Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

7 Tren Marketing 2021 Untuk Bisnis Kecil



Pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung telah mengubah cara bisnis beroperasi besar maupun kecil beroperasi. 

Dampak terbesar kita dapat lihat pada bisnis kecil yang gulung tikar selama pandemi berlangsung.

Kita telah melihat lebih banyak produk dan jasa beralih ke online dan banyak karyawan akan terus bekerja dari rumah.

Pada periode tahun 1998 banyak bisnis mati karena krisis moneter namun sebaliknya banyak bisnis yang bangkit karenanya. Dan kini Indonesia resmi mengalami resesi ekonomi. 

Jika anda memahami tren marketing 2021, sedikit banyak itu akan sangat membantu bisnis kecil anda bangkit dan berkembang seperti banyak perusahaan tahun 1998-an bangkit.


1. Media Sosial Untuk Terlibat & Mempertahankan


Banyak perusahaan besar yang siap menggelontorkan dana besar untuk promosi di sosial media pada tahun 2021. 

Ini bukan tanpa alasan, alasannya sudah jelas bahwa selama pandemi, aktivitas orang-orang ada di dunia online dan menghabiskan waktu untuk mengakses sosial media.


Pergeseran aktivitas offline menjadi serba online memaksa perusahaan mulai melakukan strategi pemasaran online di sosial media untuk menjaring calon pelanggan baru dan menjalin hubungan dengan pelanggan lama.


Anda juga bisa melakukan hal yang sama. Bangunlah sosial media untuk bisnis anda. Buatlah perencanaan konten, rutin memposting hal yang baru dan bermanfaat dan berbaurlah dengan calon pelanggan anda. Anda juga dapat melakukan promosi di sosial media dengan iklan.


2. Kembangkan SEO lokal


Bisnis kecil sangat perlu untuk memastikan bahwa anda dapat dicari di internet untuk pencarian lokal. Dalam bisnis B2C sangat penting untuk menarik para pelanggan lokal di sekitar tempat bisnis anda.

 Buatlah akun Google Bisnisku, isi dengan detail dan sertakan letak geografis disana. Google juga saat ini mengutamakan hasil pencarian lokal karena akan jauh lebih relevan dengan orang yang mencarinya.


7  Tren Marketing 2021 Untuk Bisnis Kecil


Tipsnya, saat anda ingin memanfaatkan SEO lokal, jangan hanya gunakan nama merek dan usaha anda saja. 

Daripada anda menggunakan nama “Warung Makan Pak Kumis” lebih baik menyertakan nama kuliner utamanya saja. Misalnya “Ayam Geprek Pak Kumis” sehingga saat orang mencari Ayam Geprek di Google, maka Google akan menampilkan bisnis anda disana.


Ini sebetulnya dapat menjadi kekuatan utama karena perusahaan besar tidak melakukannya. KFC tidak menamainya dengan Ayam Goreng. Sehingga ini dapat menjadikan kekuatan utama bisnis kecil anda.


3. Beriklanlah di Google Ads


Google Ads adalah media pemasaran yang paling diminati untuk segala jenis bisnis untuk saat ini karena dapat dengan mudah untuk menyesuaikan iklan, kata kunci dan promosi agar hasilnya maksimal.


Dengan beriklan di Google Ads, anda sudah dapat menjangkau segala kalangan baik pengguna aplikasi, YouTube, portal berita dan hasil pencarian. 

Dengan sistem PPC yang ditawarkannya, anda tidak perlu membayar iklan yang tayang sampai iklan itu diklik pengguna.


4. Pencarian Suara


Pencarian dengan suara menjadi kian populer dari tahun ke tahun dan itu sangat memengaruhi hasil pencarian Google. Hasil pencariannya juga berbeda karena seringkali gaya pencarian berbasis bicara dan teks sangat berbeda.


Penulusuran suara juga harus kian dikembangkan terutama jika anda seorang yang melakukan promosi dengan SEO dan Google Ads untuk pencarian. 

Lakukanlah riset dengan menggunakan software seperti Market Samurai, Google Planner dan lain sebagainya.


5. Konten lebih interaktif


Promosi sebaiknya dibuat lebih interaktif dan ini bisa dilakukan ke situs web dan juga sosial media. Ini akan mendapatkan apresiasi dari pengunjung dan menjadikan merek anda terlihat profesional dan membuat mereka penasaran dengan merek anda.


Misalnya anda adalah developer properti, anda bisa menambahkan kalkulator sederhana pada situs web anda agar mereka dapat menghitung bunga, dp, jumlah cicilan dan lainnya di situs web anda. 

Dengan menambahkan nilai kepada para pengunjung meningkatkan interaksi calon pelanggan dengan merek anda dan ini dapat menarik calon pelanggan anda.


7  Tren Marketing 2021 Untuk Bisnis Kecil


Di sosial media, anda bisa menjadi interaktif dengan meminta penilaian, membuat kuis, game, jajak pendapat, video interaktif, survei, dan kontes. Kontes adalah cara yang bagus untuk meningkatkan jangkauan dan

visibilitas Anda secara efektif, dengan cepat.


Cara tercepat untuk menampilkan merek Anda di hadapan banyak prospek baru, dengan murah, adalah meminta pelanggan Anda saat ini membagikan postingan kontes di sosial media.


6. Video Marketing


Platorm video seperti IG TV, YouTube, TikTok dan lainnya semakin populer dan akan menjadi lebih populer tahun 2021. 

Orang tiak lagi banyak membaca teks namun lebih pada mendengarkan video yang cenderung lebih ringan untuk dipahami karena menyajikan konten audio visual yang memudahkan yang melihatnya untuk memahami.


Oleh sebab itu cobalah untuk menggunakan video sebagai platform pemasaran anda karena efektifitasnya sulit dibantah. Memang membuat video jauh lebih sulit ketimbang membuat tulisan, namun video akan lebih baik ketimbang tulisan saja.


Template video untuk promosi pun sangat mudah anda temukan di internet dan gunakan sendiri. Untuk pengeditan tidak perlu menggunakan software editing video profesional seperti Adobe After Effect, namun anda bisa hanya dengan KineMaster misalnya.


7. Menggunakan Micro Influencer


Kini penggunaan influencer telah menjadi tren dalam dunia marketing. Dengan jumlah folowers yang cukup banyak menjadikan suatu brand menjadi cepat dikenal oleh orang lain. 

Dan ini sudah dikenal sejak lama. Namun pada tahun 2021 ini diperkirakan salah satu trennya adalah mulai beralihnya dari influencer berfollowers besar ke influencer berfolowers tidak terlalu besar atau biasa dikenal dengan micro influencer.


Para influencer bersar kini tidak lagi memiliki pengaruh yang besar bagi para folowersnya karena semua orang tau, dia merekomendasikan produk karena uang bukan karena rekomendasi barangnya layak untuk pengguna. Justru sisi personalnya hilang disini.


Beberapa influencer benar-benar idealis karena hanya mau mempromosikan apa yang dirasa sangat layak bagi followersnya dan mereka akan memilih barang yang hendak dipromosikan, mereka berpromosi bukan semata-mata uang saja. 

Dan influencer seperti ini diperebutkan banyak brand dan followers percaya dengan rekomendasi mereka. Namun influencer seperti ini sangat jarang sehingga para milinial kini tidak peduli dengan semua yang influencer katakan mengenai suatu produk.


7  Tren Marketing 2021 Untuk Bisnis Kecil


Meski demikian, seorang konsumen melakukan mempelian 70% dipengaruhi oleh rekomendasi dari teman atau orang yang ada di dekatnya. 

Dan ini menjadi strategi pemasaran baru dengan menggunakan micro influencer. Mereka tidak begitu terkenal, namun pengaruhnya ke followers cukup kuat dan dipercaya. 

Hal ini karena mereka mempunyai hubungan yang baik dan dekat dengan followers mereka.


Itulah tren marketing 2021 untuk bisnis kecil yang bisa kamu terapkan agar 2021 menjadi awal kebangkitan usaha anda menjadi lebih besar. 

Cara menerapkan beberapa hal diatas terbilang cukup sederhana. Bahkan tanpa modal. Yang terpenting tetaplah konsisten dan terus mencoba.


Post a Comment for " 7 Tren Marketing 2021 Untuk Bisnis Kecil"