Kupas Tuntas Rahasia Sukses Bisnis Pet Shop - cariduit.id
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Kupas Tuntas Rahasia Sukses Bisnis Pet Shop


Memulai suatu bisnis merupakan hal yang bagus untuk dilakukan. Terlebih di masa pandemi seperti saat ini yang memang sangat susah untuk mencari lapangan pekerjaan. 

Jangankan untuk mencari lowongan pekerjaan, bahkan banyak para pekerja saat ini yang mengalami pemutusan kerja. 

Oleh karena itulah bagi Anda yang ingin pemasukan terus mengalir perlu sedikit inisiatif membuka suatu bisnis.  Di zaman yang semakin berkembang ini ada banyak macam bisnis yang bisa Anda digeluti. 

Salah satu contoh bisnis yang cukup menjanjikan yaitu membuka pet shop. Bisnis yang satu ini sangat cocok dilakukan oleh Anda yang gemar memelihara hewan peliharaan. 

Selain itu juga merupakan salah satu bisnis yang memberikan keuntungan cukup menggiurkan. 

Tentunya akan sangat menarik ketika Anda bisa menjalankan hobi sekaligus menghasilkan uang dari hobi tersebut. 

Dengan kemampuan merawat hewan-hewan peliharaan tentunya hal tersebut akan jadi lebih mudah untuk menjalankan bisnis pet shop ini. 

Namun meski begitu membuka suatu pet shop tidak bisa dilakukan dengan sembarangan dan gegabah. Berikut adalah rahasia sukses untuk Anda yang ingin memulai karir di bidang bisnis pet shop.


Kupas Tuntas Rahasia Sukses Bisnis Pet Shop


Apa Saja Rahasia Sukses untuk Bisnis Pet Shop?


1. Tentukan Layanan Pet Shop

Hal pertama yang perlu dilakukan yaitu Anda perlu menentukan terlebih dahulu jenis layanan dari pet shop yang nantinya akan Anda buat tersebut. 

Ada berbagai macam layanan untuk bisnis pet shop yang bisa Anda pilih, antara lain yaitu jual aksesoris hewan, jual beli hewan peliharaan, jual beli kebutuhan hewan peliharaan dan lain-lain. 

Anda harus menentukan salah satu dari layanan yang nantinya ingin Anda geluti. Untuk dapat memberikan citra yang baik bagi pet shop Anda, maka di sini Anda dapat memberikan servis dengan sistem semua jenis layanan. 

Anda pun juga dapat menambahkan jasa salon hewan peliharaan ataupun jasa titip hewan. 

Dengan begitu Anda akan memiliki target pasar yang lebih luas lagi oleh karena pelayanan yang diberikan sangatlah lengkap. 

Namun pastikan semua layanan yang diberikan tersebut memang telah benar-benar maksimal sehingga konsumen merasa puas.


2. Lokasi Pet Shop

Hal yang tak kalah penting saat Anda memutuskan untuk berbisnis dengan membuka pet shop yaitu memilih lokasi. 

Di sini Anda perlu untuk memilih lokasi yang strategis sehingga mudah untuk diakses oleh para customer nantinya. Berikut adalah tips saat Anda ingin memilih suatu lokasi dari pet shop Anda.

Pilihlah lokasi yang berada dekat dengan pemukiman. Hal ini bertujuan agar toko Anda jadi lebih mudah diakses oleh calon customer. 

Namun pastikan Anda menghindari tempat-tempat yang berdekatan dengan pasar, warung/rumah makan serta perkantoran.

Usahakan lokasi yang Anda pilih bebas dari kebisingan sehingga tempat tersebut cukup kondusif untuk membangun pet shop. 

Suara yang bising dan cenderung mengganggu akan membuat hewan yang Anda jual mudah sekali mengalami stres.

Hal yang tak kalah penting yaitu memilih tempat yang benar-benar bersih. Terlebih jika Anda hendak menyewa suatu tempat, maka usahakan tempat yang Anda akan sewa sebagai pet shop benar-benar bersih. 

Pastikan bangunan tersebut memiliki ventilasi yang cukup sehingga hewan-hewan yang nantinya Anda akan jual bisa sehat.

Saat Anda telah menemukan lokasi yang tepat untuk Anda membuka suatu bisnis, maka selanjutnya Anda perlu mendapatkan izin dari warga sekitar. 

Hal tersebut memang tidak wajib dilakukan, namun dengan Anda meminta izin dari warga, tindakan itu akan menunjukkan bahwasannya Anda menghormati mereka sebagai warga sekitar. 

Selain itu juga untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ataupun konflik yang mungkin terjadi di kemudian hari.  

Agar lebih memudahkan hal tersebut, maka Anda bisa meminta surat izin gangguan dari dinas perizinan kota.


Kupas Tuntas Rahasia Sukses Bisnis Pet Shop


Seberapa Pentingkah Membangun Jaringan bagi Perkembangan Pet Shop?


3. Bangun Jaringan dengan Banyak Komunitas

Untuk dapat sukses di bisnis pet shop ini, maka Anda perlu banyak membangun jaringan dengan berbagai komunitas. 

Hal tersebut dikarenakan komunitas memiliki peran penting dalam kemajuan bisnis ini. Salah satu komunitas yang paling penting untuk Anda memiliki hubungan yaitu komunitas pecinta hewan. 

Hubungan yang bisa Anda bangun dengan mereka dapat berupa layanan khusus ataupun promosi-promosi khusus pada para anggota komunitas. 

Selain itu Anda juga bisa ikut terlibat dalam event yang sering diadakan oleh komunitas tersebut. Dengan begitu petshop Anda akan semakin dikenal luas oleh masyarakat sekitar.


4. Pekerjakan Care-taker

Pet shop yang sukses membangun bisnis hingga menjadi sebuah toko hewan yang besar tak hanya mempekerjakan karyawan untuk melakukan proses jual beli saja, namun juga mereka menggunakan tenaga ahli seperti dokter hewan ataupun perawat hewan. 

Hal tersebut akan semakin membuat toko hewan Anda terlihat profesional di mata para customer. Selain itu juga dengan mempekerjakan para ahli tersebut tentu akan membuat hewan-hewan yang Anda jual berada dalam keadaan benar-benar sehat dan terawat.

Hal ini akan semakin wajib untuk dilakukan jika layanan yang Anda geluti berupa jasa penitipan hewan. Maka kehadiran seorang care taker maupun seorang dokter hewan sangatlah diperlukan. 


5. Tetapkan Manajemen Bisnis

Sejak awal Anda memulai bisnis toko hewan ini Anda perlu menetapkan manajemen bisnis. Dengan melakukan hal tersebut tentu Anda akan lebih gampang dalam melakukan prediksi arah bisnis nantinya berjalan. 

Manajemen bisnis paling dasar yang bisa Anda tentukan yaitu tarif, jam operasional, jenis layanan, paket layanan dan lain sebagainya.

Manajemen bisnis juga perlu diimbangi dengan perencanaan manajemen keuangan yang tepat. Suatu bisnis tentunya akan mudah berkembang dan cepat untuk maju ketika manajemen keuangan dilakukan dengan cara yang tepat. 

Oleh karena itulah di sini Anda  perlu melakukan manajemen keuangan yang benar saat Anda mulai menjalankan bisnis toko hewan. 

Untuk memudahkan melakukan hal tersebut, maka Anda bisa menggunakan jurnal. Dengan menggunakan jurnal nantinya Anda akan lebih mudah dalam membuat laporan keuangan. 

Selain itu data yang terdapat di dalam jurnal tentunya akan mudah untuk diakses di mana saja dan kapan saja.


Kupas Tuntas Rahasia Sukses Bisnis Pet Shop


6. Bagikan Edukasi

Banyak dari masyarakat yang ingin membeli hewan peliharaan namun masih bingung tentang bagaimana cara merawatnya. 

Di sini Anda bisa memberikan sebuah konten edukasi pada para calon customer melalui media sosial yang saat ini telah marak digunakan. 

Dengan membuat konten edukasi tersebut tentunya akan semakin membuat mereka yang berniat untuk memelihara hewan tergugah untuk mulai mewujudkannya. 

Edukasi ini tak hanya bisa Anda berikan melalui konten-konten saja, melainkan juga dapat Anda bagikan dalam sebuah event seperti seminar, lomba dan lain-lain.

Itulah tadi ulasan mengenai rahasia sukses berbisnis pet shop yang perlu Anda ketahui. Bisnis ini sangatlah menguntungkan sehingga patut untuk Anda coba, 

terlebih bagi para Anda pecinta hewan. Strategi di atas perlu Anda lakukan agar tidak kalah dalam kompetisi nantinya. 

Karena memang seperti kita ketahui saat ini telah banyak bisnis yang bergerak dalam bidang petshop ini. 

Maka dari itu Anda perlu untuk menerapkan langkah-langkah yang telah diulas di atas agar bisnis Anda bisa berkembang dan menjadi lebih maju setiap saat.

 


Post a Comment for " Kupas Tuntas Rahasia Sukses Bisnis Pet Shop"