Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Aman Investasi Online dan Platform Terpercaya


Cara Aman Investasi Online dan Platform Terpercaya- Cara investasi mudah, terjangkau, yang cocok buat pemula, pilihannya adalah investasi online. 

Di jaman yang kaya teknologi, tentu terdapat beberapa platform terpercaya untuk mewujudkan tujuan keuangan (dana pensiun, uang sekolah, jalan – jalan) Anda. 

Meskipun menurut perencana keuangan bahwa investasi adalah komponen penting dalam penataan keuangan keluarga. 

Namun faktanya masyarakat di Indonesia banyak belum melakukan investasi online. Oleh karena itu, banyak orang yang beranggapan bahwa menempatkan uang di deposito merupakan investasi yang pada kenyataannya tidak.

Sementara bunga tabungan atau deposito tidak cukup untuk mengalahkan laju inflasi. Investor cerdas selalu memastikan dan  mewaspadai segala hal yang sekiranya mencurigakan. 

Jika Anda melakukan akumulasi kekayaan dengan menempatkan uang kepada instrumen keuangan yang memberikan return atau imbalan hasil tertentu disebut dengan investasi. 

Kesesuaian antara tujuan keuangan dan instrumen investasi yang Anda pilih merupakan kunci dari investasi. Lalu, mengapa harus investasi online? 

Jika Anda melihat seberapa canggih teknologi saat ini, Anda juga akan memiliki pikiran seperti kami. 

Mengapa memilih investasi online, karena mudah diakses, minimum investasi terjangkau, melewati batas negara, edukasi investasi, monitoring investasi dan akan semakin terasa manfaatnya. 

Bagaimana tidak?, dengan berbasis online Anda dapat meraup keuntungan yang berlimpah ruah. 



Cara Aman Investasi Online dan Platform Terpercaya


Apa Saja Cara Aman untuk Berinvestasi Secara Online?


1. Platform Terpercaya

Memiliki reputasi baik itu menjadi langkah paling awal yang wajib dilakukan dalam memilih platform online. 

Sementara perlu di ketahui bahwa ini dimiliki oleh perusahaan jasa keuangan yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Sehingga investor harus menyimak testimoni dan review serta rating di masing-masing platform online.

Mencermati review palsu atau hasil rekayasa internal perusahaan harus benar dilakukan investor,  biasanya dengan tanggapan-tanggapan yang cenderung hiperbola. Jadi, Anda jangan mudah percaya.

2. Sistem Keamanan Berlapis

Yang aman biasanya platform online dilengkapi dengan sistem keamanan yang berlapis. 

3 Factor Authentication (3FA) atau three layer security mulai dari level password, randomized numerical PIN dan OTP (One Time Password) merupakan sistem keamanan tercanggih.  

Biasanya level password terdiri atas kombinasi (minimum) 8 digit angka, huruf dan spesial karakter. 

Sistem pengacakan 10 digit nomor yang hanya bisa dipilih melalui klik atau layar sentuh adalah level randomized numerical PIN. 

Dengan menggunakan password atau PIN, pastikan yang mengetahui hanya Anda. Ubah PIN setiap beberapa bulan sekali untuk menjaga keamanan akun Anda. 


3. Pastikan Keamanan Ponsel Anda 

Dalam menentukan platform online yang akan digunakan, pastikan menggunakan gadget yang sudah aman dengan memasang antivirus, anti-spyware atau firewall.

4. Menggunakan jaringan milik sendiri

Ini dapat melindungi investasi online Anda. Komputer di warnet, PC milik orang lain atau gadget teman dengan WiFi gratisan, menggunakan itu semua  cukup berisiko. 

Saat Anda tidak menggunakan jaringan milik sendiri, ada potensi yang mengancam sisi keamanan ketikan berinvestasi online.

5. Waspada Penipuan Online

Sebagai investor Anda wajib merahasiakan username, password, secure PIN dan data pribadi penting lainnya. Jangan pernah memberikan data personal ke siapapun termasuk orang yang Anda percaya. 


Cara Aman Investasi Online dan Platform Terpercaya


Apa Saja Macam-macam Investasi Online di  Tahun 2021?


1. Peer To Peer

Peer To Peer merupakan salah satu investasi online yang mempertemukan secara langsung antara investor yang memiliki dana dengan borrower yang membutuhkan dana pinjaman.  

Secara online pertemuan ini dilakukan lewat media teknologi informasi milik platform P2P. Investree, modalku, koinworks, akseleran dan Amartha merupakan contoh dari Peer To Peer. 

Benefit:

a. Tingginya return yang akan ditawarkan kepada Anda. 

b. Nilai investasi P2P relatif kecil dan terjangkau.

c. Penggunaan teknologi informasi membuat proses investasi menjadi efisien.


2. Reksadana

Bagaimana  tidak dikenal masyarakat, berinvestasi di Reksadana ini terbuka lebar untuk siapa saja yang ingin menjadi investor. 

Selain itu, didukung oleh Bukalapak dan Tokopedia. Keuntungannya pun dapat menyaingi perusahaan yang lainnya. 

Benefit:

a. Investasi minimum mulai dari Rp 10.000

b. Akses terbuka lebar untuk siapapun yang bersedia untuk berinvestasi. 

c. Diterima dan didukung  oleh platform Tokopedia dan Bukalapak


3. Saham

IHSG atau Indeks Harga Saham adalah pengukur pergerakan harga saham. Apabila indeks saham naik, maka secara rata-rata harga pasaran saham mengalami kenaikan. 

Berlaku pula sebaliknya. Berita baiknya, investasi saham kini dapat dilakukan secara online. 


Cara Aman Investasi Online dan Platform Terpercaya


Apa Saja Tips Aman dalam  Berinvestasi Online?


1. Cek Legalitas Perusahaan

Anda harus memastikan terlebih dahulu legalitas dari perusahaan tersebut ketika akan melakukan investasi online. 

Tergiur  oleh return keuntungan yang tinggi tanpa mengecek legalitas perusahaan investasi yang menawarkan merupakan cara yang salah. 

Sebenarnya penipuan yang menyangkut investasi bodong di sosial media  tersebut bisa dengan mudah dihindari jika Anda mengecek keabsahan dan izin lembaga yang menyelenggarakan ke otoritas terkait.

Misalnya OJK atau Bank Indonesia atau Bappeti. Ini tentu menyangkut modal investasi. Cara mengecek otoritas pun sangatlah mudah, Anda tinggal memasuki website mereka. 

Di antaranya, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bappeti. 


2. Tujuan Keuangan

Alat atau instrumen untuk  mewujudkan tujuan keuangan dan setiap tujuan keuangan menuntut jenis investasi yang berbeda – beda disebut dengan investasi. 

Dengan begitu, tentukan  terlebih dahulu apa tujuan keuangan Anda, baru setelah itu memutuskan jenis instrumen investasi yang Anda beli. Bukan sebaliknya. 

3. Profil Risiko Anda

Anda harus memahami resiko yang kemungkinan Anda terima ketika berinvestasi saham, atau tengah melakukan transaksi jual beli saham. 

Karena setiap resiko yang dihadapi lara pemilik saham tidak pernah sama. Usahakan ketika akan berinvestasi Anda harus memilih benar, jenis investasi yang berisiko kecil jika Anda memang tidak kuat menanggung resikonya. 

4. Monitoring

Memantau kinerja dan perkembangan investasi secara teratur merupakan kewajiban yang sangat perlu Anda lakukan. 

Dengan monitoring, Anda juga dapat mengetahui secara langsung jumlah investasi Anda saat ini. Serta, Anda dapat mendeteksi setiap masalah dengan akurat. 

Memperbaiki rencana awal demi lancarnya investasi dan lain sebagainya. 

Tujuannya sebagai berikut:

a. Akan tahu berapa jumlah nilai investasi saat ini

b. Tahu, apakah program investasi yang Anda rencanakan berjalan dengan baik

c. Mendeteksi dengan akurat dan cepat jika muncul masalah dalam investasi. 

Banyak alat untuk memantau kinerja investasi. Anda harus check-up investasi secara rutin untuk mengevaluasi hasil dan memastikan tujuan keuangan tercapai dengan investasi yang Anda lakukan.

5. Diversifikasi

Memverifikasi portofolio dengan baik merupakan kunci keberhasilan investasi. Anda dapat mengelola resiko dalam investasi jika portofolionya baik. 

Apabila  satu instrumen mengalami kerugian, maka Anda akan memiliki instrumen lain agar instrumen tersebut tertutupi. 

Ini dapat mengurangi resiko yang mungkin akan Anda terima di perjalanan investasi online  tersebut.  Demikian artikel yang dapat kami informasikan kepada Anda selaku investor hebat, semoga bermanfaat.

 


Post a Comment for " Cara Aman Investasi Online dan Platform Terpercaya"