalam membuka catering tidak harus dengan modal besar? Hal ini bisa Anda mulai dengan menawarkan catering untuk event-event kecil. 

Kemudian, seiring berjalannya waktu Anda bisa mengembangkan bisnis untuk menggarap event besar. Tidak menutup kemungkinan ketika pandemi berakhir pun bisnis Anda ini semakin berkembang dan populer. 

11. Menjual Minuman dengan Sistem Booth

Terakhir, ide bisnis kekinian yaitu menjual minuman dengan menggunakan sistem booth. Maksudnya adalah menjual minuman lezat dengan harga murah yang sarananya berbentuk booth. 

Anda bisa membesarkan brand sendiri disini dengan menawarkan seperangkat booth untuk masyarakat luas yang mau memulai bisnis seperti ini. 

Bisnis Rumahan atau Ruko?

Hingga saat ini, banyak orang yang mempertimbangkan untuk lebih memilih bisnis rumahan atau ruko. Agar tidak lagi bingung, mari simak tabel perbandingan berikut :


10+ Contoh Bisnis Rumahan Prospektif di Tengah Pandemi

Keuntungan Menjalankan Bisnis Rumahan di Tengah Pandemi

Bagi Anda yang masih ragu untuk menjalankan bisnis rumahan ini, berikut beberapa keuntungan yang harus Anda ketahui. 

1. Lemahnya Perekonomian Bisa Diatasi

Dengan menjalankan bisnis ini, maka secara otomatis Anda bisa mengatasi melemahnya perekonomian akibat pandemi. 

Di tengah situasi sulit ini, pekerjaan sangat sulit didapatkan kecuali membuka usaha sendiri. Jadi, tidak perlu berpikir terlalu lama untuk bisa menjadi seorang pebisnis. 

2. Memberikan Lapangan Kerja untuk Orang yang Keadaan Ekonominya Terbatas

Tidak ada salahnya untuk saling membantu di masa pandemi seperti ini. Memulai usaha rumahan dengan modal terbatas tidak akan menghambat Anda untuk bisa saling membantu dan membuka lapangan pekerjaan. 

Karena memang tidak semua orang bisa seberuntung Anda yang memiliki tabungan untuk dijadikan modal.

3. Tetap Beraktivitas dan Berpenghasilan Meskipun di Rumah

Bagi Anda yang menjalankan bisnis di rumah pasti tetap bisa beraktivitas dan berpenghasilan meskipun sudah tidak memiliki pekerjaan tetap. Jadi, Anda menjadi orang yang beruntung untuk tetap mendapatkan rezeki di tengah pandemi. 

Itulah penjelasan singkat mengenai inovasi bisnis rumahan  yang mungkin bisa menjadi referensi usaha Anda. 

Selain mematuhi protokol kesehatan, sebaiknya Anda tidak pasrah begitu saja dengan kondisi perekonomian yang terus menurun. 

Maka dari itu, mungkin dengan memberikan tambahan wawasan mengenai bisnis menguntungkan satu ini akan membuat Anda bisa bangkit dan mulai menghasilkan. 

Pada situasi seperti ini, memang semua orang dituntut untuk bangkit dan secara mandiri mengembangkan inovasi bisnis. 

Mengingat bisnis  memang dipercaya memiliki dampak besar untuk memulihkan keadaan ekonomi saat ini. Oleh karena itu, bagi Anda yang sekiranya memiliki tabungan dan cukup untuk modal tidak ada salahnya memulai bisnis dan membuka lapangan kerja. 


Post a Comment for " 10+ Contoh Bisnis Rumahan Prospektif di Tengah Pandemi"