Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Rekomendasi Aplikasi Pengganti Whatsapp

 Akhir – akhir ini whatsapp sedang menjadi sorotan oleh semua penggunanya. Ranah internet sedang heboh lantaran keluarnya ketentuan – ketentuan baru dari whatsapp yang menyebabkan adanya kekhawatiran tentang privasi data penggunanya. 

Pernyataan tersebut adalah tentang pembagian data milik pengguna whatsapp dengan perusahaan induknya yaitu Facebook. 

Semua pengguna whatsapp harus menyetujuinya agar terus dapat menggunakannya. Kebijakan ini akan berlaku efektif sejak bulan februari 2021. 

Kebijakan ini pastinya bersifat memaksa agar semua pengguna whatsapp menyetujuinya. 

Namun alih – alih menyetujuinya, kini warga dunia sudah memulai untuk mencari dan beralih ke platform kirim pesan yang lainnya.  

Dirangkum dari beberapa sumber, berikut beberapa aplikasi pengganti whatsapp yang rekomendasi untuk digunakan. Namun harus digaris bawahi bahwa semua aplikasi memiliki kelebihan dan juga kekurangan. 

Maka dari itu kita harus lebih bijak untuk menjatuhkan pilihan aplikasi kirim pesan yang paling tepat dan efisien juga efektif untuk kita gunakan sesuai kebutuhan. Berikut beberapa aplikasi pengganti whatsapp,


Rekomendasi Aplikasi Pengganti Whatsapp


Apa Saja Aplikasi Pengganti Whatsapp?


1. Telegram

Aplikasi pertama yang dapat dijadikan sebagai pengganti whatsapp adalah telegram. Seperti aplikasi – aplikasi yang lainnya, telegram memiliki banyak keunggulan. 

Beberapa keunggulannya adalah aplikasinya gratis, terbebas dari iklan, merupakan aplikasi dengan pengiriman pesan yang lebih cepat daripada whatsapp, 

menggunakan system end – to – end yang menjamin pesan yang kita kirim atau dapatkan tidak dapat dibaca oleh orang lain dan juga aman dari hacker atau orang yang iseng. 

Kelebihan lainnya adalah cocok untuk orang dengan aktivitas pengiriman file yang tinggi, karena telegram mampu mengirim pesan hingga mencapai 1.5 GB, telegram memiliki fitur channel berkapasitas besar, dapat digunakan pada beberapa jenis perangkat, dapat membuat grub obrolan dengan jumlah anggota 30 ribu anggota.

Telegram hanya memerlukan ruang penyimpanan yang kecil dan menawarkan fitur stiker yang dapat diakses dengan gratis.  Adapun kekurangan yang dimiliki oleh telegram adalah tidak tersedianya fitur stories. 

Berbeda dengan aplikasi kirim pesan yang lainnya seperti whatsapp, facebook, dan line yang sudah memiliki fitur stories, telegram masih belum memilikinya. 

Menurut beberapa sumber,diduga telegram masih beranggapan bahwa privasi sang pengguna adalah lebih penting dibandingkan dengan fitur stories. 


2. Line

Aplikasi kedua yang rekomendasi sebagai pengganti whatsapp adalah line. Kelebihan line merupakan aplikasi yang popular, grub percakapan dapat menampung hingga 100 orang member, dapat melakukan panggilan suara, mengirim teks, foto dan video. 

Kekurangan dari aplikasi line adalah ketidakstabilan saat menerima dan mengirim pesan, fitur call hanya dapat berjalan dengan baik jika menggunakan data 3D/HSDPA dan juga ukuran aplikasi yang cukup besar yang dapat mempengaruhi kinerja line dan juga aplikasi lain yang terinstal. 


Rekomendasi Aplikasi Pengganti Whatsapp


3. Signal 

Signal adalah aplikasi yang menawarkan jasa untuk saling berkirim pesan. Sama halnya dengan whatsapp, aplikasi ini mengklaim jika dirinya aman untuk digunakan. 

Fitur yang dapat dimanfaatkan adalah pengiriman pesan, pesan suara atau voice dan juga video call serta menyediakan ruang untuk membentuk percakapan grub. Fitur ini dapat digunakan secara gratis. 

Metode pengiriman pesan juga sudah menggunakan end – to end encryption. Namun kelemahannya adalah aplikasi ini masih jarang diminati oleh masyarakat di Indonesia sehingga kita harus memikirkan kembali jika ingin berpindah dari aplikasi whatsapp lalu beralih pada aplikasi signal ini. 

Apakah Kelebihan Penggunaan BBM Eterprise?


4. BBM Eterprise

Blackberry messanger sudah pernah menguasai sebagai raja dari aplikasi chat yang banyak diminati oleh penggunanya pada beberapa tahun ini. 

Namun dengan kehadiran smartphone iphone dan android, maka ponsel blackberry perlahan ditinggal oleh penggunanya. Dan sebagai gantinya, blackberry limited merilis secara resmi BBM enterprise. 

Aplikasi BBM enterprise adalah aplikasi yang serupa dengan BBM yang terdahulu. Aplikasi ini memiliki fitur percakapan pribadi, pesan suara, video dan juga menyediakan percakapan grub yang aman dan juga gratis untuk beberapa bulan. 

Kelebihan dari BBM enterprise adalah tidak terdapat monetisasi data dan dapat digunakan pada lima perangkat dalam sekaligus. 

Namun kekurangannya adalah aplikasi ini berbayar selama 6 bulan dengan jumlah harga 37.000 rupiah. Dan tersedia versi trial bagi kita yang ingin mencobanya terlebih dahulu 


5. Viber

Aplikasi selanjutnya yang menjadi rekomendasi pengganti whatsapp adalah viber. Viber adalah aplikasi kirim pesan yang dapat diakses pada ponsel pintar yang berbasis Ios, android, blackberry, mac, windows phone dan juga windows. 

Beberapa fitur utama yang menjadi andalan viber adalah pengiriman pesan teks, suara atau voice, foto, lokasi, video dan juga berkas – berkas. 

Kumpulan stiker yang dapat diakses, grub percakapan yang dapat memuat hingga 200 orang anggota, dapat menghapus pesan yang sudah terkirim, obrolan tersembunyi dan pesan yang berbasis enkripsi end – to – end yang pastinya menjamin keamanan serta beberapa fitur utama lainnya yang dapat kita rasakan jika menggunakan aplikasi ini. 


6. Threema

Threema dapat digunakan oleh orang yang menginginkan privasi dan juga keamanan total selama mengirim pesan. Threema sama dengan aplikasi kirim pesan pada umumnya. Kita dapat mengirim pesan teks, mengirim foto, video, lokasi dan juga file atau berkas. 

Threema juga dapat melakukan panggilan suara layaknya aplikasi whatsapp atau aplikasi lainnya. Peminat threema dapat dikatakan baik karena dalam kurun waktu 24 jam pasca peluncurannya, threema sudah mengalami peningkatan pengguna yang sangat mencengangkan. 

Mekanisme pembuatan akun treema adalah cukup dengan membuat user ID yang dihubungkan dengan alamat email atau nomer HP. 

Sehingga kita dapat mencari kontak pada threema dengan memasukkan alamat email atau juga nomer HP. 


Rekomendasi Aplikasi Pengganti Whatsapp


7. Skype

Skype adalah aplikasi gratis yang dapat kita gunakan untuk saling bertukar pesan. Ada terdapat beberapa kelebihan skype. 

Antara lain adalah memiliki fitur subtitle atau dapat menerjemahkan suara dan juga kata – kata, skype tersedia secara gratis 100% dengan cara kita cukup mendownloadnya di playstore.

Skype juga memiliki fitur Giphy yaitu fitur gambar yang dapat kita sesuaikan dengan mood kita dan fitur ini bertujuan agar kita tidak mudah bosan ketika asyik mengobrol dengan keluarga atau teman kita. 

Kelebihan lainnya adalah didukung dengan fitur perekaman panggilan. Dimana kita dapat merekam semua aktivitas panggilan video, audio atau suara. 

Dengan mudah kita dapat mengabadikan atau menyimpan semua obrolan kita dengan cepat. Kelebihan selanjutnya adalah skype mudah untuk digunakan, baik untuk berdiskusi jarak jauh, untuk meeting saat bekerja dengan siapapun dan kapanpun. 

Namun juga terdapat kekurangan yang dimiliki oleh skype yaitu tidak dapat digunakan untuk panggilan darurat, boros kuota dan belum tersedia layanan enkripsi data sehingga pengguna skype harus sangat berhati – hati dalam penggunaannya untuk aktivitas komunikasi sehari – hari. 

Ulasan di atas adalah 7 aplikasi yang dapat kita gunakan untuk sebagai aplikasi pengganti whatsapp. Semoga bermanfaat dan kita dapat menggunakannya sesuai dengan kebutuhan kita masing – masing. 


Post a Comment for "Rekomendasi Aplikasi Pengganti Whatsapp"