Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

7+ Strategi Jitu Kembangkan Bisnis Online Bagi Pemula



Menjalankan bisnis online saat ini adalah pilihan banyak orang terutama para generasi muda. Modal yang kecil merupakan salah satu faktor utama mengapa semakin lama semakin banyak orang ingin menjalankan bisnis dengan sistem online. 

Tapi, sebelum memulai sebaiknya Anda mempelajari semua hal mengenai strategi bisnis. Karena meskipun Anda hanya mengeluarkan sedikit modal tetap saja yang diharapkan adalah keuntungan dan sukses.

Bagi Anda yang baru saja merintis sebuah usaha dengan sistem online maka penjelasan singkat ini akan sangat bermanfaat. 

Jangan sampai sebagai pelaku usaha Anda tidak benar-benar memanfaatkan fasilitas internet dan sosial media. 

Dimana keduanya mampu memberikan pengaruh cukup besar untuk bisnis Anda. Bagi Anda yang tertarik dengan mengikuti inovasi usaha terbaru ini, yuk simak penjelasan singkat berikut.


Pentingnya Mengembangkan Bisnis Online

Bisnis online merupakan sebuah usaha yang dikerjakan dengan bantuan teknologi atau internet. Tujuannya untuk memudahkan interaksi antara pelaku usaha dengan para konsumen baik dalam hal informasi maupun transaksi. 

Namun, ternyata hingga saat ini masih ada saja orang yang belum mengetahui tentang pentingnya mengembangkan dunia bisnis dengan sistem online. 

Biasanya, orang-orang seperti itu sudah merasa mendapatkan penghasilan cukup besar meskipun hanya dengan mengandalkan sistem offline. 

Padahal, dengan memanfaatkan teknologi Anda bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan berkali-kali lipat. Jika sudah begitu, maka artinya usaha yang sedang dijalankan mengalami perkembangan.

Pentingnya bisnis dengan menggunakan internet sangat berpengaruh pada peningkatan perekonomian. Tanpa disadari, nama brand atau jasa yang kita tawarkan memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pelanggan alias konsumen. 

Maka dari itu, sebaiknya Anda memikirkan cara untuk mengembangkan bisnis online. 

Perbedaan Bisnis Online dengan Offline

Terdapat beberapa perbedaan antara bisnis online dengan offline sehingga membuat Anda lebih paham keuntungan dari adanya teknologi. 

Dengan adanya perbedaan ini bukan berarti Anda harus mengabaikan dan meninggalkan bisnis dengan sistem offline. Karena Anda masih bisa menggunakan dua sistem tersebut secara bersamaan. 


7+ Strategi Jitu Kembangkan Bisnis Online Bagi Pemula

Strategi Mengembangkan Bisnis Online

Bagi Anda yang masih bingung mengenai strategi mengembangkan bisnis online maka bisa mengikuti beberapa cara berikut.

1. Membuat Website Resmi Khusus untuk Bisnis 

Membuat website resmi yang digunakan khusus untuk bisnis akan mempermudah konsumen ketika hendak membeli produk atau menggunakan jasa Anda. 

Dengan begitu, konsumen tidak akan ragu lagi untuk menggunakan produk yang Anda tawarkan. 

2. Membuat Iklan Banner

Tahukah Anda jika ternyata banner tidak hanya digunakan untuk promosi offline saja? Saat ini, banner online juga bisa digunakan untuk media promosi yang recommended bagi Anda yang sedang menjalankan bisnis. 

3. Membuat Blog Sebagai Profil Perusahaan

Selain website, blog juga  untuk meningkatkan branding dan kepercayaan konsumen. Karena pada blog ini Anda memperkenalkan profil perusahaan dan sebagai media promosi. 

Dengan begitu, semua orang akan menganggap bahwa bisnis Anda profesional.

4. Menggunakan Kata Kunci (Keyword) Populer untuk Memudahkan Pencarian

Perlu Anda ketahui bahwa kata kunci (keyword) sangat berpengaruh untuk usaha online. Karena, dengan memasukkan keyword populer dan mudah dicari maka semua orang bisa mendapatkan daftar perusahaan Anda pada list teratas. Dengan demikian, pembeli bisa mencari tahu produk dan jasa yang sedang Anda tawarkan. 

5. Menggunakan Email Marketing

Email marketing ini memang terkenal cara lama dibandingkan dengan list pemasaran. Tapi, cara ini sangat efektif untuk bisa memperkenalkan kepada konsumen jika ada produk atau promosi baru. 

6. Membuat Halaman Arahan

Maksud dari halaman arahan adalah suatu kampanye untuk menggiring calon konsumen agar bisa masuk ke blog, website atau halaman utama. 

Dengan begitu, orang yang awalnya tidak memiliki niat untuk mencari tahu tentang bisnis Anda tanpa sengaja tertarik dengan apa yang sedang ditawarkan. 

7. Manfaatkan Sosial Media

Berbicara tentang teknologi canggih dengan sistem online tentu tidak lepas dari yang namanya sosial media. 

Anda bisa memanfaatkan sosmed ini untuk media promosi agar lebih banyak orang yang mengetahui dan mengenal perusahaan Anda. 

8. Mengadakan Event Promo

Ketika sudah banyak orang yang ingin mengetahui bisnis Anda, maka langkah selanjutnya tidak masalah jika Anda mengadakan event promo atau giveaway. 

Dengan begitu, untuk mencoba produk Anda pertama kali mereka bisa yakin dan tahu kualitas produk atau jasa Anda. 


7+ Strategi Jitu Kembangkan Bisnis Online Bagi Pemula

Apa Saja Sih Keuntungan Bisnis Online?

Lalu, apa saja keuntungan dari menjalankan bisnis online yang bisa didapatkan oleh pelaku usaha?

1. Produk atau Jasa Dikenal oleh Masyarakat Luas

Semua orang saat ini pasti sudah menggunakan gadget canggih atau PC, dimana semua informasi bisa didapatkan dengan mudah. 

Dengan adanya kesempatan seperti ini, maka saatnya Anda memanfaatkan untuk lebih semangat memperkenalkan produk atau jasa Anda. 

2. Memahami Kebutuhan Konsumen dengan Melakukan Interaksi

Selanjutnya, Anda bisa memahami apa saja sih kebutuhan konsumen? Bagaimana caranya? Cukup mudah, karena Anda bisa melakukan interaksi langsung dengan konsumen seperti memanfaatkan beberapa fitur yang ada di sosial media.

3. Mendapatkan Penghasilan dengan Jumlah Lebih Besar

Dengan memanfaatkan media online, Anda bisa mendapatkan penghasilan berkali lipat dibandingkan dengan mengandalkan offline saja. 

Jadi, jika Anda ingin segera mengembangkan bisnis maka online adalah cara terbaiknya.  Karena tingkat belanja masyarakat saat ini lebih banyak di media online dibandingkan offline. 

4. Efektif dan Fleksibel

Dengan berjualan online Anda tidak perlu mengeluarkan modal terlalu banyak karena semua bentuk promosi bisa dilakukan secara digital juga. 

Bahkan, keunggulan utama dari usaha online adalah Anda tidak perlu bingung mencari tempat dan stok barang. 

5. Tidak Perlu Mengeluarkan Terlalu Banyak Biaya Modal

Terakhir, dengan tidak dibutuhkannya tempat jualan otomatis modal yang dibutuhkan lebih sedikit. Karena Anda hanya perlu memanfaatkan gadget dengan modal kuota saja. 

Jadi, Anda bisa mempertimbangkan dan memperhitungkan bisnis seperti apa yang cocok untuk pemula dengan memiliki sedikit modal atau bahkan tidak punya sama sekali. 


7+ Strategi Jitu Kembangkan Bisnis Online Bagi Pemula


Mengikuti Perkembangan Zaman dengan Bisnis Online

Jika Anda ingin berkembang mengikuti era digital seperti sekarang, maka mulai saat ini mari mengembangkan usaha dengan lebih modern. Karena, semakin banyak orang yang merasa lebih efektif untuk berbelanja online saja tanpa perlu keluar rumah namun barang bisa sampai ke tangan pembeli. 

Tapi, Anda tetap harus menjaga kualitas dan kepercayaan pelanggan agar usaha untuk branding Anda tidak sia-sia.

Meningkatkan dan memperkenalkan produk kepada para konsumen bukanlah hal mudah. Dalam sistem online, terkadang Anda perlu menyiapkan sejumlah modal untuk iklan atau promosi dengan jangkauan yang luas tanpa batas. 

Dalam hal ini, ketika Anda beberapa kali membuat konsumen kecewa maka tidak membutuhkan waktu lama toko yang dibuat mendapatkan cap buruk dari konsumen. 

Perlu diketahui bahwa penyebaran informasi dan berita lebih cepat melalui sistem online dibandingkan offline atau mulut dari mulut. 

Itulah penjelasan singkat mengenai bisnis online termasuk penjelasan mengenai strategi untuk mengembangkannya. 

Seperti yang sudah kita lihat, terdapat banyak orang masuk ke dunia bisnis dengan memanfaatkan perkembangan teknologi. 

Sudah bukan zamannya lagi menjalankan usaha secara offline saja. Karena, sebagian besar orang saat ini melakukan semua hal melalui gadget, PC, dan teknologi canggih lainnya. 


Post a Comment for "7+ Strategi Jitu Kembangkan Bisnis Online Bagi Pemula"