Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Strategi SEO Tahun 2021 Terupdate yang Wajib Anda Ketahui



SEO adalah cara efektif untuk mendatangkan trafik ke situs anda. Google terus saja melakukan update untuk menyempurnakan hasil pencariannya. 

Dan setiap tahunnya selalu ada saja update terbaru yang dapat menggeser posisi hasil pencarian di Google.


Jika strategi yang anda lakukan salah, maka peringkat hasil pencarian anda bisa turun. Demikian juga sebaliknya jika anda tahu apa saja yang Google inginkan dan bagaimana Google menilai situs yang baik dan yang buruk, anda akan dapat dengan mudah memasuki hasil teratas pada pencarian Google.


Jika anda seorang marketer, anda harus terkejut kerena 70% sampai 80% orang mengabaikan hasil pencarian berbayar dan memilih hasil organik saja. 28% dari yang memilih hasil pencarian organik melakukan pembelian.


Lalu strategi apa saja yang diperlukan? Berikut ulasannya:


1. AI ikut campur dalam SEO


Kecerdasan buatan (AI) telah mengubah cara manusia berinteraksi dengan konten online. Algoritma AI Google diluncurkan beberapa tahun yang lalu, algoritma tersebut dinamakan dengan RankBrain. Ia kini memainkan peran penting dalam faktor peringkat Google (SERP).


Lalu bagaimana Anda mengoptimalkan SEO untuk RankBrain? Meskipun Google tidak akan membagikan detailnya, namun yang pasti pengalaman pengguna adalah penentu utama. 

Ini dapat mencakup faktor dari rasio klik-tayang hingga waktu yang dihabiskan pada halaman.

Anda perlu menarik perhatian dan melibatkan pembaca dengan konten yang bermanfaat dan terorganisir dengan baik. 

Periksalah SEO di web anda dan nilailah kekuatan halaman berdasarkan keterbacaan, backlink, dan lainnya.


Strategi SEO Tahun 2021 Terupdate yang Wajib Anda Ketahui


2. Pencarian Suara Akan Mempengaruhi Hasil Pencarian


Berkat inovasi seperti Google Assistant, Siri Apple, dan Alexa Amazon, teknologi penelusuran suara telah berkembang pesat. 

Saat teknologi semacam ini menjadi lebih baik, itu juga menjadi lebih populer. Pencarian suara kian populer karena dengan adanya speaker pintar yang digunakan oleh rumah tangga.


Untuk mengoptimalkan pencarian suara, pertimbangkan kata kunci Anda. Identifikasi frasa panjang yang digunakan orang dalam percakapan sehari-hari. 

Pencarian suara cenderung menggunakan frasa yang lebih panjang dan terdengar lebih alami. 

Berbeda saat orang mengetik, mereka cenderung menyingkat. Misalnya, seseorang mungkin melakukan penelusuran suara, "Seperti apa strategi SEO tahun 2021?" tetapi dalam pengetikan orang menulis, "Strategi SEO 2021".


3. Pastikan website anda mobile friendly


Pada tahun 2019, Google telah memprioritaskan website yang ramah seluler, yang berarti Google melihat situs web versi mobile dan menganggapnya sebagai versi "utama", bukan versi desktop seperti sebelumnya. 

Perubahan ini masuk akal, mengingat hampir 73% pengguna internet akan mengakses internet melalui perangkat seluler pada tahun 2025. Periksa seberapa efektif website Anda dan pastikan ringan saat diakses denan versi mobile.


4. Pencarian lokal akan sangat berpengaruh


Ketika orang berpikir tentang internet, mereka sering memikirkan sifat globalnya. Faktanya, kebanyakan orang menggunakan Google untuk menemukan barang dan jasa yang dilokalkan. 

Misalnya, mereka mungkin mencari rumah makan di lingkungan sekitar. SEO lokal itu penting dan terus berkembang.


Bagaimana cara agar bisnis kita masuk dalam hasil pencarian lokal? Sederhana, buatlah halaman di Google Bisnisku dan optimasikanlah.


Strategi SEO Tahun 2021 Terupdate yang Wajib Anda Ketahui


5. Gambar akan memengaruhi hasil pencarian


Pencarian gambar visual telah berkembang secara drastis. Dulu orang hanya bisa melihat gambar. 

Di masa mendatang, orang akan dapat menggunakan gambar untuk membeli produk, memperoleh informasi, dan banyak lagi. 

Google telah lama menekankan pada penandaan dan pengoptimalan gambar yang tepat, jadi masuk akal jika ini adalah bagian dari rencana jangka panjang mereka.


Jika gambar di situs Anda tidak dioptimalkan, optimalkan sekarang. Gunakan gambar yang relevan dan berkualitas tinggi, dan pastikan untuk menyesuaikan nama file, memberi label pada file foto sehingga relevan dengan konten di halaman yang sesuai. 

Gunakan tag alt, yang digunakan crawler untuk mengklasifikasikan gambar. Terakhir, tambahkan gambar ke site map Anda, yang akan lebih mudah diindex.


6. Konten yang berkualitas


Strategi apapun yang dilakukan untuk meningkatkan hasil pencarian di Google tidak akan berhasil jika kualitas kontennya rendah. 

Google menggunakan manusia sebagai indikator sebuah konten berkualitas atau tidak. 

Misalnya jika sebuah konten kurang menarik bagi pengunjung, maka algoritma Google akan mendeteksi dan mampu mengetahuinya.


Konten yang berkualitas mampu menjawab pertanyaan yang dimiliki oleh pembaca, meyakinkan pembaca dengan tulisannya dan memberikan nilai pada pembaca.


Jika perlu, sertakanlah video dalam konten agar sebuah informasi menjadi lengkap. 

Selain itu konten yang memiliki video di dalamnya akan sangat berpengaruh pada peringkat di Google. 

Video bisa diambil di YouTube untuk melengkapi konten anda.


Untuk mampu membuat konten yang berkualitas, lakukanlah riset dan lihat kekurangan dan kelebihan konten yang sudah ada dan buat konten baru, yang melebihi konten yang sudah ada dari segala asepek.


Post a Comment for " Strategi SEO Tahun 2021 Terupdate yang Wajib Anda Ketahui"