Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

9 Kuliner yang diprediksi Akan Viral di 2021


Kuliner memang salah satu icon yang berperan penting dalam roda ekonomi, budaya, dan tentu saja kebutuhan. Namun, kuliner ini sangat cepat berubah dan bervariasi sesuai inovasi yang dibuat. 

Bahkan ada jenis kuliner yang viral di masanya, bisa jadi karena keunikannya maupun rasanya. Termasuk kuliner yang berpotensi menjadi kuliner yang viral di tahun 2021 mendatang. 

Ada beberapa jenis kuliner yang memiliki volume penjualan yang terus meningkat di tahun 2020 ini, sehingga kuliner – kuliner tersebut diprediksi akan terus meningkat kepopulerannya dan menjadi sangat viral di tahun depan. 

Apa saja kuliner – kuliner tersebut?

Simak beberapa diantaranya dibawah ini:

Buah organik

Buah maupun sayur organic memang sudah lama menjadi bahan perbincangan dan menarik banyak minat masyarakat manapun, terlebih di masa pandemic seperti sekarang ini. 

Salah satu produk organic yang sedang diminati oleh masyarakat Eropa adalah Anggur organic, buah jenis ini mengalami lonjakan penjualan yang sangat besar satu tahun terakhir ini. 

Adanya persebaran virus Corona ini tentunya membuat banyak orang lebih menjaga kesehatan. Maka tidak heran jika produk organic semakin banyak peminatnya. 


9 Kuliner yang diprediksi Akan Viral di 2021


Jika kamu ingin membuka bisnis kuliner yang menjual produk organic, mulailah dari sekarang untuk menanam buah dan sayur tanpa pestisida maupun bahan kimia lainnya dan beralihlah ke alternative yang lebih alami, maka pundi – pundi rejeki siap menantimu di tahun 2021 mendatang. 

Varian alternative untuk diet

Siapa yang bisa berhenti diet di masa ‘penampilan’ berperan 80% di hidup seseorang seperti masa ini?

Banyak orang diet untuk berbagai alasan, misalnya untuk menurunkan berat badan, menambah berat badan, membentuk otot, menjaga kesehatan kulit, dan masih banyak lagi, bahkan banyak juga yang berdiet untuk kebutuhan kesehatan. 

Untuk kebutuhan bisnis sendiri, sebuah riset menunjukkan bahwa ada 31% koki yang mengungkapkan bahwa mereka melebarkan variasi masakan untuk konsumen mereka, variasi tak cukup pada pilihan rendah lemak, vegetarian, vegan, maupun bebas gluten. 

Fenomena ini bisa banget anda gunakan sebagai acuan dan referensi jika ingin membuka bisnis kuliner yang mengangkat ‘diet’ dan ‘kesehatan’ sebagai tema utama anda. Pikirkan dari sekarang dan segeralah membuka bisnis anda awal tahun depan. 

Kreasi olesan yang enak dan menyehatkan

Kreasi olesan yang berbentuk krim atau selai sekarang memiliki pilihan yang amat beragam, mulai dari berbagai rasa selai, krim keju, buttercream, hingga hummus. 

Tapi, semakin kreatifnya para pemilik bisnis, diprediksi varian super kreatif untuk produk olesan ini akan semakin beragam di tahun 2021 nanti. 

Bahkan krim keju yang semula dipakai untuk olahan makanan bercita rasa asin, kini krim keju bisa dipakai sebagai pemanis penampilan dan cocok dipadu – padankan dengan olahan makanan atau pun minuman yang manis dan segar. 

Untuk olesan selai sendiri, kita bisa melihat banyaknya pilihan rasa selai yang kita temui di pasar yang semakin menarik dan kreatif rasa dan kemasannya seperti selai dengan rasa makanan ringan semisal selai oreo, hingga rasa selai yang tidak biasa semisal selai biji semangka dan sebagainya. 

Maka di tahun 2021 mendatang, banyak pakar kuliner yang memprediksi bahwa akan semakin banyak pemilik bisnis kuliner yang akan memproduksi lebih banyak varian selai.

Makanan dan Minuman fermentasi yang menyehatkan

Makanan maupun minuman hasil dari fermentasi terbukti baik untuk pencernaan. Ini dibuktikan dari  penelitian yang dilakukan oleh Prof Dr. Lovita Adriani, Ir., M.s., www.unpad.ac.id/ mengutip bahwa Dr. Lovita membuktikan bahwa yoghurt, salah satu jenis minuman fermentasi, mampu menjaga kesehatan sistem pencernaan bahkan mengatasi penuaan dini.  


9 Kuliner yang diprediksi Akan Viral di 2021


Menariknya, ada banyak sekali produk makanan dan minuman hasil fermentasi. Contohnya yoghurt, tempe, acar, kombucha, kefir, kimchi, miso, sauerkraut, dan natto. 

Saat ini ada banyak pilihan modifikasi resep yang menggunakan makanan dan minuman fermentasi sebagai bahan dasar, sehingga olahan tersebut jadi lebih aesthetic dan menarik untuk di post di sosial media dan diprediksi akan terus mendapat perhatian lebih bagi penikmat kuliner kreatif di tahun 2021 mendatang. 

Menu kreatif untuk anak – anak

Selain banyaknya pilihan produk makanan dan minuman yang kreatif untuk orang dewasa, tahun ini, banyak juga pemilik bisnis kuliner yang mulai melirik pasar untuk level anak – anak. 

Peluang ini terlihat semakin jelas lantaran orang tua yang sibuk mengerjakan tugas kantor di rumah dan masih harus berperan sebagai guru di saat mereka off cam dari aplikasi video saat bertatap muka dengan guru dan teman – teman secara online di rumah. 

Para pemilik bisnis kuliner mulai aktif menawarkan berbagai menu dengan gizi dan rasa yang pas untuk anak – anak agar mereka dapat mengkonsumsi makanan yang enak dan sehat tanpa menunggu orang tua yang sibuk bekerja di rumah. 

Angka penjualan dan minat masyarakat untuk kuliner kreatif anak – anak ini juga semakin tinggi. Adanya jenis usaha kuliner sehat untuk anak – anak ini juga akan menjadi idola baru bagi para orang tua untuk mengenalkan makanan sehat untuk anak – anak sejak dini tanpa harus repot membuatnya sendiri. 

Maka jika anda berminat membuka usaha kuliner tahun depan, anda bisa memasukkan catering atau menu kreatif anak – anak ke dalam list usaha kuliner yang bisa anda pertimbangkan. 

Varian kreatif produk susu

Susu adalah salah satu gizi penting yang dianjurkan untuk diminum karena kandungan protein yang tinggi. 

Hampir di semua tempat makan, dapat dipastikan memiliki paling tidak satu menu yang mengandung susu. 

Bahkan di kedai kopi sekalipun, mereka menawarkan varian kopi yang dicampur dengan susu sapi, susu kedelai, maupun susu almond. Menariknya, banyaknya jumlah orang yang berkreasi dan berinovasi, ada semakin banyak varian produk dengan bahan dasar atau campuran susu. 

Koktail Kopi

Kopi dan segala variasi menu yang menarik dan olahan yang semakin inovatif di tahun 2020 ini nampaknya tidak berhenti disini saja. 

Saat ini bahkan ada menu kopi baru yang sedang hits, yaitu koktail kopi. Jenis minuman ini pertama kali diperkenalkan oleh Djournal House. 

Sajian ini adalah inovasi terbaru mereka karena ingin mempersembahkan minuman untuk pecinta kopi dan pecinta koktail, dan menjadi sajian koktail kopi pertama di Indonesia. 

Djournal House menyajikan koktail pertama yang terinspirasi dari Aeropress Negroni dengan kandungan kafein dan Kopi Djakarta Roast. 

Kopi Djakarta Roast sendiri dibuat dari campuran Vodka, Coconut Infused Espresso, Djournal Coffee Bitters, dan Gula Aren. 

Untuk Djournal Negroni sendiri dibuat dari campuran Campari, Djournal Coffee Vermouth, dan Dry Gin. Karena sajian unik ini, para pecinta kuliner pun bisa memprediksi akan menantikan sajian inovasi kopi lainnya di tahun 2021 mendatang.  


9 Kuliner yang diprediksi Akan Viral di 2021


Kuliner Lokal atau Daerah (Hyper Regional Cuisine)

Di akhir tahun 2019 hingga 2020 ini, semakin banyak penggiat bisnis kuliner yang kembali mengangkat makanan – makanan lokal atau makanan daerah secara spesifik. 

Fenomena ini membuat makanan tradisional khas daerah kembali hits di kalangan anak muda dan banyak disajikan mulai dari tempat makan berbentuk kedai, kafe, hingga resto. 

Bukti paling nyata adalah banyaknya usaha kuliner yang mengangkat makanan seperti ayam geprek, lalapan, sambal matah, dan masih banyak lagi. 

Chef Josh Habiger dari Nashville sendiri mengatakan bahwa mengangkat kuliner daerah adalah salah satu cara mengangkat kembali budaya di bidang makanan dan diprediksi akan menjadi idola di kalangan konsumen pecinta kuliner. 

Fenomena ini juga menjadi obat kebosanan bagi para konsumen yang sebelumnya mengangkat makanan yang berasal dari luar negeri dan memodifikasinya sesuai lidah atau selera warga lokal.

Jadi, kuliner yang mengangkat resep makanan tradisional atau daerah ini juga bisa anda pertimbangkan jika anda berniat membuka usaha di bidang kuliner tahun depan. 

Kuliner Lintas Budaya

Banyaknya variasi dan inovasi di bidang kuliner pastinya membuat konsumen ingin mencoba sesuatu yang tidak biasa agar tidak bosan. 

Kini mulai bermunculan kuliner dengan tema lintas budaya atau cross culture cuisine. Misalnya saja menu perpaduan masakan khas Barat dan khas Asia yang menyajikan fotune cookies yang divariasi dengan berbagai varian topping yang unik dan menggiurkan. 

Itulah beberapa kuliner yang sedang menginjak trend di tahun 2020 ini dan diprediksi akan semakin menanjak trendnya dan menjadi viral di tahun 2021 mendatang.


Post a Comment for " 9 Kuliner yang diprediksi Akan Viral di 2021"